Pengalaman Belanja Online di Zilingo

by - January 10, 2019

Saat momen Hari Belanja Online (harbolnas) pada akhir tahun 2018 yang lalu sebenarnya saya sudah berniat untuk nggak ikutan belanja, karena saya lagi nabung untuk mewujudkan resolusi awal tahun 2019 yaitu pengen ganti mobil. Jadi untuk pengeluaran belanja yang tidak terlalu penting saya usahakan untuk stop dulu. Tapi gara-gara ada iklan belanja online bisa dapat hadiah mini cooper di Zilingo, saya jadi penasaran untuk lihat-lihat aplikasi Zilingo. Kemudian tergoda untuk ikutan belanja karena katanya belanja online di Zilingo itu bebas ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan saat harbolnas kemarin banyak sekali barang bagus yang dibandrol dengan harga sangat miring. 

Sebelumnya saya belum pernah belanja di Zilingo, jadi niat belanja ini sekalian ingin nyobain. Benar nggak sih barangnya asli seperti yang dijanjikan oleh iklan Zlingo. Kemudian setelah pilih-pilih akhirnya saya belanja 10 item barang dengan total belanja hampir 500 ribuan. Saya memilih metode pembayaran transfer melalui Mandiri Online, bukan COD. Karena semua barang belanjaan saya itu, alamat pengirimannya pakai alamat kantor. Supaya jika ada teman saya yang menerimakan, maka tidak perlu membayar lagi. Jadi saya nggak ngrepotin teman 2 kali.

Ternyata barang yang saya pesan di Zilingo ini tidak bisa dikirimkan secara bersamaan, karena toko yang saya pilih untuk berbelanja memang berbeda-beda dan beda tanggal juga. Waktu pengirimannya juga tergolong cukup lama. Saya sempat galau waktu baca komplen beberapa orang pembeli di halaman facebooknya Zilingo. Ternyata pas harbolnas kemarin, banyak banget pembeli yang nulis posting negatif tentang pengalaman belanja di Zilingo. Ada yang bilang sampai sebulan, barang belum diterima. Ada juga yang komplen barang yang diterima ternyata rusak dan kualitasnya sangat buruk. Duh..gara-gara baca tulisan mereka saya jadi ikutan galau. Padahal saya sudah terlanjut transfer pembayaran. Mungkin sebaiknya kalau belum yakin dengan Zilingo, pilih saja metode pembayaran COD. Tapi syaratnya sih harus selalu stand by di tempat saat kurir datang mengirimkan barang. 

Nah..singkat cerita setelah deg-degan nunggu barang belanjaan saya dikirim oleh Zilingo, akhirnya satu per satu orderan saya nyampe juga ke kantor. Berikut testimoni saya tentang masing-masing orderan saya di Zilingo. Jujur saja memang ada yang memuaskan dan ada yang kurang memuaskan. Ngomong-ngomong, dari 10 barang yang saya beli di Zilingo, bakal saya jembreng semua testimoninya disini. Tapi akan saya bagi menjadi 2 postingan supaya tidak terlalu panjang. Untuk posting kali ini saya akan tuliskan 5 testimoni terlebih dahulu. Check this out ya gaes ...

Testimoni 1  : Long Tunik Pita Warna Dusty Pink
Sekarang produk ini udah out of stock
Long Tunik ini saya beli di toko stellashoppie pada tanggal  23 Desember 2018. Barang saya terima pada tanggal 28 Desember 2018. Butuh waktu 5 hari untuk menunggu barang ini sampai. Long Tunik ini harga normalnya 105.000,-. Saat harbolnas kemarin harganya jadi turun menjadi 58.000,-. 
Pesanan ini sampai dalam waktu 5 hari

Setelah barang saya terima, ternyata model dan warna sesui gambar. Bahannya juga sesuai dengan deskripsi, saat dipakai juga pas di badan. Tidak kebesaran dan tidak kekecilan. Tapi memang kualitasnya nggak yang oke banget, sesuai lah dengan kualitas baju seharga 100ribuan. Lumayan bisa dapat harga 50ribuan. Cukup puas sih dengan orderan ini.

Testimoni 2 : Long Tunik Pita Warna Navy
Sekarang harganya udah naik jadi 70ribu
Sama seperti long tunik sebelumnya, baju ini saya beli di toko yang sama tapi beda tanggal. Yang warna navy ini saya order tanggal 22 Desember 2018. Setelah menunggu selama 8 hari akhirnya sampai pada tanggal 30 Desember 2018. Padahal tokonya sama-sama di stellashoppie, dan ordernya hanya terpaut 1 hari. 
Pesanan sampai dalam waktu 8 hari
Well, setelah barang saya terima saya malah lebih suka dengan kualitas bahan dari tunik yang warna navy ini. Meskipun sama-sama berbahan kain twiscone, tapi lebih lembut yang navy ketimbang yang warna dusty pink. Harga juga sama yaitu 50ribuan tapi kualitas tetap seperti baju seharga 100ribuan. Barang asli juga sesuai gambar. Alhamdulilah saya merasa puas dengan orderan ini meskipun nunggunya agak lama.

Testimoni 3 : Travel Medicine Pouch


Pouch ini sekarang harganya udah naik jadi 43.000

Pouch ini saya beli di toko Indoultimate dengan harga 35.000,-. Order saya lakukan pada tanggal 27 Desember 2018 dan barang saya terima pada tanggal 31 Desember 2018 yaitu 4 hari setelah pemesanan. Kualitas produknya sesuai dengan deskripsi. 
Waktu pengiriman barang 4 hari
Pouch ini berfungsi untuk menyimpan berbagai macam obat saat traveling. Praktis dan ringkas untuk dimasukkan ke dalam koper atau diletakkan di laci mobil. Saya puas karena kualitas barang sesuai dengan harga dan packagingnya saat pengiriman juga rapi.

Testimoni 4 : Outer Warna Hitam


Sekarang harganya naik jadi 87ribu
Outer ini saya beli di toko bernama Predz_Id. Saya melakukan pemesanan pada tanggal 23 Desember 2018 dan barang saya terima pada tanggal 31 Desember 2018. Kalau dihitung-hitung, cukup lama juga nunggunya sampai 8 hari. Tapi pas barangnya datang ternyata kualitasnya Oke banget.
Butuh waktu 8 hari nunggu pesanan ini datang
Saat harbolnas kemarin outer ini dijual dengan harga 77ribu, tapi sekarang udah naik jadi 87ribu. Menurut saya sih masih tetep murah karena pernah lihat outer model kayak gini di mall harganya itu sekitar 150ribuan.

Testimoni 5 : Baby Doll My Love

Nah ini nih, yang paling bikin saya kecewa diantara 5 barang orderan saya di Zilingo. Jadi khusus barang yang satu ini ternyata hasilnya nggak sesuai dengan deskripsi dan gambar. Saya pesan warna putih kombinasi pink, yang datang warnanya putih kombinasi item. Udah gitu modelnya juga beda jauh banget sama yang ada di gambar. Sayangnya khusus jenis barang yang saya pesan ini nggak bisa dikembalikan ke Zilingo. Saat saya baca pada bagian kebijakan pengembalian ternyata memang ada beberapa jenis barang yang nggak bisa dikembalikan. Termasuk barang pesanan saya ini. Kecewa sih jelas, tapi mau complain juga males. Untuk gambarnya, maaf tidak saya tampilkan ya..karena baby doll ini cukup sexy..hahaha..maklum request dari suami buat beli barang ini.

Well, sementara itu dulu yang bisa saya ceritakan tentang pengalaman belanja online di Zilingo. Saya akui, pelayanan pengiriman barang dari Zilingo ini kurang oke. Memang sih benaran ongkirnya gratis, tapi kalo nyampenya lama bikin gemes jugakan? Soalnya masing-masing barang yang saya terima, waktu pengirimannya bervariasi. Ada yang lama dan ada yang cepet. Selain itu juga kualitas barang yang dikirim ternyata tidak 100 % memuaskan, buktinya pesanan saya ada yang beda jauh sama deskripsi dan gambarnya setelah barang saya terima. Next..selanjutnya masih ada 5 barang lagi yang akan saya ceritakan pada posting selanjutnya. Tunggu ya...


Baca : Pengalaman Belanja Online di Zilingo (Part.2)


You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)