20 Juni 2016

Apakah TORCH Bisa Disembuhkan ?

Edit Posted by with 6 comments
Dulu waktu saya masih SMP, ada tetangga baru yang tinggal di depan rumah saya. Tetangga baru saya ini adalah sepasang suami istri, namanya Tante Vhe dan Om Jhon. Mereka berdua usianya hampir sama dengan orang tua saya tapi belum memiliki anak. Pernah suatu kali, tante Vhe ini ngobrol sama mama saya tentang kenapa mereka berdua belum juga punya anak. Dari cerita Tante Vhe, ternyata alasan tidak punya anak adalah karena tante terinfeksi TORCH. Sebenarnya pernah hamil 2 kali tapi selalu keguguran. Sudah berobat ke dokter, namun tante Vhe tetap belum juga dikaruniai momongan. Tante Vhe juga cerita kalau ada temannya yang sama-sama terinfeksi TORCH kemudian bisa hamil dan melahirkan. Namun buah hatinya tersebut lahir dengan kondisi yang tidak normal karena "jahatnya" virus TORCH. Lantaran melihat temannya tersebut, kemudian tate Vhe malah jadi trauma dan takut untuk punya anak. Akhirnya tante Vhe dan om Jhon sepakat untuk tidak lagi berusaha agar punya anak karena takut jika memiliki anak yang terlahir cacat. Mereka berdua kini sudah tidak lagi punya angan-angan untuk bisa menimang buah hati. Meski begitu mereka tetap saling mencintai satu sama lain dan hidup bahagia tanpa anak. Itu memang sudah jadi pilihan hidup mereka berdua.

Waktu saya masih SMP dan mendengar cerita ini, saya masih belum paham soal virus TORCH ini. Jadi ya cuma bisa dengerin cerita tante Vhe sambil manggut-manggut kemudian terlupakan. Tapi pernah sih waktu itu mikir, apa sih sebenarnya virus TORCH itu? Apa memang tidak bisa disembuhkan? Apakah benar kalau kena TORCH lalu tidak bisa punya anak? Tapi jaman dulu saya belum bisa langsung googling seperti sekarang. Sehingga pertanyaan itu cuma terlintas dibenak saya kemudian terlupakan.

Nah, sekarang setelah saya jadi ibu dan banyak membaca info sana-sini serta ngobrol dengan beberapa teman, akhrnya terjawab juga pertanyaan saya pas jaman SMP dulu..hehehe..lama banget ya baru sekarang bisa terjawab:) Jadi ternyata yang dimaksud dengan infeksi TORCH itu adalah infeksi virus yang disebabkan oleh Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes. Diagnosis untuk penyakit infeksi ini bisa ditegakkan dengan cara melakukan pemeriksaan secara imunologis. Prinsip dari pemeriksaan imunologis ini adalah untuk mendeteksi adanya zat anti (antibodi) yang spesifik terhadap kuman penyebab infeksi tersebut sebagai respon tubuh terhadap adanya benda asing. Antibodi yang tampak dapat berupa Imunoglobulin M (IgM) dan Imunoglobulin G (IgG). Virus ini memang sangat berbahaya jika menginfeksi wanita hamil. Resikonya bisa keguguran atau perkembangan janin jadi tidak normal sehingga bisa terlahir dalam kondisi cacat. Namun sebenarnya banyak juga wanita yang terinfeksi TORCH yang akhirnya bisa sembuh dan kemudian hamil serta melahirkan anak dengan kondisi sehat. Salah satunya adalah seorang teman blogger saya bernama mak Liya Swandari. Saya pertama kali bertemu dan ngobrol tentang TORCH dengan mak Liya itu sebenarnya sudah agak lama yaitu saat ada acara kopdar mommies daily di X.O Suki Amplaz dengan narasumber mak Ges. Waktu itu memang topik obrolannya tentang TORCH dan mak Liya ini ternyata salah satu penderita TORCH yang sedang berikhtiar untuk memiliki momongan. 

Momen pertama kali ketemu sama Mak Liya Swandari
Sudah lama saya nggak ketemu sama mak Liya, alhamdulilah sekarang mak Liya sudah dikarunia buah hati perempuan yang sehat dan lucu namanya Sa'dayka. Saya jadi penasaran ingin tahu bagaimana sih dulu ikhtiarnya mak Liya untuk bisa sembuh dari TORCH? 

Ternyata ikhtar untuk bisa sembuh dari TORCH ini sudah dimulai sejak lama dan mak Liya memang memutuskan untuk memilih jalur medis ketimbang jalur alternatif. Itulah sebabnya kemudian mak Liya memutuskan untuk pindah ke Jogja karena pertimbangan biaya berobat rumah sakit di Jogja lebih murah. Setelah tinggal di Jogja, mak Liya juga bergabung dengan komunitas Rumah Ramah Rubela milik mak Ges. Dari kegiatan saling sharing dengan komunitas inilah mak Liya jadi punya semangat besar untuk bisa sembuh dari TORCH karena mak Liya punya pengalaman pernah sharing juga dengan penderita TORCH yang bisa sembuh dan bisa hamil tanpa keguguran serta melahirkan anak yang sehat dan normal. Dulu saat mengupayakan pengobatan, Mak Liya pernah punya prinsp yang agak ekstrim yaitu berteman HANYA dengan orang yang pernah mengalami TORCH. Hal ini dilakukan karena mak liya pernah merasa drop lantaran ada temannya yang ahli kesehatan mengatakan bahwa penderita TORCH itu nggak mungkin hamil, jikalau hamil akan mengalami keguguran terus.

Sambil terus berkomunikasi dengan teman-teman komunitas yang senasib mak Liya juga selalu berobat dan taat dengan aturan yang diberikan oleh dokter. Mak liya memilih berobat ke dr. Sulchan di Klinik Rahmi karena menurut mak Liya dokter ini orangnya santai dan bisa memberikan energi positif sehingga mak Liya semakin semangat untuk bisa sembuh dari TORCH. Mak liya menjalani terapi Acyclovir dengan dr.Sulchan selama 3 bulan serta rutin melakukan cek darah sebulan sekali selama 6 bulan lamanya. Setelah 3 bulan pengobatan, mak Liya mulai membuka diri dan terus berpikiran positif dengan mau kembali bergaul dengan teman yang tidak menderita TORCH. Mak Liya mulai menyingkirkan rasa baper dan alhamdulilah setelah hasil ceklabnya menunjukkan bahwa virusnya sudah bersih akhirnya mak liya bisa hamil dan melahirkan bayi perempuan lucu yang sehat.

Mak Liya dan Baby Sa'dayka. Sumber : Instagram LiyaSwandari
Bagi mak Liya arti kehadiran buah hatinya saat ini adalah berarti Allah telah memberi kepercayaan untuk menjaga titipanNya sehingga saat ini mak Liya benar-benar sangat memperhatikan tumbuh kembang Sa'dayka. Kini mak Liya bisa tersenyum bahagia karena impiannya untuk menimang buah hati sudah dikabulkan Allah. Pesan moral dari kisah mak Liya ini adalah bahwa selain istiqomah dalam berdoa dan melakukan ikhtiar ternyata peran komunitas itu juga penting. Dengan bergabung dengan komunitas yang senasib maka biasanya akan terjalin hubungan yang saling menguatkan yang akhirnya akan membantu kita agar bisa selalu berpikiran positif. Kondisi mental dan pikiran yang always positif ini juga jadi faktor yang sangat mempengaruhi kesembuhan mak Liya. Pengen share juga tentang pengalaman sembuh dari TORCH dengan mak Liya Swandari? silahkan kontak langsung dengan mak Liya di websitenya dengan alamat http://www.senyumbahagia.com/


11 Juni 2016

Hokben Restoran Halal Favorit Keluargaku

Edit Posted by with 8 comments
Hokben Restoran Halal sudah tercatat rapi di agendaku sebagai tempat yang akan aku datangi pada hari sabtu, 4 juni 2016. Ini adalah sabtu terakhir sebelum memasuki bulan ramadhan. Hokben merupakan restoran favorit keluargaku sejak dulu, namun kunjunganku ke Hokben kali ini bukan untuk makan-makan bersama keluarga melainkan dalam rangka menghadiri acara diskusi menu halal bersama blogger dengan narasumber ibu Ir. Hj. Osmena Gunawan, selaku wakil direktur LPPOM MUI Pusat. Kebetulan hari sabtu kemarin aku juga sedang mengambil cuti sehingga waktuku memang benar-benar sedang free. Pukul 8.30 aku sudah berangkat menuju restoran Hokben yang berlokasi di Jalan Kaliurang Yogyakarta. Begitu tiba di sana ternyata sudah banyak berkumpul teman-teman dari komunitas blogger jogja dan aku sudah nggak kebagian tempat duduk di barisan depan. Tempat yang tersisa tinggal kursi di barisan paling belakang. Nasib datang terlambat ya begini :(

Tapi nggak apa-apa sih, meski dapat tempat duduk paling belakang aku tetap masih bersemangat mengikuti acara diskusi menu halal bersama Hokben ini. Tema yang diangkat memang sangat menarik mengingat saat ini sedang banyak disorot beberapa restoran terkenal yang ternyata belum memiliki sertifikat halal. Padahal kebanyakan pengunjung di restoran tersebut adalah umat muslim yang tampaknya juga kurang begitu memperhatikan atau mungkin malah belum paham sama sekali tentang masalah sertifikat halal ini. Aku sendiri juga aslinya masih kurang paham, makanya kali ini aku semangat banget ingin datang di acara diskusi menu halal bersama Hokben biar semakin paham tentang masalah sertifikasi menu halal.


Presentasi oleh mbak Kartina Mangisi
 
Sekitar pukul 9 acara dimulai. Sesi pertama diisi dengan presentasi company profile Restoran Hokben oleh mbak Kartina Mangisi. Dari paparan yang disampaikan oleh mbak Tina, aku jadi tahu ternyata Hokben ini sudah beroperasi selama 21 tahun lamanya tepatnya dimulai sejak tanggal 18 April 1985. Restoran pertama kali terletak di Kebon Kacang, Jakarta dibawah PT. Eka Bogainti. 

Restoran Hokben yang pertama kali berdiri. Sumber : hokben.co.id

Awalnya restoran ini terkenal dengan nama Hoka-Hoka Bento.  Hoka-hoka merupakan bahasa jepang yang artinya hangat-hangat (makanan hangat) sedangkan bento artinya bekal atau makanan yang dibungkus. Sehingga jika diartikan dalam bahasa indonesia adalah makanan hangat yang dibungkus. Namun kemudian perusahaan memutuskan untuk melakukan rebranding menjadi Hokben mulai 15 Oktober 2013 karena kebanyakan konsumen merasa lebih nyaman menyebut nama restoran bergaya jepang ini dengan menggunakan singkatan tersebut. Pasca rebranding, HokBen tampil dengan penawaran dan pelayanan dengan nuansa yang lebih segar dan bersahabat.

Outlet Hokben Jakal

Restoran Hokben yang terletak di jalan kaliurang Jogja ini merupakan salah satu cabang dari sekian banyak outlet Hokben yang tersebar di seluruh Indonesia. Sesuai dengan misi perusahaan, restoran ini memang selalu berupaya untuk memberikan layanan berkualitas terbaik bagi para konsumennya. 


Presentasi oleh Bapak Bangun

Pada sesi kedua Bapak Bangun selaku manajer store Hokben Jalan Kaliurang menyampaikan bahwa Hokben Jalan Kaliurang merupakan restoran bergaya jepang yang siap melayani para pelanggan selama 24 jam Non Stop dan beliau juga menyampaikan bahwa saat ini ada menu baru di Hokben yaitu Omiyage. Dalam bahasa indonesia, Omiyage artinya buah tangan (oleh-oleh). Ini merupakan paket menu Hokben untuk makan bersama yang lengkap dan praktis. Menunya terdiri dari Chicken katsu, Ebi Fried, Egg Chicken Roll, Edamame, Chicken Teriyaki / Yakiniku, Beef Teriyaki / Yakiniku, Nasi + Acar. Paket ini bisa dinikmati bersama keluarga dan akan semakin menghangatkan suasana kebersamaan terutama saat bulan Ramadhan nanti.

New Omiyage. Sumber : Hokben.co.id
 
Akhirnya tibalah di sesi ketiga yaitu penyampaian materi tentang Pengenalan Sertifikasi Halal dan Sistem Jaminan Halal oleh ibu Ir. Hj. Osmena Gunawan dari LPPOM MUI Pusat. Dalam sesi ini dijelaskan bahwa produk Halal merupakan produk yang tidak akan membuat manusia berbuat dosa di dunia dan tidak mendapatkan siksa di akhirat. Sehingga dalam memilih menu makanan untuk dikonsumsi, syarat Halal hukumnya adalah wajib.
 
Presentasi oleh ibu Osmena

Produk makanan halal itu tidak bisa dipisahkan dengan istilah thayyib yang artinya lezat, baik, sehat, menentramkan dan paling utama. Makanan yang thayyib merupakan makanan yang tidak kotor, tidak terkontaminasi najis, tidak kadaluarsa serta mengundang selera bagi yang akan mengkonsumsinya. Istilah thayyib juga mengandung arti bahwa makanan tersebut tidak membahayakan fisik serta akal, sehat, proporsional, aman dan mengandung gizi cukup dan seimbang. Itulah sebabnya dalam ajaran islam, kita hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan yang halal saja. Aturan tersebut ditujukan demi menjaga kesehatan fisik dan mental bagi seluruh umat. Di dalam Al-Qur'an, Allah SWT juga sudah memberikan pedoman secara jelas tentang anjuran mengkonsumsi menu halal yaitu dalam Q.S. Al-Baqarah : 168.


Dalam ajaran islam hanya ada 5 jenis makanan haram yaitu daging babi, khamr (minuman keras), darah, bangkai dan binatang yang disembelih bukan karena Allah. Sebagai umat muslim tentu kita harus selalu menjauhi jenis makanan yang diharamkan tersebut.


Namun di era yang semakin modern seperti saat ini muncul berbagai macam produk makanan siap saji yang telah bersentuhan dengan teknologi dan sudah tidak nampak lagi bentuk asli dari bahan tersebut. Menurut Prof. KH. Ibrahim Hosen, LML, produk semacam ini dikategorikan sebagai produk yang subhat atau samar. Di dalam kasus semacam inilah kemudian diperlukan yang namanya sertifikasi halal.


Dalam proses pengolahan makanan siap saji terutama produk pangan yang berasal dari hewan, ada beberapa titik kritis yang harus dicermati yaitu:

  • Apabila berasal dari hewan, harus berasal dari hewan halal dan proses penyembelihannya sesuai dengan syariat islam
  • Jika diproduksi secara mikrobial harus jelas media yang digunakan untuk pertumbuhan dan produksinya
  • Bahan tambahan lain yang digunakan harus halal termasuk proses pembuatan juga harus dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang halal.

 

Dalam proses sertifikasi halal suatu produk dikenal istilah Sistem Jaminan Halal (SJH). Ini merupakan suatu jaringan kerja yang dimulai dari komitmen manajemen puncak dan prosedur-prosedur yang disusun saling berhubungan, diterapkan dan dipelihara untuk menghasilkan produk halal, menghindari kontaminasi terhadap produk halal, dan menjamin tidak adanya penyimpangan pada proses pengembangan atau reformulasi. Ada 11 Kriteria dalam SJH yaitu sebagai berikut:


Lalu bagaimana dengan menu makanan yang disajikan di Hokben? apakah sudah benar-benar terjamin kehalalannya. Well, ternyata setelah mendapatkan penjelasan dari Ibu Osmena saya bisa bernafas lega. Dijelaskan bahwa Hokben merupakan restoran halal yang mendapat sertifikat A atau Excellent, itu artinya 11 kriteria yang dipersyaratkan dalam sistem jaminan halal sudah dipenuhi dengan sangat baik oleh manajemen restoran Hokben.

Sertifikat Halal milik Hokben dengan predikat Excellent

Restoran Hokben mulai bersertifikat halal sejak tahun 2008, ini artinya semua menu yang disajikan oleh Hokben sudah benar-benar terjamin kehalalannya sehingga aman dikonsumsi oleh umat muslim. Menurutku langkah manajemen Hokben untuk mensertifikasi restorannya menjadi halal ini patut diacungi jempol, karena belum semua restoran di Indonesia punya kesadaran untuk mau melakukan hal semacam ini. Lalu bagaimana cara kita membedakan mana produk makanan yang sudah bersertifikasi halal dengan yang belum bersertifikasi Halal? ada beberapa tips yang bisa diterapkan yaitu :

  • Melihat logo halal MUI pada kemasan
  • Melihat komposisi produk pada kemasan produk
  • Lihat daftar produk bersertifikat Halal MUI di jurnal halal, Aplikasi Halal di android/BB/iOS atau website: www.halalmui.org
  • Bertanya lewat email : info@halalmui.org
  • Cek produk halal via SMS ke 98555

 


Halal is my life adalah prinsip hidup yang sudah tidak bisa ditawar lagi. Penggunaan produk halal dalam keseharian terbukti lebih aman serta menyehatkan jiwa dan raga. Apalagi di bulan Ramadhan seperti sekarang, jangan sampai kita salah dalam memilih menu berbuka puasa yang belum jelas kehalalannya. Bisa-bisa justru ibadah kita selama 40 hari tidak diterima Allah jika kita sampai salah mengkonsumsi produk yang ternyata tidak halal. 

Salah satu menu Hokben yang lezat dan halal

Usai mengikuti acara diskusi menu halal bersama Hokben pada minggu lalu aku jadi semakin mantap dengan pilihan Hokben sebagai restoran favorit keluargaku. Di akhir acara aku kembali menuliskan Hokben Restoran Halal di buku agendaku sebagai tempat yang akan jadi pilihan utama untuk berbuka puasa bersama keluargaku tercinta di Bulan Ramadhan tahun ini. Karena Halal is my Life, maka tidak salah jika kusebut Hokben sebagai my Favourite Halal Restaurant.


3 Juni 2016

Bersilaturahim ke Myvioletya

Edit Posted by with 1 comment
Kalau denger Myvioletya yang kebayang kira-kira itu nama apa ya? kalau saya sih..yang kebayang itu kayak nama toko bunga. Cantik banget ya namanya Myvioletya, tapi ternyata ini bukan nama toko bunga. Melainkan nama sebuah blog cantik yang dikelola oleh mahmud cantik juga bernama Kartika Nugmalia atau biasa dipanggil mak Aya. 
 
Mak Aya dan keluarga tercinta

Karena terpikat dengan nama blog yang cantik ini, saya jadi penasaran pengen tanya sama pemiliknya, apa sih arti dari Myvioletya? Ternyata artinya so sweet banget lho..Blog nya mak Aya ini dikasih nama violetya karena mak Aya suka sama warna violet. Trus biar makin manis dikasih tambahan "ya" singkatan dari Aya. Dan ternyata Myvioletya itu sebenernya panggilan sayangnya suami mak aya yang artinya "Aya-ku yang suka warna ungu" #eeaa...

Eniwei blog ini sudah eksis cukup lama yaitu sejak tahun 2010, kata mak Aya niat awal ngeblog adalah untuk menyalurkan hobby menulis karena memang dari dulu sudah suka menulis. Kemudian berlanjut jadi sarana buat sharing tentang pekerjaan mak Aya saat masih jadi guru TK sebagai materi blognya. Setelah mak Aya resign jadi guru TK, akhirnya blog tersebut  lebih sering dipakai untuk share tentang keseharian dengan anak-anak, mulai dari resep, parenting, atau apapun yang seru-seru. Tujuannya agar bisa dijadikan referensi dan inspirasi buat para mama yang lain.

Menurut pengakuan mak Aya, dulu mak Aya itu adalah orang yang sangat tidak PD. Sejak SD, SMP sampai SMA mak Aya merasa nggak punya banyak teman. Tapi sejak aktif ngeblog, mak Aya jadi punya banyak teman baru, karena banyak pembaca blognya yang japri untuk share pengalaman dari apa yang mak Aya tuliskan. 

Meski ngaku nggak PD, tapi nyatanya saat ini mak Aya bisa sukses menjalankan bisnis MLM yang digelutinya sejak lama. Di blog Myvioletya ini ada share juga tentang bisnisnya Mak Aya tersebut yaitu bisnis MLM Oriflame. Katanya nggak punya banyak teman tapi nyatanya saat ini mak Aya bisa sukses mencapai posisi Director lho..whui..keren kan? penasaran dengan apa rahasianya? berikut tips sukses berbisnis dari mak Aya :

  1. Bersunguh-sunguh dalam berikhtiar , lakukan tugas tugas kita sesuai SARPIO (ini jobdesc dari Oriflame untuk tiap level) jadi tugas Director dengan konsultan dan manager jelas berbeda. Makin tinggi level tanggungjawabnya berbeda.
  2. Berdoa mulai dari kita sendiri, dari orang orang terdekat. Suami, ortu, anak anak, upline, downline, temen temen bisnis yang enggak sejaringan pun saling support kalau di Oriflame.
  3. Konsisten dan telaten. Kalau bisnis disambi-sambi, nggak fokus, hasilnya nggak akan Se-oke yang fokus terus.  
  4. Punya attitude yang baik. Setinggi apapun level seseorang, kalau attitudenya jelek kebanyakan bisnisnya gak bertahan lama. Jadi ya berusaha jadi versi terbaik dari diri kita sendiri aja.
  5. Bener bener pelajari apa yang kita kerjakan. Cari ilmu sebanyak banyaknya supaya saat kita menjalankan bisnis selalu punya ide ide kreatif.

Mantep banget tips dari mak Aya ini. Tips ini juga bisa diterapkan untuk pekerjaan apapun lho, nggak terbatas buat bisnis oriflame saja. Intinya buat mak Aya kuncinya adalah perbanyak silaturahim, karena silaturahim itu juga bisa jadi pembuka pintu rejeki. Makanya yuk silaturahim ke blognya mak Aya di http://myvioletya.blogspot.co.id/


31 Mei 2016

#BahagiadiRumah itu Sederhana, Lakukan 8 Hal Membahagiakan ini

Edit Posted by with 4 comments

Bahagia itu serderhana. Kalimat ini mengajarkan pada saya agar tidak melulu mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan kesenangan. Saya bisa merasakan kebahagiaan hanya dengan melakukan hal-hal sederhana seperti bercengkerama bersama teman atau sahabat, kencan di taman berdua saja dengan pasangan, atau sekedar mendengarkan lagu-lagu favorit. Selain itu, sesekali saya juga suka meniru tingkah laku anak-anak demi mendapatkan kebahagiaan, yaitu dengan cara banyak tertawa. Lihat saja, anak-anak bisa tertawa lebih dari 400 kali sehari. Berbeda jauh jika dibandingkan dengan orang dewasa yang rata-rata hanya tersenyum sebanyak 6 kali dalam sehari. Beberapa penelitian yang pernah saya baca menyebutkan bahwa tertawa terbukti ampuh untuk mengatasi stres, mengurangi rasa sakit, sekaligus membuat hati jadi lebih tenang. Sejumlah sumber juga menyebutkan bahwa tertawa selama 10 menit bisa efektif membakar 50 kalori dalam tubuh. Efek ini sama dengan memakan sepotong coklat, yang hasilnya mampu meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh dan menimbulkan perasaan bahagia.

Bahagia itu ternyata menyehatkan ya, namun sayangnya banyak orang yang merasa sulit untuk bahagia terutama kaum hawa. Maklum saja karena wanita diciptakan dengan tingkat kepekaan yang lebih tinggi dibandingkan kaum pria. Sedikit saja terusik maka mood saya akan mudah berubah jadi buruk, seperti lilin yang mudah padam. Begitulah kenyataannya, saya memang tidak pandai mempertahankan rasa bahagia di dalam hati saya. Apalagi jika saya sedang dihadapkan dengan berbagai persoalan di tempat kerja yang menguras banyak energi dan pikiran yang membuat saya terjebak dalam situasi yang kurang menyenangkan.

Bersyukur saat ini saya sudah memiliki keluarga, tempat dimana saya bisa pulang dan kembali menemukan kebahagiaan saya. Suami yang penuh perhatian dan menyayangi saya, anak-anak yang selalu menantikan saya pulang ke rumah, mereka semua adalah semangat saya. Momen berkumpul bersama anak-anak dan suami di rumah bagaikan pemantik yang mampu menyalakan kembali lilin kebahagiaan di dalam hati saya yang sempat padam karena terpapar stres di tempat kerja.


Rumah dan keluarga merupakan anugerah terindah dalam hidup saya
 

Namun ada saatnya saya merasa kesepian saat berada di rumah, misalnya saat suami sedang pergi dinas keluar kota dalam waktu lama atau saat anak saya sedang ingin bermain di rumah sahabatnya. Rumah jadi terasa sangat sepi dan jauh dari keceriaan. Dalam situasi semacam ini maka saya harus bisa mencari cara untuk bisa menciptakan keceriaan dan kebahagiaan sendiri meskipun sedang berada di rumah seorang diri. Bagaimana caranya ? Berikut 8 hal membahagiakan yang biasa saya lakukan saat sedang sendirian di rumah :

  1. Mengikuti akun instagram para selebriti yang kerap mengunggah foto atau video dengan ekspresi kocak seperti princess syahrini. Gaya lucunya mampu membuat saya tertawa geli.
  2. Menonton koleksi DVD film komedi favorit, terkadang saya suka mengulang kembali adegan dalam film komedi yang mampu membuat saya tertawa terbahak-bahak.
  3. Bermain dengan binatang peliharaan usai bekerja seharian. Kebetulan saya memelihara kelinci di rumah saya. Bermain dengan mereka saat tidak ada anak-anak, terbukti mampu membuat rasa lelah saya langsung lenyap manakala melihat mimik dan tingkah laku mereka yang menggemaskan.
  4. Mengatur ulang dekorasi rumah agar suasana tidak membosankan. Tidak perlu membeli perabotan baru, hanya dengan memindahkan posisi beberapa perabot di tempat yang berbeda serta menambahkan lukisan atau gambar-gambar berwarna cerah pada dinding sudah mampu menciptakan suasana baru di rumah dan mampu membangkitkan kembali mood saya.
  5. Berkebun sambil menikmati warna-warni bunga di taman merupakan salah satu kegiatan favorit yang menyenangkan. Bunga yang berwarna-warni tersebut juga sering saya jadikan obyek untuk berlatih fotografi. Apabila hasil fotonya memuaskan maka foto ini bisa saya beri pigura kemudian saya pergunakan untuk melengkapi dekorasi dinding rumah agar tampak lebih indah.
  6. Memasak menu favorit yaitu dengan mencoba bereksperimen dengan resep masakan baru seperti cake atau bolu. Mencium aroma wangi kue saat sedang dipanggang dalam oven membuat suasana rumah jadi terasa lebih hommy. Jika kuenya sudah matang bisa jadi sajian yang mengejutkan bagi suami dan anak-anak saat mereka tiba di rumah.
  7. Bermain game adalah kegiatan mengasyikkan yang mampu menjadikan waktu jadi terasa sangat cepat berlalu. Namun saya tetap harus bisa mengendalikan diri agar jangan sampai lupa waktu. Bisa-bisa pekerjaan rumah yang lain malah jadi terbengkalai lantaran terlalu asyik nge-game.
  8. Membaca tabloid favorit saya yaitu NOVA. Pada perayaan Novaversary yaitu perayaan ulang tahun NOVA yang ke-28 tahun ini, tabloid ini memang berusaha untuk bisa semakin dekat dengan para sahabat NOVA agar semakin melengkapi kebahagiaan dan kehangatan keluarga di rumah. Tabloid NOVA kini bisa saya akses secara online, sehingga saat saya sedang berada di rumah dan tidak sempat membeli tabloid dalam bentuk cetak maka saya tetap masih bisa membaca berbagai informasi update seputar news, selebriti, kesehatan, mode dan kecantikan, karier, jalan-jalan hingga resep masakan dengan cara yang mudah dan praktis. 

Sebagai wanita saat ini saya memang masih terus belajar agar bisa selalu mempertahankan rasa bahagia di dalam hati supaya ia tidak mudah datang dan pergi. Karena kebahagiaan saya sangat berpengaruh terhadap orang terdekat di sekitar saya seperti suami, keluarga, anak-anak, sahabat atau orang lain. Jika saya tak bahagia, bagaimana saya bisa mengurus anak-anak saya dengan baik? Kebahagiaan itu sifatnya menular, ibu yang bahagia akan melahirkan anak-anak yang bahagia pula. Istri yang bahagia juga akan mampu membahagiakan suaminya. Dengan kebahagiaan, hidup seorang wanita akan menjadi lebih berarti di mata siapapun.

Bahagia itu tidak perlu mahal. Untuk bisa mendapatkan kesenangan, saya tidak harus menghabiskan waktu dengan pergi belanja barang brended ke mall atau liburan keluar negeri karena hanya dengan melakukan 8 hal sederhana tersebut di atas maka saya sudah bisa merasa #BahagiadiRumah.


30 Mei 2016

Merencanakan Liburan Sekolah Anak

Edit Posted by with No comments
Masa liburan sekolah anak sudah di depan mata. Seperti biasa saat menjelang libur panjang sekolah seperti sekarang, Tayo mulai sibuk menyusun rencana liburan sendiri. Libur sekolah tahun ini merupakan liburan yang spesial bagi Tayo karena ia baru saja lulus dari sekolah Taman Kanak-Kanak dan akan melanjutkan ke Sekolah Dasar impiannya. Itulah sebabnya Tayo juga ingin menikmati liburan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Dia ingin sekali pergi liburan ke Bali dan mencoba rafting di sungai ayung.

Tahun lalu saya memang pernah bercerita ke Tayo tentang pengalaman rafting di sungai ayung yang begitu menyenangkan dan aman juga untuk anak-anak, karena arusnya tidak terlalu ekstrim dan menggunakan jasa rafting dari Bali adventure yang tingkat safetynya sangat tinggi. Karena mendengar cerita saya itulah Tayo jadi penasaran. Dulu saya memang tidak mengajak Tayo turut serta, karena kepergian saya ke Bali memang bukan dalam rangka liburan keluarga. Sehingga tahun ini saya ingin mewujudkan keinginan Tayo untuk pergi liburan ke Bali bersama seluruh keluarga.

Pergi berlibur bersama anak tentu persiapannya harus lebih matang. Apalagi jika rencananya hendak pergi keluar pulau. Sehingga dari sekarang saya harus mulai mencari hotel untuk tempat menginap yang nyaman bagi saya dan keluarga. Rencananya saya juga akan membawa serta baby Tifa.

Selain nyaman, saya juga mencari hotel yang bisa memberikan fasilitas layanan pijat dan spa karena selama di Bali nanti ada rencana untuk rafting di sungai ayung. Pengalaman tahun lalu saat saya rafting di sungai ayung, sebenarnya arusnya tidak terlalu deras. Namun perjalanan menuju lokasi rafting memang cukup melelahkan karena harus melalui sekitar 300-an anak tangga untuk turun ke sungai dan ini benar-benar bikin kaki saya pegal luar biasa. Saya yakin Tayo juga bakal mengalami hal yang sama saat harus naik turun tangga demi merasakan sensasi rafting di sungai ayung nanti. Makanya saya ingin mencari hotel yang menyediakan fasilitas pijat dan spa supaya kami bisa kembali bugar setelah rafting.


kamar hotel yang nyaman seperti di rumah sendiri
 

Akhirnya pilihan saya jatuh pada Bebek Tepi Sawah Villas and Spa Hotel. Tempat ini saya temukan setelah browsing via Traveloka. Hotel ini terletak di Ubud, Bali dan aksesnya tidak jauh dari berbagi macam tempat wisata serta cukup dekat dengan lokasi rafting Bali adventure. Suasana hotel juga sangat nyaman dan menyediakan fasilitas pijat dan spa dengan pelayanan terbaik. Cocok seperti yang saya inginkan. Selain itu suasana hotelnya juga sangat tenang dan asri seperti berada di rumah sendiri, saya yakin baby Tifa bisa tidur dengan nyenyak disini. 
 
tempat pijat dan spa yang nyaman

suasana hotel yang sangat asri

Bebek tepi sawah villas and spa juga menyediakan fasilitas internet yang bisa diakses di setiap kamar, sehingga saya bisa tetap menjalankan aktivitas online meskipun sedang liburan. Menu makan yang disediakan juga lengkap, ada menu vegetarian hingga menu oriental. Makanan yang disediakan juga bebas glutamat, ini cocok sekali dengan harapan saya karena ketersiadaan menu makanan yang sehat menjadi salah satu pertimbangan penting bagi saya dalam menentukan pilihan hotel untuk berlibur bersama keluarga.

pemandangan sawah terhampar di depan mata
 

Merencanakan liburan sekolah bersama anak memang harus direncanakan dengan matang. Mulai dari transportasi, hotel, menu makan, tempat wisata yang akan dikunjungi, barang-barang serta perlengkapan apa saja yang akan dibawa, semuanya harus dibuat list supaya tidak ada yang terlewat. Memesan hotel jauh hari sebelumnya juga penting, apalagi saat peak seasson menjelang liburan sekolah seperti sekarang. Jika terlalu mepet bisa-bisa malah tidak kebagian kamar karena semua sudah full booked. Makanya sejak dari sekarang saya sudah pesan hotel dan tiket via traveloka. Proses pemesanannya jadi lebih mudah dan praktis, dapat diskon pula. Pengeluaran saya jadi lebih hemat. Lumayan nih penghematannya, bisa buat tambahan uang saku selama liburan di Bali nanti. 

26 Mei 2016

Pegadaian, Sahabatku Dikala Krisis Maupun Surplus

Edit Posted by with 11 comments

Bulan Februari 2016 yang lalu adalah bulan paling krisis dalam sejarah pengelolaan anggaran keuangan rumah tangga saya. Bagaimana kondisi keuangan saya tidak krisis apabila pada bulan tersebut ada begitu banyak tagihan yang harus dibayarkan dan masing-masing butuh biaya yang tidak sedikit. Semua tagihan tersebut sama sekali tidak bisa ditunda, harus dibayarkan pada bulan itu juga. Kebutuhan yang biayanya paling besar adalah saat saya harus melunasi angsuran pembelian sebidang tanah kosong yang terletak persis di belakang rumah. Saya memang membeli tanah kosong di belakang rumah seluas 200 meter2  dengan tujuan untuk memperluas bangunan. Kebetulan sang pemilik juga menjualnya dengan harga yang relatif murah dan pembayarannya juga boleh diangsur hingga 5 kali. Menurut perjanjian dengan pemilik tanah, saat angsuran terakhir semua biaya harus dibayar lunas sesuai harga tanah yang sudah dihitung secara resmi dihadapan notaris.

Sebidang tanah di belakang rumah yang kami beli

Kebetulan jatuh tempo pelunasan angsuran tanah tersebut jatuh pada bulan Februari 2016, bersamaan dengan kelahiran anak kedua saya serta jadwal pendaftaran masuk SD untuk anak pertama saya. Sebenarnya saya sudah mempersiapkan tabungan untuk biaya persalinan dan biaya masuk SD bagi anak saya sejak jauh hari sebelumnya, namun pada prakteknya ada perhitungan biaya yang agak meleset yaitu pembayaran jatuh tempo untuk pelunasan angsuran tanah. Menurut rencana sebenarnya jatuh temponya masih sekitar Bulan Maret atau April 2016. Diluar perkiraan ternyata proses pengurusan sertifikat tanah sudah hampir selesai pada Bulan Februari 2016 sehingga kami diminta untuk segera melunasi pembayaran. Saat itu tabungan saya dan suami sampai terkuras habis untuk membiayai semua keperluan yang tidak sedikit tersebut, bahkan setelah dihitung-hitung kami ternyata masih butuh tambahan biaya sebesar 10 jutaan.

Tabungan kami berdua sudah habis terkuras, tapi dana masih kurang sekitar 10 jutaan. Lalu bagaimana solusinya? padahal waktunya sudah sangat mepet. Satu-satunya solusi adalah kami harus mengajukan pinjaman uang. Namun untuk mengajukan pinjaman uang ke bank rasanya tidak mungkin karena prosedurnya cukup rumit dan membutuhkan waktu lama. Akhirnya setelah berdiskusi dengan suami, saya memutuskan untuk meminjam uang di pegadaian dengan cara gadai emas. Saya memang punya simpanan berupa perhiasan emas yang bisa digunakan sebagai "tabungan" disaat kondisi krisis seperti ini. Dengan menggadaikan emas di tempat pegadaian emas yang terpercaya maka saya bisa mendapatkan dana tunai yang saya butuhkan secara mudah dan cepat, tidak perlu melalui prosedur peminjaman yang rumit. Selain prosesnya mudah dan cepat, biaya administrasi dan bunga yang harus saya bayarkan untuk dana pinjaman yang saya ajukan juga cukup rendah. Proses penebusan kembali atas emas yang saya gadaikan tersebut juga sangat fleksibel.


Saya sedang bertransaksi di Pegadaian

Saat sedang membutuhkan dana pinjaman seperti ini, saya cukup datang ke kantor pegadaian terdekat sambil membawa barang perhiasan emas yang akan saya gunakan sebagai agunan. Di kantor layanan pegadaian, saya hanya perlu mengisi selembar formulir dan menyerahkan ID card berupa KTP/SIM kepada petugas loket serta menyerahkan barang yang akan saya gadaikan. Selanjutnya petugas loket akan menaksir harga barang tersebut. Emas yang saya bawa ditaksir seharga nominal tertentu, kemudian petugas menyampaikan batas maksimal pinjaman yang bisa saya ajukan. Jika saya hanya mengajukan pinjaman di bawah nilai maksimal tersebut tidak masalah, yang penting tidak melebihi batas maksimal peminjaman. Lalu petugas loket akan segera menerbitkan surat bukti kredit kemudian menyerahkan uang tunai yang saya butuhkan sesuai dengan pengajuan saya. Total hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja dan saya sudah bisa memperoleh dana tunai yang saya butuhkan.

Hanya butuh waktu 15 menit, dana tunai langsung cair
Surat Bukti Kredit saya dengan Nomor CIF : 1007350308

Eniwei, jenis barang yang bisa dijadikan sebagai jaminan untuk meminjam uang di pegadaian juga tidak terbatas pada perhiasan emas atau emas batangan saja. Namun bisa berupa barang lain seperti laptop/notebook, handphone/Iphone, TV/LCD/LED, Sepeda motor/mobil dan barang elektronik lainnya. Bahkan kini perusahaan BUMN milik pemerintah ini juga menerima gadai BPKB kendaraan berupa sepeda motor atau mobil sebagai jaminan untuk sewa modal hingga 100 juta rupiah atau lebih melalui program kredit usaha mikro kecil pegadaian khusus bagi para pelaku bisnis UKM.

Proses peminjaman uang atau sewa modal melalui pegadaian memang terbukti mudah, cepat dan murah. Untuk jenis pinjaman umum melalui program KCA (Kredit Cepat dan Aman) seperti yang saya lakukan, bunga yang dikenakan cukup ringan dan dihitung per 15 hari. Jangka waktu pinjaman hingga 120 hari dan bisa diperpanjang. Jadi misalnya saya menggadaikan perhiasan emas maka saya punya waktu hingga 120 hari untuk menebus kembali barang tersebut. Jika dalam waktu 120 hari saya belum punya cukup uang untuk melakukan penebusan, maka saya bisa melakukan perpanjangan waktu dengan cara membayar sewa modal saja atau mengangsur sebagian uang pinjaman. Dengan membayar angsuran ini maka waktu jatuh tempo akan diperpanjang hingga 120 hari lagi. Pelunasannya juga bisa dilakukan sewaktu-waktu. Sebaliknya jika saya tidak melakukan perpanjangan ataupun pelunasan hingga waktu jatuh tempo habis maka saya akan mendapatkan pemberitahuan dari pegadaian bahwa barang yang saya gadaikan akan dilelang.


Sumber gambar : http://www.pegadaian.co.id
 

KCA (Kredit Cepat dan Aman) merupakan jenis layanan kredit dengan sistem gadai yang diperuntukkan bagi semua golongan nasabah, baik untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif. Pinjaman yang diajukan bisa sampai di atas Rp. 200 Juta. Proses pinjaman dilakukan secara tunai dan tidak perlu membuka rekening. Sangat praktis terutama jika sedang dalam kondisi krisis seperti yang pernah saya alami. Sehingga jika kita butuh sahabat dikala krisis keuangan melanda maka pegadaian adalah solusi yang paling tepat.

Sumber gambar : http://www.pegadaian.co.id
 

Sebaliknya jika kondisi keuangan sedang surplus, pegadaian juga bisa hadir sebagai sahabat terbaik untuk membantu menginvestasikan uang kita secara aman dan bijak. Kita bisa melakukan investasi melalui program MULIA dari pegadaian yaitu dengan cara membeli logam mulia yang tersedia di pegadaian dengan berat mulai 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 250 gram dan 1 kg. Pembelian logam mulia di pegadaian ini bisa dilakukan secara tunai atau angsuran hingga 3 tahun. Investasi dalam bentuk logam mulia merupakan investasi yang sangat menguntungkan karena sifatnya likuid sepanjang masa, nilainya tidak akan terpengaruh oleh inflasi. 

Sumber gambar : Materi presentasi pegadaian

Bicara soal investasi emas sebenarnya ada 3 jenis emas yang beredar di masyarakat yaitu emas dalam bentuk perhisan emas, koin emas dan emas batangan. Semuanya bisa bernilai investasi, namun jenis emas yang paling tepat untuk investasi jangka panjang adalah dalam bentuk emas batangan. 

Kenapa harus emas batangan? 

Karena hanya jenis emas batangan saja yang kemurniannya bisa mencapai 99,99% sehingga bernilai tinggi. Emas dalam bentuk perhiasan tidak bisa memiliki kadar kemurnian hingga 99,99% karena untuk bisa dibentuk jadi perhiasan maka dibutuhkan campuran logam lain agar lebih mudah dalam proses pembentukan dan hasilnya juga bisa sempurna. Jika tidak dicampur dengan logam lain, justru hasilnya akan jadi kurang baik karena sifat dari emas murni cenderung lembek dan sulit dibentuk jika tidak dicampur dengan logam jenis lain. Hal ini menyebabkan kadar emas perhiasan yang beredar di masyarakat rata-rata hanya sebesar 12 K (50%), 18 K (75%) dan 22 K (90%). Sementara untuk emas dalam bentuk dinar atau koin yang beredar saat ini juga memiliki standar sebesar 4,25 gram dengan kadar 22 K. Satu-satunya jenis emas yang kadar kemurniannya bisa mencapai 24 K (99,99%) adalah emas batangan yang bisa ditemukan dalam bentuk emas batangan lokal dan emas batangan produksi PT. Aneka Tambang (antam). Jenis emas batangan yang bisa kita beli di pegadaian adalah dalam bentuk emas batangan antam. Ini merupakan jenis investasi logam mulia yang paling direkomendasikan. Apabila kita sedang mempunyai kelebihan dana (surplus) akan lebih baik jika uang tersebut diinvestasikan dengan membeli emas batangan di pegadaian secara tunai. Membeli emas batangan di pegadaian juga lebih terpercaya karena kita akan mendapatkan sertifikasi jaminan emas asli

Jaminan emas asli dari pegadaian
 

Jika jumlah uang yang kita miliki masih belum cukup untuk membeli emas batangan secara tunai, kini ada cara yang lebih mudah dan fleksibel untuk bisa memiliki emas batangan sebagai investasi. Beberapa waktu lalu saya mengikuti acara Road Blog 10 Cities yang diselenggarakan Excite Indonesia di Hotel Neo Yogyakarta. Salah satu sponsor dari kegiatan ini adalah pegadaian. Lantaran mengikuti acara ini, saya jadi tahu bahwa ternyata sekarang ada produk layanan baru dari pegadaian yang semakin memudahkan kita untuk bisa berinvestasi dalam bentuk emas batangan yaitu melalui program tabungan emas. Ini merupakan layanan penjualan dan pembelian emas batangan dengan fasilitas titipan. Dalam sesi presentasi oleh narasumber dari pegadaian, dijelaskan bahwa setoran minimal untuk tabungan emas ini juga sangat terjangkau. Hanya dengan menabung sebesar Rp.5000,- jika rutin dilakukan maka kita bisa memiliki investasi dalam bentuk emas batangan. 

Buku tabungan emas milik  saya

Usai mendengarkan presentasi tersebut, saya langsung tertarik untuk membuka rekening tabungan emas di pegadaian. Syarat untuk membuka rekening cukup mudah yaitu :

  • Menyerahkan identitas diri berupa KTP/SIM/Paspor
  • Membayar biaya administrasi Rp.5.000 dan membayar biaya pengelolaan rekening Rp.2.500
  • Membeli emas batangan dengan berat mulai 0,01 gram atau senilai Rp.5.000-an.

Tabungan emas ini jika saldonya sudah terakumulasi dan senilai dengan harga emas minimal seberat 5 gram, maka kita bisa melakukan pencetakan emas batangan dengan membayar biaya pencetakan. Ini akan jadi investasi yang sangat menguntungkan karena harga emas murni seperti emas batangan antam yang dijual oleh pegadaian ini sifatnya cenderung stabil dan tidak terpengaruh inflasi. Sampai kapanpun nilainya akan selalu mengikuti harga emas yang berlaku. Investasi emas ini manfaatnya sangat banyak. Bisa digunakan untuk tabungan sekolah atau kuliah anak di masa depan, bisa untuk tabungan ongkos naik haji atau bisa juga digunakan sebagai penyelamat saat kondisi krisis keuangan seperti yang sudah saya ceritakan di atas.



Program layanan dari pegadaian kini memang semakin lengkap. Selain saya bisa meminjam uang dan membeli emas di pegadaian, saat ini pegadaian juga bisa melayani transfer uang baik di dalam negeri maupun ke luar negeri tanpa harus memiliki rekening bank dengan menggunakan fasilitas pegadaian remittance. Saya juga bisa melakukan pembayaran tagihan listrik, telepon, TV kabel, pulsa handphone, tiket kereta api dan lain sebagainya melalui pegadaian dengan memanfaatkan fasilitas multi pembayaran online (MPO).

Dulu image pegadaian itu hanya sebagai sahabat di saat krisis keuangan melanda, namun ternyata kini layanan yang disediakan oleh pegadaian tidak hanya terbatas pada peminjaman uang saja. Saat kita sedang dalam kondisi surplus keuangan, pegadaian juga bisa hadir sebagai sahabat terbaik yang membantu kita dalam menginvestasikan kelebihan dana yang kita miliki secara tepat dan bijaksana. 

Yuk..ke pegadaian,  Mengatasi Masalah Tanpa Masalah.