Bingung Cari Playgroup Buat Tifa, Kodomo Challenge Jawabannya

by - June 09, 2018


"Early Childhood Education Is The Key To The Betterment Society - Maria Montessori"

Tahun ini usia Tifa sudah genap 2 tahun. Seiring pertambahan usia, kini Tifa semakin senang bereksplorasi dan mulai menunjukkan ketertarikannya terhadap dunia sekolah. Misalnya saat melihat kakaknya mau berangkat sekolah, maka Tifa akan ikut-ikutan minta pakai tas sekolah. Atau saat kakaknya sedang mengerjakan PR, maka Tifa juga minta kertas dan pensil untuk pura-pura mengerjakan PR seperti sang kakak. Hal ini bikin saya jadi merasa bahwa sudah saatnya Tifa didaftarkan untuk masuk sekolah playgroup. Kemudian saya diskusikan hal ini dengan suami saya. Rencananya saya mau mendaftarkan Tifa di Playgroup full day sama seperti kakaknya dulu. Tapi suami kurang setuju dengan rencana saya. Menurut suami saya, Tifa masih terlalu kecil untuk ikut sekolah full day. Sebaiknya didaftarkan di Playgroup half day yang dekat rumah saja, begitu saran suami saya. Suami setuju Tifa masuk playgroup full day tapi nanti kalau usianya sudah 3 tahun.
Tifa yang hobi bereksplorasi. Foto : Dok. Pribadi
Kami berdua sempat beradu pendapat soal pilihan playgroup yang belum satu suara ini. Saya memilih full day dengan alasan karena saya dan suami sama-sama harus bekerja. Jika masuk kelas half day artinya saya masih harus memikirkan siapa yang akan menjemput dan menjaga Tifa selama saya belum pulang dari tempat kerja. Namun akhirnya rencana untuk mendaftarkan Tifa masuk playgroup tahun ini jadi berubah setelah saya dan suami berhitung ulang tentang biaya pendidikan. Kami menghitung jika tahun ini Tifa masuk sekolah playgroup maka 4 tahun kedepan Tifa akan masuk SD. Padahal sekarang Tayo, kakaknya Tifa, sudah kelas 2 SD. Ini artinya 4 tahun lagi dia akan lulus SD dan masuk SMP. Dengan begitu, maka 4 tahun yang akan datang saya dan suami harus menyiapkan biaya dobel yaitu untuk Tifa masuk SD dan Tayo masuk SMP. Duh, kalau barengan begitu kira-kira berat nggak ya biayanya? Apalagi untuk pilihan sekolahnya kami memang memilih sekolah swasta yang biaya masuk awalnya cukup besar baik untuk SD maupun SMP.
Foto : Dok. Pribadi
Makanya kami kemudian sepakat untuk menunda rencana Tifa mendaftar playgroup tahun ini. Tujuannya sih supaya nanti Tifa masuk SD nya nggak bareng dengan Tayo masuk SMP. Kalau masuk sekolahnya bergantian, saya dan suami jadi tidak terlalu berat menyiapkan biaya sekolahnya. 

Meskipun Tifa nggak jadi masuk playgroup tahun ini, bukan berarti pendidikan diusia emasnya jadi dikorbankan. Mumpung sekarang Tifa sudah menunjukkan rasa tertarik untuk belajar maka saya tetap ingin memberikan fasilitas untuk menyalurkan kesenangannya tersebut. Fasilitas yang saya maksud adalah dengan memberikan berbagai macam mainan edukatif untuk Tifa.

Bicara soal mainan edukatif, beberapa kali saya pernah melihat teman saya yang sudah sama-sama jadi ibu, memposting berbagai jenis mainan edukatif hasil karya sendiri di media sosial sebagai sarana belajar untuk anak-anak mereka. Namun sebagai ibu bekerja, waktu saya sangat terbatas sehingga saya tidak punya waktu untuk membuat sendiri mainan edukatif yang bisa dijadikan sarana untuk menikmati waktu berkualitas bersama anak. Makanya saya kemudian memutuskan untuk berlangganan Kodomo Challenge selama 1 tahun dengan mendaftar melalui https://www.shimajiro.id/. Hal ini sengaja saya lakukan demi memfasilitasi pendidikan usia dini bagi Tifa sambil menunggu waktu yang pas untuk mendaftarkan Tifa masuk Playgroup yaitu saat nanti dia sudah berusia 3 tahun.

Tentang Kodomo Challenge

Sumber : Shimajiro.id
Kodomo Challenge merupakan program edukasi nomor 1 di Jepang yang kini hadir di Indonesia untuk mendukung perkembangan anak usia dini. Program edukasi ini pertama kali didirikan pada tahun 1988 di Jepang, dan telah dipercaya oleh lebih dari 2 juta keluarga di Asia. Setelah Jepang, Taiwan, Tiongkok, dan Korea Selatan, kini Kodomo Challenge hadir di Indonesia. 

Paket Kodomo Challenge terdiri dari 2 seri yaitu seri toddler untuk usia 1-2 tahun dan seri playgroup untuk usia 2-3 tahun. Eniwei, saya sudah mendaftarkan Tifa untuk berlangganan paket kodomo challenge seri playgroup. Paket pertama Kodomo Challenge akan Tifa dapatkan di bulan Juli 2018, dan setiap bulannya nanti akan dikirimkan paket berisi buku bergambar, mainan edukasi, DVD atau video edukasi, serta buku panduan orang tua.
July Launch Set. Sumber : Shimajiro.id

Kenapa Saya Memilih Berlangganan Kodomo Challenge ?

Karena Kodomo Challenge didesain untuk mendorong perkembangan anak secara alami. Melalui kegiatan bermain menggunakan materi yang disediakan oleh Kodomo Challenge maka anak usia dini akan mendapatkan berbagai pengalaman yang dapat menstimulasi perkembangannya agar semakin optimal. Berikut 3 karakteristik yang menjadi keunggulan dari Kodomo Challenge :
  1. Melibatkan Seluruh Indra, Ada tiga alasan mengapa paket kodomo challenge dirancang agar dapat melibatkan seluruh indra yaitu agar anak lebih fokus dan tertarik terhadap pembelajarannya, agar pemahaman anak menjadi lebih dalam, dan agar indra-indranya menjadi lebih tajam.
  2. Sistem Pembelajaran Berkesinambungan dan Sesuai Perkembangan Anak, paket kodomo challenge dikembangkan berdasarkan kurikulum yang sudah disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak. Dengan begitu, materi yang dibuat tidak akan terputus begitu saja, melainkan akan berkesinambungan sesuai dengan perkembangan anak.
  3. Memberikan Banyak Pengalaman Berharga, usia 2-3 tahun merupakan masa dimana rasa ingin tahu anak sangat besar sehingga kodomo challenge menyuguhkan berbagai macam pengalaman untuk menggali minat anak seperti pengetahuan, kosakata dan bahasa, motorik, kebiasaan hidup, seni dan juga sosialisasi.
Sumber : Shimajiro.id
Sebagai pembuka karena sudah mendaftar berlangganan paket kodomo challenge, maka beberapa waktu yang lalu Tifa sudah menerima special launch promo set dari Kodomo Challenge. Ternyata isi paketnya sangat menarik dan Tifa suka banget. Ada Boneka Shimajiro, Tas Shimajiro, DVD & Case, Buku Bergambar, Cermin Sikat Gigi dan Parents Guide. Ini semua gratis buat Tifa karena sudah mendaftar langganan Kodomo Challenge Playgroup selama 12 bulan.
Special Launch Promo Set dari Kodomo Challenge. Foto : Dok.Pribadi
Special launch promo set ini merupakan paket mainan edukatif yang sangat lengkap lho. Ada banyak sekali unsur edukasi yang sangat membantu saya dalam memberikan stimulasi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang Tifa diusia emasnya seperti sekarang. Berikut pengalaman Tifa bermain dan belajar menggunakan special launch promo set dari Kodomo Challenge :

Video Edukasi (DVD)

Sebenarnya Tifa sudah punya 2 seri DVD dari Kodomo Challenge. Yang pertama adalah DVD yang Tifa dapatkan dari mendaftar Free Trial Kit Kodomo Challenge dan yang kedua dari special launch promo set. Tifa sangat menyukai semua serinya. 
Koleksi DVD Kodomo Challenge milik Tifa. Foto : Dok. Pribadi
Tokoh yang paling Tifa sukai adalah Mimi-Lynne yaitu gadis yang lembut dan senang bermain piano namun juga pemberani. Saat saya ajak Tifa menonton DVD Shimajiro maka Tifa akan langsung ikut menari dan bernyanyi. Berikut video betapa serunya Tifa menari sambil mengikuti gerakan Lagu Piknik pada video edukasi kodomo challenge yang ditontonnya :


Melalui sarana ini Tifa juga bisa belajar tentang etika, alphabet, warna serta konsep besar/kecil, dan banyak/sedikit dari menonton video edukasi ini. Video edukasi ini durasinya tidak terlalu lama (kurang dari 10 menit) dan materinya juga sangat membangun dan bikin Tifa tidak bosan meskipun menonton beberapa kali. 

Boneka Shimajiro

Boneka ini bisa berfungsi sebagai learning buddy untuk Tifa. Boneka Shimajiro ini bisa menjadi teman bermainnya Tifa sehingga Tifa bisa belajar mengekspresikan kasih sayang, menirukan ucapan dan gerak tubuh yang dilakukan oleh boneka tangan shimajiro atau menepuk-nepuk boneka shimajiro yang mengantuk dan tertidur. 
Tifa dan Boneka Shimajiro. Foto : Dok. Pribadi
Boneka Shimajiro ini bisa jadi semacam role model untuk memancing Tifa melakukan sesuatu, misalnya saat Tifa malas makan. Maka saya akan mengatakan, "Shimajiro makannya lahap lho, yuk makan bareng Shimajiro", sehingga Tifa juga tertarik untuk melakukan hal yang sama dengan Shimajiro. Atau saat Tifa tidak mau tidur, maka saya akan mengajak Shimajiro tidur bersama dan Tifa akan tertarik untuk menyusul tidur juga.

Tas Shimajiro

Tas ini biasa digunakan Tifa untuk bermain peran berangkat sekolah saat melihat sang kakak bersiap-siap sekolah dipagi hari. Biasanya Tifa akan mengajak serta Shimajiro untuk main sekolah-sekolahan, dengan cara memasukkan boneka Shimajiro ke dalam tas. 
Tifa dan Tas Shimajiro Kesayangannya. Foto : Dok. Pribadi
Tas ini selain bisa digunakan untuk membawa benda-benda ringan seperti popok dan baju ganti untuk bepergian, juga bisa dipakai untuk menggendong boneka Shimajiro.

Buku Bergambar

Di dalam paket special launch promo set terdapat buku bergambar yang bisa digunakan untuk bermain peran bersama boneka Shimajiro. Di dalam buku tersebut ada gambar supermarket dimana saya bisa mengajak Tifa bermain peran pembeli dan kasir. 
Koleksi buku bergambar Tifa dari Kodomo Challenge. Foto : Dok. Pribadi
Disediakan troli kertas yang bisa diisi dengan kartu bergambar berbagai jenis barang belanjaan seperti apel, pisang, ikan, anggur, jeruk, kepiting dan udang. Setelah Tifa memasukkan barang belanjaan tersebut ke dalam troli  kemudian Tifa membayar belanjaan di kasir dan memasukkannya ke dalam kantong kertas yang juga sudah disediakan. 
Tifa sedang bermain sambil belajar tentang toilet training menggunakan buku bergambar dan boneka shimajiro
Lalu dilembar sebaliknya ada gambar rumah Shimajiro yang terdiri dari ruang makan, ruang tidur dan kamar mandi. Melalui sarana ini, saya bisa mengajarkan tentang kebiasaan hidup sehari-hari pada Tifa mulai dari kebiasaan tidur yang baik, kebiasaan makan yang baik, kebisaan mandi hingga toilet training. Seru sekali bermain peran bersama Tifa dengan menggunakan buku bergambar dan boneka Shimajiro sebagai role modelnya.

Cermin Sikat Gigi

Cermin sikat gigi merupakan mainan edukasi yang sangat bagus dan bermanfaat untuk mengajarkan Tifa tentang kebiasaan sikat gigi dengan cara yang menyenangkan. Jujur saja, selama ini agak sulit untuk mengajak Tifa sikat gigi. Namun sejak ada cermin sikat gigi, sekarang Tifa jadi senang menyikat gigi sambil berkaca menggunakan cermin sikat gigi. 
Serunya gosok gigi pakai cermin sikat gigi. Foto : Dok. Pribadi
Cermin ini juga bisa mengeluarkan suara musik yang indah, sehingga sambil menyikat gigi Tifa bisa bergoyang-goyang mengikuti irama musik yang dimainkan. Bicara soal standar keamanan dari mainan edukasi kodomo challenge saya juga sudah tidak ragu lagi, karena seluruh produknya telah melewati Development Quality Assessment Standart yang terdiri dari Safety Analysis, Monitor Inspection, Specialist Safety Audit dan Product Safety Audit. Sehingga terjamin keamanannya untuk dimainkan oleh anak-anak seusia Tifa.

Parent's Guide


Sebagai ibu, kadang saya mengalami berbagai tantangan serta kekhawatiran saat mengasuh anak. Beruntung didalam paket kodomo challenge ini juga disediakan parent's guide yang berisi kiat-kiat dalam mengasuh anak, cara menggunakan paket kodomo challenge secara optimal serta artikel seputar perkembangan anak yang disertai saran dari para ahli. Saya merasa sangat beruntung karena sudah mendaftar paket langganan kodomo challenge yang sangat bermanfaat ini.
Banyak informasi bermanfaat yang saya dapatkan dari buku ini. Foto : Dok. Pribadi

"Play With Kodomo Challenge, It's not "Just Play", They Are Skills For Life"

Setelah mendaftar Paket berlangganan Kodomo Challenge, kini saya sudah tidak bingung lagi memikirkan sekolah Playgroup untuk Tifa. Jujur, kemarin saya sempat galau ingin buru-buru memasukkan Tifa ke Playgroup karena saya merasa kurang bisa maksimal dalam memberikan edukasi usia dini secara mandiri di rumah. Tapi dengan adanya Paket Kodomo Challenge yang nanti akan dikirimkan setiap bulan ke rumah saya, maka saya jadi semakin percaya diri dan tidak akan kehabisan bahan dalam mendampingi Tifa bermain dan belajar di rumah. Berikut Line Up kurikulum Kodomo Challenge Seri Playgroup yang akan Tifa dapatkan mulai Bulan Juli 2018 hingga Juni 2019 :
Line Up Kodomo Challenge. Sumber : Shimajiro.id
Dengan bantuan dari Kodomo Challenge maka tahun ini saya bisa menyiapkan mental dan kognitif Tifa supaya tahun depan dia benar-benar sudah siap untuk masuk sekolah Playgroup. Pelajaran dasar yang bisa saya berikan untuk Tifa meliputi belajar lepas diaper, makan dan minum sendiri, meningkatkan kemampuan komunikasi dan aspek kemandirian lainnya. Pembelajaran ini akan terasa semakin nyaman dan menyenangkan dengan adanya Paket Kodomo Challenge seri Playgroup yang dihadirkan setiap bulan ke rumah kami. Wah jadi nggak sabar nih, ingin segera menerima paket Playgroup July Launch Set dari Kodomo Challenge. Karena Tifa juga udah nagih pengen main susun roti lapis bersama dengan tokoh para warna yang lucu itu. 

Baca : Kodomo Challenge Edisi Juli Ternyata Seru Sekali



You May Also Like

4 comments

  1. wahh kyknya anakku cocok deh neh beli kodomo juga kebtulan dia lagi masa paling aktif dalam pertumbuhannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. registrasi aja di shimajiro.id untuk bisa langganan kodomo challenge juga

      Delete
  2. Lucu banget Tifa ikutan joget bareng Shimajiro. Sagara juga suka sama trial kit dari kodomo challenge.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang bagus banget ya kodomo challenge ini mbak. recomended buat semua orang tua yang punya balita

      Delete

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)