My Basic Skincare 1 : Wardah Seaweed Balancing Facial Wash & Wardah Primary Skin Hydrating Booster

by - June 30, 2020


Awal bulan juni 2020, tiba-tiba hati saya tergerak pengen skinkeran lagi. Terakhir kali saya skinkeran itu udah lama banget yaitu sebelum saya hamil anak pertama, kira-kira tahun 2008. Udah lama banget kan?

Saya mau cerita dulu tentang pengalaman skinkeran yang terakhir kali itu. Dulu saya itu punya masalah flek hitam yang lumayan parah. Kayaknya sih penyebabnya faktor genetik, soalnya flek hitam di kulit wajah saya udah muncul sejak saya SMP. Dulu pas remaja udah pernah nyoba perawatan di natasha tapi nggak cocok.

Kemudian saat saya udah kerja dan punya gaji sendiri, saya habisin deh duit saya buat skinkeran di LBC dan hasilnya itu amazing banget. Kulit muka saya bener-bener jadi bagus, mulus, bebas flek hitam, sampe teman-teman saya pada nanya saya perawatan kulit dimana. Tapi memang biayanya cukup mahal. Dulu itu sekitar tahun 2007, setiap kali saya treatment mesoterapi bayarnya udah sekitar 400ribuan. Itu belum sama beli krim, toner dan lain-lainnya. Nggak tau deh kalau sekarang udah nyampe berapa biaya perawatan di LBC. Kalo inget jaman itu, bener-bener dreams come true banget karena akhirnya kulit muka saya bisa terbebas dari masalah flek hitam. 

Terus saya menikah di tahun 2008 dan nggak lama kemudian hamil anak pertama. Nah, sejak hamil itulah saya berhenti pake produk skinker karena emang kata dokter kandungannya disuruh berhenti dulu pake produk-produk skinker demi keamanan si janin. Ya udah, demi anak apapun dilakukan dan saya berhenti nggak skinkeran lagi.

Tapi ternyata berhentinya itu keterusan sampe sekarang. Jadi kira-kira udah 12 tahun saya nggak pernah skinkeran. Lalu gimana kabar muka saya yang dulu sempat glowing dan bikin pangling itu? Ah...itu semua tinggal kenangan. Apalagi sejak saya lebih banyak diem di rumah aja selama masa pandemi corona. Kulit muka saya makin nggak terawat karena saya jadi males ngapa-ngapain dan nggak pernah pergi kemana-mana. 

Hingga suatu hari pas saya lagi ngaca, saya tuh melihat muka saya bener-bener kusam, jerawatan plus flek hitam yang kembali tampak jelas terpampang nyata ditambah garis-garis halus yang mulai bermunculan. Ya Allah..saya langsung nyadar kalo selama ini udah abai banget sama perawatan kulit dan jadinya kayak begini.

Kemudian saya bertekad mau rajin skinkeran lagi kayak dulu. Tapi kalo harus ke LBC lagi kok kayaknya sayang duitnya ..hahaha.. Trus, saya putuskan untuk beli produk skinker yang banyak beredar di toko online, meskipun saya masih bingung mau pilih yang mana. 

Yang pertama dan utama sebelum memutuskan untuk beli serum, krim dan sebagainya konon katanya kita harus tentukan basic skincare yang cocok untuk kulit kita. Nah basic skincare ini terdiri dari facial wash, toner, moisturizer dan sunscreen yang berfungsi untuk membersihkan, melembabkan dan melindungi kulit. Kenapa ini penting? Karena sebelum dipakein krim atau serum yang mahal-mahal itu maka syarat utama biar serum dan krimnya bisa bekerja dengan optimal adalah kulit wajah harus dalam kondisi bersih dan terhidrasi dengan baik serta terlindungi dari efek buruk sinar matahari.

Sebelum milih moisturizer dan sunscren, pertama saya cari facial wash sama tonernya dulu. Soalnya selama ini saya kalo sabunan buat muka ya cuma pake sabun mandi biasa. Habis itu juga nggak pernah pake toner..hahaha...cuek banget dan parah sih saya memang. Makanya nggak heran kalo kulit muka saya jadi tampak menyedihkan. 

Sebelum memutuskan untuk beli facial wash dan toner, saya sempat sih baca-baca review dan nonton video youtube para beauty blogger terkait basic skincare ini. Ada yang nyaranin pake facial wash dan toner dari simple, senka atau cosrx. Tapi pas saya cek harganya kok mahal ya..hehehe. 


Kemudian saya akhirnya memutuskan untuk beli facial wash dari wardah yang seaweed ini. Karena kayaknya ini tuh bakal lembut di kulit dan fungsi untuk menyeimbangkan PH nya juga dapet. Setahu saya facial wash yang diresepin dokter biasanya fungsinya juga seperti itu. Dan ternyata pas saya coba memang beneran lho facial wash ini lembut di kulit wajah dan nggak bikin kulit saya kering.

Sesudah pake facial wash, saya lanjutin pake wardah nature daily seaweed primary skin hydrating booster. Cara pakenya dengan ditepuk-tepukan secara merata ke kulit wajah dan leher yang sudah dibersihkan sebelum kita pake pelembab. Ya memang kayak toner gitu deh fungsinya. Produk ini mengandung ekstrak rumput laut, hydraboost formula ( adenosin dan sodium PCA) dan hyaluronic acid. Habis pake ini kulit muka emang terasa lembab dan seger banget. Efek hidrasinya beneran terasa di kulit. Saya belum tertarik untuk nyoba toner yang exfoliating karena saya belum pengen. Mau fokus di hydarting toner dulu, dan saya merasa cocok sama produk dari wardah ini.

Yipee..saya hepi banget deh, dipercobaan pertama udah berhasil nemu facial wash dan toner yang cocok buat kulit wajah saya dan harganya juga cocok buat ukuran dompet saya. Kalo basic skincarenya udah nemu yang cocok maka selanjutnya kulit kita akan siap menerima kebaikan dari bahan-bahan aktif yang terkandung didalam mosturizer, serum atau krim yang bakal kita pake ditahap selanjutnya. Udah hampir sebulan sih saya pake 2 produk ini dan nggak ada masalah. Kulit muka saya yang tadinya kusam juga udah lumayan berkurang. 

Next, saya bakal nulis review tentang moisturizer dan sunscreen yang saya pakai demi menuju masa depan kulit wajah yang lebih glowing dan bebas flek hitam.

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)