Hidup Asik Tanpa Toxic Secara Mudah & Murah

by - August 31, 2018

Sumber gambar : Instagram Pokka_ID (modified)
Hai gaes, tau nggak kalau selama tahun 2018 ini sedang trend tentang berbagai macam program diet untuk ngilangin racun dan lemak berlebih dari dalam tubuh? Contohnya seperti diet karbo, diet jus, diet paleo, diet taco, diet alkali dan sebagainya. Bahkan saat ini juga banyak diproduksi minuman atau suplemen yang harganya cukup mahal tapi katanya bisa membersihkan usus dan punya manfaat untuk detoksifikasi. Keren juga ya gaes, trend hidup sehat kayak gini. Apalagi jaman sekarang tubuh manusia itu makin banyak teracuni oleh berbagai toxic dari luar dan dalam tubuh yang lama-kelamaan bisa merusak sel-sel tubuh. Tapi sejujurnya aku kurang tertarik sih sama program detok tubuh yang sulit apalagi mahal. Makanya kali ini aku mau cerita tentang gimana aku bisa hidup asik tanpa toxic dengan cara yang mudah dan murah. Tapi sebelum aku sharing tentang gimana caraku mengusir toxic yang bisa bikin hidup jadi nggak asik, aku mau cerita sedikit tentang apa saja sih sumber toxic yang bisa mengganggu kehidupan kita.

Toxic itu apa sih ?

Toxic adalah racun yang mengendap dan menumpuk di dalam tubuh. Kalau mengendapnya udah terlalu lama maka toxic ini bisa jadi sumber segala macam penyakit. Biasanya toxic yang masuk ke dalam tubuh kita itu sumbernya berasal dari makanan sehari-hari yang mengandung pengawet, pewarna, perasa serta pemanis buatan. Selain itu bisa juga berasal dari pencemaran udara seperti asap kendaraan bermotor dan polusi udara di sekitar kita. Kebiasan merokok, minum-minuman keras, minum kopi berlebihan, konsumsi obat-obatan yang berlebihan juga bisa jadi sumber toxic yang berbahaya untuk tubuh kita.
Gambar : Hasil modifikasi dan kreasi pribadi
Sebenarnya tubuh kita sudah dianugerahi Tuhan dengan kemampuan untuk mendetoksifikasi racun-racun yang masuk ke dalam tubuh yaitu melalui sistem metabolisme penyaringan seperti hati, paru-paru dan ginjal, serta sistem pencernaan di dalam usus dan melalui sistem endokrin tubuh. Namun terkadang tubuh tidak mampu mengeluarkan racun tersebut dengan sempurna dikarenakan oleh pola hidup kita yang nggak sehat atau bisa juga karena terlalu banyak racun yang masuk ke dalam tubuh. Kalau udah gitu maka tubuh kita akan merespon dengan gejala ringan yang mengganggu aktivitas, misalnya nih badan lemes, perut terasa begah atau nggak nyaman, nafas sesak dan lain sebagainya. Nah..munculnya gangguan ringan semacam itu sebaiknya jangan diabaikan gaes, karena itu artinya tubuh udah ngasih warning bahwa ada racun yang harus segera dikeluarkan. Kalau gangguan ringan ini dibiarkan kelamaan bisa beresiko muncul gangguan kesehatan yang lebih serius lagi.

Mengusir Toxic Dengan Lemon & Madu

Aku juga pernah mengalami gangguan ringan semacam itu. Apalagi aktivitasku sehari-hari juga sangat padat dan rawan terpapar oleh toxic yang berasal dari polusi udara serta makanan yang kurang sehat. Sebagai contoh, beberapa waktu yang lalu aku sempat mengalami masalah tenggorokan yang nggak nyaman dan terasa serak. Penyebabnya karena aku habis makan gorengan yang beli di pinggir jalan dan makannya juga rada banyakan. Padahal aktivitas kerjaku sehari-hari itu dituntut untuk banyak ngomong di depan orang, sehingga kondisi tenggorokan yang serak dan nggak nyaman itu rasanya mengganggu banget. 
Lemon dan madu untuk detoksifikasi racun dari dalam tubuh. Foto : Koleksi Pribadi
Karena aku termasuk orang yang nggak suka minum obat, kemudian aku mencoba mengatasi masalah gangguan tenggorokan ini dengan minum air perasan lemon yang dicampur air hangat dan madu. Cara bikinnya mudah banget yaitu  dengan mencampurkan setengah potong lemon dengan satu sendok makan madu dan aku beri sedikit air hangat. Air lemon hangat plus madu ini rutin aku minum setiap pagi sesudah bangun tidur. Alhamdulilah..dengan cara ini gangguan tenggorokan yang sempat aku alami menghilang dengan sendirinya.

Manfaat Lemon dan Madu

Sebenarnya terapi detox menggunakan lemon plus madu ini nggak cuma baru sekali itu aja aku lakukan. Awal aku mulai rajin minum lemon plus madu itu gara-gara terpengaruh hashtag #honeylemonshot yang dipopulerkan sama beauty blogger Andra Alodita di instagram sekitar beberapa tahun yang lalu. Setelah aku pelajari lebih lanjut, ternyata manfaat minum lemon madu setiap pagi ini banyak banget yaitu sebagai berikut :
Manfaat Lemon dan Madu
Hal ini karena lemon mengandung bioflavonoids yang merupakan antioksidan. Lemon juga kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. Sementara madu memiliki kandungan anti bakteri alami dan bersifat anti inflamasi. Perpaduan keduanya memang terbukti ampuh dalam membantu menghilangkan toxic yang mengendap di dalam tubuh.

Hari Aktifku Bersama Natsbee Honey Lemon

Ngomongin soal lemon dan madu, sekarang ternyata udah ada minuman lemon madu yang praktis banget cara minumnya dan bisa dengan mudah dibawa - bawa saat bepergian. Namanya NATSBEE Honey Lemon. Minuman ini mengandung vitamin C dan rasanya asli seger banget. Awal mula kenal sama Natsbee Honey Lemon ini yaitu saat aku mau pergi benchmarking ke Tasikmalaya. 
Saat aku berangkat benchmarking ke Tasikmalaya bersama teman-teman. Foto : Koleksi Pribadi
Biasanya aku kalo pergi-pergi jauh gitu suka bawa bekal lemon infused water. Yaitu buah lemon yang udah dipotong-potong trus direndam pakai air dingin. Namun berhubung waktu itu nggak sempet bikin infused water sendiri, maka aku mampir ke supermarket nyari bekal minuman buat di kereta. Eh..ketemu deh sama Natsbee Honey Lemon ini dan setelah aku coba beli ternyata memang seger banget dan bikin aku jadi nggak gampang capek selama perjalanan benchmarking ke Tasikmalaya.

Saat visitasi lapangan aku selalu bawa  Natsbee Honey Lemon buat bekal. Foto : Koleksi pribadi
Habis itu aku jadi sering beli Natsbee Honey Lemon buat bekal minum saat aku nggak sempat bikin infused water sendiri. Minuman ini mengandung lemon dan madu asli lho gaes. Natsbee Honey Lemon ini diproduksi oleh PT. Pokka Dima Internasional dibawah lisensi perusahaan Jepang POKKA SAPPORO. Meskipun dari Jepang, tapi produk ini sudah mengantongi ijin resmi dari BPOM dan sudah bersertifikat halal dari MUI. Harganya juga nggak mahal, 1 botol Natsbee Honey Lemon ukuran 450 ml ini aku beli dengan harga sekitar lima ribuan.
Yang halal itu lebih menentramkan hati
Makanya aku berani merekomendasikan Natsbee Honey Lemon ini sebagai minuman andalan untuk menyegarkan tubuh termasuk menghilangkan toxic yang bikin hidup jadi nggak asik. Kalau pas lagi hectic banget sama pekerjaan atau terjebak situasi yang nggak nyaman dan penuh polusi, misalnya lagi kejebak macet, aku sempatin dulu buat minum Natsbee Honey Lemon ini untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan juga memperbaiki mood biar kembali fresh.

Kemarin saat aku harus menjalani masa diklat kepemimpinan yang cukup berat selama 5 bulan lamanya, Natsbee Honey Lemon juga jadi minuman andalanku. Sebenernya saat awal dapat surat tugas untuk ikut diklat yang cukup lama ini, aku sempat merasa nggak yakin bisa kuat apa enggak menjalaninya. Diklat yang aku ikuti ini memang dikhususkan untuk ASN yang menduduki jabatan eselon IV ke atas dan ada 2 tahapan diklat yang harus dilalui oleh para peserta. Yang pertama adalah tahap breakthrough I yang terbagi menjadi masa on class di asrama selama 2 minggu dan masa taking ownership di kantor masing-masing selama 1 minggu. Yang kedua adalah tahap breakthrough II yang terbagi menjadi masa on class di asrama selama 1,5 bulan, masa implementasi proyek perubahan di kantor masing-masing selama 2 bulan dan masuk asrama lagi selama 1 minggu untuk ujian akhir. Selama menjalani masa on class di asrama aktivitasnya juga padat banget. Mulai dari jam 5 sampai jam 6 pagi kami semua harus olah raga. Kemudian dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam adalah kegiatan pembelajaran di kelas yang diselingi waktu untuk coffe break dan ishoma. 
Masa-masa karantina di asrama. Foto : Koleksi Pribadi
Beruntungnya selama 5 bulan menjalani diklat yang cukup berat ini, staminaku bisa terjaga dengan baik. Meskipun di awal-awal diklat aku pernah ngantuk di kelas dan mengalami masalah perut karena kurang cocok sama menu makan di asrama tapi akhirnya semua bisa teratasi. Memang ada sih saat-saat kritis yang bikin ngantuk di kelas yaitu pada jam sesudah istirahat makan siang. Biasanya kalau udah mulai terasa ngantuk, aku menyiasatinya dengan keluar kelas untuk cuci muka. Kalau di dalam kelas masih ngantuk juga, maka aku sengaja cubit-cubit tanganku sendiri sampai terasa sakit untuk mengalihkan rasa ngantuk yang melanda dan minum Natsbee honey lemon untuk menambah stamina dan mengusir rasa ngantuk yang mengganggu konsentrasi belajar.
Ngerjain tugas diskusi kelompok di kelas sambil ditemani Natsbee Honey Lemon. Foto : Koleksi pribadi
Selama menjalani masa karantina di asrama ada beberapa temanku di asrama yang terkena batuk dan flu lantaran kecapekan, tapi untungnya aku nggak ketularan. Mungkin karena aku sering minum Natsbee yang mengandung Vitamin C dan bikin daya tahan tubuh jadi kuat. 

Yang paling bikin stres dari seluruh rangkaian diklatpim ini adalah saat masa implementasi proyek perubahan di kantor masing-masing. Gimana enggak stres, kami semua hanya diberi waktu 2 bulan untuk melaksanakan proyek perubahan yang sudah disusun selama tahap breakthrough I. Padahal kalau sudah kembali ke kantor masing-masing, itu artinya tugas rutin yang seabrek juga harus tetap dijalankan. Setiap hari rasanya itu seperti berpacu dengan waktu, karena kalau sampai proyek perubahanku enggak kelar itu artinya aku nggak akan lulus diklat. Dan kalau sampai nggak lulus itu rasanya bakal malu banget. Beruntungnya aku punya suami dan juga teman-teman yang sangat mendukung proyek yang sedang aku jalankan. Mereka yang jadi motivasiku untuk menyelesaikan rancangan proyek yang sudah aku susun. Nah, kalau stres udah mulai melanda biasanya aku langsung rehat sejenak sambil dengerin musik dan minum Natsbee Honey Lemon. 
Masa implementasi proyek perubahan di kantor yang cukup bikin stres. Foto : Koleksi Pribadi
Setelah melewati masa-masa sulit, akhirnya aku berhasil menyelesaikan proyek perubahanku tepat waktu. Proyek SiPinter (Sistem Informasi Pembayaran Pasien Berbasis Komputer) yang aku terapkan di kantorku bisa berjalan baik sesuai harapan. Di akhir diklat, aku juga berhasil meraih predikat ranking 4 dari 40 peserta diklat, atas proyek perubahan yang telah aku lakukan di instansi tempatku bekerja. Ini semua juga nggak lepas dari jasa Natsbee Honey Lemon yang udah jadi temen setiaku selama menjalankan aktivitas diklatpim yang sangat padat serta membersihkan hari aktifku dari toxic seperti stres dan juga polusi.
Yeay...I did it. Foto : Koleksi Pribadi
Hidup Asik Tanpa Toxic Secara Mudah & Murah

Bicara soal cara menghilangkan toxic dari dalam tubuh, selain minum lemon madu, ada juga cara lain yang sama mudahnya untuk menghilangkan toxic. Nggak cuma sekedar mudah aja lho tapi cara ini biayanya juga murah banget. Aku juga menerapkan cara-cara ini sebagai upaya membersihkan tubuh dari toxic :

Menghindari Sumber Toxic

Udah sering bangetkan denger slogan lebih baik mencegah daripada mengobati? Nah untuk urusan racun ini prinsipnya juga sama. Sebaiknya hindari memasukkan zat beracun ke dalam tubuh daripada tubuh kamu susah mengeluarkannya. Walaupun memang ada beberapa zat beracun yang sulit dihindari seperti polusi udara misalnya, namun ada juga racun yang bisa dihindari asal kita mau. Makanya aku memilih untuk tidak merokok, tidak minum minuman keras, tidak mengkonsumsi obat terlarang, tidak minum kopi berlebihan dan tidak terlalu sering makan junk food. Karena semua itu mengandung racun yang efeknya nggak baik untuk kesehatan. Lalu aku juga berusaha meminimalisir paparan toxic ke dalam tubuh dengan cara memakai masker saat berkendara menggunakan kendaraan bermotor, untuk mengurangi resiko menghirup gas beracun dari polusi udara. Dengan berupaya menghindari atau meminimalkan paparan sumber toxic pada tubuhku, artinya aku sudah membantu meringankan pekerjaan tubuhku dalam melakukan detoksifikasi racun.

Tidur Cukup

Saat tidur maka tubuh akan mendapatkan waktu istirahat. Tidur yang cukup di malam hari dapat membantu tubuh mengurangi racun yang ada di dalam tubuh karena saat sedang tidur organ di dalam tubuh tidak bekerja keras seperti saat terbangun. Mudah bangetkan? Cuma dengan tidur saja bisa detox racun di dalam tubuh. Namun terkadang ada yang mengganggap aktivitas ini sepele dan nggak mau melakukannya, contohnya dengan lebih milih begadang sampe larut malam demi pekerjaan. Kalo begadang udah jadi kebiasaan maka sistem alami tubuh untuk melakukan detoksifikasi akan terganggu fungsinya. Inilah yang bisa jadi sumber munculnya berbagai macam penyakit. So sebaiknya jangan suka begadang ya gaes. Tapi aku pernah juga sih begadang lantaran mengalami masalah susah tidur. Lalu aku mencoba minum lemon madu hangat sebelum tidur, yang katanya kandungan vitamin C nya bisa bikin pikiran lebih rileks dan tidur lebih lelap. Ternyata it works lho gaes. Nah, kalo pas lagi pengen minum lemon madu yang praktis, aku minum Pokka Natsbee Honey Lemon yang dicampur air hangat sebelum tidur. Supaya tidur bisa lebih nyenyak dan proses detoksifikasi racun di dalam tubuh juga bisa bekerja lebih optimal.

Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayur itu mengandung banyak zat gizi penting seperti vitamin dan mineral yang berfungsi membantu proses metabolisme di dalam tubuh. Dengan makan buah dan sayur setiap hari maka akan membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh. Ini karena adanya kandungan serat yang tinggi di dalam buah dan sayur. 
Aku paling suka makan sayur dan buah yang dibikin salad kayak gini. Foto : Koleksi Pribadi
Untuk melakukan detoksifikasi, terkadang aku sengaja konsumsi sayuran mentah atau dalam bentuk jus sayur dan buah. Diet ini bisa membantu usus dan hati dalam mengeluarkan toxic dari dalam tubuh sehingga perut terasa lebih nyaman dan nggak gampang begah.

Minum Banyak Air

Tubuh kita membutuhkan banyak air agar fungsi metabolismenya bisa berjalan dengan baik. Apalagi faktanya 80% dari tubuh kita mengandung air. Minum banyak air selain berfungsi untuk menghilangkan haus ternyata juga bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh lho. Makanya selama ini aku selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan minimal minum air putih sebanyak 8-10 gelas per hari. Semakin banyak minum air maka semakin banyak pula racun yang bisa dikeluarkan oleh tubuh melalui urin maupun faeses. Selain banyak minum air putih, aku juga minum Natsbee honey lemon untuk memenuhi kebutuhan minum air setiap hari supaya tubuh semakin bersih dari toxic.

Olahraga 

Selain melalui urin dan faeses, racun yang masuk ke dalam tubuh juga akan dikeluarkan melalui keringat. Supaya bisa keringetan maksimal maka aktivitas olahraga penting banget untuk dilakukan gaes. Meskipun belum bisa rutin olahraga setiap hari, tapi minimal seminggu sekali aku selalu menyempatkan waktu 30 menit untuk berolahraga yaitu dengan cara bersepeda. 
Habis olahraga minum Natsbee Honey Lemon itu rasanya nyess banget
Jika mandi merupakan upaya untuk membersihkan tubuh bagian luar dari kotoran, maka olahraga ini merupakan upaya untuk membersihkan organ dalam tubuh kita dari kotoran serta racun yang mengendap. Kalau aku sih biasanya habis olahraga langsung minum Natsbee Honey Lemon. Rasanya nyess banget deh. Tubuh jadi terasa makin fit dan siap menjalani aktivitas dengan stamina yang prima.

Puasa

Cara lain untuk menghilangkan toxic dari dalam tubuh yang tak kalah mudah dan murah adalah dengan cara berpuasa. Selain mengandung nilai ibadah, puasa juga sangat baik untuk kesehatan. Saat puasa maka kita tidak boleh makan dan minum dalam jangka waktu tertentu. Nah waktu ini akan dimanfaatkan oleh tubuh kita untuk istirahat sejenak sekaligus untuk membersihkan diri dari racun yang mengendap. Sehingga tubuh kita bisa mengatur ulang fungsinya dan melakukan pemulihan serta penyegaran. Saat puasa kita juga dilatih untuk bisa mengatur kondisi emosi agar tetap tenang dan stabil. Sehingga puasa tidak hanya berfungsi untuk membersihkan racun dari dalam tubuh namun juga bisa membantu menghilangkan stres. Walaupun masih belum bisa tertib banget, tapi aku juga berusaha menjalankan puasa sunnah senin dan kamis diluar puasa ramadhan sebagai sarana ibadah sekaligus membuang racun dari dalam tubuh. Ketika tiba waktunya berbuka puasa, aku biasanya minum terlebih dahulu dan mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis. Natsbee Honey Lemon jadi pilihanku untuk menghilangkan dahaga saat buka puasa tiba yang punya efek baik untuk kesehatan terutama dalam rangka membantu membersihkan tubuh dari racun.


A Healthy Outside Starts From The Inside

Hidup asik tanpa toxic ternyata nggak sulitkan gaes? Hanya dengan melakukan hal-hal mudah dan murah yang aku tuliskan diatas ternyata bisa sangat membantu tubuh kita dalam rangka mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Secara spiritual sebenarnya ada lagi sih satu cara yang aku lakukan untuk menghilangkan racun dari kehidupan yaitu dengan cara memperbanyak sedekah. Lho apa hubungannya sedekah sama racun ya? Ada dong. Tau nggak sih terkadang duit atau harta yang kita dapatkan itu mungkin ada unsur kurang halalnya? Meskipun cara mendapatkannya sudah dengan cara yang halal, namun kita harus sadar bahwa sebagian dari harta yang kita punya itu ada haknya fakir miskin. Nah harta yang kita punya itukan juga dipakai untuk beli makanan dan minuman. Kalau belinya itu pakai uang yang belum "bersih" maka makanan dan minuman yang kita konsumsi itu jadinya nggak berkah buat tubuh. Bisa meracuni tubuh juga lho. Makanya cara untuk bersihin harta yang kita punya itu ya dengan cara bersedakah secara rutin. Dengan begitu harta kita akan jadi bersih, dan kalo kita membeli makan atau minum dari harta yang sudah bersih tersebut maka efeknya juga akan lebih menentramkan hati dan menyehatkan tubuh kita. Dengan begitu hidup bakalan terasa makin asik dan bebas toxic.
Asik Tanpa Toksik With Netsbee Honey Lemon. Foto : Koleksi pribadi
Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat ya gaes. Oiya..sebelum tulisan ini diakhiri, aku malah jadi inget sama lagu Toxic-nya Britney Spears yang pernah ngehits sekitar tahun 2004. Sebagian lirik lagu nya kayak gini nih, "You're toxic I'm slippin' under, With a taste of a poison paradise, I'm addicted to you, Don't you know that you're toxic?". Kalo kata Britney Spears "Toxic" itu bikin addict. Tapi kalo kata saya sih yang bikin addict itu ya minum Pokka Natsbee Honey Lemon. Segernya bener-bener bisa bikin hidup  #AsikTanpaToxic


You May Also Like

10 comments

  1. Keren mam...inspiratif..
    " Tetap Sehat dan Tetap semangat "

    ReplyDelete
  2. makasih sharingnya dan aku belum nyoba produk ini

    ReplyDelete
  3. Pancen josssss nek iki, keren banget ulasannya detail didukung ilustrasi ciamik mantap dah #juara I aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang lebih ciamik banyak mas :) nggak yakin bisa juara hehe

      Delete
  4. Yang paling susah itu olahraga teratur ya.. dulu pernah rutin lari pagi, tapi sudah setahun terakhir nggak lari lagi.
    Btw makasi banyak info tentang natsbee, boleh dicoba nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain deh mbak, habis olah raga trus minum Natsbee honey lemon. langsung nyess dan seger di badan

      Delete

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)