Can Not Convert To Business Instagram, Ini Solusinya

by - March 10, 2019

Hai sobat blogger dan influencer, apakah kamu pernah mengalami masalah seperti saya ? Mau switch akun instagram personal ke akun instagram bisnis yang biasanya bisa dilakukan dengan mudah tapi tiba-tiba jadi nggak bisa switch dan berkali - kali muncul peringatan "can not convert to bussines, try again later" dengan tampilan seperti ini :


Saya baru saja mengalami hal semacam ini dan kasus ini sukses bikin saya nggak bisa tidur karena penasaran. Tadinya saya pikir instagram lagi eror. Namun saat saya mencoba melakukan switch ke instagram bisnis pakai akun IG milik suami ternyata bisa dan nggak ada peringatan seperti yang tampil di akun IG milik saya. Bahkan akun IG suami saya bisa dengan mudah switch back dari bisnis ke personal, trus dari personal ke bisnis lagi. Ini semua bisa dilakukan tanpa kendala. Sementara akun IG milik saya sama sekali nggak bisa switch dan berkali-kali muncul peringatan seperti gambar di atas.

Padahal sebelumnya, akun IG saya sudah pernah berhasil swicth ke akun instagram bisnis. Tapi kemudian saya kembalikan lagi ke akun personal karena tiap kali share foto dari IG selalu nyangkutnya di fanspage facebook. Padahal saya merasa belum butuh bikin FP. Kemudian FP saya delete dan akun IG saya kembalikan lagi ke akun person bukan bisnis.

Suatu kali karena ada job yang mewajibkan saya untuk share content di instagram dan wajib melaporkan insight instagram, maka saya switch lagi akun instagram saya ke instagram bisnis. Proses switch yang kedua kali juga masih berjalan lancar tanpa kendala. Setelah urusan job selesai, saya balikin lagi akun instagram saya ke IG personal.

Nah kali ini saya kebetulan dapat job lagi yang mewajibkan untuk melaporkan insight feed dari instagram, lagi-lagi saya bermaksud untuk switch ke akun instagram bisnis lagi. Tapi kali ini ternyata prosesnya tidak semudah sebelumnya. Entah apa penyebabnya saya nggak tau. Apa mungkin oleh pihak instagram akun saya udah blacklist karena bolak balik switch personal - bisnis - personal - bisnis. Sehingga lama - lama instagramnya kesel sama saya yang dianggap main-mainin instagram seenaknya. Hmm.. apa iya sih instagramnya baperan kayak begitu?

Gara - gara masalah ini, saya sempat panik. Karena saya udah terlanjur tanda tangan kontrak untuk job yang ini. Kemudian saya tanya ke grup whatsapp blogger, siapa tau ada teman yang bisa bantuin masalah saya ini. Manda, teman sesama blogger menyarankan supaya saya bikin facebook fanspage dulu. Nanti dicoba switch ulang dari instagram yang otomatis bakal langsung nyantol dengan fp yang udah saya buat terlebih dahulu. Saya ikuti saran Manda tersebut dan saya coba switch lagi dari akun instagram saya. Memang bener bahwa facebook fanpage yang saya buat langsung otomatis tampil pada menu awal saat mau switch ke instagram bisnis. Tapi setelah saya klik continue tetep saja gagal dan muncul lagi peringatan " can not convert to business, try again later".

Lalu saya coba googling siapa tau ada juga orang di belahan bumi lain yang pernah merasakan kebingungan yang sama dengan saya. Dan ternyata banyak juga lho yang pernah mengalami kasus seperti saya. Rata-rata yang saya baca adalah kasus orang - orang bule. Akhirnya setelah saya blogwalking kesana kemari, saya menemukan informasi yang sangat mencerahkan sebagai berikut :

Screenshoot ini sumbernya dari www.degdigital.com

Dari hasil ngintipin obrolan mbak Chelsea dan mas Manuel itulah, kemudian saya coba praktekkan untuk melakukan switch ke instagram bisnis melalui facebook fanpage yang sudah saya buat. Saya memang belum pernah mencoba cara ini. Selama ini kalau mau switch akun bisnis saya melakukanya dari akun instagram  bukan dari facebook fanspage. Begini caranya :


Buka akun facebook fanpage yang sudah kamu buat, lalu pilih menu pengaturan. Setelah itu pilih instagram. Udah deh cantolin akun instagram kamu dari sini. Akan muncul kolom permintaan untuk memasukkan user name dan pasword instagram kamu. Setelah kamu berhasil mencantolkan akun instagram kamu dengan facebook fanspage yang sudah kamu buat maka akan muncul tombol berwarna biru untuk melakukan switch ke akun instagram bisnis. Tinggal klik tombolnya, lalu masukkan data email, nomor ponsel dan alamat kamu. Klik tombol simpan dan selesai.

Kalau sudah berhasil nyantol, tampilannya seperti ini

Alhamdulilah dengan cara ini, akun instagram saya berhasil switch lagi ke akun instagram bisnis. Kali ini saya sudah kapok deh, nggak bakal swatch - switch lagi. Facebook fanpage yang saya buat, nggak akan saya hapus - hapus lagi dan akan saya kelola dengan lebih serius supaya blog saya bisa lebih eksis seperti blog milik bloher - bloher keren lainnya. 

Buat kamu yang membaca postingan saya kali ini, plis bantu saya untuk menyukai halaman baru yang sudah saya buat (jujur saya mau invite via facebook masih malu-malu). Monggo dibantu untuk klik suka di FP Arifah Wulansari ini ya gaes.

Semoga posting ini bermanfaat untuk yang sedang mengalami masalah nggak bisa switch akun instagram. Cara ini sepertinya juga bisa dipraktekkan untuk yang udah switch ke akun instagram bisnis tapi pengen switch lagi ke akun person tapi nggak bisa. Trimakasih :)

You May Also Like

1 comments

  1. i had the same issue with "can not convert to business" and solved it with your method, BUT after my IG is a Business Profile i keep getting the error "something went wrong please try again later" everytime i start the APP(or refresh my profile with swiping down)

    ReplyDelete

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)