Tahun baru “Imlek”, Strategi Keuangan Baru!

by - February 24, 2022

Imlek menjadi salah satu perayaan yang ditunggu-tunggu bagi masyarakat Tionghoa. Selain pemberian amplop merah atau angpao, akan ada acara bahagia lainnya yang biasa dirayakan saat Imlek. Mengatur keuangan saat Imlek memang gampang gampang susah, terutama untuk kamu yang memiliki banyak tanggungan.

Seperti hari raya lainnya, tahun baru Imlek juga akan lebih khidmat bila dirayakan bersama keluarga besar. Tapi, tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada banyak biaya yang dikeluarkan selama perayaan ini berlangsung.

Oleh karena itu, kamu harus mulai mengatur anggaran Imlek, nih. Mulai dari angpao, membeli pakaian baru yang akan dipakai saat Imlek, membeli makanan dalam jumlah besar untuk dimakan bersama, sampai berjalan-jalan bersama kerabat.

Tenang saja, kali ini kamu tidak perlu khawatir uang kamu terkuras habis karena banyaknya pengeluaran pada saat tahun baru Imlek. FWD Insurance punya beberapa tips keuangan agar dompet kamu tetap aman, lho. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Memberi Angpao Sesuai Budget

Memberi angpao adalah salah satu tradisi Imlek turun temurun. Biasanya, orang yang sudah menikah akan memberikan angpao berisi sejumlah uang kepada sanak saudara atau bahkan temannya yang belum menikah.

Demi mengatur keuangan saat imlek, jika memungkinkan, berilah angpao hanya kepada saudara inti yang belum menikah. Hal ini bisa mengurangi beban kamu saat dituntut untuk memberikan angpao ke semua orang yang kamu temui saat Imlek.

Selain itu, kamu bisa membatasi jumlah uang pada angpao yang akan diberikan kepada sanak saudara. Tidak perlu malu atau gengsi, karena sanak saudara yang mendapatkan angpao dengan nominal relatif kecil juga umumnya tidak berkecil hati mendapatkannya. Tujuan dari pemberian angpao pada saat Imlek adalah doa dan kasih sayang yang diberikan lewat angpao tersebut. Dengan jumlah angpao yang dibatasi, kamu pun jadi bisa mengalokasikan budget untuk keperluan lainnya.

2. Makan Bersama di Rumah

Makan bersama adalah salah satu kegiatan penting dalam perayaan hari raya Imlek. Keluarga biasanya akan menggelar makan malam bersama untuk tujuan mengikat, mempersatukan dan mempererat hubungan keluarga.

Menu makanan yang umum disajikan adalah mie panjang umur, ikan bandeng utuh, dan sayuran khas imlek. Makanan tersebut merupakan simbol dari pengharapan agar keberuntungan tidak pernah habis. Budget yang dikeluarkan untuk jamuan makan malam keluarga ini akan sangat bergantung pada menu makanan dan jumlah anggota keluarga yang dijamu. Selain lebih hemat, akan lebih seru juga bukan bila bersama-sama ikut mencicipi hidangan satu sama lain.

3. Berburu diskon saat Imlek

Tahun baru Imlek tidak lengkap rasanya bila tidak memakai baju baru bernuansa merah. Warna merah pada perayaan Imlek memiliki simbol ‘pengharapan’ di tahun yang baru, di mana semua kesedihan akan digantikan dengan kebahagiaan.

Untuk menghemat anggaran, akan lebih baik apabila kamu membelinya dengan memanfaatkan diskon dan potongan harga yang ditawarkan di berbagai marketplace online. Tidak hanya pakaian saja yang menawarkan promo pada saat imlek, salah satu perusahaan asuransi jiwa berbasis digital FWD Insurance juga menawarkan Diskon 30% dari periode 25 – 31 Januari 2022 untuk pembelian/kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, & Bebas Aksi (tidak termasuk Bebas Aksi Flash) dengan menggunakan kode promo di website fwd.co.id.

Tidak hanya sebagai gaya hidup dan penjamin masa depan karena dengan memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan maka hati akan merasa bahagia dan tenteram. Oleh karena itu, pastikan keranjang belanjaan kamu hanya terisi dengan produk yang kamu butuhkan saat Imlek. Think smart dalam berbelanja ya!

4. Perhatikan gaya hidup

Berdasarkan artikel yang dilansir dari national geographic, Gaya hidup orang Tionghoa kebanyakan sederhana. Mulai dari memasak dan mengonsumi makanan di dan dari rumah, menghemat, dan mengalokasikan dana lebih yang dimiliki untuk ditabung atau “diputar” menjadi modal bisnisnya. Baik bukan? Seperti yang dikatakan Dr. Maoshing Ni: “Kesederhanaan membawa kepuasan dan semua hal akan tumbuh dengan baik”.

Demikian tips mengatur keuangan saat imlek dengan bijak, terutama bila kamu memiliki banyak tanggungan yang lebih penting. Jangan sampai perayaan Imlek yang berlebihan membuatmu terpaksa harus menarik uang dari tabungan. Sebaiknya, persiapkan budget yang sesuai dengan kemampuanmu ya! 

Dalam menyusun strategi keuangan yang terpenting adalah kamu membuat target yang realistis dan konsisten mengikuti rencana yang sudah dibuat. Nah buat kamu yang ingin lebih mengembangkan bisnis di tahun ini supaya makin banyak dapat cuan, nggak ada salahnya jika kamu mulai membangun personal branding.

Di era digital seperti sekarang, personal branding itu penting banget lho..apalagi buat kita-kita yang punya bisnis.Sukses atau tidaknya bisnis kita akan sangat dipengaruhi oleh personal branding yang kita bangun.


Personal branding adalah strategi membangun citra diri yang kuat di hadapan publik, dimana seseorang berupaya untuk membentuk, menarik serta memelihara persepsi masyarakat terkait dengan aspek yang dimiliki seperti kepribadian, keahlian atau nilai-nilai yang tujuannya untuk membangun citra positif sehingga dampaknya bisa meningkatkan kepercayaan dan loyalitas masyarakat sehingga bisa digunakan sebagai alat pemasaran.

Lalu bagaimana caranya meningkatkan personal branding ? yang pertama kita harus memiliki authenticity, jangan pengen ikut-ikutan orang lain. Justru dengan "keaslian" yang kita miliki akan membuat kita akan jadi berbeda dari yang lain dan orang lain juga akan lebih mudah mengenali ciri khas asli yang kita tampilkan.

Yang kedua adalah tentukan sebagai apa kamu ingin dikenal? misalnya pengen dikenal sebagai beauty blogger, maka buatlah konten-konten seputar beauty blogger yang sesuai dengan diri kita sendiri. Dengan memiliki ciri khas semacam ini, maka orang lain akan menjadikan kita sebagai "rujukan" manakala mereka hendak mencari informasi seputar tips make up misalnya. So..apa yang sering kamu tampilkan di media sosial atau kehidupan sehari-hari, maka tampilan itulah yang akan menjadi personal brandingmu di mata orang lain. Jadi kalau pengen dikenal sebagai orang baik maka tampilkan yang baik-baik yah...jangan suka julid..hehehe

Yang ketiga, kita harus meningkatkan kemampuan berkomunikasi karena personal branding ini erat banget kaitannya dengan komunikasi. Selanjutnya yang keempat dengan cara memperluas jaringan dan yang kelima adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Menurut mbak Laila Cairy, media sosial saat ini sangat efektif dalam membantu kita membangun personal branding. Apalagi pengguna media sosial saat ini semakin banyak. Berikut data platform media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia :


Banyak loh.. orang yang berhasil meraih kesuksesan karena dia juga berhasil dalam membangun personal brandingnya sendiri sehingga semakin banyak orang yang kenal sama dia. Personal branding ini memang bermanfaat banget mengembangkan kepercayaan, membangun koneksi serta membangun kredibilitas kita. Ketiga hal tersebut merupakan kunci dalam meraih kesuksesan.

Selamat tahun baru Imlek ya, semoga tahun ini rezeki semakin berlimpah !

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)