Bijak Kelola THR, Biar Dompetmu Nggak Kosong Pasca Lebaran

by - May 10, 2022

Alhamdulillah Lebaran tahun ini THR melimpah. Semoga saja berlimpahnya rizki lebaran tahun ini bisa jadi berkah untuk kita semua. Dikala saldo rekening terasa gendut seperti sekarang, jangan sampai bingung dan kalap dalam menggunakanya. Apalagi jika uang yang kita miliki hanya digunakan untuk membeli hal- hal yang tidak penting dan mubadzir. Duh..bisa-bisa pasca lebaran saldo rekening langsung nol dan dompet kosong. 
Alhamdulillah THR cair
Biar THR kamu benar - benar bisa membawa berkah buat semua, yuk gunakan secara bijak dengan menerapkan hal - hal berikut :

1. Dahulukan untuk menunaikan kewajiban

Gunakanlah THR kamu untuk menunaikan kewajiban terlebih dulu, seperti membayar tagihan kartu kredit, paylater, melunasi utang yang lain serta membayar THR asisten rumah tangga atau karyawan, jika memiliki bisnis sampingan. Prioritaskan untuk menyelesaikan utang dan hindari menambah utang konsumtif.

2. Bayar zakat dan sedekah

Zakat merupakan salah satu rukun islam yang wajib ditunaikan saat menjelang Idul Fitri. Minimal kamu harus membayar zakat sebesar 2,5 persen. Beramal dan bersedekah di bulan Ramadan juga akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

3. Menyusun Rencana kebutuhan Lebaran

Saat hendak belanja kebutuhan lebaran, sebaiknya buat perencanaan terlebih dulu supaya tidak sampai overspending. Misalnya dengan menghitung kebutuhan membeli kue lebaran, baju, hampers untuk sanak saudara atau mudik ke kampung halaman.

4. Menabung dana darurat

THR yang kita dapatkan juga bisa dialokasikan untuk keperluan preventif, seperti dana darurat. Besar alokasi dana darurat dianjurkan sebesar 6-12 bulan pengeluaran. Dana ini bisa digunakan untuk membiayai hal - hal tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan, reparasi mobil, gadget rusak, dan lain - lain.

5. Menambahkan dana pendidikan

Jika kita memiliki anak yang masih bersekolah, manfaatkan THR untuk menabung dana pendidikan. Kamu bisa menggunakannya untuk menambah alokasi tabungan persiapan kuliah di perguruan tinggi atau jenjang lainnya dari TK, SD, SMP hingga SMA.

6. Investasi

Selain menabung, kamu juga bisa menggunakan THR untuk berinvestasi agar tujuan finansial semakin dekat, misalnya pensiun dini di umur 45 tahun.

7. Membeli asuransi

Di masa pandemi ini, asuransi bisa menjagamu dan keluarga dari risiko keuangan tak terduga akibat masalah kesehatan, kecelakaan di jalan, atau bahkan meninggal dunia.

Mumpung dapat THR jangan lewatkan kesempatan untuk menfaatkan Promo Lebaran produk FWD Insurance untuk memberikan perlindungan buat kamu dan orang-orang tersayangmu. Yuk, manfaatkan diskon hingga 50% dari periode 25 - 30 April 2022 untuk setiap pembelian/kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, & Bebas Aksi

Yuk..manfaatkan promonya
Kamu bisa memiliki produk Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan dari FWD Insurance dengan menggunakan kode promo FWDLEBARAN. 

Kebutuhan Ramadan dan Lebaran memang beragam. Dengan perencanaan keuangan, kamu bisa mengatur skala prioritasmu dan memenuhi berbagai kebutuhan. Yuk gunakan THR dengan bijak, supaya dompet nggak kosong pasca lebaran.

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)