November 12, 2015

Mudahnya Belanja via Aplikasi Bukalapak

Edit Posted by with 16 comments

Menjelang hari ulang tahun anak saya yang ke-6, saya sempat dibuat pusing tujuh keliling. Masalahnya anak saya minta dibuatkan kue tart ulang tahun berbentuk lego. Tahun - tahun sebelumnya dia nggak pernah punya permintaan macam - macam seperti itu. Dibeliin Blackforest aja udah seneng. Mungkin karena sekarang dia sudah tambah besar, jadi makin banyak saja kemauannya.

Sebagai ibu saya sih pengennya bisa memenuhi permintaannya tersebut. Tapi setelah tanya ke toko kue langganan, ternyata harga kue tart ulang tahun bentuk lego ini cukup mahal juga. Lalu saya putuskan untuk coba bikin sendiri. Namun bukan dalam bentuk kue tart melainkan puding ulang tahun berbentuk lego.

Bumil Tetap Semangat Diklat
Ide itu muncul saat saya sedang mengikuti diklat di kota Semarang. Tiba-tiba saja terpikirkan begitu saja. Iya..kalau cuma bikin puding saya sih bisa, karena memang jauh lebih mudah ketimbang bikin kue tart. Cuma masalahnya saya nggak punya cetakan puding berbentuk lego. Kira-kira dimana ya saya bisa membelinya? Tadinya saya berencana untuk mencoba mencari di toko bahan kue yang ada di Semarang, tapi saya juga kurang familiar dengan kota ini. Apalagi kondisi saya juga sedang hamil besar. Duh..kebayang capeknya jalan - jalan sendiri di kota yang kurang begitu saya kenal. Sementara kalau menunggu waktu pulang ke Jogja, waktunya sudah mepet banget karena tugas saya untuk mengikuti diklat di Semarang juga masih cukup lama. Saat waktu pulang ke Jogja tiba nanti, saya cuma punya waktu beberapa hari saja untuk mempersiapkan ulang tahun anak saya. Jadi kapan saya sempat cari cetakan puding bentuk lego?

Untungnya saat ini sudah jamannya belanja online. Mau beli barang apa saja bisa dengan mudah kita lakukan dengan cara belanja online. Saat ini jumlah toko online juga semakin banyak. Tapi tidak semua toko online yang ada bisa menjamin untuk memberi pelayanan dengan baik dan bebas penipuan. Makanya saya juga selektif banget kalau memilih situs belanja online. 


Situs favorit saya untuk belanja online adalah Bukalapak. Belanja disini tuh benar-benar nyaman, aman, dan mudah banget. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi Bukalapak yang bisa di download dari smartphone melaui link download Android atau link download iOS. Dengan menggunakan aplikasi ini proses belanja jadi terasa makin praktis. Semua bisa dilakukan hanya dengan modal ujung jari saja.


Aplikasi BL di Smartphone saya

Kemarin pas saya belanja cetakan puding bentuk lego, saya cukup melakukannya sambil istirahat leyeh-leyeh di kamar. Buat ibu hamil gendut yang so cute kayak saya gini, duduk berlama-lama di depan laptop itu cukup menyiksa karena bikin punggung jadi pegel. Namun dengan menggunakan aplikasi Bukalapak yang sudah terinstal di smartphone, saya bisa dengan nyaman pilih-pilih barang sambil tiduran dan nggak perlu lagi berlama-lama duduk sambil mantengin laptop. Di Bukalapak ada banyak sekali pedagang yang menawarkan berbagai macam bentuk cetakan puding berbahan silikon food grade. Dengan mengetik kata kunci di bagian pencarian maka berbagai pilihan jenis barang yang kita inginkan akan langsung ditampilkan.


cari barang lebih cepat dengan mengetik kata kunci


Ini barang belanjaan saya via aplikasi Bukalapak


Setelah ketemu sama barang yang saya cari, maka saya tinggal klik Beli, selanjutnya klik Bayar Transaksi Ini. Setelah proses selesai saya langsung menerima email Tagihan dan Petunjuk Pembayaran dari Bukalapak yang harus saya tindak lanjuti dengan mentransfer uang sesuai dengan jumlah yang tertera dalam email tagihan. Berhubung lokasi gedung tempat saya menginap tetanggaan sama Bank Mandiri, maka saat itu juga saya langsung aja jalan kaki ke Bank Mandiri untuk segera melakukan proses transfer ke rekening Bukalapak.com.


Gedung tempat saya menginap bersebelahan dengan Bank Mandiri,
transfer via ATM cukup jalan kaki saja

Sesudah transfer, saya tinggal menunggu saja barang dikirim ke alamat rumah saya di Jogja. Gampang bangetkan?


Tips :

Jika kita berbelanja di Bukalapak dan ingin membeli beberapa jenis barang sebaiknya pilih pelapak yang menjual semua barang yang kita cari. Ini untuk lebih menghemat ongkos kirim barang. Karena jika belanja pada satu pelapak, ongkos kirim yang dikenakan bukan ongkir per barang melainkan ongkir per kilo. Namun jika kita belanja di pelapak yang berbeda-beda maka ongkos kirimnya juga akan dikenakan sesuai tarif dari masing-masing pelapak. Contohnya nih saat saya belanja cetakan puding kemarin, saya membeli beberapa jenis cetakan pada satu pedagang besar yang memiliki barang dagangan cukup lengkap. Sehingga ongkir yang dikenakan juga lebih hemat.

Belanja via aplikasi Bukalapak ini beneran mudah banget, nggak pakai ribet. Buat yang belum pernah nyoba, recommended banget nih buat dicoba. Hanya cukup dengan 3 Langkah Mudah yaitu :




  1. Instal dulu aplikasi Bukalapak via Smartphone
  2. Lakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi data diri pada form yang tersedia
  3. Cari barang belanjaan yang kita butuhkan dan segera lakukan proses pembayaran lalu tinggal tunggu barang pesanan akan segera dikirim ke alamat kita


Asli gampang bangetkan? Selain gampang, barang pesanan kita juga akan langsung dikirim nggak pakai lama. Ini jaminan banget, maksimal 4 hari dari tanggal transaksi jika barang belanjaan kita tidak segera di proses pengirimannya oleh penjual maka uang yang sudah kita transfer akan dikembalikan. Jadi nggak usah khawatir bakalan rugi atau tertipu saat belanja di Bukalapak.


Sistem jual beli di Bukalapak memang dibuat untuk menjamin keamanan transaksi belanja via online. Pembeli dilindungi dengan Payment System yang menjamin uang kembali jika barang tidak dikirim. Saat kita melakukan transfer pembayaran belanja, uang tersebut akan ditampung dulu di rekening Bukalapak sebelum diteruskan kepada penjual. Sehingga saat kita sudah transfer uang kita akan langsung mendapat email pemberitahuan seperti ini :


Jaminan uang kembali Jika Barang tidak di kirim


Di dalam email tersebut disebutkan bahwa Jika sampai waktu yang telah ditentukan pelapak belum juga mengirimkan barang, maka uang yang telah kita transfer akan dikembalikan ke BukaDompet. 

 Apa itu BukaDompet?

BukaDompet adalah sebuah dompet virtual (e-wallet) yang dimiliki setiap pengguna Bukalapak guna menyimpan dana hasil penjualan (remit) dan dana hasil pengembalian (refund) transaksi. Manfaat adanya BukaDompet adalah:
  1. Mempercepat proses pengembalian dana (refund)
  2. Mempercepat transfer dana ke penjual (remit)
  3. Memberikan alternatif metode pembayaran lebih mudah & cepat.
Saya sudah pernah menggunakan fitur BukaDompet ini untuk menerima uang hasil penjualan yang saya lakukan via Bukalapak. Waktu itu saya jual kamera prosumer seharga 3 juta. Setelah barang yang saya jual diterima dengan baik oleh pembeli, maka uang senilai 3 Juta langsung masuk ke fitur BukaDompet. Selanjutnya saya bisa langsung mencairkan uang tersebut ke rekening Bank milik saya. 


History Pencairan Dana Saya Via BukaDompet

Untuk info lebih lengkap tentang penggunaan fitur BukaDompet bisa di lihat di SINI


Dalam setiap transaksi di Bukalapak, penjual juga akan mendapat notifikasi untuk segera memproses pengiriman barang belanjaan kita. Uang yang sudah kita transfer akan diserahkan pada penjual apabila barang belanjaan yang kita pesan sudah sampai ke alamat kita. Pihak Bukalapak juga akan selalu mengabarkan informasi pengiriman barang mulai dari proses pengiriman oleh penjual hingga barang sudah diterima dengan baik oleh pembeli.

Ngomong- ngomong kemarin waktu saya belanja cetakan puding di Bukalapak, barangnya memang cepet banget sampainya. Saat saya masih mengikuti diklat di Semarang, eh barang belanjaan saya malah udah nyampe duluan di Jogja.

Ini barang belanjaan saya di Bukalapak

Alhasil pas saya pulang ke Jogja udah nggak perlu repot lagi cari cetakan puding bentuk lego. Tinggal eksekusi aja. Dan ini dia hasil karya saya, puding ulang tahun bentuk lego untuk ulang tahun anak saya. Wuih..anak saya seneng banget lho dibuatkan puding lego seperti ini, bentuknya menarik trus rasanya juga enak. Saya juga seneng karena dengan bikin puding lego sendiri seperti ini, pengeluaran saya untuk keperluan ulang tahun anak juga jadi lebih hemat. 


Puding Lego untuk Ulang Tahun anak saya

Untung banget deh.. ada aplikasi Bukalapak, mau cari barang belanjaan jenis apa saja semua bisa dengan mudah dilakukan cukup dengan ujung jari saja. Mudah, Praktis dan Nggak Ribet. 



Tulisan ini diikutsertakan dalam BukaLapak Blog Competition : Belanja Gampang Cuma Modal Jari !



Reactions:

16 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya mak emang lucu banget :) anakku suka bgt

      Hapus
  2. wowow, jaminannya kece, duit dikembalikan kalau barang tdk dikirim2, saya suka saya suka, jd pgn nginstal jg ah aitus yg atu ini, tfs ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaminan 100% uang kembali lho mak..hehe tenang deh belanja di BL. Koleksi barangnya jg lengkap

      Hapus
  3. Cetakannya lucu..selamat ulang tahunnn
    aku pernah belanja disini..cepet kok ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mak echa..iya memang cpt bgt nyampenya^^

      Hapus
  4. Wah kereen..jadi keidean bikin puding buat ultah ais..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari ini ais ultah ya...selamat ya ais moga makin pinter. Kalo tayo udah tgl 11 kmrn ^^

      Hapus
  5. Good luck lombanya mak.. Keren banget pudingnya...kreatif (",)d

    BalasHapus
  6. mantab nih Bukalapak, bisa untuk Affiliate?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tanya ke CSnya Bukalapak untuk program affiliatenya mas :)

      Hapus
  7. Wah lucu ya, bagus lagi hasilnya. Belanja di bukalapak memang gampang. Saya juga pakai buka dompet di bukalapak jadi lebih mudah saat pembayarannya. Ditunggu kunjunga baliknya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah berkunjung balik mak..fiturnya Bukalapak memang lain dari yang lain ya mak^^ puas deh belanja di BL

      Hapus
  8. penggemar bukalapak nih ? hehe

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)