Beli atau sewa apartemen, lebih untung mana?

by - September 14, 2021

Apartemen merupakan properti yang menawarkan berbagai kemudahan dan kenyamanan. Sehingga saat ini banyak masyarakat yang tinggal di kota besar memilih untuk tinggal di apartemen. Tinggal di apartemen akan terasa praktis dan lebih ekonomis serta bebas macet. Apalagi jika jarak apartemen dengan kantor sangat dekat. Bisa menghemat biaya transportasi. 

Jenis dan tipe apartemen juga bermacam-macam yaitu apartemen studio yang hanya terdiri dari satu ruangan dengan luas kurang lebih 30 meter persegi, apartemen alcove yang ukurannya sedikit lebih besar dengan bentuk seperti huruf L, apartemen convertible yang ukurannya lebih luas lagi dan bisa ditambah partisi untuk memisahkan area-area tertentu. 

Ada pula apartemen junior 1 bedroom yang memiliki satu kamar tidur terpisah dari ruang utama, apartemen 2 bedroom dengan 2 kamar tidur terpisah dari ruang utama, apartemen duplex atau triplex yaitu apartemen bentuk vertikal yang terdiri dari dua lantai atau tiga lantai, apartemen loft yaitu apartemen dengan ruang berplafon tinggi dengan tambahan lantai mezanine, apartemen garden yaitu apartemen yang terletak di lantai dasar yang menawarkan view taman atau pekarangan tambahan serta classic six yang merupakan jenis apartemen dengan ukuran yang lebih luas dan menawarkan keleluasaan bagi penghuninya.

Fasilitas yang diperoleh bagi penghuni apartemen juga lengkap mulai dari makan, loundry, kolam renang, tempat olahraga, fasilitas internet, hiburan dan sebagainya semua biasanya sudah tersedia.Tinggal di apartemen juga tingkat keamanannya sudah terjamin dan kamu tinggal masuk saja tak perlu membeli perabotan.

Itulah yang menjadi alasan kini banyak orang di kota besar lebih suka tinggal di apartemen. Ada yang memilih menyewa namun ada pula yang lebih suka membeli apartemen. Namun sebenarnya lebih untung mana sih antara membeli atau menyewa apartemen?
sumber ilustrasi : apartemen123
Tinggal di apartemen memang menyenangkan. Jika memilih untuk menyewa maka biaya yang dikeluarkan setiap bulan rata-rata bisa mencapai 2,5 juta rupiah. Apabila dibandingkan dengan membeli apartemen murah dengan cara mencicil, mungkin biaya yang dikeluarkan per bulan akan sedikit lebih tinggi namun setelah kita membayar selama beberapa tahun maka apartemen tersebut akan menjadi milik kita. Bukankah ini lebih menguntungkan jika dibanding dengan menyewa.

Nah..jika tertarik untuk menyewa atau membeli apartemen, kamu bisa kunjungi apartemen123 untuk mendapatkan informasi yang lengkap. Tinggal pilih kategori apartemen yang diinginkan, kemudian tentukan lokasi yang dikehendaki..lalu voila..apartemen yang dicari dapat dengan mudah ditemukan informasi harga serta fasilitasnya melalui apartemen123.

Saat ini apartemen juga merupakan investasi yang menjanjikan. Jika kita memiliki apartemen, maka selanjutnya bisa disewakan dengan harga yang tinggi karena semakin banyak orang yang berminat untuk tinggal di apartemen. Namun tetap perhatikan juga bahwa saat membeli apartemen kita juga harus siap dengan biaya perawatan atau IPL ( Iuran Pengelolaan Apartemen) yang harus dibayarkan setiap bulan yang kisarannya mulai 250 ribu per bulan. Perhatikan juga lokasi saat hendak membeli apartemen. Pilih lokasi apartemen yang  strategis dan banyak peminatnya sehingga nilai investasinya berpeluang untuk terus meningkat.

Di sisi lain jika kamu lebih suka menyewa apartemen ketimbang membeli, ada keuntungannya juga loh. Yaitu bisa lebih fleksibel jika ingin pindah apartemen dan biaya per bulan yang harus dibayarkan lebih murah ketimbang membeli apartemen. Selain itu juga tidak perlu membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) serta tak perlu memperpanjang hak guna bangunan (HGB). Namun ada pula kerugiannya yaitu kita harus siap jika sewaktu-waktu ada perubahan biaya sewa apartemen misalnya kenaikan harga sewa. Hmm..jadi akhirnya mau pilih mana nih? mau beli atau sewa apartemen ?

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)