Tips Hidup Bahagia Meskipun Lagi Bokek

by - March 04, 2019


Hai sobat missqueen senasib sepenanggungan dimanapun berada, pernahkah kamu merasa hidupmu terasa sungguh menyedihkan lantaran dompet kamu isinya pas-pasan? Jika kamu sedang merasa begitu, nggak perlu merasa galau berkepanjangan karena saya juga pernah merasakan hal yang sama. Kisah hidup saya saat masih mengalami masa kejayaan sebagai seorang missqueen bisa dibaca di link berikut.

Baca : Kisah HP Pertamaku, Berkah Bolos Kuliah

Bokek atau nggak punya uang memang bisa dialami oleh siapapun. Ini karena hidup memang berjalan seperti roda, kadang di atas dan t
erkadang berada di bawah. Kondisi dompet pun juga mengikuti irama roda kehidupan lho, kadang terisi penuh namun pernah juga berada dalam kondisi hampir tak ada isinya sama sekali. Namun ujian hidup semacam ini, sebaiknya jangan sampai merusak kebahagiaan kita. 


Sumber gambar : Pinterest.com

Sebagai sobat missqueen ada baiknya jika kita selalu meneladani nasihat Koes Plus yang sudah melegenda sejak jaman bahuela yaitu hati senang walaupun tak punya uang. Mungkin ada sobat missqueen yang masih bingung tentang bagaimana caranya bisa hidup senang meskipun nggak punya uang. Maka dari itu kali ini saya akan berbagi beberapa tips untuk membuat hidup tetap bahagia meskipun lagi bokek :

1. Syukuri Apa Yang Ada

Bersyukur adalah koentji.Apapun kondisinya mau bokek atau tajir, kita harus selalu bersyukur kepada Tuhan atas anugerah kehidupan yang telah diberikan kepada kita. Saat kamu sedang merasa tak memiliki apapun harta yang berharga, maka ingatlah bahwa kesehatan badan yang dimiliki saat ini adalah harta termahal yang tak ternilai harganya. Apa kamu mau kesehatan yang kamu miliki sekarang dibeli orang dengan harga 1 Milyar? pasti tetep nggak akan dijualkan kalau ada yang mau beli segitu?. Terlebih lagi nih, bagi sobat missqueen yang sudah berkeluarga. Bokek bukan alasan untuk stres berlebihan apalagi sampai sedih berkepanjangan, karena harta yang paling berharga sesungguhnya sudah menjadi milikmu sepenuhnya yaitu keluarga.

2. Kurangi Buka SosMed

Apabila sobat missqueen lagi bokek, sebaiknya kurangi frekuensi membuka sosmed. Karena terkadang membuka sosmed hanya akan bikin hatimu semakin merasa miris dan pedih. Sosmed sesungguhnya adalah tempat orang untuk pamer, dan yang paling banyak dipamerkan adalah pamer kebahagiaan serta kekayaan. Untuk sobat missqueen yang tidak punya mental baja saat sedang bokek, sebaiknya kurangi deh aktivitas membuka-buka sosmed. Nggak usah dulu deh main-main ke IG nya pricess syahrini misalnya. Percayalah jika kamu melakukannya, maka selain bikin paket data kamu jadi berkurang, kamu juga akan semakin merasa jadi missqueen paling miskin sedunia.


3. Jangan Kebanyakan Mengeluh

Sudah bokek, banyak ngeluh pula. Udah deh..lengkap sudah derita loe. Plis..jangan jadikan hidup yang sudah menderita jadi semakin menderita. Maka dari itu saat sedang bokek, berhentilah mengeluh. Karena mengeluh tidak akan bisa mengubah keadaan menjadi lebih baik. Apakah sobat misqueen pernah mendengar nasihat bijak, bahwa kata-kata yang kita ucapkan adalah doa? Nah..sebaiknya dalam kondisi apapun tetaplah memotivasi diri dengan kata-kata bernada positif, bukan keluhan. Kalau sedang bokek, hindari berkata "duh..nggak punya uang". Tapi bilang saja bahwa,"uangnya ada kok, tapi belum ditransfer".

4. Bertransaksi Secara Hemat

Meskipun sedang bokek, tapi tuntutan untuk makan atau bayar tagihan pasti tetap tidak bisa dihindari. Nah..khusus untuk kebutuhan primer semacam ini memang tetap harus dipenuhi walaupun sobat missqueen sedang bokek. Tips dari saya, sebaiknya bertransaksi lah secara hemat (ya iyalah mau nggak hemat bagaimana?). Misalnya nih, saat tiba-tiba meteran listrik di rumah menjerit-jerit minta diisi pulsa. Mau nggak mau, tetap harus diisi jugakan? Maka dari itu saya sarankan sobat missqueen untuk bertransaksi secara hemat dengan memanfaatkan fasilitas bayar tagihan dapat cashback dari program Tokopedia Maret Mantap. Melalui program ini kamu bisa mendapatkan cashback yang cukup lumayan dari transaksi yang kamu lakukan. Cashback ini bisa banget kita gunakan untuk menyambung hidup sehingga kita nggak perlu pinjam uang sama teman.


5. Melakukan Hal Menyenangkan Secara Gratis

Saat sedang bokek, bukan berarti kita tidak bisa melakukan hal - hal menyenangkan lho. Karena sesungguhnya di dunia ini masih banyak aktivitas menyenangkan yang bisa kita lakukan secara gratis tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Contohnya saat kamu pengen bisa nyanyi-nyanyi karaokean tapi nggak punya uang, kamu bisa manfaatin karaokean gratis di aplikasi smule dengan memilih paket yang free tentunya. Atau kamu juga bisa melakukan hal menyenangkan lainnya seperti bermain tap telur di program Tap Tap Mantap Tokopedia. Disini kamu bisa mecahin telur buat ngumpulin poin yang bisa ditukar kupon undian berhadiah. Berharap saja siapa tau bisa beruntung dapetin kupon undian mantap yang hadiah utamanya adalah mobil BMW 32Oi. Menarik bukan?
Nah..itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk sobat missqueen dimanapun berada. Percayalah bahwa kebahagiaan itu bukan melulu tentang berapa banyak harta dan kekayaan yang kita miliki. Namun sesungguhnya kebahagiaan yang sesungguhnya adalah dari seberapa banyak kita bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang-orang di sekitar kita, meskipun yang bisa kita berikan baru sebatas senyuman saja. So...tetaplah tersenyum ya sobat missqueen meskipun kehidupan yang kita jalani tak seindah kehidupan princes syahrini.


You May Also Like

2 comments

  1. Alhamdulillah, untung mampir ke sini, walaupun lagi bokek jadinya tetap always happy

    ReplyDelete
  2. Ulasan tentang bersyukur menurut saya sangat reflektif dan keren. Mungkin intinya mengola pikir (selalu berpikir positif apapun kondisinya). Maaf kalau tidak nyambung mbak. Selebihnya 3 T (tahu diri, tahu waktu dan tahu tempat).

    Terima kasih. Ulasannya menarik. Terutama sub bahasan tentang bersyukur.

    ReplyDelete

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)