Target Blogging Tahun 2019

by - December 19, 2018


Tahun 2018 sebentar lagi akan segera berakhir. Sejujurnya menjelang akhir tahun seperti sekarang ini, semangat saya justru sedang mengalami penurunan. Apalagi ketika melihat anak-anak sedang liburan sekolah. Ingin rasanya saya juga ikut libur kerja dan menemani mereka di rumah. Tapi apa daya, justru menjelang akhir tahun ini jatah cuti tahunan saya malah sudah habis. Sepanjang tahun 2018 ini, saya memang sudah terlalu banyak mengambil jatah cuti tahunan di awal dan pertengahan tahun karena ada anggota keluarga yang sakit bergantian. Sehingga totaly, jatah cuti saya kemarin hanya habis untuk merawat anak-anak yang sakit.

Lalu apa kabar dengan blog saya selama tahun 2018 ini? Alhamdulilah aktivitas ngeblog masih bisa tetap berjalan meskipun tahun ini prestasi blogging saya tak secetar tahun sebelumnya. Saya masih aktif mengikuti beberapa lomba blog dan beberapa kali juga sempat nyangkut jadi pemenang. Tapi lebih seringnya sih hanya jadi pemenang hiburan dan alhamdulilah saya sudah merasa cukup terhibur dengan pencapaian tersebut. Namun secara umum sebenarnya performance blog saya tahun ini mengalami penurunan. Makanya menjelang pergantian tahun menuju tahun 2019 ini saya ingin membuat target blogging yang semoga bisa tercapai di tahun 2019. Targetnya nggak muluk-muluk sih, berikut target blogging sederhana yang ingin saya capai tahun depan :

1. Menggenapkan Achievement Menang Lomba Blog/Menulis menjadi 60

Sampai sekarang saya masih senang untuk ikut lomba blog, meskipun frekuensinya sudah tidak sesering dulu. Nah, sampai dengan akhir tahun ini achievement saya dalam memenangkan lomba blog atau lomba menulis sudah terkumpul sebanyak 57. Jujur saja, saya bikin list achievement ini untuk memotivasi diri sendiri dan juga menambah rasa percaya diri saya untuk tetap menulis. Di tahun 2019 nanti, saya punya target untuk bisa menggenapkan achievement saya ini menjadi 60. Itu artinya saya perlu ikut lomba blog minimal 3 dan harus bisa menang semua. Syukur-syukur kalau bisa lebih banyak. Tapi saya nggak berani bikin target menang lomba banyak-banyak, karena blogger jaman sekarang itu udah makin banyak dan keren-keren. Itu yang bikin saya jadi rada jiper.

2. Menggenapkan Follower Blog Menjadi 100

Follower blog saya ini juga naiknya pelan banget. Mungkin karena saya orangnya jarang bergaul secara aktif di dunia maya, makanya blog saya kurang terkenal. Tapi udah bersyukur sih, ada follower yang mau follow blog saya sebanyak 95 orang. Target saya, tahun depan follower  blog saya bisa nambah 5 orang lagi, jadi total bisa genap jadi 100 follower..hahaha..angkanya kecil banget sih, tapi udah cukup bikin saya seneng kok.

3. Meningkatkan DA/PA Blog menjadi 25/30

Saya ngeblog udah cukup lama. Tapi selama ini memang saya kurang memperhatikan peningkatan DA/PA Blog. Saya juga termasuk blogger yang jarang dapat job dari blog, karena job di dunia nyata saja sudah cukup bikin saya pusing. Meskipun jarang terima job blogger, tapi saya rasa penting juga meningkatkan DA/PA Blog. Kalau tahun ini DA/PA blog saya baru mencapai 21/27, saya berharap tahun depan DA/PA blog saya bisa mencapai angka 25/30. Entah gimana caranya saya juga nggak tau. 

4. Meningkatkan Blogwalking

Nah..ini yang jadi PR buat saya, yaitu lebih aktif blogwalking. Bergaul gitu loh..jangan cuma kebanyakan jadi silent reader. Tinggalin jejak gitu, biar blognya semakin banyak dikenal. Hiks..sayangnya saya itu orang yang males eksis, tapi bagaimana mungkin blognya bisa maju kalau males eksis? du..du..du..du.., baiklah akan saya coba mulai tahun depan lebih rajin blog walking dan meninggalkan jejak. Target saya minimal dalam 1 hari, ninggalin jejak 1 kali di blog milik orang lain. Bismilah, akan saya usahakan (kalau nggak lupa).

5. Meningkatkan Share Blog di Sosial Media

Ini juga PR kedua buat saya di tahun depan. Kalau habis update blog, saya harus lebih semangat ngeshare link blog saya di sosial media. Agar semakin banyak orang yang membaca tulisan saya. Selama ini kelemahan saya memang saya kurang aktif share tulisan blog saya di sosial media. Baiklah ...tahun depan, kekurangan ini akan saya perbaiki, namun tidak dengan cara kebanyakan nyepam dimana-mana.

Wahh..simple banget ya, target blogging saya di tahun 2019. Semoga target yang sangat simple ini semuanya bisa terwujud di tahun depan. Amin YRA


You May Also Like

6 comments

  1. Semangaaat kakak.. semoga kita makin baik tahun depan ya ? ❤️❤️

    ReplyDelete
  2. wah targetnya keren mba. moga semua kesampean yaa.

    ngitungin menang lomba jd inget tetanggaku mba arin yg udah di atas 100 kali. moga mba arifah makin berkibar menang blognya, aamiin

    ReplyDelete
  3. menang nulis blog? wahhhh cakep bener itu. aku aja mau ikutan gitu udah keder duluan. hahahaha. abis biasa kontennya juga kurang di kuasai. good luck for 2019 mba

    ReplyDelete
  4. Kerenlah dirimu mbak. Prestasi luar biasa. Aku sudah lama nggak ikut lomba blog, udah jiper lihat pesertanya yang luar biasa.

    Semoga tercapai targetnya ya.

    ReplyDelete
  5. Kereeenn banget mbaaaa :)
    Saya mah menyerah ikut lomba, selalu kalah hahaha
    Salah saya juga sih, ikut lomba bikin saya gak merasa produktif, 1 artikel dipikirin sampai berhari2, mending saya milih nulis ODOP hahaha
    Emang saya suka nulis sih

    Btw followernya juga keren, saya masih belum serius dalam hal follower nih, masih biarin aja di follow ya saya folbek, itupun di Google plus.
    keren ih mba punya banyak follower

    Sama blog walking sih saya, penting banget meninggalkan jejak di postingan orang dan saya selalu berusaha tinggalin jejak yang bikin eye catching, maksudnya jejak saya bakalan bikin banyak orang kepo, salah satu caranya ya jejak yang panjang, selain membantu performa blog orang karena saya stay lebih lama, juga bikin orang lebih kepo dan tertarik mengunjungi kita :)

    ReplyDelete

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)