#BekalPrestasi Untuk Si Anak Alergi

by - June 21, 2019



"Alergi anak masih menjadi masalah kesehatan yang umum ditemui dan bisa menghambat tumbuh kembang anak"

Beberapa waktu yang lalu Tifa mengalami batuk dan pilek cukup lama. Awalnya sih hanya batuk saja, kemudian saya bawa Tifa ke dokter dan diberi obat. Setelah batuknya agak reda, gantian pilek menyerang. Gangguan kesehatan ini cukup mengganggu kenyamanan Tifa. Setiap malam menjelang tidur, Tifa jadi rewel karena hidungnya terasa buntu dan gatal. Akhirnya saya bawa Tifa ke dokter lagi dan diberi obat untuk mengatasi keluhan pileknya. Namun setelah hampir 2 minggu ternyata batuk pileknya masih belum sembuh juga.

Pada kunjungan ke dokter yang ketiga, saya sampaikan ke dokter bahwa Tifa punya riwayat alergi. Apa mungkin batuk pilek yang dideritanya kali ini bukan disebabkan oleh virus atau kuman, melainkan karena alergi pada sesuatu. Menurut dokter, kemungkinan tersebut bisa saja terjadi sehingga dokter menambahkan obat alergi bernama cetirizin pada resep. Dan benar saja, setelah minum cetirizin beberapa kali gejala batuk pilek Tifa mulai mereda.
Saat batuk pilek, kalau bobok harus pake bantal yang ditinggikan supaya hidung nggak buntu
Anak-anak saya memang memiliki riwayat alergi. Ini karena suami saya juga punya bakat alergi. Secara genetik, alergi memang bisa diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Jadi bukan hanya harta saja yang bisa diwariskan oleh orang tua, tapi bakat alergi juga bisa diwariskan. Itulah sebabnya saya dituntut untuk bisa lebih jeli dan telaten dalam mendampingi tumbuh kembang anak-anak saya yang memiliki bakat alergi.

Saya akui mendampingi tumbuh kembang anak dengan riwayat alergi itu memang punya tantangan tersendiri. Terutama dalam rangka mencari dan mengenali zat-zat apa saja yang bisa memicu munculnya alergi pada anak. Jujur, ini bukan perkara mudah. Misalnya kasus pada anak pertama saya yang sensitif sekali dengan perubahan cuaca. Saat udara panas dan berdebu, alerginya akan kambuh yaitu bersin dan pilek tiada henti. Sebaliknya saat udara dingin gejala alergi yang sama juga akan kembali muncul. Padahal sulit sekali untuk menghindari perubahan cuaca semacam ini di negara tropis seperti Indonesia. 

Berbeda lagi dengan anak kedua saya yang alerginya cenderung mengarah pada jenis makanan tertentu seperti udang dan beberapa jenis susu. Jujur saya belum tau pasti tentang jenis-jenis makanan apa yang menjadi pemicu alerginya Tifa, karena saya memang belum pernah melakukan tes alergi pada Tifa. Terkait dengan kondisi Tifa yang batuk pilek cukup lama beberapa waktu lalu, saya agak curiga penyebabnya adalah susu atau coklat. Karena seingat saya waktu itu memang Tifa cukup banyak mengkonsumsi susu coklat. Dan ketika saya coba menghentikan konsumsi susu coklat tersebut serta memberikan obat anti alergi pada Tifa maka batuk pileknya berangsur sembuh.
Tifa suka sekali minum susu Morinaga Chilkid Soya
Saat ini Tifa memang sedang senang sekali minum susu. Tapi ternyata tidak semua susu bisa cocok dikonsumsi oleh Tifa yang memiliki riwayat alergi. Sebenarnya sejak Tifa mulai disapih, saya sudah memilihkan susu Morinaga Chilkid Soya yang memang diformulasikan untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak alergi. Namun karena lama-lama Tifa bosan, sehingga saya mencoba memberinya susu coklat. Tapi ternyata hal ini bukanlah ide yang bagus, terbukti Tifa nggak cocok minum susu coklat. 

Iya..Tifa memang sebenarnya sudah cocok minum Morinaga Chilkid Soya. Karena selama ini Tifa sangat jarang atau hampir tidak pernah menunjukkan gejala alergi yang kambuh. Bahkan Tifa termasuk anak yang memiliki daya tahan tubuh kuat dan jarang sakit. Pernah suatu kali teman-teman satu kelasnya Tifa di playgrup kompak ijin tidak masuk sekolah karena batuk pilek bersamaan. Hanya ada 3 anak yang bertahan tetap masuk sekolah karena nggak sakit salah satunya adalah Tifa. Karena termasuk siswa yang jarang absen tidak masuk karena sakit, maka Tifa juga bisa lebih enjoy bermain dan belajar di sekolah yang kelak akan menunjang prestasinya di masa mendatang.
Formula Moricare + Prodiges dari Morinaga bikin mereka nggak gampang sakit
Morinaga Chilkid Soya memang memiliki inovasi unggulan yaitu formula platinum dengan sinergi nutrisi lengkap untuk kecerdasan multitalenta (Brain Care), Pertahanan tubuh ganda (Body Defense) dan Tumbuh Kembang Optimal (Body Growth) untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia menjadi generasi Platinum. Perusahaan Morinaga memang sangat peduli dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak yang memiliki riwayat alergi. Terbukti setiap tahun, Morinaga selalu aktif berkampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait alergi dalam kegiatan Morinaga Allergy Week.
Kegiatan Morinaga Allergy Week
Kegiatan ini merupakan dukungan PT kalbe Nutritionals terhadap program World Allergy Week yang setiap tahun rutin diinisasi oleh World Allergy Organization (WAO) yang tahun ini diselenggarakan pada tanggal 7-13 April 2019 dan mengusung tema "The Global Problem Of Food Allergy". Isu alergi memang merupakan topik yang perlu diedukasikan secara rutin untuk orang tua, agar semua orang tua paham jika pada dasarnya alergi dapat diatasi dan orang tua juga bisa mencegah agar anak tidak mewarisi bakat alerginya.

#BekalPrestasi Untuk Si Anak Alergi

Dalam rangka memberikan Bekal Prestasi untuk Anak Alergi, tahun ini Morinaga mempersembahkan program #BekalPrestasi. Program ini terdiri dari edukasi alergi lewat hospital seminar yang didukung oleh dokter spesialis anak ahli alergi di berbagai kota besar di Indonesia dan kesempatan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak dari KLIKDOKTER.
Edukasi Alergi melalui seminar
Ada juga penyediaan asuransi pendidikan anak dari Astra Life senilai total Rp. 500.000.000,- untuk 5 orang pemenang, dana Asuransi Jiwa senilai total 1 Miliar rupiah untuk 2.000 pemenang, dan Voucher belanja masing-masing 200.000 rupiah untuk 3 orang pemenang mingguan selama periode program berlangsung. 
Hadiah #BekalPrestasi
Cara Partisipasi Program #BekalPrestasi
Periode promo #BekalPrestasi ini berlangsung selama 25 April - 3 Juli 2019 dan informasi tentang program ini dapat diakses di berbagai channel seperti supermarket, hypermarket dan website Morinaga Allergy Week yaitu www.cekalergi.com/BekalPrestasi. Selain itu bisa juga mengunjungi akun sosial media Morinaga berikut :

Facebook : Morinaga Platinum
Instagram : @MorinagaPlatinum
Twitter : @MorinagaID
Youtube : MorinagaPlatinum

Dalam program #BekalPrestasi ini, Morinaga juga meluncurkan inovasi baru berupa varian terbaru dari Chil Kid Soya rasa madu untuk memenuhi kebutuhan dan kelengkapan nutrisi si kecil. Selain rasanya yang nikmat, madu sebagai kandungan yang berkhasiat juga memberikan banyak sekali manfaat kesehatan untuk anak karena mengandung banyak nutrisi dan antioksidan. 
Morinaga Chilkid Soya Rasa Madu
Selain itu madu juga dapat membantu proses pertumbuhan sel-sel dan jaringan tubuh anak serta melawan sumber penyebab alergi atau histamin yang menyebabkan reaksi alergi tersebut sehingga anak tidak mudah sakit. Hasil survey terhadap ibu-ibu di Indonesia dengan anak yang alergi susu sapi menunjukkan bahwa 100% Bunda SETUJU Morinaga Soya Moricare+ Prodiges mengurangi gejala alergi dan alergi tidak muncul.

Sayapun secara pribadi menyambut gembira inovasi ini karena itu artinya kini Tifa bisa mengkonsumsi susu Morinaga Child Kid Soya dengan varian rasa baru sehingga ia tak lagi merasa bosan. Jika selama ini Tifa biasa minum susu yang rasa vanilla, kini ia bisa mencoba variasi baru yaitu susu Chil Kid Soya rasa madu yang rasanya juga disukai oleh Tifa.

Alergi Tetap Berprestasi

Sebagai ibu dengan anak-anak yang punya bakat alergi, saya tentu nggak ingin alergi tersebut jadi penghambat bagi anak-anak saya dalam mengukir prestasi. Anak alergi memang harus lebih hati-hati dalam beraktivitas maupun mengkonsumsi makanan. Misalnya pada kasus anak saya, si kakak nggak bisa ikut olah raga yang rawan terpapar debu seperti sepak bola. Sementara si adik juga nggak bisa konsumsi segala jenis makanan secara bebas seperti udang dan susu coklat. 
Bekal nutrisi untuk anak alergi tetap berprestasi
Meski begitu bukan berarti mereka tumbuh jadi anak yang lemah dan gampang sakit. Dengan dukungan penuh dari orang tua, keduanya tetap bisa tumbuh jadi anak yang sehat dan berprestasi. Si kakak meskipun nggak bisa ikut olah raga sepak bola, namun dia tetap bisa aktif ikut olahraga renang yang justru pelan-pelan bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya sehingga gejala rhinitis alergi yang sering muncul bisa mulai berkurang. Sementara si adik meskipun nggak bisa konsumsi beberapa jenis makanan tertentu, bukan berarti asupan gizinya jadi nggak optimal. Alhamdulilah di usianya yang sudah menginjak 3 tahun, tumbuh kembangnya tetap normal dan tidak mengalami hambatan. 
Alergi tetap berprestasi
Untuk kedua anak saya yang memiliki riwayat alergi saya punya #bekalprestasi versi saya sendiri. Selain memilihkan Morinaga Chilkid Soya untuk mendampingi pemenuhan nutrisi dalam proses tumbuh kembang mereka, saya juga membekali mereka dengan memberikan pemahaman tentang zat alergi apa saja yang perlu mereka hindari supaya alergi tidak mudah kambuh. Meskipun masih kecil, anak-anak sudah saya berikan pemahaman tentang alergi yang mereka derita supaya mereka juga bisa menjaga diri sendiri. Saya juga memberikan bekal berupa penerapan pola asuh yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Yaitu pola asuh yang sesuai umur dan dapat memberikan pendidikan karakter sejak dini bagi kedua anak saya. Saya dan suami sepakat untuk menerapkan pola asuh demokratif yaitu membebaskan anak untuk menentukan kehendak mereka, namun kami tetap berperan sebagai pembimbing dan pengontrol bagi mereka dalam menentukan pilihan baik atau buruk. Kami juga memberikan kebebasan untuk anak dalam berkreasi dan bereksplorasi namun tetap memberikan sensor batasan dan pengawasan bagi mereka. Dengan begitu kami berharap anak-anak bisa tumbuh jadi anak yang sehat, kreatif, cerdas, percaya diri, menghormati orang tua, nggak mudah stres, dan bisa mengukir prestasi yang bermanfaat bagi keluarga, lingkungan dan masyarakat.

#MorinagaAllergyWeek #AlergiTetapBerprestasi #SusuAlergiAnak #SusuAlergi #SusuMorinaga #AllergySolution #Morinaga #ChilkidSoya #SolusiAlergi #AlergiAnak #ChilkidSoyaSolusiAlergi #BekalPrestasi


You May Also Like

8 comments

  1. sejak kecil dibaisakan minum susu pastinay sehat

    ReplyDelete
  2. Sehat sehat ya Tifa, dengan susu yg ramah alergi anak jadi nyaman meminumnya ya mak.

    ReplyDelete
  3. Wah, kayaknya enak ni chilkid soya nya. Nanti mau coba buat Fafa aahh..

    ReplyDelete
  4. Chil Kid Soya rasa madu, jadi ingin mencobanya. Semoga anak saya mau dan cocok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya nggak kalah enak sama yang vanila. saya aja udah nyicip haha

      Delete

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)