Maret 03, 2013

Solusi Cerdas Atasi Anak Susah Makan

Edit Posted by with 27 comments
Masalah susah makan pada anak sepertinya sudah jadi masalah umum yang banyak dialami oleh para ibu. Saya penah bertemu dengan beberapa ibu yang mengeluhkan perihal susah makan pada anak-anaknya saat dulu saya belum punya anak. Dari curhatan para ibu tersebut saya pun mencoba untuk menggali penyebab kenapa bisa terjadi masalah susah makan pada anak. Dan ada beberapa poin yang saya dapatkan yaitu sebagai berikut :

Rata-rata penyebab anak-anak susah makan adalah :
  • Anak sudah terlalu banyak makan camilan atau jajanan 
  • Anak terlalu banyak minum susu
  • Anak bosan dengan menu makanan yg disajikan
  • Anak tidak nyaman dengan situasi pada saat sedang makan
  • Anak sedang sakit atau tidak enak badan

Dari poin-poin tersebut sayapun mencoba untuk melakukan analisa lebih dalam dengan merunut kembali ke belakang yaitu pada awal anak mulai diperkenalkan dengan Makanan Pendamping ASI atau MP-ASI.  Karena masalah susah makan pada anak ini biasanya baru muncul saat anak berusia 1-5 tahun, padahal pada usia tersebut justru anak sedang dalam masa emas pertumbuhan dan membutuhkan asupan gizi yang maksimal.

Nah..usut punya usut setelah saya melakukan wawancara mendalam pada para ibu, ternyata memang benar teori yang dulu pernah saya baca bahwa kebanyakan penyebab masalah kurang gizi yang terjadi pada anak selain disebabkan adanya penyakit penyerta pada anak, juga bisa disebabkan karena terjadinya kegagalan dalam pemberian MP-ASI. Kegagalan pemberian MP-ASI ini sangat erat hubungannya dengan pola asuh orangtua. Sebagai contoh seharusnya anak mulai dikenalkan dengan MP-ASI pada umur 6 bulan. Pemberiannya pun juga harus dilakukan secara bertahap, misalnya saat anak umur 6-9 bulan berikan MP-ASI dengan tekstur yang sangat lembut supaya alat pencernaan anak yang masih sangat halus  juga bisa beradaptasi dengan baik dalam proses menyerap sari-sari makanan yang masuk ke dalam usus. Jika pada usia ini anak sudah diberikan makanan dengan tekstur yang kasar maka dikhawatirkan alat pencernaannya belum siap menerima sehingga dapat menimbulkan gangguan makan pada anak seperti anak muntah atau mungkin terjadi luka di dalam usus atau lambungnya akibat tekstur makanan yang terlalu kasar sehingga jika terus dipaksakan pada anak hal tersebut bisa menyebabkan anak malah jadi trauma  terhadap makan.


Pemberian MP-ASI pada anak merupakan proses belajar makan bagi anak, jika orang tua gagal dalam melakukan pembelajaran makan pada fase ini maka dimungkinkan anak akan mengalami masalah makan hingga dia besar nanti. Sejak umur 6 bulan anak sudah bisa diperkenalkan dengan berbagai jenis makanan dengan tekstur yang lembut atau cair. Seperti pemberian pure sayuran dan buah-buahan yang bisa melatih anak supaya terbiasa makan sayur dan buah sejak dini. Selain itu tata cara makan yang benarpun juga harus mulai diajarkan pada anak sejak dini. Jangan sekali-kali membiasakan anak untuk makan sambil jalan-jalan. Karena hal tersebut nanti akan jadi kebiasaan yang tidak baik bagi anak dan juga akan merepotkan orangtua. Misalnya jika anak sudah terbiasa makan sambil jalan-jalan sejak kecil, nanti saat anak sudah bisa berjalan atau berlari sendiri, maka kita sebagai orangtua akan jadi makin repot memberinya makan karena kita harus mengikuti kemanapun anak pergi pada saat menyuapi makan. Untuk itu biasakan anak makan dengan duduk di kursi makan sejak dini.

enjoy duduk di high chair
Dari pengalaman saya mendengarkan curhatan ibu-ibu tersebut akhirnya sayapun jadi mendapatkan banyak tambahan pengetahuan yang kemudian setelah saya punya anak, hal tersebut bisa saya terapkan pada anak saya. Saya mencoba mengajarkan tentang cara makan yang baik dan benar pada anak saya sejak dia berumur 6 bulan. Saat umur 6 bulan anak saya sudah mulai bisa duduk, sehingga sayapun membelikannya high chair yang bisa saya gunakan untuk mengajarkannya makan sambil duduk sendiri. Kegiatan menyuapipun juga saya buat menyenangkan misalnya sambil saya menyanyi atau sambil saya bercerita tentang tokoh-tokoh sayuran yang saya kreasikan sendiri. Sehingga kegiatan makan ini jadi terekam dalam otak anak saya menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Saya juga mengenalkan berbagai macam makanan kepada anak saya mulai dengan membuatkan bubur cair berbagai rasa, pure berbagai macam sayur dan buah, dengan menu yang selalu bervariasi setiap harinya. Hal ini juga bisa mencegah agar anak saya tidak jadi anak yang hanya suka pada satu jenis makanan saja atau picky eater. Saat dia berumur 9 – 12 bulan sayapun mulai mengenalkan makanan dengan tekstur yang agak kasar dan saat dia genap 1 tahun secara perlahan-lahan saya mulai mengenalkan dengan makanan keluarga. Pada dasarnya anak-anak itu menyukai rutinitas, sehingga untuk jam makan anak pun sudah saya buat jadwal rutin yang teratur setiap hari sejak dia berumur 6 bulan. Soal minum susu, anak saya juga termasuk anak yang hobi minum susu. Namun pemberian susu ini selalu saya berikan jika dia sudah selesai makan. Saya tidak pernah memberikan susu sebelum dia makan karena hal tersebut akan membuatnya kenyang dan jadi malas makan. Begitu pula dengan camilan dan jajanan, jika anak sudah terlalu banyak makan camilan atau jajan akhirnya diapun juga akan jadi kenyang dan tidak mau makan, sehingga saya juga membatasi pemberian camilan dan jajanan pada anak saya.

Memang proses ini sangat membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dari orang tua dan Alhamdulilah saya bisa berhasil mengajarkan pada anak saya tentang cara makan yang baik dan benar sehingga anak saya tidak mengalami masalah susah makan yang berarti hingga kini dia berumur 3 tahun.

Scramble Egg
Memang ada saat-saat tertentu anak saya mengalami susah makan, misalnya saat dia sedang sakit. Tapi walaupun anak sedang sakit tetap saja saya berusaha memasukkan makanan bergizi ke dalam tubuhnya, karena justru makanan jadi semakin penting untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya dari serangan sakit. Selain itu untuk menu makannya saat dia sedang malas makan karena sakit, saya pun memilihkan menu favorit anak saya yaitu scramble eggs. Scramble eggs saya buat dengan tekstur yang lebih lembut dengan menambahkan susu cair yang agak banyak saat memasaknya dan juga membuatkan sup dengan kuah yang segar sehingga jika anak saya sedang sakit batuk, pilek atau saat gejala asmanya kambuh misalnya, maka dia tidak akan mengalami kesulitan saat menelan makanannya.

Baca : Ketika Anakku Divonis Asma

Sebagai tambahan cerita, saya juga pernah bertemu dengan seorang ibu yang curhat tentang anaknya yang sudah berumur 4 tahun. Anak tersebut susah sekali makan, diberi makanan dengan lauk apapun selalu menolak. Variasinya sudah diganti-ganti tetap saja anaknya tidak mau makan nasi. Maka sayapun mencoba membantu ibu tersebut dengan sedikit mengubah mindset. Misalnya jika anaknya tidak mau makan nasi, sebenarnya sumber karbohidrat bukan hanya nasi. Ada kentang, roti, mie yang bisa divariasikan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat pada anak. selain itu mungkin dicoba dengan membuatkan bento dengan tampilan yang menarik maka akan merangsang minat anak untuk mau makan.


Dan yang juga tak kalah penting, cari tau apa penyebab anak tidak mau makan. Hal ini bisa juga dikarenakan ada penyakit atau gangguan pada tubuh anak yang tidak terdeteksi oleh orang tua. Misalnya ada sariawan atau ada gigi yang berlubang atau mungkin ada ketidaknyamanan di lambung. Kalau ada gigi yang berlubang, maka bawalah anak untuk berobat ke dokter gigi. Gigi yang sehat dan kuat akan melindungi anak dari resiko gigi berlubang atau gigi keropos yang nantinya jika sampai terjadi gangguan kesehatan gigi pada anak pasti juga mengganggu aktivitas makan anak. 
Reactions:

27 komentar:

  1. Thanks infonya, mau kucoba untuk anak keduaku yang baru berumur 1 tahun 3 bulan tapi sudah susah makan. Dalam sehari makan yang bener hanya 1-2 kali, selebihnya makan beberapa suap sudah.

    BalasHapus
  2. Terimakasih tipsnya mbak,, memang kalo si buah hati lg susah makan kita malah jadi bingung, ditawari menu makanan ini itu malah gak mau. Bingung jadinya

    BalasHapus
  3. D apotik padang katanya kok seven seas dah lama ga klr lg ya? Sy mau cb buat anak sy 15bln susah sekali mkn

    BalasHapus
  4. sharing info bun...untuk menambah nafsu makan anak bisa pake minyak ikan salmon, bagus jg utk perkembangan otak

    BalasHapus
  5. makasih infonya , seven seas emulsion apakah bisa di minum anak usia 15 bulan?

    BalasHapus
  6. anak saya susah sekali makan, usianya mau 17 bulan.
    padahal sudah saya coba dengan apyalis, herbamil junior dan imuno. tapi nafsunya paling sementara saja.

    udah mau 3 hari dia diare, akibat dia gak mau makan sama sekali.. dia maunya minum susu saja. bingung sekali saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba gmn anaknya udah mau mkn?anak saya hg skrg 25 bln ga mau mkn..mau nya minum susu aja...kl udah mau mkn..pke apa solusi nya?mksih..

      Hapus
  7. Hiasi makanan anak dan design dengan lucu yuk sis, biar anak kita makan dengan lahap. ini tipsnya :)

    BalasHapus
  8. Anakku usia.17bulan...saat ini dia hanya.mau.ASI sdngkan ASI sy smkin hari.sdkit..dikasih.makan nasi gk mau, dikasih buah2'n sdkit..yg dmkan, di kasih suau formula jg gk mw..jadi sy bingung banget bund...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun bu Friska.... Masalah kita sama banget ya, anakku juga saat ini usia 17 bulan masuk 18 bln, hny ASi yg dia mau, mkn nasi sebijipun dia g mau, sufor juga kadang mau kadang g, itupun hny kdg smpe 30 cc, buah2han juga g mau ditelan, kadang cuma dihisap2 sj, bab nya susah smpe 5 hr sekali, .... Stresss sy bu melihat kondisi anak sy ini, sudh prnh diminumkn vitamin penambah nafsu mkn segla merek tp g ad yg brhasil ....

      Hapus
    2. Bund kalo anak saya umur 13 bln,dr umur 7 bln udah ssh bgt mkn..kdg mpe ku pksa anak ny malah muntah2,krn klo nagis lgsung muntah..smpa hr ini cm mnum ASI..mkn biskuit gk mau..buah gk mau..mpe ngis sya mrrasakanya..mpe sya mnum jamu biar ada pengaruh lwt ASI..sy stres bgt bund..pdhl anak2 yg kurang perhatian ortu mkn pada lahap betul..apa sj d makan..tp ank sy d biarkn 1 hr gk mkn jg ttep j gk laper..d suapin ttep j gak mau

      Hapus
    3. Nama saya thesa,anak saya sekarang 13 bulan,, ternyata banyak ibu ibu yg senasib sama saya ya.. anak sy ga mau makan juga, boro boro nasi,,pengen nya cuma asi aja, saya bikin bubur,pure,semua ga mau,, ke dokter udah sering konsultasi,dikasi vitamin macem macem juga ga mempan, padahal ga sariawan,ga sakit, saya juga coba kasih makan sambil main,teteeep aja ga mau makan,, stress banget,,

      Hapus
    4. bunda bunda masalah kita sama...sedikit agak kesel jg udah buat makanan tp ga da yg dimakan sedikitpun,di kasih sufor apalagi!! cuma Asi dan Asi..skrg anak sy usia 16bln bb 10kg.ksih vitamin jg udahh tetep aja bgni, pdhl mw tgl kerja,pindah asi ke botolpun dy kg ga mw..😢hiiks makin sedih...klw susah makan gini

      Hapus
    5. Bunda ... kita senasib smua anak saya usia 15 bulan,susah nya mnta ampun makannya , mau nya asi aja makan g mau pakai diajak main segala pun g mau juga, udah dikasih vit. Tapi ga ngaruh juga,apa lagi sufor ga pernah mau ... bingung,stres karna takut kurang gizi apalagi timbangannya slalu ga ideal .skrg udah pasrah aja

      Hapus
    6. sama, anak saya mau jalan 19bln sekrng udh sama sekali ga mau makan bubur apalagi nasi, diusia 17bln mash mau makan nasi bubur dikit2, sekrng ga sama sekali mau mkan, cuma cemilan+SUSU, UDH berbagai car, dari konsultasi kedokter diksh vitamin minum cucumaplus minum vgblend minum jamu diurut, segala macam dilakuiin biar mau makan, tapi tetap ajak ga mau makan, yang ada ngamuk2 anaknya disuruh makan,takut malah taruma disuruh makan nasi atau bubur. strezzzz ya jadinya bund...gimanaa solusinya ya

      Hapus
    7. bagaimana sih caranya biar anak usia 18 bln mau makan nasi, takutnya sampai gede ga mau makan nasi lg, aduh pusing+strez ya klo anak itu susah makan. jadi kurus+berat badanya dibawah normal

      Hapus
  9. Terima kasih,, sangat membantu

    BalasHapus
  10. Susahnya anak kalau makan milih-milih..... terima kasih artikelnya

    BalasHapus
  11. memang bikin kesel kalau anak susah makan..

    BalasHapus
  12. Anak sy juga susah bgt mkn nya alias picky eater.gak mau mkn nasi,dr batita sampe sekarang umur 4 thn,maunya cuma cemilan aja plus susu.sy coba ganti nasi dgn roti atau kentang goreng yg sy buat sendiri atau telur yg digoreng dgn mentega.jd sy gak maksain dia hrs mkn nasi tp sy cari pengganti slain nasi.sayur dia gak mau sama skali jd sy ganti dgn kasih perasan jeruk hampir tiap hari atau apel atau smangka yg sy potong kecil2.Alhamdulillah anak sy jarang sakit walau gak makan nasi :)

    BalasHapus
  13. Haaahhh... Ternyata banyak yg sama persis
    Anakku umurnya 2 tahun 10 bulan.. Tpi mpe sekarang cuma mau makan bubur itupun masih sering di muntahin.. Biscuit, ice cream, bla bla bla gk mau sama sekali.. Padahal dari umur 9 bulan diajari makan agak kasar tpi ttp aja gk mau
    Stress banget klo udah tiba waktu nyuapin makanan
    Mo periksa ke DSA gastro kok rada takut soalnya anaknya di suruh foto barium segala.. Secara anaknya di suruh nelen cairan barium gitu...
    Stress dah pokoknya...

    BalasHapus
  14. Senasiiiib...anak saya mulai susah makan sejak 8 bulan hingga sekarang umurnya hampir 19 bulan :(
    Sedih bgt...segala cara dicoba,tp ttp kalo liat nasi kayak liat musuh...

    BalasHapus
  15. Sama...anak saya juga umur 2 tahun 4 bulan. Susah sekali makan. Hanya mau makan nasi putih, itupun nggak banyak. Sering ke dokter minta penambah nafsu makan tapi nggak mempan juga. Saya harus gimana dong?

    BalasHapus
  16. Untungnya adek saya makannya gak susah.. tapi ponakan sih sedikit susah buat makan sayur jadi takut kurang serat

    BalasHapus
  17. terima kasih infonya. sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  18. Hahahah.. Maklum, kan orang Indonesia itu kalo nggak pake nasi dianggap "nggak makan" :D

    BTW itu bento lucu amat :3

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)