Pentingnya Self Love - Self Care Tanpa Harus Boros

by - May 09, 2022

Siapa yang hobi belanja dengan alasan self reward? Hehe..itu sih, saya banget. Sejak 2 tahun belakangan ini saya memang jadi gampang banget dikit - dikit beli barang impian demi alasan self reward. Nggak masalah sih kalau perhitungannya pas sesuai dengan rencana, tapi kalau sampai overspending demi self reward itu sih bisa jadi masalah keuangan yang akhirnya akan merusak kebahagiaan kita.

Jujurly, saya kemarin merasa diingatkan banget tentang hal ini saat mengikuti webinar bareng FWD Insurance dengan topik Pentingnya Self-love, Self-care tanpa harus boros dengan narasumber Muara Makarim selaku Self-love & Purpose Life Coach dan Mada Aryanugroho selaku Financial consultant, Co - Founder & CEO Sipundi.id. 

Pentingnya Self Love - Self Care Tanpa Harus Boros
Mbak Muara Makarim menjelaskan tentang Core confidence matrix yang merupakan hal penting untuk membangun self love. Para peserta webinar diminta untuk melakukan scoring terhadap core confidence matrix yang terdiri dari finance, career, physical/health, emotions, relationship serta my authenticity. 
Core confidence matrix
Seharusnya skor untuk kotak yang bertuliskan my authenticity mendapatkan skor paling besar, karena inilah yang menjadi core confidence kita yang nanti akan mempengaruhi self love. Hal -hal lain seperti kondisi keuangan, karir, emosi, kesehatan fisik dan hubungan dengan orang lain bisa saja berubah atau goyah sewaktu-waktu dan mungkin bisa bikin kita down. Namun jika core confidence kita kuat, maka kita akan mudah untuk bangkit kembali dan tidak akan jatuh pada kondisi depresi yang berkepanjangan.

Untungnya saya termasuk orang yang skor my authenticitynya gede, sehingga walaupun saya berkali-kali jatuh bangun dengan kondisi sekeliling yang tidak selalu oke, Alhamdulilah sampai hari ini saya masih bisa bertahan dan kadar self love sehat wal afiat. Eniwei, jika skornya masih rendah, ternyata ada latihannya untuk menumbuhkan self love ini yaitu sebagai berikut :

  • Buatlah daftar rasa syukur terhadap diri sendiri
  • Buatlah daftar tujuan atau hal - hal kecil untuk dilakukan setiap hari, kemudian selesaikan hal tersebut
  • Pilihlah 1 hal yang membuat kamu merasa tidak nyaman setiap harinya, lalu berikan umpan balik untuk hasilnya
  • Tetapkan intention dengan cara daily visualization

Self confidence check
Self Love ini memang banyak dipengaruhi oleh banyak hal dan salah satunya adalah kondisi finansial seseorang. Balik lagi ke awal yang sudah saya tuliskan diatas, bahwa terkadang untuk mewujudkan self love seringkali kita merasa perlu memberikan self reward kepada diri sendiri. Sekali- kali boleh kan mikirin diri sendiri, nggak harus melulu mikirin orang lain. Tapi terkadang kita lupa membuat perencanaan dalam memberikan self reward untuk diri sendiri.

Niat awal mungkin pengen membahagiakan diri sendiri dengan self reward, tapi ketika perhitungannya meleset dan jadinya malah keuangan jadi tekor maka bukan kebahagiaan yang didapatkan tapi malah stres. Nggak mau dong kondisinya jadi terbalik, makanya diperlukan perencanaan keuangan yang baik.

Belajar finacial planning
Di sesi berikutnya mas Mada Aryanugraha sharing tentang financial planning. Banyak hal yang disampaikan oleh beliau, tapi aku paling tertarik pada saat mas Mada ngasih challenge untuk membuat anggaran keuangan bulanan kemudian membuat pencatatan pengeluaran dalam 1 bulan untuk mencocokkan apakah pengeluaran kita sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat.

Contoh anggaran keuangan
Kenapa saya tertarik dengan challenge ini? karena jujurly, saya udah sering nyoba bikin anggaran di awal bulan terkait pos - pos keuangan, tapi giliran mencatat pengeluaran hasilnya selalu meleset..hehehe...Alasannya karena saya terlalu sayang sama diri sendiri dan sering banget ngasih self reward yang ujung-ujungnya pos yang seharusnya saya pake buat nabung, eh..malah kepake buat self reward terus..hehehe..

Contoh pencatatan keuangan
Ternyata kondisi seperti ini nggak sehat loh. Memang sih, terlalu pelit sama diri sendiri itu nggak sehat. Namun sebaliknya terlalu royal sama diri sendiri juga sama saja. Yang paling ideal adalah bisa balance, misal mau ngasih self reward maka buatlah anggaran serta perhitungan keuangannya dulu, kemudian realisasinya juga harus sama seperti yang sudah direncanakan.

Well, gara - gara challenge ini saya jadi termotivasi untuk mulai belajar mengubah habit yang terlalu memanjakan diri sendiri dengan cara dikit-dikit kasih self reward. Hmm..kalau begitu terus, kapan bisa nabung ya? Padahal kita hidup nggak cuma untuk hari ini, masih ada masa depan yang harus dipersiapkan baik untuk biaya sekolah anak- anak serta biaya hidup di hari tua nanti. 

Thanks FWD Insurance atas sharing ilmunya
Selain itu penting juga untuk memikirkan alokasi untuk membeli asuransi jiwa serta asuransi kesehatan karena ini juga merupakan salah satu wujud self reward yang nggak boleh dilupakan. Dengan memiliki asuransi, saat terjadi resiko atas diri kita maka nggak akan ada acara kelabakan, pikiran lebih tenang karena sudah ada asuransi. Nah..untuk berbagai macam produk asuransi yang sesuai kebutuhan kamu bisa pilih FWD Insurance untuk mendapatkan pengalaman asuransi yang berbeda mulai dari proses daftar hingga klaim yang anti ribet.

Yuk semangat...pasti saya bisa deh mengubah habit menjadi lebih terencana dalam mengelola uang untuk self love - self care tanpa harus boros. Thanks FWD Insurance atas sharing ilmunya yang sangat bermanfaat.


You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)