Kick Off Internal Program HERoic by FWD Insurance

by - March 15, 2022

Tanggal 8 Maret 2022 kemarin diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional. Tahun ini tema yang diangkat adalah #BreakTheBias, filosofinya adalah untuk mengajak seluruh masyarakat di dunia agar memiliki kesadaran terhadap bias yang selama ini melekat pada perempuan dan berupaya mematahkannya.

Bias atau stereotip pada kaum perempuan ini memang kadang bisa bikin perempuan jadi kurang percaya diri untuk melakukan hal yang sebenarnya baik karena dianggap bertentangan dengan nilai masyarakat, contohnya keinginan wanita untuk bisa mandiri dan aktif melakukan pekerjaan yang disukai dan bernilai positif, tapi malah dilarang kerja karena adanya bias bahwa  perempuan yang baik adalah yang diam di rumah untuk mengurus keluarga.
Mau jadi wanita karir atau ibu rumah tangga, keduanya sama-sama mulia
Sebenarnya mau memilih untuk bekerja atau jadi full time ibu rumah tangga itu adalah pilihan pribadi setiap perempuan yang tidak perlu dibanding-bandingkan karena keduanya sama-sama baik dan mulia. Namun hingga kini masih saja ada pihak yang suka menghakimi perempuan menurut sudut pandang mereka sendiri. Hal semacam ini terjadi karena bias gender itu memang belum benar-benar bisa hilang di masyarakat.

Secara pribadi, aku termasuk perempuan yang mendukung kampanye #BreakTheBias ini. Makanya dalam rangka untuk mendukung kampanye ini kemaren aku ikut event seru bareng FWD Insurance untuk memperingati 2022 International Women's Day sekaligus Kick Off meeting program HERoic.

Acara ini berlangsung selama hampir 2 jam, dan narasumber utama yang dihadirkan juga sangat kompeten di bidangnya yaitu ada Mbak Ligwina Hananto dan Mas Ronal Surapradja. Lalu apa saja sih yang diobrolin? Tentunya topik seputar fenomena bias pada wanita yang masih saja terjadi hingga kini, misalnya anggapan bahwa perempuan Sunda itu bisanya cuma dandan aja padahal kenyataan nggak seperti itu. Tapi balik lagi, hal semacam ini sudah terlanjut jadi stereotip yang seharusnya mulai dihilangkan.
Sharing soal fenomena bias gender bareng mas Ronal & mbak Wina
Bias gender sepertinya sudah melekat di alam bawah sadar dan seringkali tidak kita sadari, contohnya seperti yang dialami mbak Ligwina yaitu bias terhadap anak perempuannya sendiri. Beliau pernah punya anggapan bahwa putrinya yang tampak cantik, feminim, suka hal-hal berbau seni nggak akan mungkin bisa menyukai science separti kakak laki-lakinya. Namun faktanya setelah anak perempuannya beranjak dewasa, si anak cewek ini canggih juga dalam pelajaran biokimia di laboratorium. Tidak seperti yang dibayangkan oleh mbak Ligwina sebelumnya.

Makanya mas Ronal juga menegaskan bahwa 'Don't Judge A Book by It's Cover". Terkadang kita sendiri saat melihat sosok perempuan itu sudah nge-judge duluan. Padahal belum tentu anggapan kita itu benar. So, jangan pernah menganggap bahwa perempuan itu pasti lebih lemah daripada laki-laki. Faktanya di keluarganya mas Ronal justru sang ibunda malah lebih strong daripada ayahnya. Menurut cerita mas Ronal, saat ada genteng bocor di rumah justru sang bunda inilah yang turun tangan. Sebaliknya sang ayah, malah jago dalam urusan menyetrika baju dan hasil pekerjaannya sangat halus dan rapi.
 
Lalu gimana sih caranya untuk menghilangkan bias ini? nah, tipsnya adalah kita harus mulai membangun kesadaran mulai dari diri sendiri dan keluarga yaitu bahwa laki-laki dan perempuan itu setara lho. Contoh simplenya dalam pekerjaan rumah tangga, tidak perlu melabeli bahwa ini pekerjaan perempuan dan itu pekerjaan laki-laki. Selain itu kita juga harus mulai menghentikan stereotip negatif terhadap kaum perempuan, misalnya saat melihat ada mobil yang jalannya ngangkang ( di pinggir enggak, di tengah juga enggak). Kadang kita langsung spontan menebak, wah..pasti ini yang nyupir emak-emak. Padahal belum tentu juga kan? Makanya yuk..berikan kesempatan untuk kaum perempuan bisa membuktikan bahwa perempuan itu juga bisa smart dan berdaya loh. Jangan dikasih label yang macam-macam dulu, sebelum ada buktinya. 

Nah..kabar baiknya FWD Insurance ini sangat memberikan dukungan bagi kaum perempuan untuk lebih mengembangkan diri serta memberdayakan kaum perempuan, khususnya bagi karyawan mereka. Sebagai perusahaan asuransi berbasis digital yang memiliki beragam produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, FWD Insurance selalu melakukan berbagai inovasi dan terus berkomitmen mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi. FWD Insurance ingin mendobrak stigma lama dan meyakini bahwa asuransi adalah sumber kekuatan. FWD Insurance juga merayakan dunia inklusif yang penuh dengan wanita kuat yang memiliki kehidupan mereka dan hidup secara maksimal. FWD Insurance menciptakan budaya yang beragam dan inklusif, di mana semua orang dapat dihargai karena keunikannya dan membawa yang terbaik. 

Kick Off Internal Program HERoic by FWD Insurance

HERoic adalah program pemberdayaan perempuan yang diinisiasi oleh FWD Insurance Indonesia sebagai bagian dari strategi Diversity & Inclusion. Program ini bertujuan untuk membangun self-awareness di antara karyawan perempuan serta memupuk kepercayaan diri mereka dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki, sehingga dapat berkontribusi secara optimal kepada perusahaan, keluarga dan masyarakat. Program ini merupakan program yang berjalan hingga akhir tahun, dimana para partisipan, baik perempuan maupun laki-laki, dapat berkontribusi melalu berbagai program pelatihan dan pengembangan, e-learning, mentoring, serta social learning melalui sharing session dan diskusi bersama para pakar pemberdayaan perempuan ternama. 
Kick Off Internal Program HERoic by FWD Insurance
Program ini juga telah bekerjasama dengan pihak-pihak eksternal yang sudah memiliki keahlian dan pengalaman mengenai pemberdayaan perempuan, tidak hanya di Indonesia namun juga secara global. Melalui program HERoic para partisipan dapat membangun kesadaran diri, khususnya di antara karyawan perempuan agar memiliki kepercayaan diri untuk memimpin dan mengembangkan potensi mereka, tidak hanya untuk berkontribusi lebih baik demi karir mereka di FWD Insurance, namun juga untuk keluarga mereka di rumah dan masyarakat sekitar. 

Data menunjukkan bahwa 44% karyawan perempuan telah menduduki level Middle Management hingga Senior Management di FWD Insurance, hal ini menunjukkan bahwa kesempatan dapat diraih oleh perempuan untuk menjadi future leaders di perusahaan. Di dalam perusahaan, FWD Insurance mendukung dunia inklusif yang penuh dengan wanita kuat yang memiliki kehidupan mereka dan hidup secara maksimal. 

Melalui program HERoic, FWD Insurance ingin menginspirasi para perempuan Indonesia untuk berani menjadi seorang career woman, working mother, dan leader di mana pun mereka berada. Setiap perempuan Indonesia tetap bisa merayakan hidup (celebrate living) dan dapat memegang kendali penuh atas hidup mereka. Perempuan selalu memiliki banyak peran dalam hidup mereka. Misalnya, perempuan yang bekerja harus mengatur waktu antara bekerja dan di rumah, bahkan biasanya perempuan menjadi “Menteri Keuangan” bagi keluarga mereka. Oleh karena itu, FWD Insurance mengajak semua Perempuan untuk dapat menghadapi tantangan sehingga setiap orang harus dapat menikmati dan merayakan hidup, mengejar passion mereka, dan meraih semua peluang yang ada.

Well, Program HERoic ini memang keren banget dan sangat menginspirasi. Program semacam ini bisa menjadi sarana untuk membangun kesadaran bagi laki - laki dan perempuan agar dapat bersikap adil dan menghargai setiap perbedaan sehingga tercipta lingkungan yang inklusif. 

Selamat Hari Perempuan untuk seluruh perempuan hebat di dunia. Break The Habit, Break The Bias !

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)