Tibet, Negeri Atap Langit

by - December 02, 2018


Negeri atap langit, begitulah Tibet sering disebut. Negeri ini memang menyimpan banyak pesona mistis. Di Tibet ada istana terkenal bernama Istana Potala yaitu tempat bersemayamnya para bikshu. Istana ini berdiri di atas Gunung Himalaya yaitu gunung tertinggi di dunia yang menjadi icon dari negeri Tibet.

Iya, Tibet adalah tempat impian saya untuk berwisata. Konon katanya kalau kita berhasil sampai di Tibet, ini akan menjadi perjalanan wisata yang tak terlupakan. Pemandangan alamnya benar-benar indah banget. Namun untuk bisa sampai ke Tibet, infonya juga butuh perjuangan yang tidak mudah. Karena berwisata ke tempat ini memang aturannya super ketat. Untuk bisa masuk ke Tibet wajib hukumnya pakai tour agent, karena infonya ada banyak sekali permit yang harus diurus. Dan hanya tour agent yang bisa mengurus semuanya.
sumber : freedommag.org
Wisata ke Tibet juga butuh kondisi fisik yang benar-benar fit. Tau sendiri kan kalau ketinggian Tibet itu bisa sampai 3000 meter di atas laut. Kalau kondisi tubuh nggak fit, infonya para turis bisa terkena AMS yaitu Altitude Mountain Sickness. Kalau sampai kena AMS, katanya sih bisa bikin badan demam bahkan bisa sampai kejang-kejang. Bisa gagal dong, wisatanya kalau sampai kena AMS.

Biaya untuk bisa berwisata ke Tibet ini infonya juga nggak murah, karena ya itu tadi harus pake travel agent. Nggak bisa backpackeran kalau ke Tibet. Meskipun mahal, banyak yang bilang kalau nggak rugi. Karena pemandangan alam di Tibet itu beneran keren banget.

Tibet adalah provinsi bagian dari RRC yang terkenal dengan wisata alam dan wisata budayanya. Selain istana Potala, di Tibet juga ada banyak destinasi wisata keren seperti Mount Kailash, Namtso Lake, Jokhang Temple dan masih banyak wisata keren lainnya. Sebagai wilayah konflik, Tibet memang pernah ditutup untuk wisatawan. Namun setelah dibuka lagi aturannya memang cukup rumit untuk bisa berwisata di tempat ini. Orang Cina bilang kalau Tibet itu bagian dari China, tapi orang Tibet bilang kalau Tibet itu adalah negara sendiri. Nah loh, bingungkan? Makanya wisata ke Tibet itu memang infonya ribet banget. Selain wajib pakai tour agent, untuk berwisata ke Tibet kita nggak boleh datang sendirian. Harus berkelompok, minimal 5 - 6 orang. Makanya saya pengen banget ke Tibet karena kayaknya menantang banget gitu, tapi nanti sih nunggu anak-anak saya rada gedean. Kalau ngajak sekeluarga kan udah ber-4 tuh, tinggal ngajak sepupu atau saudara biar genap jadi 6 orang. Sekarang nabung dulu aja deh, karena konon biaya untuk bisa sampai ke Tibet, per orangnya butuh biaya 10 - 15 jutaan.

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)