Mandiri Online, Hadirmu Mudahkan Transaksiku

by - September 07, 2018

Gambar : dokumen pribadi
Mandiri Online."Welcome September, please be nice to me". Jari jemari saya perlahan mengetikkan kalimat tersebut melalui layar ponsel untuk update status di sosial media. Terkadang saya memang butuh menuliskan sesuatu di sosial media untuk memotivasi diri sendiri atau demi sekedar melepaskan rasa gundah. Jujur saja begitu masuk bulan September saya memang mulai gundah. Saat September tiba itu artinya tugas-tugas menjelang akhir tahun sudah menunggu di depan mata. Dan saat awal bulan seperti ini selain deadline tugas kantor yang antri minta diselesaikan maka seperti biasa ada juga antrian tagihan yang harus segera dibayar sebelum jatuh tempo.
Welcome September
Arrgh...kalau ingat dengan kewajiban membayar tagihan jujur saya tambah gemes. Dengan banyaknya tugas kantor yang antri untuk diselesaikan kadang saya sampai nggak punya waktu untuk keluar kantor sebentar demi membayar berbagai macam tagihan. Sementara jika saya menunggu sampai jam pulang kantor tiba maka loket pembayaranpun sudah tutup semua. Makanya urusan membayar tagihan ini, walaupun sepertinya simple tapi kadang bikin saya gemes campur kesel. Bagaimana tidak kesal, kalau nyatanya saya pernah kena denda gara-gara telat membayar tagihan PBB. Padahal sebenarnya saya sudah punya niat membayar tepat waktu, tapi gara-gara kesibukan yang seperti tidak ada habisnya akhirnya niat tersebut tak bisa terlaksana.

Saat sedang memutar otak mencari waktu kapan biasa keluar kantor sebentar untuk membayar tagihan, tiba-tiba ada pesan masuk ke ponsel saya. "Mbak tolong hari ini mewakili saya rapat ke kantor dinas ya" begitu bunyi pesan dari atasan saya. Wah..dapat jatah tugas luar dong, itu artinya habis rapat di kantor dinas maka saya bisa mampir sebentar ke bank untuk membayar tagihan bulanan. Di buku agenda saya sudah tercatat rapi daftar tagihan yang harus segera dibayar yaitu biaya SPP sekolah anak, premi asuransi bulanan, tagihan internet dan telepon, tagihan kartu telepon pasca bayar, beli token listrik dan lain sebagainya. Maka benar saja, sesudah selesai mengikuti rapat di kantor dinas saya langsung mampir ke Bank Mandiri untuk membayar tagihan bulanan. Mumpung ada kesempatan. Tapi begitu masuk ke bank, kepala saya langsung pening lantaran menyaksikan antrian nasabah yang mengular panjang di depan loket teller. Whuua...kalo saya ikut ngantri bisa sampai berapa jam menunggunya. Sayapun memutuskan untuk tidak jadi membayar dan segera kembali ke kantor saja.
Mampir ke Bank Mandiri tapi ternyata antriannya panjang banget. Foto : Koleksi Pribadi
Saat hendak keluar dari Bank, tak sengaja saya sempat membaca tempelan poster tentang Mandiri Online. Infonya Mandiri Online ini menawarkan kemudahan transaksi bagi para nasabahnya. Berhubung saya melihat tidak ada antrian di costumer service maka saya putuskan untuk mampir ke CS dan bertanya tentang Mandiri Online. Yah..hitung-hitung supaya perjuangan bisa mampir ke bank ini tetap ada manfaatnya. Sudah susah payah mampir ke Bank masak harus kembali ke kantor dengan tangan hampa. Sampai di meja Costumer Service saya sampaikan tujuan saya yaitu meminta info lebih jelas tentang Mandiri Online sekaligus mencoba aktivasi Mandiri Online.

Tentang Mandiri Online

Mandiri Online adalah layanan integrasi dari mandiri Internet dan mandiri Mobile yang tampil dalam bentuk aplikasi yang bisa diinstal ke ponsel. Dengan menggunakan aplikasi ini, para nasabah bisa merasakan kenyamanan serta kemudahan lebih dalam memperoleh informasi dan melakukan aktivitas transaksi finansial.
Sumber gambar : mandiri.co.id
Setelah mendapat penjelasan singkat tentang Mandiri Online, saya langsung melakukan aktivasi Mandiri Online dengan dibantu oleh petugas costumer service. Syarat yang dibutuhkan adalah membawa identitas diri, buku tabungan dan kartu debit mandiri. Selain itu jangan lupa untuk membawa smartphone yang ada pulsa dan paket datanya juga.
Perbedaan Mandiri Online dengan mobile banking & internet banking lama

Cara Aktivasi Mandiri Online

Mandiri Online dapat diunduh melalui Google PlayStore atau Apple App Store. Setelah terinstal, maka petugas costumer akan membantu melakukan aktivasi layanan tersebut. Namun sebelum aktivasi, saya diminta untuk mendaftarkan nomor ponsel saya ke layanan sms banking terlebih dahulu melalui ATM. Jika menggunakan dual sim, maka gunakan sim 1 untuk mendaftar Mandiri Online. Nomor ponsel yang didaftarkan ini nanti akan mendapatkan notifikasi sms berupa kode OTP untuk aktivasi mobile banking. Jika layanan sms banking sudah aktif selanjutnya petugas costumer service yang akan membantu mengaktifkan layanan Mandiri Online. Proses aktivasinya tidak lama. Setelah dilakukan aktivasi oleh petugas, selanjutnya saya diminta untuk membuat user name dan password untuk log in ke aplikasi Mandiri Online. Setiap transaksi yang dilakukan melalui Mandiri Online akan dilindungi dengan password. Namun password untuk transaksi ini berbeda dengan password untuk log in ke aplikasi. Password untuk transaksi adalah password yang sama dengan password yang didaftarkan pada layanan sms banking.
Key Features Unggulan Mandiri Online

Mandiri Online, Hadirmu Mudahkan Transaksiku

Sesudah mendaftar Mandiri Online, saya langsung mencoba bertransaksi menggunakan aplikasi ini. Tagihan yang pertama saya bayar adalah tagihan premi asuransi Allianz. Biasanya saya melakukan pembayaran premi bulanan dengan 2 cara yaitu antri membayar secara cash melalui teller Bank Mandiri atau membayar melalui ATM Mandiri. Kedua cara tersebut, jujur cukup merepotkan. Saat memilih metode membayar melalui teller, kerepotan yang saya hadapi ada dua yaitu repot menuliskan slip pembayaran dan repot mengantri di teller. Jika melakukan pembayaran melalui ATM Mandiri juga ada kerepotan tersendiri yang saya hadapi, yaitu saya harus membaca step by step cara melakukan transfer dengan menggunakan panduan yang sudah saya save dari website Allianz. Saya juga tidak hafal kode pembayaran Allianz serta kode nomer polis saya. Sehingga jika menggunakan  cara ini saya harus berdiri cukup lama di depan mesin ATM karena melakukannya sambil membaca panduan cara transfer.
Bayar premi bulanan asuransi belum pernah semudah ini
Namun dengan menggunakan Mandiri Online, masalah ini bisa teratasi. Pengalaman membayar premi asuransi Allinaz menggunakan Mandiri Online ternyata sangat mudah dan sama sekali tidak bikin repot. Saya tidak perlu lagi mengahafal kode pembayaran Allianz karena sudah ada menu perusahaan asuransi yang tersedia dan saya tinggal pilih saja. Kemudian saya tinggal memasukkan nomor polis saya dan lakukan pembayaran. Selesai. Nggak perlu lagu antri di teller dan nggak perlu lagi berdiri lama-lama di depan mesin ATM. Sekarang saya bisa jadi mandiri dalam bertransaksi tanpa tergantung pada teller ataupun mesin ATM. Semua transaksi pembayaran bisa saya lakukan kapan saja, dimana saja dan sambil ngapain saja. Beneran mudah banget.

Mandiri Online tidak hanya membantu saya memudahkan transaksi pembayaran premi asuransi. Namun saya juga bisa melakukan transfer pembayaran SPP sekolah anak saya dengan menggunakan aplikasi ini. Bisa juga membayar tagihan internet dan telpon serta membeli token listrik, membayar PBB hingga membayar infaq dan zakat kini bisa saya lakukan hanya dengan satu genggaman saja. Selain bisa diakses melalui aplikasi yang sudah terinstal di smartphone, Mandiri Online juga bisa diakses menggunakan PC atau laptop melalui klik link ini.
Tampilan Mandiri Online Web
Hadirnya mandiri online dalam genggaman itu serasa punya mesin ATM pribadi yang bisa dibawa kemana-mana. Hanya saja mesin ATMnya tidak bisa mengeluarkan uang tunai. Tapi bisa banget untuk melakukan transaksi pembayaran seperti bayar belanja online dan lain sebagainya. Mandiri Online ini tampilannya juga user friendly banget. Untuk ukuran emak gaptek kayak saya, aplikasi ini benar-benar sangat membantu memudahkan transaksi secara online. Selain memudahkan berbagai transaksi, melalui Mandiri Online saya juga bisa melakukan cek saldo rekening tabungan Mandiri saya serta cek mutasi selama 30 hari terakhir. Misalnya saya punya nomor rekening bank Mandiri lebih dari satu maka otomatis rekening tersebut juga muncul di dalam satu aplikasi Mandiri Online ini sehingga jadi mudah dalam pengontrolannya 
Mandiri Online, Hadirmu Mudahkan Transaksiku
Well, awal bulan September ini akhirnya saya menemukan solusi atas kerepotan saya dalam membayar tagihan bulanan selama ini. Mandiri Online ini sebenarnya sudah dilaunching sejak tahun 2017, sayangnya saya memang baru mengetahuinya sekarang. Andai saya kenal Mandiri Online sejak dulu pasti saya tidak akan merasakan pahitnya kena denda lantaran telat bayar PBB. Tapi nggak apa-apa sih, mending telat kenal daripada nggak pernah kenal sama sekali. Yang pasti mulai bulan ini dan seterusnya, semua proses pembayaran tagihan bulanan saya akan menjadi sangat mudah dan nggak telat bayar lagi. Ini semua karena kehadiran Mandiri Online yang memudahkan transaksi saya.


You May Also Like

2 comments

  1. Wah keren kak ulasannya mengenai kemudahan transaksi menggunakan mandiri online nya, sangat informatif. Tapi mandiri online ketika digunakan untuk transaksi bayar belanja online lelet gak ya kak? Takutnya pas lagi transfer tiba-tiba lelet, jadi takut juga pas transfer ada masalah keamanan. Keamanannya juga bagus gak ya kak? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)