Belajar Setting Intention Untuk Hidup Yang Lebih Percaya Diri Bersama FWD Insurance

by - April 12, 2022

Tidak terasa tahun 2022 berjalan dengan cepat, tau - tau aja sudah masuk bulan ke - 4. Padahal sepertinya baru kemarin saya menyusun resolusi tahun 2022 dan sampai saat ini resolusi yang saya buat belum ada yang terwujud. Jujur saja, resolusi saya tahun ini adalah ingin hidup lebih sehat dan menurunkan berat badan. Tapi faktanya saya bersemangat olah raga hanya di awal tahun saja. Makin kesini, semakin banyak alasan bagi saya untuk tidak sempat olah raga.

Alasannya macam-macam, seperti kesibukan kerja, sibuk mengurus anak dan rumah tangga, sehingga waktu 24 jam itu serasa tidak cukup. Saat merasa lelah, akhirnya me time saya balik lagi ke hobi makan mie instan di rumah sambil nonton film favorit. Apalagi jika secara psikis saya sedang merasa tidak bahagia. Wah..malah jadi tambah banyak makan dan berat badan semakin tidak terkendali. Padahal umur sudah mendekati kepala 4, yang mana infonya kalau pola hidup sehat tidak dijaga dengan baik maka risiko penyakit untuk berdatangan akan semakin besar di usia ini.

Bicara soal risiko, sebenarnya nggak harus nunggu usia kepala 4 yang namanya risiko itu pasti selalu mengintai. Baik risiko untuk mengalami sakit maupun kecelakaan. Sehingga penting untuk punya asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Namun seiring pertambahan usia memang besarnya risiko mengalami sakit akan semakin meningkat. Itulah kenapa saya punya resolusi untuk hidup lebih sehat di tahun ini. Tapi bagaimana ya cara mewujudkannya? kok rasanya susah banget dan gampang lupa sama resolusi sendiri.

Women Inspirational Talk
Nah..kebingungan ini akhirnya bisa ketemu sama jawabannya di acara Women Inspirational Talk yang bertajuk Merayakan Hidup Penuh Percaya Diri Bersama FWD Insurance yang saya ikuti pada tanggal 31 Maret 2022. Acara ini merupakan Kick Off untuk memulai rangkaian kegiatan yang dilakukan bersama - sama dengan FWD Blogger Squad selama 9 bulan ke depan yang akan dimulai dari workshop hingga edukasi melalui berbagai konten keuangan.

Acara ini sangat memberikan pencerahan bagi saya karena hadir para women leaders di FWD  yaitu Ibu Maria Magdalena ( Chief Governance Officer dan Direktur Kepatuhan), Ibu Desy Widjaya (Chief Financial Officer), Ibu Rosidar Suhaid (Chief Bancassurance Officer) dan Ibu Widaningrum (Head of Marketing and New Business Model) yang sharing tentang cerita dan tips suksesnya masing - masing. Para narasumber ini juga sekaligus melakukan launching FWD Bebas Berbagi - Women Community bersama dengan komunitas blogger yang merupakan program upaya perusahaan untuk mendukung literasi keuangan sesuai himbauan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

The Power Of Setting Intention
Selain itu ada pula mbak Tsamara Fahrana yang merupakan seorang human design coach yang sharing materi tentang The Power Of Setting Intentions. Materi ini yang menjawab pertanyaan saya tentang kenapa sulit sekali mewujudkan resolusi untuk hidup sehat. Ternyata kesalahan yang saya lakukan di awal tahun kemarin adalah saya menentukan goals terlebih dulu, bukan intention. Saat kita menetapkan intention maka hal ini akan memberikan semacam akuntabilitas dan memungkinkan kita untuk mengendalikan pilihan dalam kehidupan pribadi. Dengan menetapkan niat maka kita dapat menjalani hidup dengan proaktif sesuai dengan bagaimana keinginan kita menjalaninya dan mencapai tujuan. 

Lalu apa sih bedanya antara menetapkan goals dan intention?

Kalau menurut mbak Tsamara, jika kita menetapkan goals maka tujuan itu tidak selalu dalam kendali penuh kita, motivasi hanya akan tinggi di awal saja. Kita juga akan mudah lupa dengan goals yang ditetapkan serta kita baru akan bahagia saat goals tercapai. Apabila goals tidak tercapai maka kita akan merasa tidak bahagia atau merasa diri kurang.

Sementara itu jika kita menentukan intentions maka kita akan memiliki kendali penuh terhadapnya, berdasarkan alasan yang kuat maka motivasi akan lebih terjaga, semakin sering diulang akan semakin kuat efeknya dan kita bisa merasa bahagia serta menikmati setiap perjalanan dan progresnya.

Kemudian bagaimana caranya melakukan intention setting ?

Pertama, yuk kita tanyakan ke diri sendiri tentang 2 hal ini yaitu : apa yang saya tidak inginkan dan apa yang saya inginkan? Setelah menentukan hal yang diinginkan maka tetapkan niat untuk mewujudkannya. Jadikan niat ini sebagai "mantra pribadi" dan lakukan meditasi secara konsisten. Intention ini juga bisa dituliskan di catatan pribadi atau jurnal kemudian lakukan pengulangan setiap kali meditasi. Jangan lupa untuk selalu mensyukuri pencapaian setiap hari sekecil apapun itu dan belajar untuk mencintai diri sendiri.

Sesi belajar meditasi bareng
Nah..pada sesi sharing bareng mbak Tsamara, kami semua juga diajak untuk praktek meditasi bersama. Meditasi ini bertujuan agar kita bisa lebih fokus pada diri sendiri serta menyelaraskan diri dengan niat yang sudah kita buat. Meditasi ini juga bisa menenangkan pikiran serta menghilangkan stres. Dengan pikiran yang lebih tenang maka kita akan lebih mudah mewujudkan niat untuk mencapai tujuan.

Saat belajar meditasi bersama, saya merasa tenang banget sekaligus terharu ketika disadarkan tentang pentingnya untuk mencintai diri sendiri. Kadang kita nggak punya waktu buat ngasih perhatian ke diri sendiri karena terlalu sibuk mengerjakan hal-hal yang lebih berfokus ke hal lain. Dengan melakukan meditasi kita akan sadar bahwa diri sendiripun perlu untuk didengarkan dan dikasihi loh. Beberapa peserta meditasi sampe ada yang nangis terharu saat mengikuti sesi meditasi bersama mbak Tsamara.

Well,..sesungguhnya hidup yang kita jalani saat ini merupakan anugerah yang harus disyukuri setiap hari. Dengan lebih banyak bersyukur maka energi positif akan terbentuk sehingga kita bisa merayakan hidup dengan lebih percaya diri serta mewujudkan resolusi tahun ini. Apapun tujuan hidup kita, jangan ragu untuk menentukan niat yang kuat sehingga tujuan tercapai. Dan pesan terakhir dari women leader FWD Insurance yang paling ngena buat saya adalah menjadi perempuan jangan terlalu cepat berpuas diri. Dengan begitu maka kita akan selalu termotivasi untuk belajar serta melakukan hal-hal baru yang bermanfaat untuk pengembangan diri kita. Jangan pernah ragu untuk Bebaskan Langkah dan merayakan hidup dengan percaya diri.

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)