3 Manfaat Bergabung Di Blogger Perempuan Network

by - November 23, 2018


Saat ini jumlah komunitas blogger itu semakin banyak. Mulai dari komunitas blogger khusus emak-emak, komunitas blogger yang domisili sedaerah atau sekota dan sebagainya. Dulu saya sempet jadi simpatisan yang ikut gabung grup komunitas blogger sana-sini. Walaupun setelah join ternyata ketemunya masih sama elu lagi..elu lagi. Selama join jadi anggota komunitas, aktivitas saya biasanya cuma jadi silent reader or sesekali nyepam link blog.

Tapi makin kesini akhirnya saya pilih-pilih lagi kira-kira mana sih komunitas blogger yang memang mendatangkan manfaat yang nyata untuk perkembangan blog saya. Akhirnya hanya ada 3 komunitas blogger yang saya ikuti, salah satunya adalah Blogger Perempuan Network (BPN). Komunitas ini kalau dibaca dari namanya memang udah keliatan perempuan banget ya, makanya sebagai perempuan saya sukaaa banget sama BPN. Saya bergabung jadi member BPN sejak 2015.

Selama bergabung jadi anggota BPN saya mendapatkan banyak sekali manfaat terutama dari segi perkembangan blog dan pendapatan sebagai blogger tentunya. Tapi secara garis besar ada 3 manfaat utama yang saya dapatkan yaitu sebagai berikut :

1. Meningkatkan Traffic Blog

Dengan bergabung di BPN maka follower blog, instagram dan twitter saya jadi makin bertambah. Karena sesama anggota BPN memang biasanya rajin untuk saling follow. Dengan makin banyak jumlah teman di sosial media, tentu jadi ngefek juga buat traffic pembaca blog saya karena kalau saya update biasanya linknya saya share via sosial media. Selain itu saya juga bisa dapat backlink dari websitenya BPN, walaupun saya tergolong masih kurang rajin ngeshare link artikel blog ke website BPN. Selain bisa nitip link artikel buat nambah backlink, di BPN kita juga bisa nitip banner. Saya rencananya juga mau nitip, tapi bannernya belum jadi.


2. Mendapat Ilmu dan Wawasan Baru Tentang Blogging

Admin BPN itu sering banget bikin tulisan yang isinya tentang bagi-bagi ilmu tentang dunia blogging. Terutama foundernya yaitu mbak Shinta Ries. Saya bisa sedikit paham tentang google analytics juga dari BPN. Makanya sekarang saya udah nggak gagap lagi kalau misal ada agency yang mau kerjasama dengan blog saya tapi dia minta dikirimin PV dari google analytic. Dulu sih sempat bingung, tapi sejak baca artikel di BPN jadi nggak bingung lagi.


3. Mengetahui Rate Blog

Soal rate blog ini saya juga dulu nggak paham. Setelah gabung di BPN, beberapa kali saya mendapat tawaran kerjasama untuk placement artikel di blog saya. Kalau sama BPN itu ratenya udah disesuaikan sama DA/PA blog kita karena BPN udah punya datanya. Jadi BPN udah nentuin ratenya, tergantung kitanya yang nentuin mau apa enggak dengan rate yang ditawarkan. Nah kalau saya bandingin dengan agency lain yang pernah kerjasama dengan blog saya, rate yang dari BPN ini malah ternyata lebih tinggi. Agency lain biasanya suka nanya rate dulu trus nawar. Dulu waktu saya masih nggak paham soal rate, kadang saya ngasih harga terlalu rendah karena nggak pede. Tapi semenjak gabung di BPN dan pernah dapat tawaran kerjasama dengan rate yang mereka tawarkan, sekarang kalau ada agency lain yang tanya soal rate blog maka saya jawabnya pakai rate yang pernah dikasih sama BPN.

Bergabung jadi member Blogger Perempuan Network itu memang menyenangkan. Efeknya positf banget buat mengembangkan blog kita biar semakin profesional. Thanks Blogger Perempuan Network.

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)