Maret 11, 2013

Bermain Pangkal Cerdas

Edit Posted by with No comments
Umur anak saya Tayo baru 3 tahun tapi cerdasnya sudah luar biasa. Dia sudah bisa menghitung angka dari 1  sampai 30, mengenali huruf abjad A-Z, mengerti arti dari 50 lebih kosakata bahasa inggris, menghafal banyak lagu anak-anak, doa sehari-hari dan beberapa surat pendek dalam Al-Qur’an dan yang paling membanggakan adalah Tayo sudah bisa mengenali semua huruf hijaiyah dan berhasil khatam Iqra Jilid 1 dalam waktu 4 bulan. Sebagai ibu saya sendiri sering dibuat kagum dengan perkembangan kecerdasan Tayo yang begitu pesat, padahal saya tidak pernah memaksa Tayo untuk belajar. Kelebihan yang dimiliki Tayo adalah daya konsentrasinya yang baik serta daya ingatnya yang sangat kuat, sehingga apa yang didengar dan dilihatnya akan dengan mudah untuk dihafal dan dimengerti oleh Tayo.

Daya konsentrasi dan daya ingat yang baik ini tentu saja bisa dimiliki Tayo karena sejak dia masih berada di dalam kandungan saya sudah berusaha untuk mengoptimalkan perkembangan otaknya yaitu dengan mengkonsumi makanan yang bergizi seimbang serta tinggi DHA. Sebab pertumbuhan otak janin sejak dalam kandungan akan memberikan pengaruh yang besar bagi kecerdasaan saat anak besar nanti. Sehingga sejak saya hamil saya sudah mengkonsumi sevenseas emulsion setiap hari. Sevenseas Emulsion memiliki kandungan DHA yang tinggi yang sangat bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak janin saya.

Setelah Tayo lahir saya juga rajin memberikan stimulasi untuk menstimulasi kecerdasan anak dengan cara mengajaknya bermain dengan menggunakan alat permainan edukatif (APE). Stimulasi ini sangat bermanfaat untuk merangsang perkembangan otak Tayo sehingga setelah Tayo besar dia bisa memiliki daya ingat dan daya konsentrasi anak yang baik. Tentu saja pemilihan APE serta stimulasi yang saya berikan harus sesuai dengan tahapan umur Tayo. Sayapun menuliskan catatan stimulasi yang saya berikan pada tayo dalam sebuah catatan sebagai berikut :

Umur 0-6 Bulan

Saya letakkan mainan gantung berwarna-warni & ada musiknya di  atas box bayinya sehingga bisa menstimulasi Tayo untuk belajar mengamati benda, warna, pergerakan benda serta mendengarkan irama musik yang tenang. Selain itu saya juga sering mengajaknya bermain cilukba untuk merangsang kemampuan Tayo berkomunikasi.


Umur 6-12 bulan

Saya membelikan Tayo cloth book yang bergambar menarik dan berwarna-warni. Saya sering mengajaknya bermain dengan clothbook sambil membacakan buku untuknya. Mengenalkan jenis warna dan binatang serta mengajaknya bercerita. Tayo sangat suka dan senang memperhatikan gambar-gambar yang ada di clothbooknya. Dia juga mulai suka menggigit maka saya juga membelikannya clothbook yang dilengkapi dengan theeter sehingga Tayo juga bisa mengigiti theeter tersebut untuk merangsang pertumbuhan giginya.


Umur 12 - 18 bulan

Saya mulai memperkenalkan permainan alat musik untuk merangsang kecerdasannya. Dengan bermain alat musik tayo bisa belajar mengenal nada. Permainan ini juga bisa merangsang perkembangan motorik halusnya seperti memegang alat musik, memukul alat musik dan lain sebagainya.



Umur 18 - 24 bulan


Pada usia ini Tayo sudah bisa memainkan banyak permainan, namun saya lebih sering mengajaknya bermain susun balok, atau mengajaknya membaca buku yang bergambar menarik seperti buku tentang macam-macam alat transportasi kegemarannya. Kegiatan membaca buku dan menyusun balok bersama juga bisa melatih daya konsentrasi anak serta menambah kosakata anak



Umur 24 - 36 bulan

Pada umur 2 tahun Tayo jadi anak yang sangat gemar dengan buku bacaaan. Sehingga saya pun lebih sering mengajaknya bercerita atau mengajaknya bermain tebak gambar dengan buku. Saya membelikan tayo berbagai macam buku dengan gambar-gambar yang menarik sehingga Tayo sangat senang dan betah jika di ajak melihat -lihat dan bercerita dengan menggunakan buku.

Saat umurnya genap 3 tahun kecerdasan tayo semakin menonjol. Sering tiba-tiba dia menunjukkan kejutan-kejutan kecil bagi kami seperti tiba-tiba dia bisa mengeja huruf namanya sendiri dengan berkata, " ma..kalo T-A-Y-O itu dibaca Tayo" padahal saya tidak pernah mengajarinya belajar membaca. Saya hanya sering membacakan tulisan untuk tayo tapi ternyata dia menyerapnya dengan cepat sehingga dia sudah bisa membaca beberapa kata. Tayo juga sudah pintar mengoperasikan gadget milik papanya, suatu hari kami pernah dibuat terkejut karena Tayo ternyata bisa mendownload game dan menginstal game tersebut dalam Tab milik papanya. itu hanya karena Tayo sering mengamati kegiatan papanya saat menginstal game edukatif di Tab untuk bermain Tayo. Di umurnya yang 3 tahun ini Tayo juga mulai sering mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang membuat saya dan papanya harus mulai rajin belajar lagi, seperti saat Tayo bertanya tentang istilah bahasa inggris pada kami yang dilihatnya di televisi. Atau menanyakan arti dari doa berbahasa arab yang sering dia dengar saat kami mengajaknya ke masjid. Walaupun kami sering dibuat bingung tapi kami bangga memiliki anak yang cerdas seperti Tayo. 
Untuk mendukung kecerdasan Tayo saya juga memberikan sevenseas emulsion setiap hari untuk Tayo. Sevenseas emulsion memang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga anak-anak. Kandungan DHAnya yang tinggi sangat membantu dalam mengoptimalkan daya konsentrasi anak dalam masa emas tumbuh kembangnya seperti Tayo anak saya. DHA berfungsi untuk mengoptimalkan hubungan dan komunikasi  antara sel saraf otak dengan sel saraf otak lainnya, sehingga terjadi komunikasi yang efektif antar sel-sel saraf otak. Semakin banyak stimulasi yang diberikan pada anak maka akan semakin banyak pula komunikasi yang terjadi di antara sel-sel saraf otak. Kegiatan bermain bersama anak adalah kegiatan stimulasi yang sangat bermanfaat bagi anak, sehingga saya pun selalu berusaha  memilihkan permainan yang memberikan manfaat besar bagi perkembangan kecerdasan anak saya. Karena bagi anak saya bermain itu adalah pangkal kecerdasan.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)