Yuk Cegah Kanker Dengan Hidup Sehat & Sehat Secara Finansial Bersama FWD Cancer Protection

by - December 27, 2020


Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar kata kanker? pastinya yang pertama terpikirkan adalah hal-hal buruk dan menakutkan bahkan mungkin hingga kematian. Menurut saya, wajar saja jika setiap orang merasa takut dengan kanker. Karena kanker merupakan penyebab kematian nomor 2 di dunia serta kehadirannya seringkali datang secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena gejala awal penyakit kanker biasanya tidak disadari oleh penderita dan baru bisa terdeteksi ketika sudah memasuki stadium lanjut.

Lalu apa sebenarnya penyakit kanker itu? Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan karena adanya pertumbuhan sel yang bersifat abnormal dan tidak terkendali pada tubuh. Pertumbuhan sel ini kemudian merusak sel-sel normal yang ada di sekitarnya bahkan bisa menyebar hingga ke bagian tubuh yang lain.
sumber ilustrasi : ifwd.co.id
Hal inilah yang sering menjadi penyebab sulitnya upaya penyembuhan kanker. Padahal jika kanker bisa terdeteksi sejak dini maka tingkat keberhasilan untuk sembuh juga semakin tinggi. Sehingga demi mencegah risiko penyakit kanker maka upaya deteksi dini kanker penting untuk dilakukan. Selain itu menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi makanan sehat juga sangat baik dilakukan sebagai upaya pencegahan kanker.

Saya sendiri memiliki pengalaman menyaksikan bagaimana beratnya perjuangan seorang survivor kanker. Karena beberapa orang yang saya kenal seperti saudara dan teman, kini semakin banyak yang menderita penyakit ini. Beberapa teman dan saudara saya ada yang akhirnya meninggal dunia karena penyakit kanker, namun ada pula yang bisa sembuh dari kanker. 

Kanker yang paling banyak terjadi di lingkungan keluarga saya adalah kanker payudara. Dari garis keturunan ibu saya, ada 3 orang tante yang didiagnosis menderita kanker payudara. Dua orang tante saya akhirnya bisa sembuh dari penyakit tersebut, sedangkan 1 orang tante akhirnya meninggal setelah berjuang selama 5 tahun menjadi survivor kanker. Infonya penyakit kanker ini memang bisa diturunkan secara genetik, makanya jika didalam silsilah keluarga kita ada anggota keluarga yang pernah menderita kanker sebaiknya kita lebih berhati-hati serta menghindari faktor yang bisa meningkatkan terjadinya kanker seperti menjauhkan diri dari asap rokok serta zat-zat kimia yang berpotensi membangunkan "macan tidur" tersebut.

Dalam pengobatan kanker, masalah sembuh atau meninggal itu semua adalah takdir Tuhan yang tidak bisa diatur oleh manusia. Namun saya melihat bahwa ada satu kesamaan dalam upaya pengobatan kanker ini yaitu waktu yang dibutuhkan untuk berobat rata-rata tidak singkat. Butuh kesabaran serta ketelatenan dalam mengobati penyakit ini. Biaya yang dibutuhkan juga tidak murah karena penderita kanker biasanya juga akan diwajibkan untuk menjalani operasi, kemoterapi, radioterapi, imunoterapi hingga terapi hormon yang membutuhkan biaya mahal.
sumber ilustrasi : instagram fwd_id
Sehingga penderita kanker seringkali merasa down justru pada saat menjalani proses pengobatan ini. Padahal menurut ahli kesehatan kondisi hati yang tenang dan bahagia serta pikiran yang positif adalah modal utama untuk bisa mendapatkan kesembuhan dalam mengobati berbagai macam penyakit. Hati yang bahagia akan membantu tubuh dalam meningkatkan imunitas sehingga berbagai gangguan penyakit yang berusaha untuk melemahkan tubuh akan dapat dikalahkan. 

Persoalan financial biasanya menjadi kendala utama yang dihadapi oleh penderita kanker, karena di saat sedang menjalani pengobatan para penderita kanker tentu akan mengalami kendala dalam bekerja. Padahal disatu sisi penderita kanker membutuhkan biaya yang tak sedikit untuk berobat. Lalu bisa dapat uang darimana jika tidak bisa bekerja lantaran sedang sakit? 
sumber ilustrasi : instagram fwd_id
Itulah sebabnya maka diperlukan proteksi dalam bentuk asuransi demi mencegah terjadinya permasalahan financial semacam ini. Apalagi trend yang terjadi saat ini, jumlah penderita kanker semakin hari semakin banyak akibat perubahan gaya hidup. Kita tidak pernah tahu apakah penyakit kanker ini kelak akan menghampiri atau tidak. Yang dapat diupayakan adalah melakukan upaya pencegahan baik pencegahan terhadap penyakit kanker maupun pencegahan terhadap permasalahan finansial yang dapat ditimbulkan oleh penyakit ini.

FWD Cancer Protection

Untuk menjawab risiko permasalahan finasial akibat penyakit kanker yang saya uraikan diatas, kini FWD menghadirkan sebuah inovasi dalam berasuransi yaitu Asuransi Kanker Online yang memberikan perlindungan terhadap risiko penyakit kanker hingga tertanggung berusia 70 tahun. Setiap orang dengan usia 18 - 64 tahun dapat memiliki FWD Cancer Protection dengan cara yang mudah serta biaya yang terjangkau.

sumber ilustrasi : ifwd.co.id
Hal ini karena FWD Insurance telah menerapkan proses digital end-to-end yang memberikan nasabah sebuah pengalaman berasuransi yang modern dan sepenuhnya digital. Semua proses dapat diakses dengan mudah secara digital mulai dari pembelian polis hingga proses klaim asuransi. Terdapat 4 kemudahan yang ditawarkan yaitu mulai dari pengajuan online yang mudah melalui ifwd.co.id hingga klaim secara online yang mudah dalam satu aplikasi FWD Max. FWD Cancer Protection ini memberikan manfaat 100% uang pertanggungan apabila pemegang polis didiagnosis kanker, termasuk kanker stadium awal. Premi yang dibayarkan juga sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp.10.000,- per bulan. Bersama FWD, maka Asuransi Mudah Beneran dapat diwujudkan secara nyata.
sumber ilustrasi : instagram fwd_id

Keunggulan FWD Cancer Protection

Mudah Ketentuannya
FWD Cancer Protection akan memberikan 100% uang pertanggungan apabila nasabah didiagnosis kanker termasuk jika kanker masih stadium awal. Pertanggungan ini akan tetap diterima nasabah, meskipun ia memiliki pertanggungan lain misalnya sudah punya BPJS Kesehatan. Jadi nggak masalah jika kamu punya 2 perlindungan yaitu dari pemerintah serta swasta. Dengan manfaat perlindungan dari FWD Cancer Protection ini maka nasabah tidak akan merasa khawatir dengan biaya-biaya tak terduga sehingga ia bisa fokus pada upaya penyembuhan dan pemulihan kanker.

Mudah Belinya
Proses pembelian polis FWD Cancer Protection ini mudah banget, yaitu dengan 4 langkah saja dan bisa dilakukan secara online yaitu pengajuan, menjawab 3 pertanyaan kesehatan, mengisi ringkasan informasi serta melakukan pembayaran

Mudah Bayarnya
Pembayaran premi mulai dari Rp.10.000 per bulan dan kamu juga bisa bebas memilih uang pertanggungan sesuai dengan kebutuhan

Mudah Klaimnya
Proses pengajuan klaim dapat dilakukan dengan mudah secara online dan prosesnya juga cepat asalkan dokumen lengkap. Adapun ketentuan klaim yang harus diperhatikan adalah : terdiagnosis pertama kalinya pada tertanggung, tertanggung masih hidup pada saat terdiagnosis, telah melewati masa tunggu 90 hari sejak polis terbit, tertanggung hanya dapat melakukan 1 kali klaim selama masa asuransi dan selanjutnya pertanggungan akan berakhir jika klaim disetujui dan sudah dibayarkan

sumber gambar : ifwd.co.id
Dan yang menarik lagi adalah saat ini sedang ada promo surPRIZES! berhadiah sepeda brompton, iPhone 12 dan iWatch 6 untuk periode pembelian FWD Cancer Protection dari tanggal 21-31 Desember 2020. Kamu bisa langsung mengajukan pembelian polis melalui link berikut : https://www.ifwd.co.id/asuransi-kanker/cancer-protection
Sumber gambar : Instagram fwd_id

Yuk Cegah Kanker Dengan Hidup Sehat & Sehat Secara Finansial Bersama FWD Cancer Protection

Kanker memang penyakit yang masih menjadi momok bagi semua orang. Pada tahun 2018, Indonesia melaporkan ada 349 ribu kasus baru kanker serta 207 ribu kematian akibat kanker. Biaya pengobatan yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan mencapai Rp. 2,7 triliun dengan jumlah kasus kanker sebanyak 1,79 juta kasus pada tahun 2018.

Namun angka-angka ini tidak perlu membuat kita menjadi khawatir secara berlebihan. Justru dengan adanya data tersebut harus membuat kita sadar bahwa kita semua berisiko untuk terkena kanker dan masih ada kesempatan untuk melakukan upaya pencegahan yaitu dengan menerapkan pola hidup yang sehat serta mempersiapkan kondisi finansial yang sehat pula agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan ke depannya nanti.
Sumber gambar : Instagram fwd_id
Penyakit kanker sangat erat kaitannya dengan gaya hidup serta faktor lingkungan. Meskipun secara genetik penyakit kanker ini bisa diturunkan dari keluarga namun menurut ketua umum Yayasan Kanker Indonesia yaitu Prof DR Dr Aru W Sudoyo SpPD KHOM FINASIM FACP, Faktor genetik ini hanya mempengaruhi sebesar 10-15 % saja, sementara sisanya 90-95% disebabkan oleh faktor lingkungan. 

Faktor lingkungan ini contohnya adalah dari rokok serta makanan yang mengandung zat karsinogen yang dapat meningkatkan risiko kanker sebanyak 30-35 %.Selain itu gaya hidup seperti sengaja menunda kehamilan dengan menggunakan kontrasepsi  sehingga kehamilan pertama baru dialami pada usia diatas 35 tahun serta tidak menyusui pasca melahirkan juga dapat memicu terjadinya kanker payudara. Kebiasaan malas berolahraga hingga obesitas, kebiasaan makan junkfood, diet yang berlebihan juga dapat semakin meningkatkan risiko terjadinya kanker pada seseorang. Sehingga hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker adalah dengan melakukan upaya sebagai berikut :

1. Rajin Olah Raga

Banyak penelitian menyebutkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko kanker. Olah raga merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya obesitas karena dengan berolahraga secara rutin maka lemak yang tidak diperlukan tubuh dapat dikurangi melalui proses pembakaran. Aktivitas olah raga juga berfungsi menghancurkan laktat yang didaur ulang menjadi sumber energi tubuh, dimana menurut penelitian jika laktat ini tidak terolah maka ia akan berubah mejadi bahan bakar bagi sel kanker sehingga sel kanker akan lebih mudah menyebar ke bagian tubuh lain. Jika kita berhenti berolahraga, sama artinya dengan berhenti mengolah laktat yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Olah raga sebaiknya dilakukan minimal 30 menit setiap hari, misalnya dengan melakukan aerobik, bersepeda atau jogging.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Faktor makanan bisa menjadi pemicu terjadinya kanker, seperti makanan yang tinggi gula serta daging olahan dan makanan yang overcooked infonya mengandung zat yang bersifat karsinogenik. Sehingga untuk mencegah kanker sebaiknya kita lebih banyak mengkonsumsi raw food seperti sayuran serta buah-buahan setiap hari.Namun sebenarnya tidak ada satu jenis makanan tertentu yang dapat mencegah kanker karena prinsip utama yang harus dilakukan dalam konsumsi makanan sehat adalah harus ada keseimbangan pada menu yang dikonsumsi yang terdiri dari sayur, buah, lemak sehat, ikan segar dan lain sebagainya.

3. Tidak Merokok & Tidak Minum Alkohol

Rokok serta alkohol mengandung zat yang bersifat karsinogenik sehingga berpotensi besar memicu penyakit kanker. Di dalam rokok terdapat 2 zat yang terbukti dapat memicu kanker yaitu acetaldehyde dan aromatic amine. Zat karsinogenik yang terkandung di dalam rokok serta alkohol dapat menyebabkan sel yang tadinya ramah pada tubuh, bermutasi menjadi sel aktif dan berkembang di luar kontrol. Menurut penelitian dikatakan bahwa rokok bisa memicu 15 jenis kanker dan semakin banyak rokok yang dihisap setiap harinya maka akan semakin tinggi risiko seseorang menderita kanker. Sehingga langkah terbaik yang dapat dilakukan adalah berhenti merokok serta tidak minum alkohol.

4. Melakukan Deteksi Dini Secara Rutin

Penyembuhan kanker akan lebih mudah apabila penyakit ini dapat dideteksi pada kondisi masih stadium awal. Biaya deteksi dini juga lebih murah daripada biaya pengobatan kanker. Terdapat beberapa jenis kanker yang bisa dideteksi secara dini yaitu kanker payudara, kanker serviks, kanker usus besar, serta kanker paru. Upaya deteksi dini terhadap kanker payudara dapat dilakukan dengan cara SADARI (pemeriksaan payu dara sendiri), sedangkan deteksi dini untuk kanker serviks dapat dilakukan dengan pap smear rutin setiap 3-5 tahun sekali.

5. Istirahat Yang Cukup

Tidur yang cukup selama 8 jam sehari sangat bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh. Karena saat tubuh mendapatkan tidur yang cukup maka upaya pembuangan racun serta detoksifikasi di dalam tubuh akan berjalan dengan baik. Menurut penelitian, saat kita tidur maka tubuh akan mengeluarkan zat bernama sitokin dimana zat ini memberikan efek perlindungan pada kekebalan tubuh serta dapat melawan peradangan dan infeksi. Selain itu menghidari stres juga penting dilakukan untuk mencegah kanker, karena pikiran yang bebas dari stress juga akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

6. Melindungi Diri Dengan FWD Cancer Protection

Biaya pengobatan kanker yang tidak sedikit tentu akan menimbulkan permasalahan tersendiri bagi seseorang yang didiagnosis menderita kanker. Padahal dalam upaya penyembuhan kanker, diperlukan kondisi hati dan pikiran yang tenang agar upaya pengobatan dapat memberikan efek yang maksimal. Sehingga sangat penting bagi seseorang untuk melindungi diri dengan asuransi kanker. FWD Cancer Protection merupakan solusi yang tepat untuk mempersiapkan kondisi finansial yang sehat dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyakit kanker. Ketika kita sudah memiliki proteksi maka kita juga dapat menjalani hidup dengan lebih tenang. Dengan FWD Cancer Protection kita juga tidak perlu lagi dipusingkan dengan permasalahan administrasi yang seringkali terasa rumit, karena adanya kemudahan yang ditawarkan oleh FWD Insurance mulai dari proses pendaftaran hingga klaim yang seluruhnya bisa dilakukan secara online.
Sumber gambar : Instagram fwd_id
Kanker memang tampak sebagai sesuatu hal yang menakutkan, namun bukan berarti hidup seseorang akan berakhir ketika ia didiagnosis menderita kanker. Meskipun angka kematian kanker tinggi, namun ada pula survivor kanker yang pada akhirnya bisa sembuh dari penyakit ini. Namun kanker tetap tidak bisa disepelekan, sehingga upaya pencegahan sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Menerapkan pola hidup sehat merupakan upaya yang paling tepat dalam mencegah terjadinya kanker. Selain itu memiliki proteksi asuransi juga merupakan upaya pencegahan yang tak kalah penting agar kondisi finansial selalu sehat terutama dikala seseorang menderita penyakit kanker. Jadi untuk mecegah kanker, yuk kita terapkan pola hidup sehat serta melindungi diri dengan FWD Cancer Protection.

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)