Maret 02, 2016

Ibu Menyusui Wajib Sehat dan Bahagia

Edit Posted by with 15 comments
Kalau ditanya tentang hal yang paling bikin saya bahagia saat ini apa, maka akan saya jawab sederhana saja yaitu saya paling bahagia saat melihat bayi mungil saya bisa tidur nyenyak. Sejak melahirkan kira-kira sebulan yang lalu, hidup saya memang jadi berubah total. Hampir seluruh waktu dan tenaga saya tersita untuk fokus mengurus si bebi bala-bala. Ya..itu memang sudah resiko yang harus dihadapi oleh semua ibu dan memang harus siap untuk saya jalani. Apalagi untuk ibu yang menyusui bayinya secara ASI Eksklusif seperti saya, perjuangannya lumayan berat. 

Me and my baby bala bala

Mengurus bayi baru lahir itu memang bukan perkara mudah. Kalo ditanya capek apa enggak?ya sudah pasti capek karena jam tidur sayapun jadi kacau balau. Tiap malam si dedek bayi masih demen ngajak begadang, sementara saat pagi tiba si kakak juga masih butuh dibantu untuk menyiapkan diri berangkat ke sekolah. Sementara saya juga belum memutuskan untuk menggunakan jasa asisten rumah tangga. Maunya selama masih cuti bekerja semua saya urus sendiri bersama suami. Iya..saya memang orangnya rada idealis, sebenarnya sudah ada pengasuh yang siap membantu saya buat ngurus bayi. Tapi masih saya pending dulu, nanti saja mulai masuk kerja bulan April pas cuti saya udah mau habis. Sementara ini biarlah saya "menikmati" dulu masa-masa babymoon saya bersama si dedek. Dan hasilnya adalah badan saya asli capek banget, tapi langsung bahagia tiap kali saya sukses menidurkan bayi mungil saya dengan nyenyak.

Kenapa saya bahagia? Saat bayi saya berhasil bobok nyenyak itu artinya dia sudah merasa nyaman dan kenyang. Dan saat dia bobok nyenyak itu artinya saya juga bisa ikut istirahat. Kadang saya juga ikutan tidur, tapi kadang saya juga memanfaatkannya untuk menikmati me time. Iya lho..ibu menyusui juga butuh me time supaya kewarasan lahir batinnya juga bisa tetap terjaga. Ibu menyusui juga nggak boleh sakit, harus sehat terus karena connecting dengan dedek bayi juga masih kuat banget. Kalau ibu menyusui sampai jatuh sakit maka si dedek juga biasanya bakal ikutan sakit. Kasihan bangetkan? Trus kalau ibu sampai jatuh sakit nggak cuma dedek bayi aja yang jadi rewel, si kakak dan suami tentu juga bakal ikutan repot. Kalo pengalaman saya nih, misal saya sampai sakit maka kondisi rumah bakalan jadi kacau balau. Suami memang masih bisa bantuin tapi tetep aja ada keterbatasan karena dia harus ngapa-ngapain sendiri. Jadi kesimpulannya kesehatan dan kebahagiaan seorang ibu itu juga menentukan kondisi kesehatan dan kebahagiaan seluruh anggota keluarga. So..harus dijaga banget biar saya bisa sehat dan bahagia terus.

Makanya me time itu penting banget buat ibu menyusui. Sebenarnya saya itu pengen banget menikmati me time ke salon. Yaah..sekedar pengen facial, creambath sama body spa..hihihi. Tapi lagi-lagi karena saya adalah ibu yang cukup idealis maka hingga saat ini saya belum bisa pergi kemana-mana. Saya masih kekeuh banget ngikutin saran orang tua untuk nggak pergi jauh-jauh dulu dari rumah sampai dengan 40 hari. Lagi pula stok ASI Perah saya juga belum banyak, jadi kalau saya mau pergi rada jauhan maka dedek bayi harus dibawa juga dong. Padahal umurnya masih bayi muda banget, masih kasihan kalau mau dibawa-bawa jalan-jalan keluar rumah. Jadi yaaa..kebayangkan gimana bosennya saya tiap hari cuma kluthekan di rumah terus, padahal sebelum ada bayi hampir tiap hari saya jalan-jalan..hehehe.. 

Tapi untungnya ada waktu yang bisa saya manfaatkan untuk melakukan aktivitas yang bisa memberi efek membahagiakan dan menyehatkan bagi diri saya saat bayi saya tidur nyenyak. Contohnya adalah dengan jalan-jalan santai pagi hari di sekitar rumah sambil dengerin musik. Lumayan banget lho, meski cuma jalan keliling sekitar rumah selama 15-30 menit aja badan udah keringetan dan lumayan fresh lagi. 

Perlengkapan jalan pagi sambil menikmati me time

Kalau badan udah keringetan maka saya harus segera membersihkan diri. Karena tugas untuk menyusui si dedek bayi sudah menanti. Nggak boleh dong misal badan masih keringatan trus langsung pegang adek bayi atau langsung menyusui. Bahaya..bisa-bisa malah nularin bakteri dan kuman ke tubuh si dedek yang masih sensitif banget. Apalagi jaman sekarang nih..bakteri dan kuman itu peradabannya juga semakin maju. Mereka udah makin canggih aja dalam bermutasi dan menimbulkan berbagai macam jenis penyakit baru. 

Makanya sebagai manusia yang lebih smart, kita nggak boleh kalah canggih sama kuman dan bakteri. Kalau mereka bisa bermutasi, maka kita juga harus bisa lebih meningkatkan perlindungan diri biar bisa kebal melawan berbagai macam kuman penyakit. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati? Upaya  pencegahan ini salah satunya bisa dilakukan dengan menjaga hygiene pribadi. Contoh gampangnya ya seperti saya ini, habis keringetan karena aktivitas jalan-jalan pagi maka saya harus segera mandi pakai lifebuoy clini-shield 10 yang merupakan sabun mandi dengan bentuk sabun shower gel. Mandi pakai sabun ini tuh asli hemat banget, cukup satu tetes aja mampu memberi perlindungan 10 kali lebih efektif dalam melawan kuman penyebab penyakit. Bentuknya yang berupa shower gel konsentrat teksturnya lebih pekat dari sabun cair biasa. Sehingga memungkinkan untuk pemakaian yang cukup 1 tetes saja. Begini cara pakainya, simple banget kok tapi hasilnya jelas lebih dari sekedar simple ya...


Mandi pakai sabun anti kuman ini selain hemat juga bikin badan jadi terasa lebih segar. Karena abis mandi, kulit jadi terasa kesat dan nggak meninggalkan rasa licin seperti kalau kita mandi pakai sabun cair biasa. Aroma wanginya juga seger banget, bisa berfungsi sebagai moodboster pas badan saya lagi capek berat. Sehingga habis mandi tubuh jadi kembali fresh dan siap buat menyusui dan mengurus bayi lagi.


Lifebuoy clini-shield10 ini bentuk kemasannya juga nggak begitu besar sehingga praktis banget kalau mau dibawa bepergian. Bentuknya yang berupa gel konsentrat juga insyaAllah bikin jadi aman nggak bakal tumpah kemana-mana. Suami saya juga suka banget mandi pakai sabun ini. Tiap kali pergi sepedaan sama teman-temannya pasti sabun ini selalu dibawa serta. Eh..si kakak ternyata juga nggak mau kalah. Beberapa hari lalu saat ada kegiatan outbond di sekolah, si kakak juga minta agar Lifebuoy clini-shield10 ini dimasukkan ke dalam tasnya supaya sehabis outbond sama teman-temannya, si kakak bisa langsung mandi pakai sabun favoritnya yang bisa menghasilkan busa berlimpah meski pemakaiannya hanya cukup 1 tetes saja. Istilahnya si kakak sih..bisa mandi salju...hehehe. Saya sendiri juga jadi nggak khawatir melepas si kakak berangkat outbond karena ada Lifebuoy clini-shield10 yang akan melindunginya dari kuman penyakit di luar sana.

Habis main kotor-kotoran saat Outbond bareng teman sekolahnya , si kakak langsung mandi pakai Lifebuoy clini-shield10  

Buat keluarga saya sabun ini memang beneran udah jadi sabun keluarga banget. Mulai dari saya, suami sampai si kakak semuanya suka banget mandi pakai Lifebuoy clini-shield10. Mungkin cuma dedek bayi aja yang belum bisa mandi pakai Lifebuoy clini-shield10 karena mandinya emang masih pakai sabun khusus buat baby. Meski begitu, tapi dekbay udah ikut ngerasain manfaat dari Lifebuoy clini-shield10 ini lho.... yaitu minum ASInya jadi makin nyaman dan makin sehat karena saat minum ASI dia kontak langsung dengan kulit dan tubuh saya. Nah..badan saya yang terjaga kebersihannya dari kuman berkat Lifebuoy clini-shield10 tentu bakal bikin dekbay juga makin terlindungi dari infeksi kuman penyakit. Kalo udah gitu boboknya juga jadi makin nyenyak, saya juga makin bahagia aja ngelihatnya. 

Bahagianya lihat si dedek bisa bobok nyenyak

Iya lho..bahagia itu sederhana saja, sesederhana kala melihat bayi mungil saya bisa tidur nyenyak. Dan rasa bahagia ini efeknya juga menyehatkan tubuh saya. Kalau ibu menyusui sehat dan bahagia insyaAllah produksi ASI juga makin lancar dan program ASI Eksklusif juga bisa berhasil. Tampak sederhana ya...tapi siapa sangka jika kelak hasilnya akan jadi sesuatu yang besar dan luar biasa yaitu dari hal yang sederhana ini kelak bayi mungil saya akan tumbuh jadi generasi yang lebih sehat dan cerdas. 

InsyaAllah ya...Semoga....


Reactions:

15 komentar:

  1. Semoga yaa mbak, sama banget sama Noofa, suka bawa sabun lifebuoy ke sekolahan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah toss dong Tayo samaan kayak noofa :)

      Hapus
  2. gak sabar pengen gendong bayiiii...

    BalasHapus
  3. Belum coba sabunnya, jadi penasaran.

    Bener banget yah Mbak, jd Ibu menyusui itu harus sehat dan happy selalu, pengaruh banget buat ASInya, biar Dedek jg sehat dan kenyang saat nyusu klo stock ASI banyak..

    Dedek bayinya nyenyak yahh bobonya.. sehat slalu yaahh :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin semoga semua sehat selalu ya mak. cobain sabunnya deh mak dijamin langsung suka:D

      Hapus
  4. Sepertinya kenal seragam TKnya, aw sesekolahan sama anakku jangan2. :))) salam kenal yaa mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali mak...wah jangan2 anak kita satu sekolahan nih..hehehe. kok kita ngga pernah ketemu ya kalau ada pertemuan wali murid

      Hapus
    2. Anakku kelas nabi Nuh mbak, FG kemarin saya gak ikut jd gak kenal sama yang lainnya

      Hapus
    3. Anakku kelas nabi Nuh mbak, FG kemarin saya gak ikut jd gak kenal sama yang lainnya

      Hapus
  5. Maaakk, kerenn bangett.. masih sempat olahraga yaa..

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)