Mudahnya Mencari Tempat Kost Ideal

by - August 06, 2020


Cari tempat kost itu bukan perkara mudah. Apalagi untuk kaum dengan budget pas-pasan  serta waktu terbatas seperti saya. Itulah yang awalnya sempat terbersit dalam pikiran saya saat hendak mencari tempat kost. Pada waktu saya akan memulai kuliah S2 di Undip, saya memang harus mencari tempat kost. Hal ini karena saya tidak mungkin setiap hari nglajo perjalanan Jogja - Semarang untuk kuliah. 

Masalahnya saat itu saya masih terikat tanggung jawab bekerja di kantor sehingga waktu saya sangat terbatas untuk mencari kost. Hari senin sampai sabtu saya harus bekerja di kantor yang berlokasi di Jogja. Kalau saya mau survey tempat kost ke Semarang maka hanya bisa saya lakukan pada hari minggu. 

Pusing juga waktu itu rasanya. Saya baru bisa bebas tugas dari pekerjaan kantor jika kegiatan kuliah sudah dimulai. Padahal sebelum kuliah dimulai saya harus sudah dapat tempat kost. Lalu bagaimana caranya saya bisa cari tempat kost di Semarang? Sementara saya tidak punya teman atau saudara di Semarang yang bisa dimintai tolong untuk mencarikan tempat kost. Apalagi masalah kost ini juga menyangkut soal kenyamanan. Bisa saja minta tolong orang lain untuk dicarikan tempat kost, tapi kalau tidak melihat atau survey sendiri tempat kostnya secara langsung jangan-jangan nanti malah tidak cocok.

Dengan keterbatasan waktu yang saya miliki untuk mencari tempat kost, akhirnya saya hanya bisa mengandalkan bantuan dari jasa aplikasi pencari kost. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk memfilter kost sesuai dengan budget, lokasi dan kriteria yang saya cari.
sumber gambar : sewakost.com
Bagi saya kriteria pertama adalah harga. Sebagai mahasiswa yang bisa kuliah karena dapat beasiswa maka sebisa mungkin biaya untuk kost jangan sampai nombok. Hal ini karena di Jogja masih ada rumah yang harus dibiayai dan ada anak-anak yang juga butuh biaya sekolah. Ya memang sih, ada suami yang sudah menanggung semua biaya tersebut. Tapi jangan sampai gara-gara saya kuliah di Semarang, lalu anggaran belanja rumah tangga jadi terganggu. Makanya cari kost dengan harga yang sesuai budget beasiswa ini penting, supaya tidak tombok.

Kriteria kedua adalah lokasi tempat kost. Saya mencari tempat kost yang lokasinya dekat dengan kampus, supaya bisa hemat untuk biaya transportasi setiap hari menuju kampus. Syukur-syukur bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Hitung - hitung sekalian olahraga dan mengurangi pencemaran udara.

Kriteria ketiga adalah fasilitas tempat kost. Kost ideal bagi saya adalah tempat kost yang fasilitasnya lengkap yaitu ada tempat tidur, lemari, meja, televisi, AC, kamar mandi dalam dan juga wifi. Sehingga saya hanya tinggal bawa baju saja saat masuk tempat kost. Tak perlu repot lagi membawa berbagai macam barang.
Kenangan perjuangan cari kost ditemani anak-anak
Kriteria keempat adalah keamanan. Ini penting banget karena saya orangnya agak penakut. Kalau bisa sih tempat kost nya jangan dekat kuburan, meskipun sebenarnya tidak ada hubungannya antara kuburan dan keamanan. Yang pasti ini demi mengamankan perasaan saya sendiri dari rasa takut. Selain itu kriteria aman bagi saya itu maksudnya adalah tempat kost yang bukan model campur cowok cewek. Meskipun saya sudah menikah, tapi saat berada di tempat kost saya bakal sendirian tanpa ditemani oleh suami. So, saya merasa lebih aman dan nyaman jika saya memilih tempat kost khusus putri.

Kriteria kelima adalah kebersihan. Saya adalah tipe orang yang merasa tidak nyaman jika berada di tempat yang kotor dan berantakan. Karena tempat kost itu akan menjadi rumah kedua saya yang fungsi utamanya untuk istirahat serta belajar. Jadi suasana nya juga harus kondusif, minimal suasana nya mendekati rumah saya yang ada di Jogja.

Kriteria utama tempat kost ideal menurut saya hanya ada lima saja. Setelah menetapkan kriteria, saya tinggal melakukan filter dengan menggunakan aplikasi pencari kost. Kemudian saya mendapatkan beberapa calon lokasi tempat kost yang akan saya survei langsung. Cara ini terbukti bisa lebih menghemat waktu saya yang terbatas. Saya tidak perlu lagi mencari kost dengan cara bertanya door to door, karena saya sudah punya daftar calon tempat kost yang akan saya survei. Jadi nggak ada lagi ceritanya nyari kost pakai acara muter-muter tidak tentu arah. 

Hari minggu pagi saya berangkat ke Semarang menggunakan kendaraan pribadi dengan diantar suami serta kedua anak saya. Setelah menempuh 3 jam perjalanan akhirnya kami tiba di Semarang dan langsung menuju ke tempat kost yang akan kami survei. Kegiatan survey tempat kost ini juga asyik banget, karena sudah ada penunjuk arahnya. Jadi meskipun saya bukan orang asli Semarang tapi saya nggak sampai kesasar saat mencari alamat tempat kost yang saya dapatkan dari aplikasi pencari kost. Di dalam daftar, ada 5 tempat kost yang akan saya datangi. Singkat cerita, semua sudah saya survey dan pilihan saya  akhirnya  jatuh pada kost di Reddoorz.
Seneng banget rasanya bisa menemukan tempat kost yang ideal
Saya bersyukur bisa menemukan kost ini karena apa yang saya harapkan semuanya terwujud. Tempat kost ini fasilitasnya sangat lengkap yaitu ada kamar yang sudah dilengkapi dengan tempat tidur, lemari baju, meja belajar, kaca untuk rias, AC, TV kabel serta kamar mandi dalam. Masih ada bonus fasilitas tambahan lagi yaitu ada security 24 jam, genset, wifi gratis, cuci baju gratis sehari maksimal 2 potong, serta dapur bersama. Lokasi kost nya juga sangat dekat dengan kampus saya, dan di sekitarnya terdapat berbagai macam tempat kuliner yang memudahkan anak kost mencari makan saat sedang kelaparan. Soal harga memang agak meleset sedikit dari anggaran saya, tapi tidak masalah karena worthed banget. Pertimbangan saya, tidak apa-apa mahal sedikit sebab jika saya memilih kost ini maka saya tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk laundry karena sudah ada fasilitas cuci baju dan setrika gratis. Tapi tenang saja melesetnya tidak banyak. Masih dalam batas toleransi budget saya dan nggak bikin tombok.

Saya merasa betah banget kost di Reddoorz karena fasilitasnya yang oke punya. Tempat kost ini juga sangat bersih. Setiap 2 hari sekali ada petugas yang membersihkan kamar saya, mulai dari menyapu dan mengepel lantai serta membersihkan kamar mandi. Saya tidak perlu repot bersih-bersih kamar sendiri. Petugas yang bekerja di tempat kost ini semuanya jujur dan ramah. Tidak pernah ada barang yang hilang meskipun saat petugas bersih-bersih kamar, saya sedang tidak ada di tempat.  
Sekarang cari kost juga bisa pakai aplikasi RedDoorz lho
Ternyata mencari kost ideal itu tak sesulit yang saya kira sebelumnya. Dengan adanya berbagai macam aplikasi pencari tempat kost seperti infokost, yukstay, cari-kost, babekost, flokq, sewakost hingga RedDoorz maka mencari tempat kost jadi terasa mudah dan asyik. Kita bisa dengan mudah mendapatkan tempat kost sesuai dengan kriteria yang kita butuhkan, dan hal ini bisa dilakukan kapan saja dan darimana saja. Kalau sudah punya daftar calon tempat kost yang kira-kira sesuai kriteria maka kita tinggal survey saja dan jika sudah menemukan kost yang cocok tinggal booking saja. Nah, kalau kamu kriteria tempat kost ideal menurutmu yang seperti apa?

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)