Pekerjaan Rumah Tangga Spesialis Saya

by - December 10, 2018


Menurut saya, jadi ibu rumah tangga itu adalah pekerjaan yang berat. Meskipun kelihatannya itu hanya mengurus rumah beserta isinya, tapi pekerjaan ibu rumah tangga itu bukan merupakan hal yang mudah. Ibu rumah tangga itu harus memastikan bahwa kebutuhan seluruh anggota keluarga terpenuhi. Ia juga harus memastikan bahwa kondisi rumah selalu bersih dan rapi serta bebas kuman. Dan yang paling berat adalah pekerjaan rumah tangga itu tidak ada hari liburnya. 

Makanya saya belum berani memutuskan untuk jadi ibu rumah tangga full time. Jujur, saya takut stres. Karena saya tipe orang yang tidak bisa diam di rumah berlama-lama. Namun meskipun saya tidak mengurus rumah tangga secara full time, ketika sedang berada di rumah saya tetap melakukan pekerjaan rumah tangga yang mampu saya lakukan. Karena saya memang tidak punya asisten rumah tangga. Selama ini saya selalu berbagi tugas dengan suami saya dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan rumah tangga yang menanti.

Tidak semua pekerjaan rumah tangga bisa saya kerjakan. Karena keterbatasan saya, maka saya hanya melakukan beberapa jenis pekerjaan rumah tangga spesialis saya yaitu sebagai berikut :

1. Menyapu Lantai

Menyapu lantai adalah pekerjaan rumah tangga yang tergolong ringan dan cukup menyenangkan buat saya. Saya biasa menyapu lantai pada sore hari setelah pulang kantor. Untuk urusan mengepel lantai, itu jadi tugas suami saya. Saya kurang suka ngepel lantai karena menurut saya pekerjaan tersebut cukup rumit dan ribet karena harus berurusan dengan air. Makanya kalau urusan ngepel lantai, sepenuhnya saya serahkan pada suami saya.

2. Mencuci Piring

Saya lebih suka mencuci piring ketimbang memasak. Karena mencuci piring itu lebih praktis. Saat hari libur, bisanya saya berbagi tugas dengan suami. Suami yang memasak, dan saya yang akan mencuci semua peralatan bekas masak yang digunakan oleh suami saya. Termasuk semua piring kotor bekas makan anak-anak. Pokoknya dengan senang hati saya akan mencuci semua piring dan gelas kotor. Asalkan saya tidak masak, saya rela melakukannya.

3. Membereskan Tempat Tidur

Saya itu orangnya disiplin banget untuk urusan membereskan tempat tidur. Begitu bangun tidur, maka bantal, guling, selimut dan sprei harus dikembalikan pada posisi rapi seperti semula. Saya paling nggak tahan melihat kondisi tempat tidur yang berantakan. Makanya saya juga cukup cerewet mengingatkan anak saya untuk segera beres-beres tiap habis bangun tidur.

4. Mencuci Baju

Mencuci baju juga merupakan pekerjaan rumah tangga spesialis saya, asalkan dilakukan dengan menggunakan mesin cuci. Setiap pagi, tugas saya adalah memasukkan baju kotor ke dalam mesin cuci, memasukkan detergen secukupnya dan memencet tombol untuk mulai mencuci. Selanjutnya yang menjemur baju adalah suami saya. Kalau urusan menyetrika baju, saya serahkan sepenuhnya kepada loundry kiloan langganan dekat rumah saya. Praktis bukan?

5. Menyiram Tanaman

Aktivitas menyiram tanaman ini sekaligus bisa berfungsi sebagai sarana refreshing. Sambil menyiram tanaman, saya bisa menikmati indahnya bunga anggrek yang mekar. Selain itu saya juga bisa menikmati udara sore yang sejuk sambil memandangi hijaunya rerumputan di halaman rumah saya. Anak-anak saya juga senang sekali membantu menyiram tanaman, karena mereka juga sekalian bermain air. Kadang sambil menyiram tanaman, saya juga sekaligus bisa memandikan anak-anak saya di halaman rumah. Seru dan asyik deh nyiram tanaman sambil mandiin anak.

Ternyata tidak semua pekerjaan rumah tangga itu terasa berat. Ada beberapa pekerjaan rumah tangga yang kalau dilakukan justru bisa bikin fun, contohnya menyiram tanaman. Bagi saya pekerjaan rumah tangga yang paling berat itu hanya ada 4 yaitu memasak, nyetrika, ngepel lantai dan nyikat kamar mandi. Makanya saya tidak pernah melakukan 4 pekerjaan tersebut, karena itu bukan spesialisasi saya.

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)