Nge-BUJO Itu Ternyata Asyik Banget

by - September 11, 2018

Foto : Koleksi Pribadi
What is Bujo? Bujo itu singkatan dari Bullet Journal. Saya tau tentang Bullet Journal gara-gara hari Sabtu tanggal 8 September 2018 kemarin ikutan workshop Bullet Journal di Jogja City Mall. Acara ini adalah bagian dari event Kreatif Pasti Sukses yang diselenggarakan oleh Standar Pen pada tanggal 8-9 September 2018. Workshopnya macem-macem sih, selain Bullet Journal ada juga workshop handlettering, sketsa, doodle dan teknik sorafito. Semua workshop ini free alias enggak bayar kalau ikutan.
Bujo is bullet journal. Foto : Koleksi Pribadi
Saya ikutan workshop bullet journal bareng sama temen-temen blogger. Sekalian kopdar juga sih karena emang udah lama banget saya nggak ketemu sama mereka semua. Awalnya saya juga nggak yakin apa saya bisa bikin bullet journal ya, karena saya sama sekali belum pernah nyoba bikin. Tapi pas udah diajarin sama mentornya ternyata bikin bullet journal ini benar-benar asyik banget sampai saya jadi ketagihan pengen bikin lagi.
Serunya ikut workshop bullet journal bareng teman-teman blogger. Courtessy : Ardian Kusuma
Bikin Bullet Journal itu memang asyik banget dan bikin lupa waktu. Courtessy : Ardian Kusuma
Jadi Bullet Journal itu adalah kegiatan bikin agenda yang dibuat sesuai dengan kreativitas masing-masing. Kita bisa nulis tentang apa aja di dalamnya mulai daily life, daftar belanjaan, diary, target-target yang mau dicapai dan lain sebagainya. Tapi nulisnya itu di buku agenda yang bener-bener kosong belum ada desainnya sama sekali. Semua desain kita sendiri yang bikin sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jujur saja, awalnya saya itu bingung mau bikin desain bullet journal seperti apa. Tapi setelah melihat contoh yang diberikan oleh mentor saat acara workshop dan lihat desain halaman bullet journal yang di IG akhirnya saya beraniin untuk corat-coret dan inilah hasil karya saya saat ikutan workshop bullet journal kemaren.
Belajar bikin habits tracker
Untuk menghias Bullet Journal ini kita bebas mau pake metode apa saja. Mau gunting tempel silahkan. Pakai stiker boleh. Menggambar sendiri juga boleh banget. Yang penting kreatif dan aktivitas ini bisa bikin produktivitas kamu meningkat. Nah...catet deh itu point penting dari aktivitas nge-bujo yaitu bisa meningkatkan produktivitas.

Jadi kalau kita ngebujo itu yang diharapkan adalah kita jadi termotivasi untuk menyelesaikan apa yang sudah kita tulis di dalam bullet journal dengan hasil yang sebaik-baiknya. Contohnya misal kita bikin to do list, maka kerjakan bener to do list tersebut sesuai deadline yang udah ditulis di dalam bujo. Kalau udah selesai dikerjakan maka kita bisa memberikan kode tertentu di dalam bullet journal sebagai penanda bahwa aktivitas tersebut sudah terlaksana. Dengan begitu kita jadi termotivasi untuk terus meningkatkan produktivitas.

Saya lho, habis ikutan workshop kemaren malah jadi termotivasi bikin bullet journal yang lebih serius. Sampai di rumah langsung saya praktekin bikin bujo dengan desain versi saya sendiri tapi inspirasinya dari nyontek di IG. Dari aktivitas ini saya baru sadar ternyata saya bisa menggambar. Ini hasil ngebujo saya yang berhasil saya selesaikan dalam waktu satu hari satu malam..hehehe.
Bisa bikin halaman quote di dalam bujo biar lebih memotivasi diri. Foto : Koleksi Pribadi
Bikin catetan daily activity kayak gini biar semakin produktif. Foto : Koleksi Pribadi
Ternyata ngebujo itu memang asyik banget. Ini tuh malah bisa jadi semacam terapi jiwa juga sih kalau buat saya. Selain bermanfaat untuk ngatur jadwal aktivitas saya sehari-hari, ngebujo ini juga bisa jadi sarana refreshing dan mengasah kreatifitas. Tadinya saya itu sempat heran, kenapa ya kok ada orang yang seneng bikin bullet journal? Padahal enakan beli agenda yang desainnya udah jadi terus tinggal ditulis. Tapi saya salah, ngebujo itu sensasinya ternyata memang beda jauh kalau dibandingkan dengan nulis di buku agenda yang udah jadi.
Bikin bullet journal ya pakai standard pen, hasilnya kece. Foto : Koleksi Pribadi
Gimana, tertarik ingin ngebujo juga? Bahan yang diperlukan cukup sederhana kok. Kamu tinggal siapin buku agenda atau blocknote yang halamannya polos. Kalau saya kemarin beli buku sketsa ukuran A5 yang kertas halamannya polos dan lumayan tebal. Trus siapin juga alat tulis berupa ballpoint dan spidol warna-warni. Saya pakai alat tulis merk standard karena enak buat nulis. Bisa juga tambahin stiker, sticky note lucu, selotip dekoratif dan sebagainya. Dengan alat-alat tersebut kita bisa bikin bullet journal yang sesuai dengan ide dan kreativitas kita masing-masing. Seru dan asyik banget deh aktivitas ngebujo ini. Nggak percaya? Cobain aja sendiri.

You May Also Like

4 comments

  1. Aaaa....keren...jadi pengin ikutan bikin ginian Mbak di rumah. Biar warna warni agendanya. Lucuuu..sukaaa..

    ReplyDelete
  2. Yakin, baru sekali ini bikin bullet journal? Kok bagus siiiih? Punyaku kayak daftar belanjaan aja. Nggak kreatif banget.

    ReplyDelete
  3. aku belakangan ini juga tertarik bikin bujo loh mbak, bahkan udah beli alat2.. tinggal mulai aja ..hehe

    ReplyDelete
  4. baru tahu istilah bujo ini jadi pengen buat nih tapi aku ga kreatif hahaha

    ReplyDelete

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)