Tidak cuma fisik, menjaga kesehatan mental sangat penting saat pandemi

by - February 23, 2022

Situasi yang penuh ketidakpastian akibat pandemi seperti sekarang nggak jarang membuat kesehatan mental orang-orang terganggu. Selama setahun belakangan, kita harus beradaptasi dengan cara hidup baru dengan menerapkan protokol kesehatan dan membatasi diri dari kegiatan-kegiatan sosial yang tidak perlu dengan satu tujuan, saling menjaga satu sama lain.

Di sisi lain, situasi pandemi seperti sekarang berhasil membuka mata kita untuk lebih aware dengan kesehatan tubuh. Kita jadi lebih rajin olahraga, minum vitamin, dan jaga pola makan untuk meningkatkan imunitas tubuh supaya nggak gampang sakit. Akhirnya kita tersadar, kalau kesehatan itu mahal harganya, kan?

Tak kalah pentingnya dengan kesehatan jasmani, maka kesehatan mental pun perlu dijaga. Simak tip atau cara menjaga kesehatan mental yang dapat dilakukan berikut:

1. Eksplorasi diri

Selama pandemi, kita membiasakan diri untuk membatasi kegiatan sosial dengan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Pasti ada rasa jenuh dan lelah berlebih karena keterbatasan tersebut. Sisi positifnya, kamu jadi punya waktu untuk lebih mengeksplor diri kamu, lho. Kamu bisa memulainya dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai atau mencoba sesuatu yang baru, seperti memasak menu favoritmu, coba resep makanan viral di Tiktok, bercocok tanam, dan masih banyak lagi. Dengan banyak berfokus pada dirimu sendiri, kadar stres bisa terkendali dan kesehatan mental kita akan terjaga. Salah satu cara eksplorasi diri yang bisa dilakukan sekaligus mendatangkan cuan adalah belajar bikin konten foto dan video layaknya pro hanya pakai smartphone dengan cara yang mudah, murah dan cepat bersama mas Dimas Bhre.

Belajar bikin foto yang bagus bareng mas Dimas
Ketrampilan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnis di era online seperti sekarang, dimana foto produk itu perannya penting banget. Foto produk harus bisa dibuat semenarik mungkin agar :

  • Meningkatkan kepercayaan calon pembeli, pembeli akan semakin yakin bahwa kita adalah penjual yang terpercaya dan memiliki kualitas produk yang baik
  • Meningkatkan nilai jual, bukan sekedar melalui kata-kata karena visual yang apik dapat membuat calon konsumen lebih tertarik pada suatu produk

Nah, setelah tau manfaat foto produk yang menarik, lalu gimana caranya bisa bikin foto produk yang menarik tapi berbiaya murah? Prinsip pertama adalah pencahayaan, saat akan mengambil foto pastikan bahwa arah cahaya berasal dari samping atau belakang. Untuk background foto pastikan kita menggunakan background yang "bersih" tidak berantakan. Akan lebih menarik jika ditambahkan pernak-pernik yang sesuai dengan konsep produk yang akan difoto. 

Contoh foto yang dibuat oleh anak umur 8 tahun
Ini semua tidak memerlukan biaya mahal, hanya dibutuhkan kreativitas serta kemauan untuk belajar. Tak perlu membeli kamera DSLR mahal atau laptop mahal untuk editing foto, karena dengan kemajuan teknologi smartphone saat ini maka siapapun bisa membuat foto produk yang menarik cukup dengan memanfaatkan smartphone masing-masing.

2. Mendengarkan lagu

Mendengarkan lagu bisa jadi salah satu cara untuk membangun mood kamu saat beraktivitas, lho. Salah satu ahli psikologi, Emmeline Edwards mengungkapkan bahwa sistem pendengaran kita terhubung langsung dengan sistem motorik, pusat motivasi, dan pengendalian emosi. Beberapa penelitian juga menunjukkan kalau musik dapat membantu seseorang mengurangi stres, kecemasan, dan depresi ringan.

3. Bermedsos dengan positif

Di tengah pandemi seperti sekarang, media sosial menjadi pelarian bagi banyak orang untuk menghilangkan kebosanan. Namun, terkadang media sosial bisa jadi salah satu penyebab tingkat stres kita meningkat dengan masifnya pemberitaan mengenai Covid 19, terlepas berita tersebut fakta atau hanya hoaks. WHO sendiri menyarankan kepada kita untuk tidak terlalu banyak mengakses berita tentang pandemi, karena dapat membuat kita makin stres dengan keadaan.

Sebaiknya, kamu jadikan media sosial kamu sebagai sarana hiburan. Kamu bisa mengakses hal-hal yang kamu sukai seperti menonton video lucu, film, tutorial masak, dsb. Menonton konten yang menghibur bisa menaikkan mood kamu dalam menjalani keseharian, lho.

Mengikuti webinar online juga bisa jadi salah satu pilihan alternatif untuk bermedsos dengan positif. Contohnya dengan mengikuti event online keren dengan materi materi tentang Cash Flow Management For Business bersama mbak Rista Zwestika.

Belajar cash flow manajemen bareng mbak Rista
Disampaikan bahwa ada 7 permasalahan dalam bisnis yang sering terjadi di Indonesia yaitu :

  1. Kondisi keuangan bisnis tercampur dengan keuangan pribadi
  2. Tidak punya pencatatan dan laporan keuangan yang jelas
  3. Modal yang terbatas
  4. Belum punya badan hukum yang jelas
  5. Rendahnya kesadaran membayar pajak
  6. Kurangnya inovasi
  7. Banyak yang gagap teknologi

Dari berbagai permasalahan ini mbak Rista menawarkan beberapa alternatif solusi, misalnya untuk mengalami masalah keterbatasan modal, maka bisa memanfaatkan kehadiran teknologi finansial untuk mendapatkan modal tambahan. Lalu untuk membayar pajak, maka perlu untuk belajar tentang apa itu PPH Final atau pajak UMKM dan gunakan aplikasi online pajak untuk memudahkan pembayaran pajak. Selain itu jika masalahnya adalah gaptek atau gagap teknologi maka cobalah untuk cepat beradaptasi dengan kondisi teknologi terkini dan jangan pernah berhenti belajar.

Di sesi ini mbak Rista juga ngajarin cara menghitung modal awal saat kita akan memulai suatu bisnis, ada 3 hal yang harus diperhitungkan dan dicatat dengan baik yaitu modal investasi, yaitu terkait dengan peralatan yang digunakan untuk berbisnis seperti laptop, mesin produksi dan sebagainya. Yang kedua adalah modal kerja yang mencakup bahan baku yang dibutuhkan, dan yang ketiga adalah modal operasional seperti gaji karyawan, biaya listrik, biaya iklan serta biaya operasional lainnya.

Sharingnya bermanfaat banget
Yang menarik dari sesi ini adalah ketika mbak Rista menjelaskan tentang gimana sih caranya melakukan efisiensi bisnis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini yaitu dengan cara Sifting Fintech. Beberapa aspek yang sangat bisa dilakukan efisiensi adalah pada proses pembayaran, point of sales (kasir), manajemen keuangan, personal branding, pemasaran dan penjualan. Lima aspek tersebut sangat bisa dilakukan cukup dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, sehingga biaya operasional bisa lebih di tingkatkan efisiensinya.

Mitigasi resiko penting untuk dilakukan sejak dini
Dalam mengembangkan bisnis ada satu hal lagi yang tak kalah penting yaitu jangan lupa untuk melakukan mitigasi resiko. Karena dalam kehidupan manusia mulai dari lahir  pasti ada resiko yang harus siap dihadapi yaitu resiko sakit dan resiko meninggal dunia. Saat seseorang jatuh sakit tentunya ada biaya yang harus dikeluarkan seperti membayar biaya tagihan rumah sakit, terapi dan biaya pengobatan, dan dibutuhkan juga sumber penghasilan untuk hidup selama proses pengobatan. 

Kemudian saat seseorang meninggal, ada pula biaya-biaya yang dibutuhkan seperti biaya pemakaman, biaya hidup untuk keluarga yang ditinggalkan serta biaya untuk melunasi hutang semasa hidup (jika ada). Maka dari itu asuransi penting banget untuk mengantisipasi resiko semacam ini. Seorang entrepeneur tidak boleh melupakan hal penting semacam ini, sehingga alokasi untuk asuransi juga harus dimasukkan dalam perencanaan

4. Jaga relasi dengan keluarga dan teman

Keterbatasan ruang gerak sosial karena pandemi mengakibatkan kita tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan keluarga dan teman-teman kita. Untungnya, kita hidup di era modern yang memungkinkan kita untuk tetap bisa menjalin komunikasi secara virtual melalui voice call, video call/conference, dsb. Dengan berinteraksi secara virtual, kita tetap dapat bersilaturahmi tanpa harus meninggalkan rumah dan kesehatan mentalmu tetap terjaga, karena kamu tidak akan merasa melalui semua ini sendirian.

5. Menjaga kesehatan finansial dengan asuransi rawat jalan

Aspek finansial merupakan main issue yang jadi keresahan banyak orang sejak tahun lalu, saat pandemi Covid-19 melanda. Tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan, terkena kebijakan pengurangan gaji, dan kesulitan mendapatkan pekerjaan. Makanya, nggak heran kalau kesehatan mental kita akan terganggu, karena stres memikirkan biaya kehidupan sehari-hari.

Manfaat rawat jalan seperti apa yang kamu butuhkan? Apakah ingin manfaat rawat jalan langsung ke dokter spesialis atau ke dokter umum dulu baru berjenjang ke dokter spesialis dalam kondisi khusus? Bila mengutamakan kenyamanan dan kecepatan tindakan, memilih manfaat rawat jalan langsung ke dokter spesialis akan lebih efektif bagi kebutuhanmu.

Salah satu perusahaan asuransi jiwa berbasis digital terkemuka di Indonesia, FWD Insurance, menghadirkan FWD Hospital Care Protection. FWD Hospital Care Protection memberikan cakupan perlindungan menyeluruh untuk pelayanan medis rawat inap dan rawat jalan serta serangkaian fasilitas rehabilitasi termasuk perawatan ekstra. Para nasabah dapat memilih beragam pilihan layanan berdasarkan wilayah geografis dan manfaat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tingkat resiko kesehatan mereka.

Selain manfaat rawat inap dan rawat jalan biasa, produk asuransi kesehatan ini juga dilengkapi dengan manfaat atas biaya rawat jalan untuk penyakit infeksi dan juga manfaat rehabilitasi, konsultasi ahli gizi dan pemantauan kanker selama masa pemulihan nasabah. Selain itu, produk ini juga memberikan manfaat tambahan lain yakni limit booster, no claim bonus dan santunan pemakaman. Untuk memberikan kemudahan bagi nasabah, produk ini juga didukung jangkauan perlindungan di seluruh dunia serta pengajuan klaim melalui aplikasi FWD MAX.

Oleh karena itu, situasi pandemi seperti sekarang memberikan pelajaran berharga kepada kita agar dapat mengelola keuangan dengan lebih baik. Mulailah dengan membuat perencanaan keuangan sederhana yang bisa jadi pegangan kamu setiap menerima gaji atau sumber income lain. Jangan lupa alokasikan sebagian income kamu untuk dana darurat, asuransi dan investasi. Keadaan memang tidak menentu, tetapi kamu harus tetap mempersiapkan dana untuk tujuan-tujuan keuanganmu di masa mendatang, kan?

Dengan memiliki asuransi bisa menghindari risiko diri dan finansial dimasa depan. Untuk kamu yang sudah membeli produk asuransi FWD Insurance periode kegiatan 26 Juli - 31 Desember 2021 tahun lalu ada kabar gembira, Tahun baru, mobil baru! Cari tahu apakah kamulah yang akan menjadi pemenang dari mobil Toyota Raize?

Tonton pengundian Grand Prize #ProteksiOn Lucky Draw di vidio.com pada tanggal 28 Januari 2022 pukul 15.00 WIB dan saksikan keseruan talkshow dari Dee Lestari dan Reza Chandika. Untuk info program cek di fwd.co.id/proteksion!

Jadi, tidak perlu khawatir, kamu dapat terus fokus menjalani hidup dan passion karena kamu sudah terlindungi dari risiko kesehatan terutama risiko finansial. Maka aktifkan perlindungan sekaligus rayakan kehidupan dan menangkan hadiah untuk dukung passion-mu!

Kondisi finansial yang sehat membuatmu menjalankan hidup dengan nyaman dan kondisi kesehatan mentalmu tetap terjaga. Kebiasaan-kebiasaan sederhana di atas mungkin bisa membantu menjaga kesehatan mental kamu di tengah pandemi. Stay safe dan tetap taati protokol kesehatan, ya. Kalau bukan diri kita yang menjaga kesehatan fisik dan mental sendiri, siapa lagi?

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)