Tips Mencari Tempat Sewa Hunian

by - September 17, 2021

Apakah kamu berencana untuk mencari tempat sewa hunian ? meskipun hanya menyewa tentunya tetap ingin mendapatkan tempat sewa hunian yang aman, nyaman dan terasa seperti berada di rumah sendiri. Maka dari itu sebelum menentukan tempat hunian yang akan disewa, kita harus jeli dalam memperhatikan detail properti.

Menyewa tempat hunian juga bisa bebas memilih jenisnya, mau sewa rumah, sewa apartemen atau bahkan sewa villa untuk liburan, kini bisa dilakukan asal sesuai dengan budget yang dimiliki. Nah, supaya kamu bisa mendapatkan tempat sewa hunian yang nyaman maka perhatikan beberapa tips berikut ini : 

1. Sesuaikan dengan anggaran biaya sewa yang dimiliki

Sebelum mulai memutuskan untuk menyewa rumah atau menyewa apartemen, sesuaikan dulu dengan anggaran yang kita miliki. Apakah kita mampu membayar biaya sewa per bulan atau per tahun yang ditetapkan. Biaya sewa tempat hunian ini sebaiknya tidak boleh lebih dari 35% dari pendapatan atau gaji yang kita dapatkan setiap bulannya.

2. Survey lokasi dan cek kondisi tempat sewa hunian

Survey ini tidak bisa jika hanya dilakukan via telpon atau hanya berdasarkan pada melihat foto / gambar. Akan lebih afdhol jika kita melakukan survei langsung ke lokasi untuk melakukan pengecekan kondisi rumah / villa / apartemen yang akan kita sewa. Atau lebih mudahnya langsung kunjungi situs seperti sewa-apartemen.net.

Perhatikan detail propertinya seperti kondisi dinding, lantai, atap, instalasi listrik serta instalasi air apakah kondisinya baik atau tidak.

3. Gunakan situs properti untuk lebih memahami detail properti

Jika ingin lebih menghemat waktu dan tenaga, kita bisa menggunakan situs properti seperti sewa-apartemen.net jika hendak menyewa apartemen. Selain itu bisa juga mengunjungi situs sewa-rumah.net

Jika ingin mencari informasi sewa villa, kamu juga bisa mengunjungi situs sewa-villa.comMelalui ketiga situs untuk mencari sewa hunian tersebut kita bisa mendapatkan informasi yang lengkap terkait lokasi serta fasilitas yang ditawarkan oleh masing-masing properti.

4. Perhatikan fasilitas sosial dan fasilitas umum di sekitar tempat sewa hunian

Sebaiknya lokasi tempat sewa hunian yang kita pilih memiliki akses yang mudah untuk mencapai fasilitas sosial dan fasilitas umum seperti stasiun, halte, rumah sakit, pertokoan, pasar, puskesmas dan lain sebagainya. Pilih hunian sewa yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan fasilitas tersebut supaya kita lebih nyaman dalam beraktivitas sosial sehari - hari.

5. Pahami surat perjanjian sewa menyewa

Saat menandatangani perjanjian sewa menyewa tempat hunian, perhatikan beberapa poin penting seperti biaya pindah, kenaikan biaya sewa, jangka waktu sewa serta pinalti sewa jika ada. Dengan memperhatikan hal tersebut maka akan dapat meminimalisir terjadinya kesalahpahaman antara pemilik dan penyewa tempat hunian. 

Yang tidak kalah penting dalam urusan sewa menyewa adalah kita harus memahami pula tentang hukum sewa menyewa yang diatur dalam kitab undang - undang hukum perdata terutama yang terkait dengan hak dan kewajiban penyewa. Karena tidak semua masyarakat memahami hal tersebut. Padahal kegiatan sewa menyewa yang tanpa disertai dengan surat perjanjian akan sangat beresiko baik bagi penyewa maupun pemilik properti.

Menyewa tempat hunian memang lebih praktis dan memiliki keuntungan tersendiri yaitu kita tidak perlu memikirkan biaya perbaikan atau renovasi rumah / hunian serta tak perlu membayar pajak bumi dan bangunan. Jika memutuskan ingin pindah tempat hunian juga lebih fleksibel, karena kita tinggal memilih melanjutkan sewa atau pindah tempat hunian, asalkan tetap sesuai dengan perjanjian awal dengan pemilik rumah.

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)