September 27, 2013

Tampil Cantik dan Natural Secara Halal

Edit Posted by with 42 comments


I love getting dressed up and having someone do my make-up and feeling pretty.

Read more at http://www.brainyquote.com/quotes/quotes/a/amandapeet541659.html#eRh3860heKhmggyg.99
"I love getting dressed up and having someone do my make up and feeling pretty" 

I love getting dressed up and having someone do my make-up and feeling pretty.

Read more at http://www.brainyquote.com/quotes/quotes/a/amandapeet541659.html#eRh3860heKhmggyg.9
I love getting dressed up and having someone do my make-up and feeling pretty.

Read more at http://www.brainyquote.com/quotes/quotes/a/amandapeet541659.html#eRh3860heKhmggyg.99
Awalnya saya bukan termasuk tipe wanita yang senang dandan. Selain karena alasan malas dan menganggap bahwa make-up itu tidak penting, mungkin juga karena dulu saya sudah cukup PD dengan penampilan saya yang merasa sudah cantik sejak kecil (hehehe..duh..amit-amit deh sombongnyaaa....) makanya saya jadi malas dandan pakai kosmetik. Prinsip saya pada jaman dulu tampil cantik itu pokoknya natural aja, nggak usah berlebihan. Dan natural versi saya dulu adalah penampilan wajah yang polos tanpa make-up..

Natural Polos versi saya dulu

Namun semua berubah sejak saya akan menikah. Jadi ceritanya saat menjelang nikah, ibu menyuruh saya untuk melakukan perawatan wajah dan tubuh supaya nanti saat hari pernikahan tiba saya bisa tampil lebih segar. Sayapun menurut, lalu ibu mengajak saya pergi ke sebuah salon perawatan khusus muslimah. Di salon itu saya menjalani berbagai perawatan seperti facial, creambath hingga body spa. Selama menjalani perawatan saya mengamati produk kosmetik yang digunakan di salon tersebut.
Ternyata hampir semua produk kosmetik yang digunakan di situ adalah produk kosmetik dari wardah. Karena penasaran, saya kemudian bertanya pada salah satu petugas salon, “Mbak kenapa sih kok di salon ini produk kosmetik yang digunakan kebanyakan dari wardah?”. Kemudian mbak-mbak di salon itu menjawab begini, “ Benar mbak, salon kami memang menggunakan kosmetik wardah karena konsumen kami kebanyakan wanita muslim. Bagi para wanita muslim sangat penting untuk memilih dan menggunakan kosmetik yang sudah jelas ke-halalannya. Nah, kosmetik wardah ini merupakan kosmetik yang sudah mendapat sertifikat halal secara resmi dari MUI”. Sayapun manggut-manggut mendengar penjelasan dari petugas salon tersebut, saya malah baru “ngeh” ternyata kosmetik itu juga ada halal dan haramnya juga toh.. sama dong dengan makanan yang kita konsumsi…
Sesampai di rumah, obrolan dengan mbak-mbak di salon tadi masih terngiang di telinga saya. Karena saya sebenarnya juga  masih belum begitu paham dengan masalah kosmetik halal dan haram tadi. Kemudian karena rasa ingin tahu yang besar sayapun memutuskan untuk bertanya pada calon suami saya yang kebetulan bekerja di kantor Balai Pengawasan obat dan Makanan (BPOM). Dari obrolan tersebut akhirnya saya jadi tahu bahwa memang ada beberapa jenis kosmetik yang bahan-bahan pembuatannya berasal dari gelatin dan asam lemak. Kenyataannya ada perusahaan kosmetik yang mengambil bahan tersebut dari binatang contohnya babi. Nah, kalau bahan pembuatnya saja berasal dari babi maka sudah jelas sebagai muslimah hukumnya haram jika kita menggunakan kosmetik tersebut. Sehingga memang sebaiknya sebagai seorang muslimah jika ingin membeli kosmetik pilihlah kosmetik yang sudah punya sertifikat halal resmi dari LPPOM MUI. Begitu pesan dari calon suami saya.
Saya jadi lega, untung selama ini saya tidak pernah pakai kosmetik. Tapi saat menikah nanti mau tidak mau saya harus pakai kosmetik juga kan? Nah..lo..mau pakai kosmetik apa dong? tanya saya dalam hati, di tengah kebingungan itu saya langsung teringat dengan kosmetik wardah yang saya lihat di salon perawatan yang sempat saya kunjungi tadi….ahaay.. kalau begitu sudah jelas nih, saat menikah nanti saya mau di make-up pakai kosmetik wardah saja.

Saya&Ibu saat acara siraman
Hari pernikahan tiba, seperti permintaan saya akhirnya ibu mendatangkan tim perias dari salon muslimah yang pernah saya kunjungi. Dan kosmetik yang digunakan semuanya merupakan kosmetik halal dari wardah. Selama proses di rias iseng-iseng saya mengamati tentang langkah-langkah yang dilakukan saat merias wajah. Hihihi..siapa tahu suatu saat nanti saya juga butuh  merias diri sendiri jadi tidak ada salahnya saya belajar dengan cara mengamati kegiatan para perias manten ini, pikir saya waktu itu.

Make-upnya nggak luntur
Ternyata hasil make-up dengan menggunakan kosmetik halal dari wardah ini bagus banget lho. Wajah saya tidak kelihatan terlalu menor, justru kesannya bisa tetap tampak cantik dan natural. Saat kosmetiknya menempel di kulit rasanya juga sangat ringan dan tidak  seperti sedang memakai topeng seperti yang saya khawatirkan selama ini. Walau kesannya ringan dipakai, tapi kosmetik wardah ini terbukti tahan lama dan tidak gampang luntur lhoo... buktinya dulu saat saya memakainya dalam upacara siraman, kosmetik wardah ini tidak luntur dari wajah saya walaupun wajah saya di guyur dengan ber- gayung-gayung air..hihihi...kalau nggak percaya nih dia bukti fotonya

Selanjutnya ini adalah foto-foto hasil riasan manten dengan menggunakan kosmetik halal dari wardah..cantikkan?..hehe..dan tentunya tetap tampak natural :)

" …di antara kesalahan-kesalahan fatal yang dilakukan oleh para istri adalah mengabaikan aktivitas berdandan dan berhias, serta tidak menampakkan sisi femininnya kepada suaminya…" Shabah Sa'id dalam bukunya Az-Zaujah Al-Mubdi’ah wa Asrar Al-Jamal

Setelah menikah saya tinggal serumah dengan suami dan sejak itu juga saya sedikit-sedikit mulai memakai kosmetik untuk wajah seperti memakai pelembab muka dan bedak dari wardah, tapi belum terlalu rutin juga sih...memakainya hanya jika saya ingat saja (tapi lebih sering banyak lupanya..hehehe..). Beberapa bulan kemudian saya  dinyatakan positif hamil. Namun entah kenapa, semenjak hamil di wajah saya muncul bintik-bintik kecil berwarna coklat. Bintik-bintik tersebut muncul pada bagian pipi kanan dan kiri saya. Karena khawatir, sayapun kemudian berkonsultasi ke dokter kulit. Menurut dokter kulit, bintik- bintik di wajah saya itu merupakan flek hitam yang muncul karena adanya faktor pertambahan usia dan juga dipengaruhi oleh faktor perubahan hormon, genetik dan paparan sinar matahari. Untuk menghilangkan flek hitam bisa dilakukan dengan menjalani perawatan bernama mesoterapi dan nanti dokter juga akan memberikan beberapa krim perawatan wajah yang harus saya pakai secara rutin setiap hari. Namun karena saya sedang hamil, dokter menyarankan agar saya konsentrasi dulu dengan kehamilan saya. Untuk perawatan kulit lebih baik dilakukan nanti saja setelah saya melahirkan. Kata dokter jika saya merasa tidak PD dengan flek hitam di wajah, sementara bisa ditutup dulu dengan memakai foundation.

Wardah Luminious Creamy Foundatioun Beige Favorit saya
Akhirnya saya menuruti saran dokter tersebut, saya yang biasanya sehari-hari hanya cukup memakai pelembab wajah dan bedak saja kemudian mulai mencoba memakai foundation. Tentu saja yang saya pilih adalah produk foundation dari wardah. Cara pakainya juga sangat mudah dan hasilnya juga bisa menempel  secara halus dan merata di wajah saya. Sehingga selama hamil saya bisa tetap tampil cantik dan natural berkat memakai kosmetik halal dari wardah.
banyak flek hitam di wajah saya

Pasca melahirkan ternyata flek hitam di wajah saya tak kunjung hilang juga. Namun saya belum memutuskan untuk kembali ke dokter kulit yang pernah saya datangi. Suami saya menyarankan supaya saya menyusui dulu, toh walaupun ada flek hitam di wajah, saya masih tetap cantik. Begitu kata suami saya menghibur. Akhirnya sayapun kembali menunda untuk melakukan perawatan wajah. Sambil mengurus bayi dan menyusui saya kemudian mulai mencari informasi siapa tahu ada alternatif lain untuk membantu menghilangkan bintik hitam di wajah saya.

wajah bersih berkat wardah
Suatu hari seorang teman lama datang berkunjung ke rumah saya. Kami berdua ngobrol ngalor ngidul sampai akhirnya jadi ngobrol soal kosmetik. Saya curhat ke teman saya tentang masalah flek hitam di wajah saya, lalu teman saya itu menyarankan pada saya untuk mencoba produk lightening series dari wardah. Memang selama ini saya sudah pakai kosmetik wardah tapi karena saya tergolong orang yang sering telat up-date makanya pemakaian kosmetik wardah selama ini hanya sebatas pada pemakaian pelembab, foundation dan bedak saja. Saya belum pernah mencoba produk lighteningnya. Menurut teman saya, masalah yang saya alami ini merupakan gejala terjadinya penuaan dini pada kulit dan jika dibiarkan saja masalahnya bisa semakin berat, sehingga teman saya  juga menyarankan pada saya bahwa sebagai wanita kita harus rajin merawat kulit wajah. Pakai kosmetik itu penting bagi wanita apalagi jika sudah memasuki usia 30 tahun seperti saya ini. Kalau tidak di rawat dengan baik bisa jadi kulit saya nanti akan mengalami masalah penuaan dini yang lebih parah lagi..Hiii serem juga  ya..kalau sampai kejadian seperti itu.

Active Ingredients yang terkandung dalam Wardah Lightening Series
Gara-gara ngobrol dengan teman saya itu akhirnya saya memutuskan untuk mencoba produk lightening series dari wardah termasuk juga membeli beberapa tambahan  kosmetik lain seperti lipstick, lipgloss, blush on, eye shadow dan lain-lain. Suami saya sampai heran kok tumben saya belanja kosmetik banyak banget.  Nah..Ini dia foto beberapa kosmetik wardah koleksi saya :


Sejak saat itulah kemudian saya mulai melakuan perawatan kulit wajah dengan lebih rajin menggunakan produk lightening series dari wardah. Ngomong- ngomong soal produk lightening series wardah, sebenarnya produk ini terdiri dari 10 jenis rangkaian yang terbagi dalam 3 langkah yaitu cleansing, protecting dan lightening. Seluruh rangkaian tersebut harus dipakai secara rutin dan bersama-sama jika ingin mendapatkan hasil yang optimal. Di antara 10 rangkaian produk tersebut saya paling suka dengan lightening facial serumnya karena membuat kulit saya jadi  makin kenyal, sehat dan tampak cerah bersinar. Cara pakainya juga mudah yaitu dipakai saat pagi atau malam hari dengan cara cukup dioleskan di wajah sebelum memakai lightening day cream atau night cream. Ini dia lightening facial serum favorit saya :


Selain melakukan perawatan wajah dengan menggunakan wardah lightening series, saya juga mulai belajar memakai make-up untuk beraktivitas sehari-hari. Eniwei..ternyata dandan pakai make-up itu gampang juga, apalagi dulu saat menikah saya sudah punya pengalaman mengamati perias manten saat sedang merias wajah saya..hihihi….Yang dibutuhkan hanya kemauan, kesabaran dan ketelatenan saja. Awalnya saya hanya pakai make-up saat akan pergi ke acara kondangan saja, tapi lama kelamaan saya juga memakainya untuk pergi ke kantor dan saat  pergi jalan-jalan bersama keluarga. Berikut adalah foto-foto gaya make-up sehari-hari saya dalam berbagai acara.


Yang ini adalah gaya make-up saat menghadiri acara resmi seperti pernikahan hingga menghadiri acara ceremonial lainnya. Gimana? tampak cantik dan tetap natural kan hasilnya? dan pastinya juga halal karena kosmetik yang saya gunakan adalah kosmetik dari Wardah


 Untuk gaya make-up pergi ke kantor saya lebih suka memilih gaya make-up yang simple namun bisa membuat saya terlihat cantik dan segar sepanjang hari. Apalagi saya bekerja di kantor pelayanan publik jadi bagi saya penampilan prima itu penting demi mengoptimalkan pelayanan kita pada masyarakat. Nah berikut adalah foto gaya make-up saya saat pergi ke kantor :


Saat sedang bersantai bersama keluarga saya senang menghabiskannya dengan jalan-jalan atau piknik bersama suami dan anak. Saat santai ini saya suka memakai baju gamis yang dipadukan dengan  pashmina berwarna cerah. Tentunya jika mengenakan baju dan jilbab yang berwarna-warni, wajahpun harus diberi make up juga. Karena rasanya jadi kurang "sreg" dipandang jika bajunya warna-warni tapi wajahnya kok hanya polos saja sehingga walaupun sedang santai saya tetap memakai make-up dari wardah namun tentunya dengan pulasan make-up yang ringan dan natural seperti foto ini :
Kosmetik basic buat saya
Oh iya..lewat tulisan di blog ini saya juga ingin share tentang cara make-up yang bisa menghasilkan kesan cantik dan natural di wajah kita . Gampang kok caranya tidak terlalu ribet dan juga tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Kosmetik yang dibutuhkan juga hanya beberapa saja yaitu : Wardah lightening day cream, Wardah Sunscreen SPF 30, Wardah Luminous Creamy Foundation, Wardah Louminous Face Powder, Wardah Lightening TwoWay Cake, dan Wardah Hydrogloss. Ini adalah kosmetik dasar yang biasa saya pakai, untuk selebihnya jika mau ditambah dengan mascara, blush on, eye liner  atau eye shadow juga bisa saja tergantung pada kebutuhan masing-masing.

Berikut adalah langkah-langkah pemakaiannya :
  1. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan Wardah Lightening Milk Cleanser dan Wardah Lightening Face Toner.
  2. Oleskan Wardah Lightening Day Cream ke wajah yang dapat berfungsi sebagai pelembab wajah, hasilnya akan lebih maksimal jika sebelumnya juga kita gunakan Wardah lightening facial serum.
  3. Oleskan Wardah Sunscreen SPF 30 yang bisa berfungsi untuk melindungi kulit kita dari efek buruk sinar UV yang bisa merusak kesehatan kulit
  4. Oleskan Wardah Luminous Creamy Foundation yang berfungsi untuk menutupi noda flek hitam atau bekas jerawat dan memberi kesan polesan yang lebih merata dan halus di wajah kita
  5. Gunakan Wardah Louminous Face Powder yang bisa berfungsi untuk menyerap kelebihan minyak dan memberikan kesan creamy sehingga tidak mengkilap
  6. Gunakan Wardah Lightening Two way Cake untuk hasil akhir yang lebih sempurna
  7. Poleskan Wardah Hydrogloss ke bibir sehingga menghasilkan kesan warna bibir yang cerah, segar dan tetap natural.
  8. Jika diperlukan bisa juga ditambahkan mascara serta blush on, eye liner  atau eye shadow dengan memilih warna-warna yang sesuai dengan baju dan jilbab yang kita kenakan.
" …Istri wajib tampil cantik dan semenarik mungkin di depan suami. Dan semua itu akan melahirkan pahala yang besar dari Allah…"Shabah Sa'id dalam bukunya Az-Zaujah Al-Mubdi’ah wa Asrar Al-Jamal

Lambat laun akhirnya saya mulai sadar bahwa sebagai wanita memang tampil cantik itu perlu,apalagi tampil cantik di depan suami. Suami saya juga mendukung perubahan saya yang jadi lebih memperhatikan penampilan dan tidak cuek lagi seperti dulu. Bahkan teman-teman kantor saya banyak yang memuji penampilan baru saya dan kemudian malah jadi ketularan menggunakan kosmetik wardah yang sudah jelas merupakan kosmetik halal  sehingga walaupun wajah kita pakai make-up tapi kita tetap bisa melaksanakan aktivitas ibadah sholat dengan tenang

Hingga kini saya masih menggunakan produk kosmetik wardah termasuk lightening series wardah secara teratur dan hasilnya perlahan-lahan bintik hitam di wajah saya mulai memudar. Memang sih belum semua flek hitam di wajah saya bisa benar-benar hilang seluruhnya tapi yang namanya proses mencerahkan kulit itu kan bukan merupakan proses yang instan sama seperti filosofi wardah yang menyatakan bahwa kecantikan adalah sebuah perjalanan melalui proses yang tidak instan, seiring dengan kehidupan, dan ditujukan untuk semua jenis kulit wanita. Bagi Wardah, kosmetika tidak hanya untuk tubuh tetapi juga untuk jiwa. Kecantikannya membuat ia merasa mencintai diri sendiri, sebanyak dan sedalam dia mencintai orang-orang di lingkungan sekitarnya. Cocok bangetkan dengan kampanye dari wardah yaitu Earth, Love, Life.

Always Syar'i in beauty
“Consider the fact that maybe…just maybe…beauty and worth aren’t found in a makeup bottle, or a salon-fresh hairstyle, or a fabulous outfit. Maybe our sparkle comes from somewhere deeper inside, somewhere so pure and authentic and REAL, it doesn’t need gloss or polish or glitter to shine.” ― Mandy Hale

Akhir kata saya hanya ingin kembali menegaskan bahwa wardah memang kosmetik yang paling cocok buat saya dan tentunya juga buat para wanita muslimah lainnya. Dengan menggunakan kosmetik wardah sebagai wanita muslim saya bisa tampil cantik dan natural dengan cara yang halal. Karena wardah merupakan perusahaan kosmetik yang telah puluhan tahun serius berkomitmen untuk selalu mengedepankan kualitas produknya dan memformulasikan produk-produknya secara halal dan berkualitas sesuai karakteristik kulit wanita dan dikembangkan secara aman dan alami sesuai international dermatologist standard. Melalui tulisan di blog ini saya juga ingin menularkan sebuah gaya hidup bagi para wanita muslimah di seluruh dunia yaitu halal beauty life style yang kini juga sedang gencar dikampanyekan oleh Wardah dan LPPOM MUI. Halal beauty life style merupakan solusi bagi wanita muslimah yang ingin tampil cantik dan sesuai syariah termasuk dalam hal ini adalah wajib menggunakan produk kosmetik halal.

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi ya..dan buat teman-teman blogger yang ingin tampil cantik dan natural secara halal seperti saya pilih saja kosmetik wardah untuk mengoptimalkan tampilan make-up sehari-hari. Mulai sekarang yuuuk..sama-sama kita mulai halal beuty life style karena halal is my life....

Sumber Referensi : 
1.  http://www.wardahbeauty.com/id
2.  http://halalmui.org/newMUI/
3. Foto-foto yang digunakan adalah koleksi pribadi

Alhamdulillah tulisan ini menjadi Juara 2 dalam lomba Blog Halal Beauty yang di selenggarakan oleh Wardah Kosmetik, LPPOM MUI dan Blogdetik 



Reactions:

42 komentar:

  1. keren bgt mbk tulisannya, jadi minder aku..hehehe..
    semoga menang ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan minder ya? itu dulu sekarang dah beranikan

      Hapus
  2. Waduh peserta lain jg banyak yg tulisannya lbh keren mbak..hehe makasih ya mbak mia sdh mampir disini...amin buat doanya..smoga menang juga ya mbak:)

    BalasHapus
  3. keren banget yaa mbak dari dulu udah pake wardah yaa, niar juga nyobain wardah baru2 setahunan ini, bergaya jadi feminim gitu, salam kenal yaa mbak, keren tulisannya :D

    BalasHapus
  4. salam kenal juga mbak niar :)..iya alhamdulilah udah cukup lama pake wardah. trims sudah mampir dan baca tulisan saya^^

    BalasHapus
  5. Manteb banget mbk tulisannya....
    gamblang dan jelas.. fotonya cantik-cantik pula apalagi pas foto pernikahnnya.....

    Goodluck mbk Arifah...
    main ke blog saya ya mbk http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/09/untung-bertemu-wardah-because-halal-is.html#more

    makasiihh :-)

    BalasHapus
  6. Tengkyu mbak icha...siap segera meluncuur

    BalasHapus
  7. Komplit Mak, cantik pula. Semoga sukses lombanya yaa :-)Sar 130

    BalasHapus
  8. makasih ya mak..sama-sama semoga sukses juga:)

    BalasHapus
  9. Cantiiiiik... gutlak yah Mbak :)

    BalasHapus
  10. Cantiiiiik... gutlak yah Mbak :)

    BalasHapus
  11. Terimakasih ya mbak-mbak cantiik :)

    BalasHapus
  12. Cantik. Seneng ya kalo nemu kosmetik yang cocok.

    BalasHapus
  13. Selamat ya mbak, juara 2 lomba blog wardah
    keren keren
    salam kenal yah mbak

    BalasHapus
  14. selamat ya mbak...juara 2 memang pantas karena memang kereeeeen pisan tulisannya

    BalasHapus
  15. Selamat ya mbak..lengkap banget artikelnya :)

    BalasHapus
  16. Selamat ya mbak, telah menjadi juara 2.

    BalasHapus
  17. terimakasih buat semuanya ya..salam kenal juga ya:)

    BalasHapus
  18. saya juga pakai wardah mbak, hasil riasan natural banget aku suka, thanks tulisannya sangat inspiratif sekali, salam sukses mbak arifah :)

    BalasHapus
  19. Puanjaaaaaaang ky kereta ekspress,hehehe....sukses ya mb...:)

    BalasHapus
  20. Sangat lengkap ulasan tentang tampil cantik dan natural secara halal ini, semoga bisa memberi manfaat untuk semua pembaca. salam kenal dan sekiranya berkenan, berkunjung ke toko Cream Pemutih Wajah kami ya. Semoga kedepannya kita bisa bekerjasama. Thanks

    BalasHapus
  21. semoga semakin maju..
    salam kenal

    BalasHapus
  22. seneng banget ya kak kalau udah nikah :D pasti persiapanya banyak kalau mau nikah mulai dari perawatan, sampai resepsinya

    BalasHapus
  23. thanks ya, isi artikelnya keren.
    bisa bantu untuk menyelesaikan tugas saya..
    oya han klo ada kesempatan dilakan mampir ke lapak sy yang jualan kaos kaki muslimah grosir..
    Trims :)

    BalasHapus
  24. thank informasinya ya :D :D :D
    salam cantik semuanya :)

    Main ke web ku yahh :)
    Harga Beauty Water

    BalasHapus
  25. detail penjelasannya...keren kak. Sukses selalu...

    BalasHapus
  26. waaah, terimakasi sangat bermanfaat yaa artikelnyaa.
    salam dari www.skincaremelilea.com

    BalasHapus
  27. Terima kasih penjelasannya sukses ya mba...salamkenal

    BalasHapus
  28. Cantik sekali mbak. Saya juga ada masalah flek hitam di pipi, tapi ga terlalu kentara sih. Sekarang masih pake lightening series ga mbak? Gimana flek hitamnya? Oh ya, wardah kan juga mengeluarkan produk bb cream. Kira-kira, bagus mana ya dengan creamy foundation di atas? Maaf nih saya banyak tanya. Maklum baru belajar, hehehe.

    BalasHapus
  29. wardah emang recomended banget buat kamu yang suka kosmetik halal, bukan itu aja sih, wardah juga bebas dari bahan kimia yang bisa merusak wajah

    BalasHapus
  30. Saya juga pakek Wardah, halal dan aman sih ^^ harganya terjangkau lagi

    BalasHapus
  31. Selalu sukses. tulisannya menarik..

    BalasHapus
  32. Terima Kasih banyak atas sarannya, saya akan tunggu lagi informasi menarik lainnya
    salam
    Nu Amoorea Stem cell
    Nu Amoorea Beauty Plus Bar

    BalasHapus
  33. Wah CUANTIKnya benar benar terlihat alamai mba

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)