5 Tips Memilih Data Center Indonesia Berkualitas dan Aman

by - January 19, 2021

Apakah anda memiliki perusahaan atau bisnis yang membutuhkan ruang penyimpanan yang luas? Jika demikian maka layanan data center Indonesia dapat menjadi pilihan yang terbaik untuk anda. Dalam infrastruktur IT, keberadaan data center ini memang menjadi salah satu hal yang cukup krusial dan harus digunakan oleh hampir semua perusahaan. 

sumber gambar : nexdatacenter.com
Hal tersebut bukan tanpa alasan karena dengan penggunaan data center itulah, maka sebuah situs maupun data-data yang terdapat didalamnya dapat tersimpan dengan baik dan berjalan dengan lancar. Dengan keberadaan data center inilah maka secara tidak langsung juga akan meningkatkan bisnis anda agar dapat berkembang dengan baik. 

Tips Memilih Data Center Indonesia Terpercaya 

Saat ini, menemukan layanan penyedia data center memang sudah bisa anda temukan dengan muda, tetapi sayangnya tidak semua dapat dipercaya begitu saja bukan? Walaupun terdengar mudah, nyatanya memilih pusat data bukanlah perkara yang mudah dilakukan. 

Agar anda tidak salah dalam mengambil langkah, berikut ini tips dalam memilih pusat data tersebut. 

1. Power Supply 

Tips pertama apabila anda ingin memilih data center Indonesia adalah dengan melihat power supply yang ditawarkan. Power supply yang ada didalam data center harus stabil dan jarang terdapat gangguan didalamnya. 

Sebuah perusahaan data center yang professional dan terpercaya pasti mempunyai sumber daya listrik cadangan seperti genset ataupun battery bank. 

Dengan adanya power supply cadangan itulah dapat meminimalisir kemungkinan apabila terjadi adanya listrik mati atau gangguan lainnya. Apabila sebuah data center tidak terdapat sumber listrik cadangan didalamnya, maka apabila terjadi gangguan listrik akan menyebabkan sistem mengalami down bahkan tidak dapat digunakan. 

2. Lihat kecepatan layanan yang ditawarkan 

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan ketika memilih data center adalah dengan melihat kecepatan layanan yang ditawarkan. Sebuah jasa data center terpercaya pasti sudah menggunakan layanan prosesor yang baru sehingga kecepatan pusat data dalam melakukan pemprosesan akan lebih cepat. 

Bayangkan saja apabila data center tersebut lambat dalam mengelola data maupun melakukan pemprosesan, maka akan membuat situs menjadi lambat dan kondisi seperti ini tentu akan membuat para pengunjung merasa tidak puas. 

3. Sistem keamanan 

Jangan sampai Anda tidak melihat bagaimanakah sistem keamanan yang ditawarkan oleh layanan data center Indonesia tersebut. fitur keamanan ini memang menjadi hal yang sangat krusial. Adapun fitur keamanan yang ditawarkan dapat meliputi sistem login, keamanan gedung dan lain sebagainya. 

Dengan adanya sistem keamanan canggih dan terbaik itulah maka akan membuat anda lebih percaya ketika akan menitipkan data ke perusahaan data center yang bersangkutan. Ini juga akan memberikan kemudahan bagi para klien. 

4. Bandwith yang terbaik 

Bahan pertimbangan lainnya adalah pastikan mereka juga mempunyai banwidth yang terbaik. Hal ini tidak lain karena ketika bisnis yang anda miliki sudah berkembang pesat, pasti akan membutuhkan bandwidth semakin banyak bukan. inilah mengapa pentingnya untuk memperhatikan bandwidth yang ditawarkan oleh jasa bersangkutan. 

5. Perhatikan lokasi data center 

Data center yang canggih dan bagus biasanya harus berada di tempat yang strategis pula. Lokasinya juga harus berada di kawasan dimana mempunyai layanan internet yang stabil. Adapun bahan pertimbangan dalam pemilihan lokasi adalah harus terhindari dari banjir, tanah longsor maupun bencana alam lainnya. 

Dalam memilih data center, Anda juga harus memperhatikan bagaimana layanan customer service didalamnya. NEX merupakan perusahaan datacenter Indonesia dimana menawarkan semua layanan yang anda butuhkan.

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)