Begini Cara Blogger Bisa Dapat Uang

by - August 04, 2018


Jaman sekarang istilah blogger rasanya sudah nggak asing lagi bagi masyarakat. Apalagi di kalangan generasi milenial. Blogger itu udah jadi kayak semacam gaya hidup terutama buat mereka yang punya hobi nulis seperti saya. Saya sendiri mulai aktif nulis blog sejak tahun 2012. Awal bikin blog, niat saya sih cuma buat nyalurin hobi nulis dan curhat saja. Namun siapa sangka ternyata aktivitas blogging ini akhirnya bisa bikin saya dapat tambahan penghasilan yang cukup lumayan.

Pertama kali bisa dapat uang dari blog adalah ketika saya menang lomba blog. Sejak saat itu saya jadi aktif buat ikutan lomba blog yang diselenggarakan oleh berbagai macam brand ternama. Lantaran sering menang lomba blog, lama-lama pengunjung blog saya jadi semakin ramai. Mungkin pengunjungnya kebanyakan dari blogger yang sama-sama seneng ikut lomba juga seperti saya dan mereka penasaran dengan tulisan pemenang lomba blog.

Baca : 5 Hal Yang Saya Lakukan Saat Kalah Lomba Blog

Setelah blog saya rame, suatu hari saya melihat menu earning di dashboard blog saya mulai aktif. Karena penasaran saya utak - atik deh menu tersebut. Dari sini saya jadi tau bahwa ternyata kunjungan blog yang ramai ini juga bisa dimanfaatkan untuk nambah penghasilan lagi dengan cara mendaftar sebagai publisher adsense. Wah...saya jadi makin suka dengan aktivitas blogging ini, apalagi sejak akun adsense saya berhasil diapprove oleh google.

Namun ternyata setelah menjadi publisher adsense, dapat uangnya itu nggak semudah yang saya bayangkan. Saya amati pergerakan pendapatan yang saya peroleh dari adsense ternyata lambaaaat banget. Kira-kira apa yang salah ya dengan blog saya? Well, setelah baca info sana sini, ternyata penyebabnya karena saya nggak paham soal SEO. Ini yang bikin pendapatan saya dari adsense naiknya lambat banget.

Apa itu SEO ?

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization. Dengan menguasai SEO kita bisa tau gimana ilmunya agar tulisan blog berhasil nangkring di page one google dan pengunjungnya jadi semakin banyak. Dengan semakin ramainya jumlah pengunjung di blog kita maka pendapatan kita sebagai publisher adsense juga akan meningkat dengan cepat. Tapi ternyata belajar SEO ini juga nggak gampang sodara-sodara. Butuh ketekunan untuk belajar dan terus mencoba serta pantang menyerah.
Ngobrolin SEO Revolution sama mas Didik Arwinsyah di event AT Caravan
Dalam rangka pengen belajar SEO, makanya saya tertarik banget untuk hadir saat ada kesempatan buat ngobrolin SEO Revolution di event ATCaravan bersama pakar internet marketing yaitu mas Didik Arwinsyah pada Sabtu, 28 Juli 2018 di Hotel Horaios beberapa waktu lalu. Di acara ini meskipun saya masih merasa banyak nggak pahamnya tapi tetep ada ilmu baru soal SEO yang saya dapatkan. Poin penting yang saya tangkap dari materi mas Didik adalah sebagai pemula sebaiknya kita bermain di kata kunci yang masih sedikit pesaingnya. Kemarin saya juga dapat tips dari mas Didik tentang gimana caranya supaya tulisan blogger pemula bisa dengan mudah masuk page one google. Berikut 3 tips dari mas Didik :

  • Kata kuncinya unik ( produknya unik)
  • Kompetitornya sedikit
  • Ada pasar ( ada yang mencari )
Contoh kata kunci yang unik, kompetitor sedikit dan banyak yang mencari itu misalnya kursus imacros, jual pembungkus mayat dan lain sebagainya. Selain itu mas Didik juga berpesan apabila tulisan kita sudah berhasil masuk page one google, nggak usahlah diumumkan ke sosial media karena perbuatan semacam ini hanya akan membuat pesaing jadi ikut-ikutan bikin tulisan dengan kata kunci yang sama sehingga bisa-bisa posisi artikel kita di page one jadi tergeser. So, kalo kamu berhasil page one mending diem-diem aja ya.

Soal konten artikel juga sangat berpengaruh lho, karena google hanya akan memilih artikel dengan konten berkualitas untuk layak ditampilkan di page one. Lalu seperti apa sih syarat konten yang bagus itu? nih saya bocorin lagi ilmu yang saya dapetin kemaren :



Memang ada cukup banyak hal yang harus diperhatikan demi bisa page one di google. Kalo kata mas Didik, ada dalil-dalil yang harus dipatuhi. Yang paling utama sebenarnya adalah pondasi blog kita harus kuat dulu. Ibaratnya sebuah rumah tangga, jika ingin kehidupannya harmonis sepanjang masa maka pondasinya harus kuat dulu. Begitu juga dengan artikel yang kita buat. Jika ingin langganan page one, maka pondasi atau struktur blog juga harus bagus dan kuat. Dengan begitu kesempatan artikel yang ditulis bisa nangkring page one juga akan semakin besar. Lalu gimana caranya supaya pondasi web kita kuat? perhatikan hal-hal berikut ini :

Nah ini, kalo udah ngomongin pondasi web, kepala saya mulai pening. Karena inget sama blog sendiri yang masih berantakan dan belum bisa satu nice. Udah terlanjur nulisnya campur-campur, lantaran hobi banget ikutan lomba blog sana sini hahaha...

Eniwei, lesson learn yang saya dapatkan dari materi ini adalah kalo pengen sukses jadi publisher adsense atau bisnis online lainnya dan ingin penghasilan meningkat dengan cepat maka kuasailah ilmu SEO. Tapi inget ini nggak bisa instan lho. Butuh proses dan kesabaran untuk bisa berhasil. Jujur saya juga belum berhasil, tapi saya pengen terus belajar soal SEO. Karena kalau kita udah paham SEO, ilmunya bakal sangat bermanfaat banget untuk mendukung aktivitas para blogger yang jadi publisher adsense, punya bisnis online maupun yang gabung sama platform afiliasi. Jreng..jreng..jreng...AFILIASI?? istilah apa lagi ini ?

Mengenal Platform Afiliasi ACCESSTRADE Indonesia

Di acara Ngobrolin SEO Revolution kemaren saya juga dapat wawasan baru tentang Afiliasi. Ini tuh gampangannya adalah semacam bisnis makelar online. Afiliasi bisa jadi alternatif peluang bisnis yang cukup menjanjikan bagi para blogger yang pengen penghasilannya bertambah lagi dan lagi. Salah satu platform afiliasi yang recomended untuk dijadikan partner oleh para blogger adalah ACCESSTRADE Indonesia. Platform ini berasal dari Jepang dan hadir di Indonesia sejak tahun 2013. Fungsi dari platform ini adalah menghubungkan antara pemasang iklan dengan pemilik website yang ingin memasang iklan di web atau blognya. Akan ada komisi yang diberikan oleh ACCESSTRADE kepada pemilik website dari setiap transaksi yang terjadi. Nah..untuk bisa sukses dapat uang dari program afiliasi semacam ini maka ilmu SEO juga penting banget untuk dikuasai. 
Miss Mizuho Yamamoto dari AccessTrade Indonesia
Ternyata jadi blogger itu menyenangkan sekali ya. Apalagi dijaman sekarang dimana bisnis online semakin merajai, rasanya sayang banget kalau kesempatan semacam ini tidak dimanfaatkan secara kreatif untuk menghasilkan uang. Lha trus kalau udah sukses jadi blogger yang banyak duit, kira-kira duitnya mau diapain ya? ya buat nabung dong, jangan buat hura-hura aja. Oiya...ngomongin soal tabungan, ternyata sekarang dunia perbankan ini juga sudah berkembang semakin canggih. Kalau jaman dulu kita cuma mengenal bank konvensional, ternyata sekarang ada lho yang namanya bank digital. Mungkin masih banyak yang belum tau soal ini. Padahal bank digital semacam ini cocok banget buat para anak muda generasi milenial yang sudah sangat akrab dengan era digital seperti sekarang. Bank digital yang saya maksud adalah Digibank.

About Digibank by DBS

Digibank merupakan rekening tabungan yang dikeluarkan oleh DBS ( Bank dari Singapura) dan berbasis mobile aplication. Ada banyak sekali kemudahan yang ditawarkan oleh Digibank ini yaitu bebas biaya bulanan, bebas biaya transfer ke rekening yang beda bank, bebas biaya tarik tunai dari ATM manapun, Tidak ada saldo yang ditahan (saldo bisa di nol kan), bisa dipakai untuk belanja online seperti kartu kredit, bisa digunakan untuk verifikasi paypal, bunga tabungan yang ditawarkan 3% dan bunga deposito hingga 6,25%. Selain menawarkan berbagai kemudahan tersebut, masih ada juga berbagai promo menarik yang bisa dimanfaatkan oleh nasabah seperti cashback gopay 50%, buy 1 get 1 tiket nonton di CGV , promo tambahan saldo 25% top up TCASH di aplikasi digibank dan masih banyak promo menarik lainnya.
Mas Riza Abrar lagi jelasin tentang The Future Bank Digibank by DBS
Jujur aja ya, pas saya tau info tentang Digibank ini saya tertarik dengan fungsi kartu debit yang katanya bisa dipakai seperti kartu kredit dan juga bisa digunakan untuk verifikasi paypal. Selama ini saya memang nggak punya kartu kredit karena saya nggak mau punya hutang. Padahal sebenarnya saya juga butuh kartu kredit untuk beberapa transaksi online yang memang mengharuskan kita untuk pakai kartu kredit. Contohnya pas saya pengen beli template blog dari luar negeri. Waktu itu saya udah mupeng banget mau beli, eh..ternyata transaksinya harus pakai kartu kredit. Nah, kalau punya kartu debit digibank maka masalah saya itu bakal bisa teratasi, karena kartu debit digibank bisa dipakai untuk transaksi seperti kartu kredit dengan cara pilih metode pembayaran kartu kredit, kemudian masukkan nomor kartu, masa aktif dan CVV yaitu 3 angka di belakang kartu. Nggak usah khawatir bakal ditagih hutang seperti penggunaan kartu kredit, karena transaksi ini langsung memotong tabungan kita.

Dengan digibank kita bisa melakukan transaksi perbankan secara mudah via aplikasi digibank kapan saja dan dimana saja. Mau ngecek saldo, transfer uang, bayar tagihan, isi ulang pulsa, ngatur anggaran dan lain sebagainya bisa kita lakukan hanya dalam genggaman. Soal keamanannya, udah nggak perlu dijelasin lagi ya. Karena digibank ini adalah persembahan dari DBS yang udah dapat predikat "Asia's Best Bank" oleh The Banker dan sudah diakui sebagai "Safest Bank in Asia" oleh Global Finance selama 7 tahun berturut-turut.
sumber gambar : dbs.com
Trus cara buka rekeningnya gimana? Gampang banget. Kita nggak perlu datang ke Bank, cukup dengan instal aplikasi Digibank melalui playstore dan isi form buka rekening yang tersedia didalam aplikasi. Nomor rekeningnya pakai nomor hp kita sendiri. Setelah itu kita akan diminta untuk verifikasi biometrik. Verifikasi bisa dilakukan dengan cara menghubungi agen Digibank untuk mendatangi kita atau kita yang datang ke booth Digibank. Kalau di Jogja, saat ini booth Digibank ada di Jogja City Mall. Verifikasi biometrik ini adalah proses untuk mengecek identitas dengan keaslian data calon nasabah. Nanti kita hanya diminta untuk scan sidik jari aja lho, nggak usah repot nulis buat ngisi formulir yang bejibun kayak kalau mau buka rekening di bank konvensional. 
Aplikasi Digibank
Nah, setelah rekening terverifikasi kita bisa langsung ngisi saldo digibank dengan cara transfer antar bank via ATM atau internet/mobile banking dengan bank tujuan PT BANK DBS INDONESIA, kode banknya 046. Udah deh, kita bisa mulai bertransaksi menggunakan Digibank. Sebagai nasabah, kita juga bakalan dapet kartu debit digibank yang dikirimkan langsung ke alamat rumah kita.. Oiya..ada lagi yang kece badai dari digibank ini yaitu fitur spending tracker, dimana dengan fitur ini kita bisa bikin perencanaan budget dan mengawasi penggunaannya supaya pengeluaran tetap terkontrol. Secara, para kawula muda itu kadang suka lupa diri kalo udah belanja online. Nah dengan spending tracker ini kita jadi punya asisten pribadi yang ngatur pengeluaran biar nggak sampe kebobolan. 

Kesimpulan

Dari tulisan saya yang udah panjang kali lebar ini, kesimpulannya adalah jaman sekarang kalau kamu nggak jadi blogger itu rugi banget deh. Karena ada banyak sekali cara kreatif yang bisa dilakukan oleh blogger buat nambah pundi-pundi tabungan. Caranya bisa jadi publisher adsense, gabung afiliasi ACCESSTRADE Indonesia, kerjasama placement artikel atau job review, ikutan lomba blog dan lain sebagainya. Tapi kamu tetep kudu paham tentang ilmunya biar bisa sukses yaitu buatlah konten yang bagus dan pahami SEO. Saat memulai jadi blogger jangan berpikir untuk bisa instan langsung sukses dapat duit banyak. Kalau kamu berpikir instan jadinya malah frustasi sendiri. Nikmati saja prosesnya sambil terus belajar.
Jadi blogger itu seru banget lho. sumber gambar : IG Accesstrade Indonesia
Tapi kalau tetep pengen ngrasain proses yang instan dan nggak pake lama, ya langsung buka aja rekening Digibank. Dijamin prosesnya instan dan mudah banget serta nggak perlu saldo minimal untuk buka rekening. Kalo udah buka rekening dan bingung karena nggak punya uang buat ngisi saldonya, kamu ikutan aja deh kompetisi KOPIGRAFI yang diadakan oleh Digibank khusus buat nasabah Digibank yang tinggal di Jogjakarta. 
sumber : instagram digibankid
Ada hadiah tabungan digibank total Rp.10.000.000 untuk 5 pemenang. Cara ikutnya, kamu cukup upload foto kreasi KOPIGRAFI dan tag lokasi serta tag digibank melalui Instagram. Sertakan juga caption alasan kamu beralih ke digital banking dan tambahin hashtag #KOPIGRAFIdigibank #digitalbankmu. Periode kompetisinya dimulai dari 21 Juli - 24 Agustus 2018. Masih ada cukup banyak waktukan? So buruan deh ikutan. Siapa tau kamu bisa menang dan dapat hadiah uang tabungan dari digibank.

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)