Januari 06, 2016

Tips Kelola Kesehatan Keluarga Dengan Riwayat Alergi

Edit Posted by with 1 comment
Buat saya, kesehatan keluarga itu merupakan hal yang paling utama. Pasti rasanya sedih bangetkan kalau ada anggota keluarga kita yang sakit? Makanya saya selalu berusaha menjaga keluarga saya agar selalu dalam kondisi sehat dengan cara menerapkan pola konsumsi makanan yang sehat, menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di rumah termasuk hygiene pribadi seluruh anggota keluarga. Alhamdulilah, sejauh ini kami sekeluarga masih dikaruniai sehat lahir batin. Namun ada satu masalah terkait kesehatan yang paling sering dialami oleh keluarga saya yaitu masalah alergi. 


Like Father, Like Son
Anak saya Tayo punya alergi yang cukup mengganggu. Riwayat alergi ini didapatkan dari papanya. Alerginya seputar masalah kulit dan pernafasan. Tayo dan papanya sama-sama sensitif debu. Kena debu sedikit saja pasti hidungnya langsung meler dan bersin-bersin. Tayo malah lebih parah lagi alerginya. Debu dan udara dingin tidak hanya bikin dia bersin-bersin, tapi kulitnya juga jadi gatal dan merah-merah. Plus masih ada bonus lagi buat Tayo yaitu alergi detergen dan pengharum pakaian. Kalau sampai kena bahan ini, kulit Tayo bakal jadi kering banget dan mengelupas cukup parah. Kata dokter spesialis kulit yang pernah saya datangi untuk konsultasi, dikatakan bahwa Tayo menderita dermatitis atopik. Penyakit ini biasanya memang disebabkan karena faktor keturunan. Yang namanya faktor genetik memang sulit dihindari dan agak susah disembuhkan. Hal yang paling bisa dilakukan adalah meminimalisir paparan faktor alergen kepada penderita. Sebagai ibu saya memang harus jeli dalam mengidentifikasi faktor apa saja yang bikin alergi Tayo kambuh. Memang agak repot juga sih, tapi demi untuk kesehatan dan kenyamanan anak apapun akan saya lakukan. Mulai dari masalah debu yang sebenarnya memang susah dihindari. Hal utama yang saya lakukan adalah rajin menjaga kebersihan lingkungan rumah. Mulai dari nyapu, ngepel, mengganti sprei, sarung bantal, selimut, harus rutin dilakukan. Urusan nyapu dan ngepel jelas harus tiap hari, sementara mengganti sprei, sarung bantal dan selimut tiap 2 minggu sekali. Memang capek sih, tapi harus dilakukan. Kalo Tayo mulai bersin-bersin dan pilek parah, langsung deh saya kerja bakti.

Baju yang dipakai Tayo pun nggak boleh dicuci pakai deterjen biasa. Nyetrika juga nggak boleh pakai pewangi. Khusus bajunya Tayo saya cuci pakai deterjen khusus buat nyuci baju bayi yang formulanya lebih lembut. Saat mandipun Tayo juga harus pakai sabun baby walaupun umurnya sekarang udah 6 tahun. Habis mandi ada lotion khusus yang harus dioleskan ke kulitnya untuk perawatan sehari-hari. Dulu dokter meresepkan lotion atopiclair. Tapi karena lotion ini susah banget didapatkan sekarang diganti dengan lotion Noroid.

lotion untuk perawatan kulit Tayo

Saya memang berusaha banget untuk menjaga agar alerginya Tayo nggak kambuh-kambuhan. Karena menurut dokter kalau ini nggak di jaga bener-bener, alergi ini bisa berkembang jadi asma. Duh..saya nggak mau dong, kalau Tayo sampai kena asma. Baru kambuh alergi di kulitnya aja saya ngeliatnya udah nggak tega apalagi kalau sampai kena asma. 

Pengalaman saya saat alergi kulit Tayo kambuh, rasanya sampai nggak bisa tidur. Karena Tayo jadi rewel merasakan gatal dan perih di bagian dada, perut, telapak tangan dan kakinya. Kulitnya tampak memerah dan melepuh. Kalo sudah begitu, langsung saya bawa Tayo untuk periksa ke dokter kulit langganan. Lalu dokter akan membuatkan resep salep racikan untuk mengatasi alergi kulit Tayo. Resep ini biasanya saya simpan copinya, untuk jaga-jaga apabila suatu saat alerginya kambuh lagi dan salepnya habis. Tapi masalahnya memang tidak semua apotik bisa menyediakannya. Suami saya pernah berkeliling hingga 5 apotik hanya untuk menebus resep alergi untuk Tayo. Belum lagi lotion khusus untuk perawatan kulitnya, udah harganya mahal, susah pula dapetinnya.


Untungnya sekarang ada ProSehat. Swalayan kesehatan online yang khusus menyediakan produk kesehatan seperti multivitamin dan obat-obatan bahkan bisa melayani tebus resep secara online juga. Layanan ini juga bisa diakses melalui aplikasi smartphone, sehingga jadi makin mudah dan praktis jika kita ingin belanja atau tebus resep di prosehat. Saya sudah mencoba belanja multivitamin via prosehat. Pada transaksi yang pertama ini, saya membeli ASI fit dan CDR. Niatnya ASI fit ini mau saya gunakan untuk multivitamin saat menyusui nanti, karena bulan depan saya akan melahirkan anak saya yang kedua. Semoga dengan konsumsi ASI fit nanti produksi ASI saya juga bisa makin lancar dan berlimpah. Lalu untuk pesanan CDR rencana mau saya berikan untuk suami saya untuk menjaga daya tahan tubuhnya sehari-hari.


Di ProSehat kita juga bisa lho..membeli produk-produk kesehatan anak seperti popok, susu 1+ (kaleng, dus, dan UHT) suplemen anak dan paket vaksin/imunisasi. Nah..berhubung bulan depan saya mau lahiran maka sekalian saja saya beli diapers untuk stok persediaan bayi saya nanti, mumpung lagi ada diskon juga di ProSehat.

Ternyata belanja di ProSehat itu layanannya memuaskan. Respon dari csnya juga cepat. Setelah saya melakukan pemesanan, saya langsung dihubungi pihak cs prosehat untuk konfirmasi pembayaran. Sebenarnya pembayaran ini bisa dilakukan secara transfer dan COD. Namun bagi pelanggan yang berdomisili di luar jakarta ternyata belum bisa bayar via COD, harus lewat transfer. Kemarin usai saya transfer, respon pengirimannya juga cepet banget lho. Saya transfer senin pagi, eh besoknya pesanan saya udah sampai rumah. Ini dia barang-barang pesanan saya di ProSehat.

Multivitamin pesanan saya di Prosehat


Persediaan popok buat adek bayi

Selain menjual multivitamin dan obat-obatan lainnya, prosehat juga menyediakan obat-obatan dalam bentuk paket. Salah satunya adalah paket P3K khusus untuk liburan anak. Ini penting banget dan praktis untuk dibawa saat kita hedak bepergian atau liburan dengan mengajak anak. Isinya juga bermacam obat emergency khusus anak yang aman tentunya seperti paracetamol untuk obat penurun panas, bethadine untuk obat luka, Oralit untuk pertolongan pertama saat anak diare dan lain sebagainya.

Paket P3K Liburan Anak dari Prosehat 

Buat keluarga yang memiliki anak dengan riwayat alergi seperti saya, keberadaan prosehat ini memang bisa lebih membantu. Kenapa bisa lebih membantu? Karena obat alergi kulit yang biasa diresepkan oleh dokter spesialis kulitnya Tayo itu memang mencarinya agak susah. Tidak semua apotik menyediakan. Jadi terkadang suami saya sampai harus muter-muter keliling kota demi mencari apotik yang menyediakan obat yang dibutuhkan. Namun dengan adanya prosehat, kita hanya tinggal mengirim foto resep dan mengirimkannya ke prosehat, lalu prosehat akan berusaha untuk menyediakan obat yang kita butuhkan dan mengirimkannya ke alamat rumah kita. Praktis dan lebih hemat waktu bukan?

Aplikasi Prosehat di Smartphone Saya

Oiya berdasarkan pengalaman mengelola kesehatan keluarga dengan riwayat alergi yang sudah saya alami sendiri, saya juga ingin berbagi sedikit tips untuk meminimalisir agar alergi pada anak tidak mudah kambuh yaitu dengan cara:
  1. Kenali dengan jelas apa saja alergen yang bisa memacu terjadinya reaksi alergi pada anak. Daripada menduga-duga akan lebih jelas jika anak atau anggota keluarga yang alergi menjalani tes alergi supaya lebih jelas faktor apa saja yang bisa menjadi pemicu terjadinya alergi.
  2. Hindarkan anak dari paparan alergen tersebut. Beritahu juga pihak sekolah dan keluarga besar seperti kakek dan nenek tentang alergi yang diderita anak kita. Supaya kita juga nggak kecolongan saat anak sedang di sekolah atau sedang berada dirumah kakek neneknya.
  3. Sediakan selalu obat alergi yang dibutuhkan karena yang namanya alergi itu kambuhnya bisa kapan saja dan tidak bisa diduga.
  4. Pastikan Aplikasi Android ProSehat juga sudah terinstal di smartphone kita karena aplikasi ini penting untuk membantu kita mempermudah mencari obat yang dibutuhkan.
  5. Perbanyak konsumsi buah dan sayur pada anak untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuhnya juga bisa lebih kuat menangkal reaksi alergi.

Itulah beberapa tips yang bisa saya share, semoga bermanfaat ya.


Reactions:

1 komentar:

  1. Wah anakku juga alergi. Pernah tengah malam jam12 tiba2 wajah dan perutnya bentol2 merah semua.matanya juga bengkak, telinga merah. Padahal makanan yg saya curigai jd penyebab dimakannya pas magrib, jadi 6 jam kemudian baru bereaksi. Krn stok obat antialergi dirumah lg ga ada, akhirnya jam12 malam ke apotek trdekat, untung ada org rumah yg bisa nyariin, ga kebayang kalp dirumaj berdua doank, jelas membantu banget ya delivery servisnya

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)