Meningkatkan Senyawa Kebahagiaan Dengan Belanja Online Aman & Nyaman

by - August 14, 2021


Di masa pandemi yang hingga kini masih belum jelas kapan berakhir, menjaga daya tahan tubuh merupakan kunci utama agar kita tak mudah terinfeksi virus. 
Hal itupun yang selalu saya lakukan sejak awal pandemi di tahun 2020 hingga saat ini. Saya dan keluarga berusaha untuk terus survive dengan melakukan berbagai macam ikhtiar untuk menjaga daya tahan tubuh. Mulai dari melaksanakan protokol kesehatan secara ketat seperti selalu memakai masker saat harus keluar rumah, rajin mencuci tangan, menghindari kerumunan, meminimalisir mobilitas bepergian, mengikuti program vaksinasi, serta menjaga daya tahan tubuh dari dalam dengan cara konsumsi makanan bergizi, serta melakukan aktivitas fisik ringan di sekitar rumah. 

Selain itu saya juga berupaya untuk menjaga suasana hati dan pikiran selalu bahagia agar tidak mudah stres dengan perkembangan kondisi pandemi yang masih saja tak menentu. Rasa bahagia ini penting untuk menjaga daya tahan tubuh karena menurut penelitian yang pernah saya baca pada laman psychology today disebutkan bahwa menurut riset yang dilakukan pada lebih dari 300 orang sehat, terbukti bahwa mereka yang tidak berbahagia berisiko tiga kali lipat lebih besar untuk terserang flu daripada mereka yang berbahagia.  Riset lain yang meneliti 81 mahasiswa juga membuktikan hasil yang sama. Peneliti memberikan vaksin hepatitis B kepada 81 mahasiswa dan setelah dianalisis ternyata mahasiswa yang lebih bahagia memiliki respon antibodi dua kali lipat lebih tinggi daripada mereka yang tidak bahagia.

Ya..bahagia itu penting apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Jangan sampai berita-berita negatif yang kita baca malah membuat kita stres. Mengikuti perkembangan informasi pandemi penting supaya kita mengetahui informasi terbaru dan tidak lengah. Namun hal ini juga harus diimbangi dengan kegiatan lain yang bisa memberikan efek tenang serta bahagia bagi hati dan pikiran kita.

Meningkatkan Senyawa Kebahagiaan Dengan Belanja Online

Kebahagiaan dipengaruhi oleh berbagai macam senyawa hormon seperti dopamin, oxytocin, endorphin serta serotonin. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan senyawa kebahagiaan demi meningkatkan imun tubuh seperti istirahat yang cukup, menikmati makanan yang enak, mendengarkan musik, berolahraga, tertawa, beribadah serta melakukan kebaikan.
Senyawa kebahagiaan dan cara mendapatkannya
Belanja online menjadi salah satu upaya andalan saya dalam meningkatkan senyawa kebahagiaan demi menjaga imun, karena melalui aktivitas ini saya bisa menikmati makanan enak yang saya beli secara online. Saya juga bisa tersenyum bahagia karena mendapatkan barang yang saya impikan dan sekaligus telah melakukan kebaikan yaitu membantu para pelaku usaha UMKM yang meningkat penjualannya serta kurir yang mendapatkan penghasilan dari kegiatan pengiriman barang. 

Bicara soal makanan enak, dulu sebelum pandemi hampir setiap weekend saya dan keluarga melancong keluar kota untuk jalan - jalan sekaligus menikmati kuliner. Paling sering kami jalan - jalan ke Solo, karena kota ini paling dekat dengan kota tempat tinggal saya dan bisa ditempuh dengan naik kereta api selama 1 jam. Kebetulan anak - anak saya suka sekali naik kereta api, makanya saya lebih suka naik kereta api daripada naik kendaraan pribadi. Nah, di Solo ini ada makanan khas favorit yang selalu kami beli yaitu Solo floss roll. 
Entah kapan bisa jalan-jalan seperti ini lagi
Kini setelah pandemi sudah berjalan hampir setahun lebih kami tak pernah jalan - jalan dan berwisata kuliner lagi seperti dulu. Namun jika rasa rindu untuk mencicipi Solo floss roll itu datang, saya bersyukur karena masih bisa membelinya dengan cara belanja online. Tak perlu pergi Solo, cukup memesan dari rumah maka Solo floss roll favorit keluarga kami akan diantarkan oleh kurir ke rumah.
Solo floss roll, makanan khas dari Solo yang jadi favorit keluarga saya
Belanja online memang membahagiakan. Tidak hanya membeli makanan favorit saja. Di hari lebaran kemarin sayapun bisa membahagiakan anak serta keponakan dengan belanja online yaitu saya membelikan mereka mukena kembaran. Meskipun lebaran di tengah pandemi dan tak bisa kemana-mana, namun anak - anak tetap bisa berbahagia bersama saat kumpul keluarga dan mengenakan mukena baru dengan motif kembar. Bagi mereka bisa memakai mukena kembar itu seru sekali.
Serunya pakai mukena kembar saat lebaran
Selama masa pandemi, aktivitas belanja online yang saya lakukan memang meningkat. Ini semua karena selama pandemi saya memang tak pernah sekalipun pergi ke mall. Paling banter hanya pergi ke supermarket untuk membeli bahan makanan pokok. Selebihnya untuk kebutuhan yang lain semua saya beli secara online. 
Mau belanja apa saja, cukup dari rumah saja secara online
Mulai dari membelikan baju untuk anak - anak saya karena baju lama mereka yang mulai kekecilan, membeli mainan supaya mereka tidak bosan di rumah terus, membeli printilan kebutuhan dekorasi rumah supaya suasana rumah terasa semakin nyaman, membeli skincare hingga membeli tanaman hias untuk menghilangkan jenuh dan menyalurkan hobi, semua saya lakukan dengan cara belanja online.

Tips Belanja Online Aman & Nyaman

Belanja online memang sangat mudah untuk dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Dalam situasi pandemi seperti sekarang, belanja online juga lebih aman dari resiko tertular virus. Aktivitas ini memang terbukti bisa mendatangkan kebahagiaan bagi saya dan keluarga sehingga imun kami tetap terjaga.  Jika barang yang saya beli benar - benar sesuai ekspektasi dan saya terima dalam kondisi baik tentu hal ini akan mendatangkan perasaan puas dan bahagia.

Namun kadang ada resiko dimana belanja online justru malah membuat imun jadi drop. Misalnya saja jika kita sampai menjadi korban penipuan belanja online, seperti tak sengaja belanja di toko online abal-abal dan sudah transfer sejumlah uang tetapi barang tidak pernah dikirim ke rumah kemudian sellernya menghilang begitu saja. Atau barang yang sudah kita beli memang dikirim ke rumah tapi kondisinya tidak sesuai ekspektasi dan bahkan mungkin rusak karena packing serta proses pengiriman yang tidak aman. Bukannya bahagia yang didapat, tapi malah jadi jengkel atau stres.
sumber ilustrasi : IG @emak2blogger (dimodifikasi)
Makanya untuk mencegah terjadinya hal - hal yang tidak diinginkan tersebut maka saya selalu menerapkan tips berikut agar belanja online yang saya lakukan tetap aman dan nyaman :

1. Belanja di market place terpercaya

Selama ini saya selalu berbelanja online melalui market place yang terpercaya seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Zalora dan sebagainya. Saya hampir tidak pernah belanja online melalui seller yang menawarkan produk melalui sosial media seperti facebook atau instagram kecuali seller tersebut memang sudah verified account atau saya kenal baik sebelumnya. Dengan belanja online melalui market place yang terpercaya, selama ini saya belum pernah menjadi korban penipuan.

2. Baca review produk dari para pembeli

Meskipun sudah belanja online melalui market place terpercaya, namun saat memilih produk yang akan dibeli kita tetap harus jeli. Karena kadang antara foto yang ditampilkan di toko online bisa saja berbeda dengan barang aslinya. Namun hal ini bisa kita antisipasi dengan cara membaca dulu review dari para pembeli. Biasanya jika produknya memang benar-benar bagus maka para pembeli akan memberikan review mereka secara jujur. Namun jika produknya jelek maka di kolom review kita akan menemukan banyak sekali komplain dari para pembeli.

3. Pilih toko online yang mempunyai rating bagus

Rating toko online juga menjadi salah satu hal yang harus kita perhatikan saat belanja online. Dalam suatu market place tentu ada banyak sekali toko online yang menawarkan berbagai macam produknya. Saya pernah membeli barang dari toko online yang ratingnya masih bintang 3 dan masih belum banyak pembeli yang menuliskan review. Namun karena barang yang saya cari hanya saya temukan di toko tersebut akhirnya saya tetap membeli karena saya yakin jika nantinya toko ini menipu maka uang saya tidak akan hilang. Saat itu saya belanja melalui market place sehingga uang yang saya transfer memang masih belum diteruskan ke penjual jika barang belum saya terima. Ternyata setelah saya transfer, barang pesanan saya tak kunjung dikirimkan hingga batas waktu yang ditentukan. Hingga akhirnya pesanan saya dibatalkan dan uang yang sudah saya transfer dikembalikan lagi ke akun saya. Sejak saat itu saya selalu memilih toko online yang punya rating bintang 4 ke atas, supaya tidak lagi jadi korban PHP.

4. Jangan pernah melakukan transfer secara langsung ke rekening seller

Salah satu keuntungan belanja online di market place adalah uang yang kita transfer tidak langsung diterima oleh penjual sebelum kita melakukan konfirmasi bahwa produk yang dibeli sudah kita terima dan tidak mengajukan komplain pengembalian. Makanya jangan pernah bertransaksi secara online dengan penjual yang meminta kita untuk transfer langsung ke nomor rekening bank di luar market place.

5. Memanfaatkan voucher diskon agar belanja online lebih hemat

Saat ini hampir semua market place menawarkan promo diskon ataupun voucher gratis ongkir serta voucher cashback. Apalagi jika kita belanja saat ada puncak promo yang biasanya rutin digelar setiap bulan pada tanggal cantik, seperti promo 8.8 yang digelar Agustus ini, hingga promo puncak 12.12. Dengan memanfaatkan voucher tersebut maka saya bisa lebih menghemat pengeluaran saya dan belanja online jadi makin menyenangkan dan menguntungkan

6. Atur budget belanja online sesuai kebutuhan dan kemampuan

Belanja online memang menyenangkan dan terkadang membuat kita seringkali kalap ingin membeli semua barang yang sedang diskon. Godaan belanja online ini bisa membahayakan anggaran belanja bulanan kita jika kita tidak pandai mengontrol diri sendiri. Akibatnya budget belanja online jadi melonjak dan kita bisa tekor di akhir bulan. Untuk mencegah hal ini maka sebaiknya kita mengatur budget belanja online sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan keuangan kita. Hati-hati dengan godaan paylater atau fasilitas cicilan kartu kredit yang ditawarkan supaya belanja online tidak sampai over budget yang ujung-ujungnya malah jadi merusak kebahagiaan kita.

7. Utamakan belanja online pada toko online milik seller dalam negeri

Saat menjelajah market place untuk berbelanja, saya seringkali menemukan toko online milik seller dari luar negeri yang menawarkan harga barang serta ongkos kirim yang lebih murah. Namun selama ini saya lebih memilih untuk belanja pada toko online milik seller dalam negeri supaya bisa membantu perekonomian UMKM lokal khususnya di masa pandemi seperti sekarang. 

8. Pilih jasa pengiriman barang yang memiliki reputasi baik

Salah satu hal yang tak kalah penting dalam kegiatan belanja online adalah peran jasa pengiriman barang. Tanpa kehadiran mereka maka mustahil barang belanjaan yang sudah kita beli secara online akan tiba di rumah dengan selamat. Selain itu kecepatan pengiriman barang juga menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan saya dalam memilih jasa pengiriman barang. Saya pernah punya pengalaman yang agak mengecewakan saat memilih jasa pengiriman baru lantaran tergoda tarif yang murah, namun ternyata hingga seminggu lebih barang pesanan saya tak kunjung tiba. Hingga akhirnya saya harus komplain kepada perusahaan tersebut melalui DM instagram dengan menyertakan nomor resi pengiriman, dan barulah barang pesanan saya dikirimkan ke rumah. Sejak saat itu saya tak lagi tergoda untuk mencoba jasa kirim barang lain selain TIKI. Karena sudah terbukti dengan memilih jasa pengiriman barang yang memiliki reputasi baik seperti TIKI maka barang pesanan saya akan diantarkan ke rumah dengan waktu yang cepat dan kondisi baik saat diterima.

9. Biasakan untuk membuat video unboxing saat membuka paket 

Saat berbelanja online ada resiko barang yang kita beli tiba di rumah dalam kondisi ada kerusakan, cacat produk atau tidak sesuai pesanan baik jumlah maupun variasinya. Dan hal ini baru kita sadari saat membuka paket yang dikirimkan oleh penjual. Biasanya penjual dengan reputasi baik, akan memberikan garansi pengembalian produk jika tidak sesuai. Asalkan saat melakukan klaim garansi, kita menyertakan bukti berupa video unboxing produk. Makanya sebaiknya biasakan untuk membuat video unboxing saat membuka paket, supaya jika ada kerusakan, cacat produk atau ketidaksesuaian pesanan kita bisa melakukan klaim garansi produk.

10. Jangan sampai kecanduan 

Belanja online memang membahagiakan, namun kita harus bisa mengontrol agar kegiatan belanja online ini tidak sampai berlebihan sehingga menjadi kecanduan belanja yang dikenal dengan berbagai macam istilah seperti oniomania, compulsive buying disorder (CBD), buying shopping disorder (BSD) dan pembelian patologis. Jika  sampai jatuh dalam kondisi semacam ini maka seseorang akan mengalami gangguan dalam hal sosial serta finansial. Makanya kontrol diri itu sangat penting.

TIKI, Sang Pengantar Paket Kebahagiaan Andalan Keluarga Saya

Salah satu tips belanja online aman dan nyaman adalah memilih jasa pengiriman barang yang memiliki reputasi baik contohnya adalah TIKI. Sudah cukup lama TIKI menjadi pilihan jasa pengiriman barang andalan keluarga saya. Salah satu jasa TIKI yang tak pernah terlupakan adalah saat saya mengurus persyaratan wisuda S2 saya pada tahun 2020 yang lalu. 

Saat itu karena kondisi pandemi saya memang menjalani semester terakhir kuliah secara online. Konsultasi tesis dengan dosen pembimbing hingga ujian sidang tesis juga saya lakukan secara online. Kampus saya berada di luar kota sehingga ketika tiba waktunya untuk mengurus persyaratan wisuda saya merasa parno (takut terpapar virus) jika harus menempuh perjalanan keluar kota demi mengumpulkan persyaratan seperti pas foto, hardcopy tesis, sumbangan buku untuk perpustakaan dan lain sebagainya. 
Urusan kirim dokumen penting, TIKI sangat bisa diandalkan
Untungnya pihak kampus memberikan kelonggaran bahwa persyaratan tersebut bisa dikirimkan via kurir. Maka sayapun memilih jasa TIKI untuk mengirimkan persyaratan dokumen wisuda yang memang tidak bisa dikirimkan secara online. Dengan bantuan TIKI akhirnya semua dokumen yang diperlukan oleh pihak kampus bisa terkirim tepat waktu dengan kondisi lengkap dan selamat. Saya ingat kala itu saya menggunakan produk ONS (Over Night Service) dari TIKI dan benar saja besoknya paket saya sudah diterima oleh pihak kampus.

Tak hanya itu saja, ketika tiba waktunya bagi saya untuk mengambil ijazah kelulusan dan toga wisuda lagi-lagi saya terbantu oleh jasa TIKI. Sesudah mengikuti ceremony wisuda secara online, saya tak perlu lagi pergi ke kampus saya yang terletak di luar kota untuk mengambil ijazah dan toga. Ada seorang teman yang tinggal tak jauh dari kampus yang bersedia membantu saya untuk mengambilkannya dengan menggunakan surat kuasa yang sudah saya kirimkan. Selanjutnya teman saya ini mengirimkan ijazah dan toga saya ke rumah dengan menggunakan jasa TIKI. Tanpa harus pergi kemana-mana, saya bisa lulus S2 dan mendapatkan ijazah kelulusan cukup dari rumah saja. Kalau bukan karena jasa TIKI saya nggak mungkin bisa berfoto wisuda bersama keluarga sebahagia ini. 
Ijazah dan Toga diantar ke rumah dengan selamat by TIKI
TIKI memang sangat bisa diandalkan untuk urusan kirim-kirim barang. Makanya saat berbelanja online saya juga selalu memilih TIKI sebagai sang pengantar paket kebahagiaan andalan keluarga saya. Mulai dari paket belanja makanan, mainan, baju, skincare, perlengkapan rumah tangga hingga tanaman hias semua bisa saya terima dengan cepat dan selamat berkat jasa TIKI. 
TIKI, sang pengantar paket kebahagian andalan keluarga saya
Sesuai dengan visi perusahaan, TIKI memang telah menjadi salah satu perusahaan terbaik dalam jasa pengiriman dan logistik dengan melayani kebutuhan dan kepentingan pelanggan secara optimal sehingga TIKI tak hanya dikenal di Indonesia namun juga Internasional. Pilihan produk TIKI ada bermacam-macam yaitu sebagai berikut :

sds
Merupakan kepanjangan dari same day service yaitu paket kiriman akan tiba di hari yang sama

ons
Merupakan kepanjangan dari over night service yaitu untuk paket yang dikirim hari ini akan tiba esok hari

tds
Merupakan kepanjangan dari two days service yaitu paket kiriman tiba dalam dua hari

reg
Merupakan kepanjangan dari regular service yaitu paket kiriman estimasi tiba dalam 3 - 4 hari

eco
Merupakan kepanjangan dari economy service yaitu paket kiriman dengan hemat ongkir

trc
Merupakan kepanjangan dari trucking service yaitu paket kiriman dengan berat minimal 10 kilogram dikirim dengan menggunakan jasa ini

int
Merupakan kepanjangan dari international service yaitu paket kiriman ke luar negeri dengan ongkir terjangkau
Berbagai produk TIKI
Selain memiliki berbagai pilihan produk, TIKI juga menyediakan berbagai macam jenis pelayanan yang dapat dipilih oleh pelanggan yaitu sebagai berikut :

  • Mobile apps, layanan TIKI mobile apps dapat didownload via playstore maupun appstore sehingga akan semakin memudahkan kita dalam mengakses berbagai produk TIKI. Melalui aplikasi ini kita bisa melakukan cek resi, cek ongkir, cek lokasi gerai TIKI terdekat, cek kodepos, akses layanan Jempol dan Putar, mendaftar member SOBAT TIKI, serta melakukan cek produk dan layanan TIKI lainnya. 
  • Jempol, merupakan layanan unggulan TIKI yaitu jemput online gratis dimana pelanggan dapat melakukan pemesanan dimanapun dan kurir akan datang untuk menjemput barang kiriman pada lokasi yang ditetapkan oleh pelanggan berapapun volumenya. Pembayaran ongkir dilakukan saat kurir melakukan penjemputan barang.
  • Sales counter 24 jam, melalui layanan ini TIKI siap memberikan layanan 24 jam untuk pengiriman barang. Tinggal hubungi saja TIKI sales counter 24 jam yang ada di kota tempat tinggal kita.
  • Drive thru, Jika ingin mengirim paket tanpa repot maka kita bisa menggunakan layanan TIKI Drive Thru yang saat ini sudah resmi di buka di TB.Simatupang Jaksel. Pelanggan bisa mengirimkan paket secara lebih mudah, nyaman, efisien dan tetap menjaga jarak aman.
  • Realtime tracking, layanan ini memudahkan kita untuk melakukan pengecekan status kiriman secara real time melalui telepon ke nomor hotline TIKI 1500125
  • Layanan asuransi, dengan menggunakan layanan ini maka paket yang kita kirimkan akan mendapatkan perlindungan dan tambahan keamanan pada saat proses pengiriman.
  • Email notification, pengirim atau penerima akan menerima email pemberitahuan saat barang akan dikirimkan dan email pemberitahuan ke pengirim ketika barang telah diterima
  • SMS resi, pengirim atau penerima akan mendapatkan sms pemberitahuan saat barang akan dikirimkan dan sms pemberitahuan ke pengirim saat paket telah diterima
  • Cash on delivery, merupakan pilihan layanan bayar di tempat untuk pembelanjaan online pelanggan pada beberapa E-commerce tertentu. Pembayaran dilakukan saat kurir menyerahkan barang pesanan/saat barang diterima
  • Sobat TIKI, merupakan TIKI membership program keanggotaan yang ditujukan kepada pelanggan setia TIKI seluruh Indonesia yang akan mendapatkan berbagai benefit yang menguntungkan
  • E-Signature, layanan tanda tangan digital pada saat terima paket oleh penerima secara realtime
  • Packaging, merupakan layanan pengemasan barang yang disediakan oleh TIKI demi menambah kenyamanan dan keamanan kiriman pelanggan. Jika ingin mengakses layanan ini, kita tinggal menyampaikan saja ke petugas
  • Pick up delivery, merupakan layanan penjemputan yang disediakan TIKI untuk memudahkan pelanggan serta menambah keamanan serta kenyamanan dalam melakukan pengiriman barang
  • Putar, merupakan layanan jemput antar (Putar) dan merupakan layanan berbasis whatsapp untuk memudahkan kita dalam mengirim paket dengan waktu antaran maksimal 3 jam ( khusus wilayah DKI Jakarta)
Selain berbagai produk dan layanan yang sudah saya sebutkan di atas, TIKI juga memiliki layanan kemitraan yaitu SERLOK yang merupakan kepanjangan dari Seller Online Booking. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh mitra yaitu diskon pengiriman 18%, paket akan dijemput ke rumah dan pembayaran dapat dilakukan pada H + 2. Layanan ini tentu sangat membantu para pemilik usaha online terutama di masa PPKM seperti sekarang.
Saya paling hobi jajan makanan online dan kirimnya pakai TIKI 
Nah..untuk pecinta kuliner seperti keluarga saya, selama masa PPKM  bisa juga loh memanfaatkan layanan TIKI untuk mengirim paket makanan  agar dapat tiba di hari yang sama yaitu pakai saja SDS KITA (Kuliner NusanTAra). Apalagi pada periode 16 Juni - 15 Agustus 2021 sedang ada promo SDS KITA yaitu ongkir mulai dari Rp.25.000/Kg tergantung kota pengiriman dan tujuan. Promo ini hanya berlaku untuk pengiriman dengan TIKI SDS melalui sales counter, gerai TIKI dan Jempol App di kota Jakarta, Bandung, Sukabumi, Cianjur, Lampung, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak dan Mataram serta berlaku untuk pengiriman barang dengan berat minimal 1 Kg. Untuk melakukan cek berbagai promo menarik lainnya dari TIKI, bisa langsung cuss ke media sosial TIKI sebagai berikut :

 Website : https://www.tiki.id/
 Instagram : @tiki_id
 Facebook : @tiki.id
 Twitter : @idtiki

Dengan menggunakan jasa pengiriman TIKI maka belanja online yang saya lakukan jadi terasa semakin aman dan nyaman. Kurirnya juga ramah dan bertanggungjawab dalam melakukan pengantaran paket. Pokoknya top banget deh layanan dari TIKI, nggak pernah mengecewakan. Nggak ada ceritanya paket belanjaan saya terima dalam kondisi rusak karena dibanting-banting saat pengiriman. Selama menggunakan jasa TIKI paket belanjaan selalu saya terima dalam kondisi utuh, aman dan tepat waktu.

Kenapa Belanja Online Bisa Bikin Bahagia ?

Happiness is...receiving what you ordered online, when they arrive it's like a present to me, from me
Belanja online memang bisa membahagiakan asal dilakukan dalam batas yang wajar dan tidak sampai lepas kendali. Bahkan jika misalnya kita hanya sekedar window shopping atau online browsing maka hal ini sudah bisa membawa kebahagiaan yang dipicu dari otak yang melepaskan dopamin. Dalam sebuah artikel yang pernah saya baca disebutkan bahwa sebuah studi yang dilakukan di tahun 2014 dari Journal of Consumer Psycology menemukan bahwa terapi belanja tak hanya membuat seseorang menjadi lebih bahagia dengan segera, namun juga dapat melawan kesedihan yang berkepanjangan. 
Bahagianya kami setiap kali ada kurir TIKI datang ke rumah
Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa belanja online juga dapat memicu pelepasan dopamin dengan cara lain yaitu menunggu paket belanjaan tiba di rumah. Meskipun kita sudah mengetahui apa isi paketnya, namun saat belanja online kita tidak bisa menyentuh barang yang kita pilih secara langsung. Sehingga saat menantikan paket tiba di rumah, ada semacam rasa penasaran dan harap-harap cemas yang justru kondisi ini dapat membangkitkan rasa bahagia yang dipicu oleh senyawa dopamin.
Paket kebahagiaan untuk meningkatkan imun
Perasaan semacam itulah yang selalu saya rasakan saat belanja online dan menunggu paket belanjaan dikirim oleh kurir TIKI ke rumah. Seperti menunggu kedatangan tamu istimewa gitu deh..rasanya. Makanya di masa PPKM ini, belanja online merupakan salah satu andalan saya untuk meningkatkan senyawa kebahagiaan sehingga imunitas tubuh tetap terjaga dan tak mudah sakit. Rasa bosan pun hilang seketika manakala paket belanja online sudah saya terima.

Namun tentunya belanja online yang saya lakukan bukan belanja yang sifatnya kompulsif. Alhamdulilah saya masih bisa mengendalikan diri dan tidak sampai kecanduan belanja online. Senangnya lagi ada kurir andalan yang kedatangannya selalu kami nantikan dan konsisten dalam memberikan pelayanan terbaik serta tak pernah membuat saya kecewa, yaitu TIKI. Berkat TIKI belanja online jadi terasa semakin aman, nyaman dan tentunya membahagiakan.

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)