Jajanan Legendaris Di Masa Kecil

by - December 14, 2018


Dulu saat masih kecil saya suka sekali jajan. Saya ingat dulu kalau saya berangkat sekolah, orang tua saya akan memberikan uang saku sebesar 100 rupiah. Jaman dulu uang 100 rupiah bisa dipakai untuk membeli berbagai macam jajanan. Minimal dapat 4 macam jajanan yang masing-masing harganya 25 rupiah. Asyik banget ya..jaman dulu. Nggak seperti jaman sekarang, dimana uang 100 rupiah sudah nggak laku lagi buat jajan. Buat  bayar fotocopi aja kurang. Jaman dulu ada jenis jajanan legendaris yang jadi favorit saya mereka ini adalah :

1. Permen Yosan


Ini adalah permen karet yang sempat ngehits dan jadi idola anak-anak yang mengalami indahnya masa kecil di tahun 90-an. Permen karet ini rasanya manis dan enak. Yang lebih seru lagi, dulu saya biasa mengumpulkan bungkus permen karet yang ada kuisnya. Di balik bungkus permen karet ini, ada huruf Y-O-S-A-N yang harus dikumpulkan. Namun dulu saya tidak pernah berhasil menemukan huruf N. Seringnya hanya dapat huruf Y-O-S dan A. Entah dimana huruf N itu berada, sampai sekarang masih jadi misteri.

2. Anak Mas


Jajanan ini dulu juga jadi salah satu jenis jajanan favorit saya. Anak mas adalah sejenis mie kremes yang cara makannya dengan dihancurin dulu mienya dengan cara diremas. Kemudian diberi bumbu dan kocok-kocok hingga bumbunya tercampur jadi satu dengan mienya. Sebenarnya saya dulu sering dimarahi ibu saya kalau ketahuan beli anak mas, karena menurut ibu saya makanan ini terlalu banyak mengandung micin. Meskipun sering dimarahi, tapi saya tetap membelinya dengan cara sembunyi-sembunyi.

3. Krip - krip



Krip-krip ini masih serumpun dengan anak mas. Bedanya kalau krip-krip tidak dilengkapi dengan bumbu. Hanya mie kering saja yang sudah hancur dan wadahnya jauh lebih kecil ketimbang anak mas. Saya dulu sering makan krip-krip dicampur dengan nasi. Entah kenapa dulu kalau makan ini tuh rasanya udah enak banget. Ngalahin rasa enaknya makan idomie campur nasi kalau jaman sekarang.

4. Wafer Supermen


Wafer bergambar tokoh kartun supermen ini pernah jadi wafer coklat yang paling merajai di jamannya. Dulu kayaknya wafer ini adalah wafer coklat terenak yang pernah ada. Sebenarnya jaman sekarang, juga masih ada wafer model seperti ini. Tapi rasanya kayaknya nggak seenak jaman dulu deh. Entah apa yang berubah ya? Memang kualitas wafernya atau lidah saya yang berubah.

5. Permen Cicak 


Ini juga salah satu jajanan yang sebenarnya sangat dilarang oleh ibu saya untuk dibeli pada masa lalu. Kata ibu saya, jajanan ini banyak mengandung pewarna yang tidak baik untuk kesehatan. Sekarang saja saya juga melarang anak-anak saya untuk jajan perme cicak semacam ini. Ngeri sama pewarnanya. Tapi herannya kenapa jaman dulu saya seneng banget jajan permen cicak semacam ini ya. Dasar anak-anak, susah dipahami jalan pikirannya.

Seru juga ternyata pengalaman jajan di masa kecil dulu. Meskipun dulu saya doyan banget makan jajanan yang saya tuliskan ini, tapi kalau sekarang saya dikasih jajanan semacam ini dan disuruh maem lagi kayaknya saya nggak bakal doyan deh..hehehe..soalnya saya ngeri sama micin dan pewarnanya itu lho..

You May Also Like

1 comments

  1. Itu semua makanan fav saya juga waktu sekolah, apalagi permen yosan sampe greget ga nemu huruf N hehe

    ReplyDelete

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)