3 Persiapan Penting Sebelum Memulai Bisnis dengan Website Toko Online

by - July 11, 2023

Sumber gambar : Shutterstock
Membuat toko online dengan hosting berbasis cloud adalah salah satu opsi yang perlu dilakukan jika ingin memulai sebuah bisnis. Dulu, masyarakat lebih cenderung berbelanja secara offline, namun situasinya berubah seiring dengan peningkatan penggunaan internet di Indonesia. Kini sistem perdagangan sudah bisa dilakukan secara virtual tanpa terhalang jarak dan waktu dengan menggunakan teknologi digital. 

Meskipun potensi besar toko online dalam menggerakkan ekonomi, masih banyak pelaku usaha yang enggan memasarkan produk mereka secara online. Alasannya beragam, mulai dari kurangnya pemahaman terhadap teknologi terkini hingga kekhawatiran akan keamanan dalam berbelanja online.
 
Sebenarnya, memulai bisnis online tidaklah sulit. Siapa pun dapat melakukannya selama memiliki sumber informasi yang tepat, alat yang dibutuhkan, dan motivasi untuk belajar hal-hal baru. Oleh karena itu, agar Anda semakin yakin dalam memulai bisnis online, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang cara membuat toko online bagi pemula. 

Mengenal Apa Itu Website Toko Online 

Website toko online adalah jenis website yang dilengkapi dengan sistem e-commerce yang memungkinkan transaksi jual-beli. Dengan kata lain, website ini tidak hanya menampilkan penawaran produk, tetapi juga memiliki fitur manajemen persediaan, penghitung biaya pengiriman otomatis, serta opsi pembayaran manual maupun otomatis melalui Payment Gateway

Pada sebuah website toko online, terdapat berbagai halaman kategori dan halaman produk yang bisa dilengkapi dengan tombol "Beli" atau "Tambahkan ke Keranjang Belanja". Kegunaan dari pilihan tombol tersebut adalah untuk melakukan tindakan pembelian atau Call to Action (CTA). Pembeli dapat langsung melakukan pemesanan dengan memasukkan nama dan alamat pengiriman, memilih jasa kurir pengiriman, hingga pembayaran, semuanya dapat dilakukan secara langsung. 

Persiapan Memulai Bisnis dengan Website Toko Online 

Membuat sebuah website toko online tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa hal terkait produk dan platform online yang ingin digunakan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk membuat toko online. 

1. Pilihlah nama bisnis dan domain untuk website toko online 

Anda dapat mempertimbangkan nama dari toko offline Anda sebagai referensi, tetapi pastikan nama tersebut belum digunakan oleh toko online lain. Buatlah daftar beberapa nama yang menggambarkan bisnis Anda, dan lakukan penelusuran di internet untuk memastikan bahwa tidak ada toko dengan nama yang sama. 

Pemilihan nama toko online juga mempengaruhi domain yang harus Anda beli di kemudian hari. Domain merupakan alamat yang memudahkan pengguna internet untuk menemukan bisnis Anda. Pilihlah sebuah domain yang mudah diingat agar toko online Anda dapat berkembang dengan baik.

 2. Tentukan demografi konsumen dan produk yang ingin dijual 

Setiap toko tentu memiliki produk yang dijual, tetapi penting juga untuk mengemas produk tersebut dengan baik agar menarik minat pelanggan. Lakukanlah sesi pemotretan untuk produk yang akan Anda jual dan sertakan juga penjelasan singkat tentang produk dengan menonjolkan keunggulan-keunggulan utama. 

Dalam berbisnis, beriklan merupakan hal yang penting. Toko online memungkinkan Anda melakukan targeting iklan untuk memastikan iklan Anda sampai ke orang yang tepat. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui demografi yang tepat untuk usaha Anda dengan menentukan negara, jenis kelamin, rentang usia, hingga pendidikan target market Anda. 

3. Buatlah konten untuk menarik traffic menuju toko online 

Konten merupakan salah satu cara yang efektif untuk menarik pengunjung ke toko online Anda. Anda dapat memilih apakah ingin fokus pada konten di website toko online saja, media sosial, atau keduanya.

Buatlah konten blog di website toko online untuk meningkatkan awareness dan pengetahuan produk, serta buatlah konten di media sosial sebagai ajang promosi. Dalam membuat konten untuk blog, kategorikanlah artikel sesuai dengan topik yang relevan dengan produk Anda. 

Kesimpulan 

Memulai sebuah bisnis dengan mengandalkan website toko online tidak hanya bermodal platform website saja, tetapi perlu dibarengi dengan berbagai persiapan lain terkait pemasarannya. Dengan mempersiapkan beberapa hal tersebut, Anda dapat mulai membuat toko online yang tidak hanya menarik pelanggan untuk berkunjung, tetapi juga membeli produk-produk yang Anda jual. 

Untuk membuat sebuah website toko online, manfaatkan layanan terpercaya seperti DomaiNesia untuk mendapatkan hosting berbasis cloud yang dilengkapi dengan domain dan SSL gratis. Dengan begitu, Anda bisa berfokus pada branding bisnis tanpa harus pusing mengenai akses website toko online yang sudah terjamin keamanannya.

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)