Cara Mudah Mengembangkan Dana Mulai Dari Rp100 Ribu

by - December 07, 2020

Di tahun 2020 ini sedang berkembang pesat model pengembangan dana baru dalam bentuk Peer-to-peer (P2P) Lending. Sebenarnya P2P ini sudah mulai berkembang pesat sejak 2-3 tahun yang lalu dan kini semakin banyak masyarakat yang berminat untuk mengembangkan dananya melalui model P2P ini.

Cara kerja dari P2P Lending ini adalah dengan menghubungkan antara peminjam dana dengan pemberi dana melalui sebuah platform. Si peminjam dana ini nanti akan mengajukan permohonan untuk meminjam sejumlah dana, kemudian setiap pinjaman yang disalurkan kepada peminjam tersebut akan memiliki bunga pinjaman yang diberikan kepada pemberi dana sebagai imbalan dari pendanaan yang telah dipinjamkan. Pinjaman ini biasanya bersifat produktif yaitu untuk mengembangkan sebuah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan bukan untuk pinjaman yang bersifat konsumtif misalnya hanya untuk sekedar berbelanja atau membeli barang konsumtif lainnya. Tetapi ada juga P2P Lending yang meminjamkan dananya untuk konsumtif.

Dengan begitu seseorang yang meminjamkan dananya melalui model P2P Lending semacam ini, sekaligus telah membantu kegiatan pengembangan UKM di Indonesia dan akan merasa lebih tenang karena dana yang dipinjamkan tersebut akan menghasilkan profit sehingga bunga yang diperoleh itu bisa diibaratkan sebagai imbal hasil antara si peminjam dana dengan si pemberi pinjaman dana.

Tentang Akseleran

Nah, salah satu platform P2P Lending semacam ini adalah Akseleran yang merupakan platform marketplace yang berfungsi sebagai tempat pertemuan antara pemilik dana dengan calon peminjam dan yang menjadi dasar transaksi adalah uang atau pinjaman. Startup fintech P2P Lending ini berdiri sejak 2 Oktober 2017 dan sudah berizin resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Akseleran dapat diakses melalui smartphone via Google Play Store (Android) maupun App Store (iOS). Selain itu bisa juga diakses melalui website di www.akseleran.co.id. Selain sudah mengantongi izin resmi serta diawasi OJK, Akseleran juga sudah tersertifikasi ISO27001 full scope sehingga dalam melakukan kegiatan opersionalnya sangat menitikberatkan terhadap perlindungan kepada konsumen. Melalui Akseleran kita berpeluang untuk mengembangkan dana dan mendapatkan imbal hasil hingga mencapai 21% per tahun.

Keunggulan Akseleran

Platform Fintech P2P Lending Akseleran ini setelah saya pelajari ternyata memiliki banyak keunggulan yaitu :

Penilaian Risiko

Akseleran melakukan penilaian kelayakan serta risiko pinjaman pelaku usaha menggunakan internal credit scoring system yang difokuskan kepada :
  • Keuangan : kondisi keuangan peminjam divalidasi terlebih dulu dengan cara crosscheck rekening koran serta riwayat transaksi penjualan di platform online tempat calon peminjam berjualan. Akseleran juga menganalisa kemampuan keuangan peminjam.
  • Agunan : Tipe agunan yang diberikan oleh peminjam juga menjadi pertimbangan dalam penilaian risiko serta penentuan bunga pinjaman
  • Credit behaviour : Akseleran bekerjasama dengan biro kredit Pefindo dalam melakukan analisis kuantitatif berupa pengecekan rekam jejak serta credit behaviour peminjam.Tingkat pendidikan dan pengalaman usaha peminjam juga menjadi pertimbangan
    Akseleran dalam angka. sumber : akseleran.co.id

TKB Total 99,8% per 7 Desember 2020

TKB (Tingkat Keberhasilan) Total merupakan angka perbandingan nilai kredit bermasalah (Non Performing Loan / NPL )  terhadap total nilai pinjaman yang berhasil disalurkan. Nilai TKB Total pada website Akseleran diperbaharui setiap 24 jam sekali pada pukul 00.00 WIB. Nilai TKB Total Akseleran juga tinggi yang artinya terjadinya risiko kredit macet dari peminjam semakin kecil dan ini menunjukkan upaya Akseleran  dalam memitigasi risiko sangat baik yakni diangka 99,8% per 7 Desember 2020. Artinya jumlah kredit bermasalah di Akseleran semakin kecil, sehingga Akseleran menjadi salah satu platform Fintech Peer to Peer (P2P) Lending yang tidak masuk ke dalam tren penurunan persentase tingkat keberhasilan pengembalian pada hari ke-90 (TKB90) di statistik Otortitas Jasa Keungan (OJK)

Pengalaman Mengembangkan Dana Mulai dari Rp100 Ribu Melalui Akseleran

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba download aplikasi Akseleran melalui Google play Store (Android) karena saya penasaran ingin mencoba mempelajari tentang P2P Lending. Untuk bisa meminjam dana ataupun memberi pinjaman dana maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mendaftar keanggotaan Akseleran. Prosesnya cukup mudah, kita hanya perlu mengisikan data diri sesuai KTP, data rekening bank serta melakukan tandatangan digital melalui PrivyID. 

Nah yang istimewa ternyata saat saya mendaftarkan keanggotaan di Akseleran saya langsung mendapatkan saldo Rp.100.000 dari Akseleran karena saya memasukkan kode referal pada saat melakukan pendaftaran. Dengan menggunakan kode referal tersebut maka otomatis saya langsung memiliki saldo dana di Akseleran sebesar Rp.100.000. Oh iya, karena saya tidak punya usaha produktif yang membutuhkan pendanaan, maka saat mendaftar di Akseleran saya memilih mendaftar sebagai lender atau pemberi dana pinjaman. Akseleran memang memfasilitasi calon pemberi dana pinjaman baik yang bersifat perusahaan maupun perorangan. 

Saya bisa memilih mau meminjamkan dana pada kampanye yang sedang berlangsung
Selanjutnya dengan saldo Rp.100.000 yang saya miliki, saya langsung mencoba untuk memberikan dana pinjaman kepada UKM yang sedang membutuhkan dana yang bisa saya temukan melalui menu peluang di aplikasi Akseleran. Saya meminjamkan dana saya untuk tenor pengembalian 2 bulan dimana imbal hasil yang akan saya peroleh sebesar 2.266 seperti yang tampak pada ilustrasi berikut :

Hasil tangkapan layar pada aplikasi akseleran saya

Dan benar saja, tak lama kemudian saya mendapatkan pembayaran tenor bulan pertama yang masuk ke saldo Akseleran saya. Nanti di bulan kedua saya akan mendapatkan tenor bulan kedua sekaligus pengembalian dana 100.000 milik saya. 

Hasil tangkapan layar pada aplikasi akseleran saya

Beneran berkembangkan uangnya? Saya jadi terpikir untuk meminjamkannya lagi supaya dana saya bisa semakin mendapatkan manfaat ekonomi. Lumayan juga sih kalau misal menambah saldo untuk dipinjamkan, maka dana yang akan dikembangkan semakin besar dan potensi imbal hasil yang diperoleh juga semakin bertambah.
Hasil tangkapan layar pada aplikasi akseleran saya
Kamu Juga Bisa Mengembangkan Dana Mulai Dari Rp100 Ribu di Akseleran Menggunakan Kode Referal Dari Saya

Di era industri 4.0 seperti sekarang, rasanya sayang sekali kalau kita tidak memanfaatkan kemajuan teknologi serta kemudahan yang ada untuk belajar lebih melek finansial. Jadi generasi milenial jangan hanya sekedar hobi belanja online saja. 

Belajar sistem pengembangan dana secara P2P Lending di Akseleran seperti yang saya lakukan banyak manfaatnya juga lho. Makanya daripada uang yang kita miliki hanya habis untuk belanja online atau hura-hura, maka tidak ada ruginya jika kita coba mengembangkan dana melalui Akseleran. Kalau masih ragu menggunakan dana yang kamu miliki maka kamu bisa menggunakan kode referal dari saya saat melakukan registrasi awal di Akseleran, berikut kodenya :

AKSLARIFAH388561

Dengan menggunakan kode referal dari saya ini, maka kamu akan langsung mendapatkan saldo sebesar Rp100 Ribu yang bisa digunakan untuk memberikan dana pinjaman dan lihat sendiri bagaimana dana tersebut akan berkembang. Nggak ada ruginya kan mencoba? Mengembangkan dana mulai dari Rp100Ribu secara mudah, dimana lagi kalau nggak di Akseleran.

You May Also Like

1 comments

  1. Kangen makan-makan dan jalan lagii. Semoga Covid19 segera berlalu sehingga Kuliner ,wisata dan ekonomi pulih lagi. Bisa rame dan sehat semua Salam Jogja Online

    ReplyDelete

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)