Media Sosial Adalah Peluang

by - November 24, 2018


Di jaman sekarang, siapa sih yang tidak kenal dengan media sosial? Sebuah media daring yang memungkinkan bagi seseorang untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi antar satu sama lain melalui dunia maya. Jenis media sosial juga semakin beragam mulai dari blog, facebook, twitter, instagram, youtube, whatssup, line dan lain sebagainya.

Kehadiran media sosial saat ini menurut saya merupakan sebuah peluang. Jadi bukan hanya sekedar sebagai sarana untuk update status atau chit chat dengan teman, namun bisa berfungsi lebih dari itu. Peluang yang saya maksud adalah peluang untuk mendapatkan penghasilan.

Bukan berarti saya mata duitan ya, kok apa-apa selalu dikaitkan untuk cari duit. Orang-orang yang menganggap media sosial adalah peluang untuk mendapat penghasilan justru adalah orang-orang yang kreatif, bukan mata duitan. Karena untuk berhasil memanfaatkan media sosial sebagai sumber tambahan pendapatan, maka kreativitas sangat dibutuhkan.

Ada banyak peluang yang ditawarkan melalui media sosial, mulai dari mengikuti berbagai lomba atau kuis yang ada di media sosial, menjadi buzzer, hingga bermain iklan. Kunci suksesnya tentu harus kreatif dan mau belajar. Selain itu, jumlah teman atau follower di akun media sosial yang kita miliki juga harus terus dikembangkan. 

Menggunakan media sosial untuk menambah pendapatan juga tetap harus berpegang pada rambu-rambu yang benar. Sebagai contoh misalnya menjadi buzzer, jangan sampai terjebak ke dalam aktivitas buzzer yang justru memecah belah persatuan bangsa. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa memang ada buzzer model seperti itu, yaitu yang sengaja dibayar untuk menebarkan hoax serta kebencian untuk memancing kerusuhan di media sosial. Apa gunanya dapat uang banyak dari aktivitas buzzer, tapi duitnya nggak halal.

Selain sebagai peluang untuk menambah penghasilan, media sosial juga bisa jadi peluang untuk mencari hiburan secara gratis. Kalau saya pribadi nih, udah cukup terhibur ketika baca guyonan receh yang banyak saya temukan di media sosial seperti twitter atau facebook yang dilontarkan oleh para netizen. Daripada membaca postingan hoax nggak jelas, saya lebih suka membaca humor-humor receh yang bisa bikin ketawa.

So, kesimpulannya media sosial memang sebuah peluang. Namun tetap ada 2 sisi peluang yang sifatnya berseberangan yaitu peluang untuk melakukan hal-hal yang positif atau peluang melakukan hal negatif. Semua tergantung pada diri masing-masing, untuk memilih peluang yang mana?positif atau negatif, its up to you. Namun ingat bahwa pertanggungjawabannya kelak tetap satu, yaitu bertanggungjawab kepada Tuhan atas apa yang telah kita lakukan dengan media sosial yang kita miliki.

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)