Juli 05, 2016

Family Reading Time With Oatbits

Edit Posted by with 12 comments

"Reading aloud and sharing stories with our child is a great way to spend time together. Reading and storytelling also helps promote language, literacy and brain development"

Sejak anak-anak saya masih bayi, saya sudah terbiasa meluangkan waktu khusus bersama mereka untuk membaca dan bercerita bersama. Anak sulung saya Tayo sejak berumur 6 bulan sudah saya belikan beberapa buku yang memang didesain untuk bayi yaitu berupa cloth book. 

Baby Tayo with his favourite clothbook

Buku yang terbuat dari kain semacam ini terbukti aman digunakan membaca oleh para bayi, karena buku ini tidak mungkin sobek ataupun rusak misalkan digigit-gigit oleh mereka. Gambar-gambarnya juga sangat menarik dan berwarna-warni sehingga selain bisa digunakan untuk menstimulasi kecerdasan linguistik anak, cloth book ini juga bisa digunakan untuk menstimulasi kecerdasan visual spatial. 




Selain cloth book, saya juga menggunakan sound book untuk menanamkan kebiasaan membaca sejak kecil kepada anak saya. Sound book yang kami miliki kebetulan tidak menggunakan bahasa Indonesia karena buku ini saya dapatkan dari oleh-oleh seorang teman yang baru saja pulang berwisata dari Jepang. Jadi bukunya bertuliskan huruf kanji. Tapi anak saya dulu suka sekali dengan buku ini karena buku ini bisa mengeluarkan suara berbagai macam binatang yang sangat mirip dengan suara aslinya.
  
Membaca buku bersama anak-anak memang sudah jadi kebiasaan saya dalam rangka menikmati quality time bersama mereka. Sebagai ibu yang bekerja, waktu saya memang sangat terbatas. Saya tidak bisa selalu berada disamping mereka selama 24 jam non stop karena waktu saya terbagi juga untuk bekerja di kantor. Sehingga saat berada di rumah, saya selalu meluangkan waktu sekitar 1 jam yaitu pada pukul 7-8 malam untuk membaca buku bersama anak-anak. Dulu saat Tayo belum bisa membaca, saya selalu membacakan buku dengan bersuara keras sambil menunjukkan gambar dan tulisan yang ada pada buku. Dan Tayo juga selalu tertarik untuk menyimak buku-buku yang saya bacakan untuknya.

Sejak balita Tayo sudah suka membaca buku

Kebiasaan ini kami sebut dengan istilah Family Reading Time. Setiap habis sholat isya' Tayo pasti selalu bersemangat mengingatkan saya dan suami untuk membaca buku bersama. "Its Family Reading Time!" begitu katanya. Kebiasaan keluarga kami ini memang sangat banyak manfaatnya. Lantaran terbiasa membaca sejak masih bayi, anak sulung saya Tayo sudah lancar membaca saat ia berusia 4 tahun. Padahal dulu saya sama sekali tidak pernah mengajarinya membaca secara khusus misalnya dengan cara mengenalkan huruf satu per satu atau mengeja. Tayo bisa membaca dengan sendirinya hanya karena terbiasa menikmati Family Reading Time bersama mama dan papanya.

Beberapa koleksi buku bacaan milik Tayo

Membaca merupakan aktivitas yang menyehatkan. Dengan membaca buku bersama keluarga, stress saya jadi berkurang. Setelah dari pagi hingga sore saya dan suami sibuk bekerja di kantor maka aktivitas Family Reading Time pada malam hari terbukti bermanfaat untuk merilekskan kembali otak dan pikiran. Selain itu menurut penelitian para ahli, kebiasaan membaca juga dapat menghindarkan kita dari resiko penyakit alzheimer atau kepikunan, karena saat membaca otak kita akan mendapat rangsangan dan stimulasi secara teratur sehingga sel-selnya akan terus tumbuh berkembang serta terhubung satu sama lain.

Nah, supaya aktivitas Family Reading Time ini semakin menyehatkan maka saat ini saya biasa menyediakan snack yang menyehatkan juga untuk keluarga saya yaitu Oatbits. Ini adalah biskuit oat pertama di Indonesia yang diproduksi oleh PT. Agel Langgeng pada tahun 2011. Saat awal diproduksi Oatbits terdiri dari 3 varian rasa yaitu Raisin, Vitafruit (jeruk,wortel dan tomat) dan Strawbery Yoghurt. Kemudian pada tahun 2014, Oatbits melaunching produk baru yaitu Oatbits Oat 8 dan Oatbits Hi Cal. Biskuit Oatbits Oat 8 memiliki 2 varian yaitu Mung Bean dan Almond. Sementara Oatbits Hi Cal terdiri dari 2 varian yaitu raisin dan madu. 

Oatbits is our favourite biscuit
Salah satu varian Oatbits yang jadi favorit keluarga saya adalah Oatbits Raisin. Ini merupakan biskuit sehat yang dibuat dari oat alami pilihan dan diberi taburan kismis sehingga rasanya semakin lezat dan sehat. Kismisnya terbuat dari anggur pilihan yang kaya antioksidan sementara serat oat nya juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Di dalam biskuat Oatbits terdapat kandungan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang serta Vitamin B1 dan B2 yang berfungsi sebagai ko-enzim dalam pembentukan energi. Biskuit Oatbits ini sudah memiliki sertifikasi halal dari MUI serta memiliki ijin edar dari BPOM RI.

Biasanya sesudah aktivitas membaca selesai, kami sekeluarga akan langsung tidur. Kami memang terbiasa tidur lebih awal supaya esok hari bisa selalu bangun pagi dengan kondisi tubuh yang segar. Meskipun habis ngemil oatbits kami langsung tidur, tapi kami nggak khawatir kebiasaan tersebut bisa menimbun kolesterol karena biskuit oatbits yang saya sajikan ini kandungan kolesterolnya  0 mg sehingga sangat aman untuk kesehatan jantung. 


Kami sekeluarga suka banget makan biskuit Oatbits sambil menikmati Family Reading Time. Rasa biskuit ini memang enak dan crunchy. Rasa manisnya pas banget di lidah, nggak terlalu manis tapi juga nggak terasa hambar. Kalau pinjam istilahnya Tayo katanya rasa biskuit Oatbits nendang banget!
Tayo said : Oatbits rasanya nendang !
Eniwei hingga kini aktivitas Family Reading Time sudah berjalan selama 6 tahun lebih dalam keluarga kami. Kini usia Tayo sudah 6 tahun dan tahun ini ia sudah mulai masuk SD. Sekarang Tayo juga sudah punya adik yang berumur 5 bulan namanya Baby Tifa. Kebiasaan membaca buku sejak dini juga saya tularkan pada baby Tifa. Malahan sekarang selain saya dan papanya yang bergantian membacakan buku untuk Baby Tifa secara rutin ternyata Tayo juga tidak mau ketinggalan ikut membantu saya membacakan buku cerita untuk adiknya. Hubungan Tayo dan baby Tifa jadi semakin akrab dan rukun satu sama lain karena kebiasaan ini.
Family Reading Time with Oatbits
Membaca buku cerita bersama dengan anak-anak memang bermanfaat dalam membangun bonding yang kuat antara orang tua dengan anak serta memperlancar hubungan komunikasi diantara kami sekeluarga. Selain itu membaca buku cerita juga bisa memicu imajinasi anak, merangsang rasa ingin tahu dan membantu perkembangan otak mereka sejak dini. Makanya daripada nonton sinetron pas jam 7 malam mendingan ikutan saya aja yuk ngadain Family Reading Time juga di rumah masing-masing. Jangan lupa juga snacknya pilih Oatbits. Biskuat lezat dan sehat untuk seluruh keluarga. Produk ini bisa dibeli di Indomaret, Superindo, Alfamart, Giant, Hypermart dan beberapa outlet lain yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Oatbits bisa didapatkan di outlet-outlet berikut
Jujur saja nyari produk ini memang gampang-gampang susah, seringnya udah kehabisan karena memang laris manis di pasaran. So, kalau udah ubek-ubek supermarket sana sini tapi masih nggak ketemu juga sama Oatbits, kita bisa lho membeli Oatbits secara online via e-store. Atau kalau mau kontak-kontak admin buat cari info lebih lanjut tetang Oatbits, bisa banget hubungi #EverydayIsHealthy via sosmed dengan klik link-link berikut ini :


Reactions:

12 komentar:

  1. Siiippp, Tayo anak sholeh ganteng bin unyuuuu

    BalasHapus
  2. Waah...itu buku bantalnya ada yang sama :D btw, betul, Mak, memebaca cerita bersama anak manfaatnya luar biasa. Nice artikel, sukses ya,Mak :-)

    BalasHapus
  3. Ais dulu buku bantalnya beneran buat bantal tidur. Habis empuk. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh ais lucu banget sih, buku bantalnya malah buat tidur :D

      Hapus
  4. Malah baru tahu ada buku dengan bahan kain, kudet banget sih. Jaman Yazdan dulu belum tahu kalau ada itu. Sering lihat oatbits di supermarket, belum pernah nyobain, jadi pengen nyobain nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak kita beda masa soalnya mak..hihi..yuk cobain oatbits enak lho mak

      Hapus
  5. Duuuh banyak amat yang review oatbits, aku jadi percaya nih kalo oatbits enaaaakkk. Jadi ngileeeerrrr. Ntar langsung mampir ke minimart terdekat aaaahhhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nitip beliiin juga mak oatbitsnya hahaha

      Hapus
  6. Selamat mb sudah jd juara 3 oatbits

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)