Pengalaman Klaim Tiket Kereta Api Gratis dari Program Loyalti KAI

by - December 18, 2019


Hai..hai..udah lama banget nih saya nggak update blog. Soalnya memang menjelang ujian seperti sekarang ini saya lagi banyak tugas. Makanya blog ini jadi kurang terurus deh. Oke..kali ini saya mau sharing pengalaman saya berhasil dapat tiket kereta api gratis dari program loyalti KAI.

Jujur saja sebenarnya saya nggak tau kalau PT KAI itu punya program loyalti buat pelanggan semacam ini. Tapi karena beberapa waktu lalu saat lagi naik kereta api saya ngobrol sama penumpang di sebelah saya maka saya jadi tau deh ada program beginian..hehe..

Menurut orang yang cerita sama saya di kereta, kalau kita sering naik kereta maka tiketnya jangan dibuang. Tapi dikumpulin karena kalo udah dapet 15 tiket maka bisa ditukerin dengan 1 tiket kereta api gratis.

Nah..karena penasaran sama cerita orang tersebut, akhirnya saya nanya deh ke costumer service KAI yang ada di stasiun. Sebagai penumpang setia kereta api joglosemarkerto jurusan Semarang - Jogja PP, tentu saya bakal sangat terbantu banget kalau bisa dapet tiket gratis. Lumayan bisa ngirit gitu. 

Apalagi saat saya cek di aplikasi KAI Access yang terinstal di smatphone saya ternyata saya udah punya e-tiket lebih dari 15 jumlahnya. Tapi selama ini tiket tersebut nggak pernah saya print karena saya terbiasa pake e-boarding. Makanya saya kepo banget pengen klaim tiket kereta api gratis itu. Bisa dapet tiket gratis beneran apa enggak ya?

Kemudian setelah saya datang ke costumer service yang ada di stasiun Lempuyangan Jogjakarta, saya dapat info bahwa program loyalti pelanggan itu memang benar adanya. Penukaran tiket gratis bisa dilakukan jika kita memiliki 15 tiket KA atas nama sendiri yang dikumpulkan dalam jangka waktu 6 bulan atau 20 tiket KA atas nama sendiri yang dikumpulkan dalam jangka waktu 1 tahun. Cara penukarannya tinggal datang saja ke costumer service KAI yang ada di stasiun terdekat dengan membawa print out tiket boarding kereta api yang udah dikumpulkan atau tunjukkan 15 nomor pemesanan tiket KA yang kamu miliki jika kamu selalu pake e-boarding.

Makanya kalau kita biasanya boarding pake tiket yang diprint, itu jangan dibuang tiketnya tapi dikumpulin sampe bisa dapat 15 atau 20 lembar biar bisa ditukerin tiket kereta api gratis. Nah..berhubung saya biasa pake e-boarding, kemarin pas nukerin tiket gratis saya cuma nyatetin di kertas 15 nomer pemesanan tiket yang tersimpan di history perjalanan di aplikasi KAI access punya saya. Trus kertas itu saya kasih ke mbak cs buat dicek dan diprint sama mereka. 

Kemudian setelah semua tiket dicek ternyata ada 2 tiket saya yang nggak bisa dihitung karena waktu itu saya emang udah beli tiket kereta tapi saya nggak boarding karena ketinggalan kereta. Wah..kalo tau gitu tetep klik e-boarding aja meskipun waktu itu saya nggak jadi naik kereta. Tapi untung persediaan tiket saya udah lebih dari 15, jadi yang 2 tiket hangus itu tetep ada penggantinya dan saya tetep bisa klaim 1 tiket kereta api gratis. Ini buktinya saya bisa dapat tiket kereta api seharga 0 rupiah.


Well program loyalti KAI ini cuma bisa diklaim untuk rute KA terdekat. Misalnya dari 15 tiket yang dimiliki itu ada 50% yang tujuan Jogja-Jakarta dan 50% tujuan Jogja-Semarang. Maka yang gratisan ini nggak bisa buat beli tiket tujuan Jogja-Jakarta, bisanya milih yang rute terdekat yaitu tujuan Jogja-Semarang. Kecuali kalo 15 tiket itu semuanya adalah tiket tujuan Jogja-Jakarta, nah itu baru deh bisa buat klaim tiket gratis tujuan Jogja-Jakarta.

Kelas tiketnya juga sama, kalau dari 15 tiket itu semua adalah tiket kelas eksekutif maka  kita bisa klaim tiket gratis untuk kelas eksekutif. Tapi kalo tiketnya campur-campur, ada yang eksekutif dan ada yang ekonomi maka bisa klaimnya adalah untuk kelas yang paling rendah yaitu kelas ekonomi. Tapi tetep aja lumayan kok bisa klaim tiket gratis dari program loyalti KAI ini karena bisa hemat untuk 1 perjalanan terutama buat yang biasa bolak-balik luar kota tiap seminggu sekali kayak saya. Tiket gratis kereta api ini meskipun cuma bisa diklaim setiap 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali tetaplah sangat berarti buat saya. Thanks KAI :)

Tips : Menurut saya paling enak pesan tiket KA via aplikasi KAI Access karena semua tiket bakal otomatis terekam di history perjalanan kita. Tapi Kalau kamu biasa beli tiket kereta api dari aplikasi traveloka, shopee dan sebagainya maka tambahkan tiketmu itu ke aplikasi KAI Access dengan cara klik menu tambahkan tiket yang ada di beranda, kemudian masukin nomor kode pemesanan tiket yang kamu dapat dari aplikasi shoppee atau traveloka atau aplikasi pemesanan tiket kereta api lainnya. Dengan begitu tiketmu bakal kesimpen jadi satu di aplikasi KAI access dan bisa cetak e-boarding juga. Trus ngumpulin tiketnya  juga lebih enak dan nggak ada yang tercecer.

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)