Agustus 28, 2016

3 Alasan Kenapa Harus Berkunjung Ke Sam Po Kong

Edit Posted by with 4 comments
Di kota Semarang terdapat tempat wisata unik bernama Sam Poo Kong. Ini merupakan kuil yang dibangun pada tahun 1724 dengan tujuan untuk memuja atau berterima kasih kepada Laksamana Zheng He atau Sam Po Tay Djien. 

Kuil Sam Po Kong
Menurut cerita, pada awal abad ke-15 Laksamana Zheng He yang berasal dari Tiongkok sedang mengadakan pelayaran menyusuri pantai laut Jawa dan sampai pada sebuah semenanjung. Karena ada awak kapal yang sakit, ia memerintahkan mendarat dengan menyusuri sebuah sungai yang sekarang dikenal dengan nama sungai Kaligarang. Kemudian Ia mendarat disebuah desa bernama Simongan. Ditempat ini Laksamana Zheng He memutuskan untuk berlindung di sebuah Goa dan mendirikan sebuah masjid di tepi pantai yang sekarang telah berubah fungsi menjadi kelenteng. Zeng He memutuskan menetap untuk sementara waktu ditempat tersebut. Sedangkan awak kapalnya yang sakit dirawat dan diberi obat dari ramuan dedaunan yang ada disekitar tempat ini. Konon, setelah Zheng He meninggalkan tempat tersebut karena ia harus melanjutkan pelayarannya, banyak awak kapalnya yang tinggal di desa Simongan dan menikah dengan penduduk setempat. Mereka bersawah dan berladang di tempat itu. Zheng He juga sempat memberikan pelajaran bercocok-tanam serta menyebarkan ajaran-ajaran Islam.

Sepeninggal Zheng He, warga setempat kemudian membangun kuil sebagai wujud penghormatan kepadanya. Meski laksamana Zheng He adalah seorang muslim, tetapi oleh penduduk setempat ia dianggap sebagai dewa. Hal ini dapat dimaklumi mengingat agama Kong Hu Cu atau Tau menganggap orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan kepada mereka.

Saat ini kuil tersebut telah menjelma menjadi tempat ibadah dan ziarah sekaligus tempat wisata yang unik dan menarik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke semarang. Ada 3 Alasan kenapa Kuil Sam Po Kong ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat kita singgah di kota Semarang yaitu :

1. Tempat Wisata Yang Murah Meriah
Bagi pengunjung yang ingin berziarah atau beribadah ke kuil Sam Po Kong ini maka tiket masuknya gratis, namun jika hanya sekedar berwisata saja maka akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang. Di dalam kuil para wisatawan dapat menikmati keindahan dan kemegahan bangunan kuil yang bergaya Tiongkok ini. Jika hendak bersantai sambil duduk-duduk juga disediakan tempat untuk kongkow yang sangat sejuk dan teduh dibawah pohon yang rindang. Di kuil juga disediakan mushola bagi para umat muslim yang hendak menunaikan ibadah sholat. Selain itu, dengan mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong ini juga bisa dijadikan sarana edukasi sejarah yang menyenangkan khususnya jika kita mengajak anak-anak.

2. Bisa Berfoto Ala Tiongkok
Saat memasuki kuil Sam Po Kong, kita akan disuguhkan pemandangan bak sedang berada di negeri Tiongkok. Sehingga suasana ini sangat bisa dimanfaatkan untuk berfoto ala-ala turis sedang liburan ke negri Tiongkok. Supaya hasil foto kita jadi lebih dramatis maka kita juga bisa lho menyewa kostum bangsawan Tiongkok yang memang disediakan untuk berfoto. Kostumnya tersedia mulai dari ukuran baju untuk anak hingga dewasa. Biaya berfoto dengan menggunakan kostum gaya Tiongkok ini sekitar Rp. 200.000,-

3. Lokasinya Tidak Jauh dari Pusat Kota
Kuil Sam Po Kong terletak di daerah Jl. Simongan Raya No.129 Semarang. Lokasi ini tidak begitu jauh dari pusat kota Semarang yaitu Simpang Lima. Sehingga jika kita sedang singgah ke kota Semarang dan hendak berkunjung ke kuil Sam Po Kong maka akan lebih nyaman jika kita menginap di Hotel Ciputra Semarang. 
Hotel Ciputra Semarang
Jarak tempuh dari Hotel menuju kuil Sam Po Kong hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja. Hotel ini merupakan hotel dengan fasilitas bintang lima dengan kualitas pelayanan yang super serta memiliki berbagai fasilitas unggulan yang membuat momen menginap disini akan menjadi sebuah pengalaman yang luar biasa. Jika tertarik menginap di hotel ini bisa pesan sekarang juga karena sedang ada banyak promo khusus yang ditawarkan seperti harga kamar yang spesial. Eniwei,  jika kita menginap di hotel ciputra semarang selain lebih dekat menuju ke kuil Sam Po Kong, maka kita juga akan mendapatkan view suasana simpang lima yang sangat menarik. Akses menuju berbagai tempat wisata lain di kota semarang juga sangat mudah jika ditempuh dari hotel ini. 

Reactions:

4 komentar:

  1. Selalu terlewat ke sam po kong kalau ke Semarang. Pdhl aku pernah juga tinggal di Semarang 2 tahun. Kudu dijadwalin khusus nih.

    BalasHapus
  2. Kalau ada ksmpatan boleh lah brkunjung ke kuil sam poo kong, krna sdra sy jga ada d Semarang

    BalasHapus
  3. kemarin mau kesini malah gagal, gegara salah arah hahaha..tapi gpp next di mulai lagi :)

    Salam :)
    dsukmana.wordpress.com

    BalasHapus
  4. Aduh, jadi pengin banget ke sini. Dulu mau ke sini tapi enggak kesampean. >.<

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)