5 Tempat Makan Favorit Di Bantul

by - November 26, 2018


Saya bukan orang asli Bantul, tapi saya bertempat tinggal dan bekerja di Bantul. Dulu sebelum tinggal di Bantul, saya kira tempat makan enak itu adanya cuma di kota Jogja saja. Tapi ternyata di Bantul juga banyak tempat makan recomended yang akhirnya kini jadi favorit keluarga saya. Kalau pas weekend, atau saat saya sedang tidak memasak maka tempat makan ini bakal jadi tempat makan langganan keluarga saya. Karena selain enak rasa masakannya dan tempatnya nyaman, lokasinya juga dekat dari rumah saya. Selain itu pilihan menu yang tersedia serta suasana tempat makannya juga cocok buat keluarga yang punya anak balita seperti saya. Biasanya ibu-ibu suka bingungkan cari tempat makan yang ramah balita? Nah..berikut 5 tempat makan di daerah Bantul yang jadi favorit keluarga saya :

1. Bale Ayu Resto

sumber : baleayuresto
Restoran yang punya tagline semua bisa makan enak ini terletak di Jalan Imogiri Timur KM. 6 Bantul (100 meter selatan terminal Giwangan Yogyakarta). Masakan di tempat ini memang terjamin enaknya. Menunya khasnya adalah masakan gurame, namun ada juga pilihan lain seperti cumi, kepiting, udang, ayam, bebek, hingga nasi goreng dan mie goreng. Menu yang jadi favorit keluarga saya adalah Gurami Bakar Madu dan Tahu Masak Telur Asin. Kalau Tifa anak saya yang masih umur 2 tahun, paling suka makan Nasi Goreng Ayam Jagung. Restoran ini juga sering mengadakan event khusus, seperti wedangan gratis setiap selasa malam atau gratis balon bagi konsumen anak-anak yang berkunjung pada hari rabu serta gratis baby gurami untuk anak-anak setiap hari jumat.


2. Pondok Makan Kedapi

sumber : yogyakarta.panduanwisata.id
Tempat makan ini lokasinya dekaat banget sama tempat tinggal saya. Lokasinya ada di Glagah Lor, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Kalau ditempuh dengan naik kendaraan dari rumah saya hanya butuh waktu 1 menit untuk tiba disana. Makanya tempat makan ini sering jadi alternatif utama saat kondisi darurat. Misalnya saat anak-anak saya lagi pada susah makan, dan saya juga bingung mau makan apa. Menu andalan di tempat makan ini adalah menu penyetan, tapi ada juga nasi goreng, mie jawa dan masakan khas jawa lainnya. Sambelnya lumayan mantap pedesnya. Suasananya juga nyaman untuk keluarga, terletak di tepi sawah dengan suasana pedesaan yang indah.


3. Sambel Welut Pak Sabar
sumber : hanya-makan.blogspot.com
Nah...kalau tempat makan yang ini udah terkenal banget di kalangan penggemar kuliner. Udah pernah tayang di TV juga reviewnya. Tempat makan ini lokasinya juga deket banget sama rumah saya yaitu di Jalan Imogiri Barat KM 6 Bantul (Sebelah timur pemancingan Taman Mino). Menu andalannya jelas banget pastilah belut. Selain belut, ada juga ikan gabus, wader dan tempe tahu. Nikmat banget lho...makan disini. Favorit saya sih makan pakai nasi putih anget, lauknya belut goreng, ikan gabus goreng, tempe tahu goreng, terong goreng plus lalapan dan sambil trasi..wah..yummy banget. Tifa anak saya aja seneng banget makan di sini dengan lauk belut. Tapi kalau buat anak-anak sebaiknya saat memesan belut, bilang dulu supaya menggorengnya jangan terlalu garing. Karena kalau terlalu garing, jadi agak susah tuh buat anak-anak saat mengunyahnya.


4. Waroeng Pohon

sumber : mymagz
Waroeng Pohon ini terletak di Jalan Parangtritis KM 6, Glondong, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Menu andalannya adalah ingkung ayam yang disajikan dengan nasi gurih. Rasanya juga endess banget. Kalau pengen makan disini terutama saat hari libur sebaiknya reservasi dulu, soalnya tempatnya memang cukup ramai pengunjung. Suasana makan di tempat ini dibikin seperti nuansa makan di kebun, di bawah pepohonan rindang. Namanya juga warung pohon, makanya jangan heran kalau pas masuk memang banyak pepohonannya. Tapi kalau ngajak anak-anak juga tetap nyaman karena disediakan pendopo dan saung-saung kecil untuk keluarga atau rombongan.


5. Joglo Dahar Gedhang Mas

sumber : @gedhang-mas
Tempat ini tergolong baru, jika dibandingkan dengan 4 tempat makan yang sudah saya tuliskan di atas. Alamatnya ada di Glondong, Wirokerten, Banguntapan, Bantul. Menu masakan di tempat ini, mirip - mirip seperti di Bale Ayu Resto yaitu menyajikan menu seafood dan pilihan masakan jawa lainnya. Tapi suasananya berbeda dengan Bale Ayu, di sini suasananya outdoor di tepi kolam ikan yang cukup besar. Ada pendopo serta saung-saung kecil yang bisa digunakan untuk makan bersama keluarga ataupun rombongan. Kalau soal rasa masakan, menurut saya sih standar. Saya belum menemukan menu makanan yang wow banget untuk direkomendasikan. Tapi kalau hanya untuk sekedar menghilangkan lapar dan dahaga sambil refreshing sama keluarga, maka tempat ini cukup recomended.

Itulah 5 tempat makan favorit keluarga saya yang semuanya terletak di daerah Bantul dan jaraknya tidak begitu jauh dari rumah saya. Kalau pas mampir ke salah satu tempat makan yang saya sebutkan diatas, jangan lupa ajak saya ya...soalnya asli itu semuanya deket banget sama rumah. Nanti habis makan, bolehlah mampir ke rumah saya..hehehe.

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)