Maret 04, 2013

Perjalanan Karir Penulis Amatir

Edit Posted by with 2 comments
Penulis amatir itulah saya. Berawal dari kejenuhan saya dengan pekerjaan rutin di kantor, maka sebagai sarana refreshing dari rutinitas kantor, kegiatan menulis jadi pilihan saya. Sebenarnya saya bukan orang yang pintar menulis, saya hanya hanya senang membaca dan juga senang menghayal. Saya juga bukan orang yang pandai berbicara di muka umum, saya lebih suka menyalurkan ide saya melalui tulisan ketimbang bicara. Berawal dari tahun 2010 saat saya mulai punya anak Tayo, saya bergabung dalam sebuah klub ibu-ibu muda. waktu itu ada kompetisi menulis yang berhadiah sebuah baby carier. Itu awal keisengan saya coba-coba nulis, tak disangka saya jadi pemenang utamanya waktu itu..hihihi..seneng banget dapet baby carier gratisan. Dan dari situ lah kemudian hobi saya menulis mulai berlanjut.
Menulis itu sebenarnya sesuatu hal yang gampang-gampang susah. Dan sayangnya saya bukanlah penulis yang produktif. Kesibukan saya membuat saya sering tidak punya waktu untuk menulis, dan mood yang kadang baik kadang buruk juga jadi penghambat aktivitas menulis saya. Saya pernah mencoba memaksakan diri menulis pada saat sedang tidak ada mood hanya untuk mengejar deadline untuk mengikuti suatu lomba dan hasilnya tulisan saya memang jadi, tapi saat dibaca rasanya datar dan hambar..feelnya nggak dapet, kalo dibaca ngambang...di awang-awang..pokoknya nggak banget deh 

Akhirnya saya pun juga pernah vakum cukup lama dari kegiatan menulis ini, dan bangkit hanya pada saat-saat tertentu yakni saat termotivasi menulis dengan topik yang saya pahami dan saya alami sendiri secara langsung misalnya soal balita, tumbuh kembang, kesehatan dan keluarga. Sebenarnya niat saya menulis itu pengen share pengalaman juga siapa tau bermanfaat untuk orang lain, tapi kemudian kalau ada embel-embel dapat hadiah dengan syarat harus menyertakan sponsor dalam tulisan saya, saya juga tidak menolak..hehehe..siapa sih yang nggak mau dapat hadiah gratis^^ 
kemudian saya pun menang lomba lagi dari lomba nulis yang diadakan produk susu langganan anak saya dan lumayan juga saya dapat hadiah mesin cuci portable dan stok susu cukup banyak waktu itu :)
https://www.facebook.com/notes/untuk-generasi-platinum/pengumuman-pemenang-moms-story-contest-pengalaman-bunda-bersama-si-kecil/205075702853010

Setelah itu kegemaran menulis mulai terabaikan lagi karena saya mulai gila foto. Gara-gara anak saya Tayo lagi lucu-lucunya kalau di foto..duh pokoknya saya jeprat-jepret terus karena seneng motret anak. Sampai saya jadi lupa dan malas untuk nulis lagi. Dan tak terasa anak saya pun mulai besar dan sudah mulai ngeyel dan protes kalo di foto. Di minta senyum udah nggak mau, malah kalau di foto dia jadi suka ngrebut kameranya..hahaha..akhirnya malah jadi rebutan kamera sama anak. Akhirnya ketimbang mengganggu privasi anak yang udah mulai malas di foto saya menghentikan kesukaan saya motretin anak, dan mulai kembali ke dunia tulis menulis lagi. Suatu hari saat saya lagi sedih karena suami saya sempat melupakan ulang tahun saya yang ke-29, saya pun curhat melalui tulisan dan waktu itu kebetulan juga ada kompetisi cerita di balik noda. Curhatan saya lumayan nyambung juga dengan tema kompetisi tersebut dan iseng-iseng curhatan itu saya kirimkan ke panitia. Dan betapa terkejutnya saya saat suatu siang saya dapat telpon bahwa tulisan saya itu terpilih jadi salah satu pemenang dan akan di buat film untuk ditayangkan di global TV dan saya sendiri mendapat reward sebesar 10 juta rupiah. Wah..berasa kejatuhan duit satu truk aja waktu itu..hihihi..alias kaget dan seneng banget.
Sejak itulah kemudian saya mulai termotivasi untuk mulai serius nulis. Sayapun mulai belajar dengan cara mulai rajin membaca lagi. Karena inspirasi menulis itu juga bisa datang dari membaca. Saya juga  mulai belajar dengan membaca tulisan-tulisan para penulis senior dan profesional terutama tentang gaya bahasa mereka. Tapi kayaknya saya tetep aja belum pintar nulis sampai sekarang :(  Akhirnya sayapun memutuskan untuk mengalir aja deh..kalo pas lagi ada mood dan inspirasi ya nulis...tapi kalau pas lagi enggak ada mood ya bener-bener nggak bisa nulis. Dan perlahan-lahan saya pun mulai memenangkan beberapa kompetisi lagi dengan hadiah mulai dari voucher belanja, notebook dan uang tunai jutaan rupiah.




http://blogdetik.com/2013/10/23/inilah-pemenang-lomba-blog-kosmetikhalal/

Alhamdulilah..hadiah yang saya dapatkan bisa bermanfaat buat saya dan keluarga. Suami saya pun juga sangat mendukung saya menulis karena suami juga ikut kecipratan rejekinya..hehehehe..(paling semangat dia kalau diajak belanja pakai voucher menang lomba). Namun ternyata memang benar kebahagiaan seorang penulis itu paling bahagia kalau tulisannya sampai dimuat di media cetak apalagi sampai dibikin buku. Itu juga saya rasakan walaupun tulisan saya cuma baru bisa dimuat di kolom majalah  yang kolomnya cuma kecil dan letaknya sangat nyempil..dan belum pernah jadi head line..hehehehe..:b



Saya masih punya keinginan untuk bisa menulis sebuah buku..tapi entah kapan ya keinginan saya itu bisa terwujud. Belum lama ini saya bergabung dengan sebuah grup ibu-ibu yang doyan nulis juga dan ternyata anggotanya adalah para ibu - ibu hebat yang pada jago nulis bahkan sudah banyak yang bisa mencetak bukunya sendiri. Saya sendiri sampai sekarang masih tetap seorang penulis amatir yang lumayan juga sih tulisan saya ada yang diterbitkan dalam buku kumpulan kisah inspiratif yang ditulis ulang sama mbak Vira Basuki, penulis yang terkenal itu lho..hehehe..lumayan juga ternyata cerita saya juga nggak terlalu banyak di edit sama beliau dan nama saya juga ada tercantum di dalam buku itu walaupun tulisan juga cuma keciiiiiiiiiil..Bukunya juga udah ada lho..dijual di gramedia. cari aja nama saya ada di halaman berapa ya saya juga lupa...hehehehe..tapi lumayan lah...
Hmmm.. not bad lah buat penulis amatir kaya saya, iya nggak? hehehe..maksa ya^^ Tapi suatu hari nanti semoga saya bener-bener bisa mewujudkan impian saya untuk menulis sebuah buku. (ini serius tapi nggak tau kapan kesampaian) ...doakan saya ya teman-teman..amin^^
Reactions:

2 komentar:

  1. emaknya supertayoooo emang superrrrr.... !
    Haish, haiss, makin semangat nulis dan ngeblog gegara baca postingan ini :-)

    BalasHapus
  2. hebat mak.... udah sering juara ya tulisannya. jadi ngiler! saya masih belajar. semoga bisa nyusul kesuksesannya. Semangat terus... Happy Writing

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)