Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis?

by - August 13, 2019


Website beken berawal dari domain keren_ by. Rumahweb

Memiliki domain sendiri itu penting banget. Terutama bagi orang-orang yang menekuni dunia bisnis online. Bisnis online merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan secara online dengan menggunakan internet. Bentuk bisnisnya tentu saja bisa bermacam-macam, yaitu bisa dalam bentuk jual beli online, penyediaan jasa secara online dan lain sebagainya. Saat ini semua orang bisa melakukan bisnis online semacam ini tanpa terkecuali. Kegiatan bisnis online ini bisa diwujudkan dalam bentuk website, akun sosial media, toko online atau marketplace hingga blog. 

Bagi para pemilik bisnis offline, memiliki domain juga tidak kalah penting. Karena bisa digunakan untuk melakukan promosi secara lebih luas sehingga profil bisnisnya akan semakin banyak dikenal orang dan jangkauannya semakin luas.

Sebagai pelaku bisnis online yang memanfaatkan blog sebagai sarana dalam berbisnis, saya tidak pernah menyangka bahwa blog yang awalnya saya bangun hanya untuk menyalurkan hobi menulis, kini nyatanya bisa menjadi sebuah "rumah" yang bisa saya gunakan untuk berbisnis dan menghasilkan uang.

Kesuksesan saya berbisnis online menggunakan blog ini dimulai sejak saya mengganti domain saya dari domain blog gratisan menjadi top level domain (TLD). Tahun 2012 merupakan awal mula saya mengenal blog. Saat itu saya masih menggunakan alamat blog gratisan yang berakhiran blogspot.com. Selama 2 tahun menggunakan domain blog gratisan, blog yang saya kelola hanya saya gunakan untuk menulis curhat serta iseng mengikuti beberapa lomba blog. Kemudian atas saran seorang teman, pada tahun 2014 saya putuskan untuk beralih menggunakan domain blog berbayar dengan akhiran .com.

Sejak saya menggunakan nama domain arifahwulansari.com, ternyata mulai banyak tawaran bisnis seperti content placement atau jasa review artikel dari beberapa agency. Saat mengikuti lomba blog, selain kualitas tulisan yang menjadi penilaian, domain TLD juga bisa dijadikan salah satu pertimbangan oleh dewan juri lho. Makanya saya jadi sering menang lomba blog terutama sejak pakai TLD. Sejak berganti domain TLD, pengunjung blog saya juga semakin ramai. Hal ini kemudian bisa saya memanfaatkan untuk mengembangkan bisnis online sebagai publisher adsense. Saya akui sejak menggunakan domain berbayar, maka kredibilitas blog yang saya kelola jadi meningkat dan lebih banyak dikenal orang. Tentu saja hal ini dampaknya sangat positif terutama dalam hal pengembangan bisnis dari blog.

Apa itu Domain ?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer atau internet. Nama domain ini kadang juga disebut dengan istilah URL atau alamat website. 

Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis ?

Saat memulai bisnis online, tentu nama domain ini sangat penting karena nama domain ini ibaratnya seperti alamat rumah yang akan kita promosikan sehingga harapannya akan semakin banyak orang yang berkunjung ke rumah kita dan membeli atau menggunakan jasa dan produk yang kita tawarkan.
Sumber ilustrasi : alfart.com
Dalam dunia bisnis online, penggunaan Top Level Domain (TLD) sangat disarankan. Karena jika dibandingkan dengan domain gratisan, alamat website yang menggunakan TLD tentu kesannya jauh lebih terpercaya. Terdapat 2 jenis ekstensi TLD yaitu :
  • Ekstensi Domain General - Top Level Domain, merupakan ekstensi pada akhir nama domain universal yang digunakan diseluruh dunia contohnya .com, .net, .biz, .org, .info dan lain sebagainya.
  • Ekstensi Domain Country Specific - Top Level Domain, merupakan ekstensi domain yang dibuat khusus untuk masing-masing negara di seluruh dunia. misalnya ekstensi .id untuk negara Indonesia, .sg untuk negara Singapura, .my untuk negara Malaysia dan lain sebagainya.
Saya sendiri lebih memilih untuk menggunakan ekstensi domain general berakhiran .com. Ada beberapa alasan kenapa saya memilih ekstensi domain .com yaitu sebagai berikut :
  1. Lebih mudah diingat, saat awal mendengar istilah website, yang terlintas dibenak saya alamat website itu selalu berakhiran .com. Faktanya memang banyak website terkenal yang menggunakan domain .com. Menurut informasi yang pernah saya baca, dikatakan bahwa 8 dari 10 website teratas dunia berdasarkan ranking Alexa menggunakan domain .com. Penggunaan .com memang lebih mudah diingat karena sangat populer.
  2. Lebih populer, pada tahun 1985 mulai digunakan ekstensi domain yaitu .com, .net dan .org dengan tujuan untuk mempermudah akses serta penyebutan suatu website. Namun hingga kini yang paling banyak digunakan adalah .com. Hampir 50% website yang ada saat ini menggunakan ekstensi domain .com sebagai alamat. Hal ini menunjukkan bahwa domain .com memang memiliki popularitas yang sangat tinggi.
  3. Lebih ramah SEO, penggunaan domain .com juga dipercaya bisa membuat website kita tampil lebih baik di mesin pencari karena domain .com memiliki cakupan internasional dan bersifat universal sehingga website dapat lebih mudah muncul di mesin pencari.
  4. Lebih murah, biaya berlangganan domain .com juga tergolong lebih murah dibanding dengan domain lain. Mulai biaya mendaftar di awal hingga biaya perpanjangan per tahun relatif terjangkau.
  5. Lebih komersial, domain .com merupakan kependekan dari "commercial" atau ditujukan untuk para pemilik bisnis. Dengan menggunakan ekstensi domain .com maka website atau blog milik kita akan tampak lebih resmi dan profesional.
Bagaimana Caranya Membeli Domain ?

Setelah saya mantap untuk beralih ke ekstensi domain .com maka saya segera menyiapkan nama domain saya. Pilihan saya jatuh pada alamat domain www.arifahwulansari.com karena blog saya memang merupakan blog personal. Penggunaan nama pribadi bertujuan untuk meningkatkan personal branding saya di dunia maya.

Dengan bantuan seorang teman saya yang bernama mas Dede, pada tahun 2014 tepatnya pada bulan Oktober saya membeli domain murah berkualitas di Rumahweb. Caranya sangat mudah. Saya hanya tinggal mengecek ketersediaan nama domain yang saya inginkan melalui menu yang tersedia di website rumahweb kemudian melakukan registrasi melalui website rumahweb dan melakukan transfer pembayaran. Setelah itu dengan dibantu oleh mas Dede, saya melakukan setting perubahan domain dari yang awalnya berakhiran blogspot.com menjadi .com. 
Sumber ilustrasi : howtogeek.com
Saran saya sebaiknya mulailah menggunakan domain berbayar sejak awal mula membangun website atau blog. Karena jika awalnya kita menggunakan domain gratisan dan traffic blog atau website sudah tinggi, kemudian kita beralih menggunakan domain berbayar maka pada masa transisi tersebut akan terjadi penurunan traffic. Yang konsekuensinya adalah kita harus membangun blog atau website dari awal lagi karena ada perubahan alamat.

Saat melakukan migrasi dari alamat domain gratisan menjadi TLD memang ada resiko semacam itu. Tapi hal tersebut tidak akan bertahan lama kok. Asalkan kita tetap konsisten dalam membuat konten yang berkualitas maka traffic atau ranking alexa akan kembali meningkat dan hasilnya akan jauh lebih baik saat sudah menggunakan top level domain.

Oiya dalam rangka membeli domain ini jika ada kesulitan kita juga bisa langsung melakukan live chatt dengan costumer support rumahweb yang akan siap membantu selama 24 jam tanpa mengenal hari libur lho. Dengan mengedepankan tagline sebagai "orang rumah" , costumer support rumahweb memang selalu siap membantu kita saat dibutuhkan kapan saja dan responnya cepat.

Kenapa Membeli Domain di Rumahweb ?

Untuk bisa memiliki domain TLD saat ini ada banyak penyedia domain yang menawarkan jasa. Tapi tidak semua perusahaan penyedia merupakan accredited registrar. Kadang ada juga perusahaan yang merupakan reseller domain. Berikut perbedaan antara perusahaan yang berstatus acredited registrar vs reseller domain :
Perbedaan acredited registrar vs reseller domain
Registrar terakreditasi merupakan perusahaan yang telah lolos tahapan proses akreditasi untuk mendapatkan akses dan wewenang mendaftarkan domain secara langsung kepada registry. Proses akreditasi dan audit mencakup kelayakan teknis, finansial dan berbagai aspek lain. Sehingga perusahaan yang lolos akreditasi terutama akreditasi ICANN sudah tentu merupakan perusahaan yang dijamin terpercaya, kemampuan teknisnya mumpuni, kemampuan finasialnya kuat dan kemampuan manajerialnya tertata.

Makanya saya lebih memilih untuk membeli domain di Rumahweb karena Rumahweb merupakan ICANN Accredited Registrar yang sudah beroperasi sejak tahun 2002 dengan lebih dari 130ribu domain terdaftar. Rumahweb juga selalu diaudit untuk memastikan layanan terbaik bagi para pelanggannya sesuai dengan standar industri. Pada tahun 2012, Rumahweb juga menjadi salah satu Registrar PANDI untuk domain .id dan menjadi pemimpin pasar dengan lebih dari 60% market share.

Rumahweb menyediakan berbagai macam jenis domain yang dikelompokkan dalam beberapa kategori. Bukan hanya pilihan domain berakhiran .com saja, namun totalnya ada 395 jenis domain yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan.
Sumber gambar : Rumahweb.com
Sebagai pelanggan setia rumahweb, saya juga mendapatkan fasilitas clientzone dari rumahweb. Melalui halaman clientzone ini saya bisa melakukan pengecekan list layanan, domain, billing, dan layanan support dari Rumahweb. Bahkan saya pernah mendapatkan kesempatan trial gratis mengikuti rankingcoach trial selama 10 hari untuk belajar tentang bagaimana caranya untuk bisa ranking 1 di mesin pencari. Jujur caranya memang agak rumit dan butuh ketelatenan serta konsistensi untuk melakukannya. Saya akui saya belum bisa sehebat para mastah terutama dalam hal penguasaan ilmu SEO. Tapi sedikit-sedikit saya cukup mengerti tentang SEO berkat mengikuti rankingcoach trial dari rumahweb.

Sumber gambar : Dok. Pribadi
So far, saya sangat puas dengan pelayanan dari rumahweb. Sampai dengan saat ini sudah 5 tahun saya menjadi pelanggan setia rumahweb. Domain saya tidak pernah bermasalah dan blog saya juga semakin baik perkembangannya. Makanya saya sih ikhlas saja jika biaya langganan domain saya setiap tahun mengalami kenaikan. Karena jika dibandingkan dengan pendapatan yang saya peroleh lantaran berlangganan domain TLD di Rumahweb hasilnya sangat sepadan. 
Sumber gambar : Dok. Pribadi
Rumahweb tidak hanya melayani penjualan domain saja. Tapi juga melayani penjualan hosting murah dan berkualitas serta jasa pembuatan website. So, buat kamu yang belum punya domain TLD atau masih pakai alamat blog gratisan saya sarankan untuk segera beralih ke alamat domain berbayar dan berlangganan di Rumahweb. Karena hasil yang didapatkan tidak akan mengecewakan. Pelayanan dari costumer supportnya juga oke banget. Nah, kalau kamu tertarik untuk membeli domain di rumahweb, silahkan langsung cuss aja ke Rumahweb.com.

You May Also Like

1 comments

  1. Job akan lebih banyak datang kalao kita pake TLD, alias top level domain. Terlebih jika performa blognya bagus di search engine

    ReplyDelete

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)