Mewujudkan Impian Dengan MOXA Super App Andal Dari Astra Financial

by - September 10, 2021



Setiap orang pasti mempunyai impian dalam hidup yang ingin dicapai seperti menikah, memiliki rumah sendiri, mempunyai kendaraan pribadi, bisa menunaikan ibadah haji, menyekolahkan anak sampai jenjang pendidikan tinggi, punya tabungan di hari tua hingga memiliki usaha sendiri dan membuka lapangan kerja untuk orang lain.

Demi mencapai impian tersebut tentu butuh uang untuk mewujudkannya. Namun tidak serta merta uang dalam jumlah besar selalu dapat tersedia dengan mudah. Apalagi bagi karyawan dengan penghasilan pas-pasan seperti saya. Sehinga dibutuhkan perencanaan keuangan yang dapat digunakan sebagai pedoman sekaligus "alat" untuk dapat memenuhi kebutuhan keuangan di masa depan.


Bicara soal perencanaan keuangan, akan lebih baik jika hal ini dimulai dengan menetapkan tujuan yang jelas. Misalnya ingin membeli rumah dalam jangka waktu 5 tahun ke depan atau ingin membeli mobil dalam 3 tahun kedepan. Sehingga kita bisa menghitung kira-kira berapa dana yang harus dialokasikan untuk tabungan per bulan demi mewujudkan impian tersebut.

Merencanakan keuangan dapat diwujudkan dengan cara menabung atau berinvestasi. Keduanya merupakan dua hal yang berbeda. Menabung artinya menyimpan uang untuk kebutuhan jangka pendek yang dapat diambil atau dicairkan sewaktu-waktu, sedangkan investasi merupakan proses mengembangkan uang untuk tujuan jangka panjang misalnya untuk 10 - 20 tahun kedepan. Tingkat resiko keduanya juga berbeda. Menabung karena bersifat jangka pendek memiliki resiko yang lebih rendah jika dibandingkan dengan investasi. Namun ada pula jenis investasi yang resikonya kecil yaitu emas dan reksadana, tidak seperti saham yang memiliki resiko fluktuatif.

Bagi sebagian orang menabung mungkin bisa jadi dianggap sebagai hal yang sulit. Hal ini karena uang gaji yang diterima setiap bulan sudah habis dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga tidak ada uang yang tersisa untuk menabung. Padahal menabung sebenarnya bukan tentang berapa besar uang yang disisihkan, namun tentang konsistensi serta kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus.

Saat pertama kali menerima gaji seharusnya hal pertama yang dilakukan adalah menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung. Menurut para pakar idealnya kita mampu menyisihkan sekitar 10 - 15 % dari gaji untuk alokasi tabungan. Adapula pakar yang menyarankan jika belum mampu menyisihkan sebesar itu maka bisa dimulai dari 2% dari gaji namun setiap bulan prosentasenya selalu ditingkatkan hingga dapat mencapai 20% dari gaji.

Sebaiknya pisahkan antara rekening tabungan dengan rekening untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini supaya kita tidak tergoda menggunakan uang tabungan kita untuk membeli barang konsumsi. Tabungan yang kita sisihkan setiap bulan harus punya tujuan yang jelas seperti untuk membeli gadget atau membeli kendaraan. Sehingga kita akan semakin semangat menabung dan tidak tergoda menggunakannya untuk hal-hal yang diluar tujuan menabung.


Selain menabung, hal yang tidak kalah penting dilakukan demi merencanakan masa depan adalah berinvestasi. Investasi ini sifatnya jangka panjang sehingga akan lebih cocok jika tujuan investasi ini adalah untuk kebutuhan jangka panjang misalnya untuk tabungan pensiun di hari tua nanti. Setelah menentukan tujuan investasi, selanjutnya kita perlu menyiapkan modal. Kita bisa menggunakan sebagian tabungan kita untuk modal investasi, karena investasi ini dapat lebih mengembangkan dana yang kita miliki. 

Ada banyak pilihan jenis investasi yang bisa dipilih seperti reksadana, deposito, saham, obligasi, properti, emas dan logam mulia. Masing-masing jenis investasi tersebut memiliki karakter dan resiko yang berbeda-beda, sehingga sebelum menjatuhkan pilihan kita harus memahami terlebih dulu masing-masing karakter serta resiko instrumen investasi tersebut. 

Terakhir yang tak kalah penting dalam perencanaan keuangan adalah asuransi. Dengan memiliki asuransi maka kita sudah memproteksi kesehatan financial kita untuk antisipasi terhadap musibah yang tidak diinginkan. Misalnya tiba-tiba jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Dengan memiliki asuransi maka saat resiko semacam itu terjadi, kita tidak perlu menggunakan tabungan atau investasi yang kita miliki untuk biaya pengobatan dan perawatan. Apa yang sudah kita rencanakan tidak menjadi berantakan lantaran musibah yang terjadi. Semua aman.

Mewujudkan impian dengan MOXA Super App Andal dari Astra Financial

Nah...sekarang waktunya untuk segera take action. Menabung serta memiliki proteksi diri jangan hanya sekedar menjadi rencana atau mimpi dalam angan-angan. Tapi harus segera dimulai tanpa harus menunggu waktu lama. Segera buka rekening tabungan sekarang juga dan pisahkan dari rekening yang biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu alokasikan juga budget untuk membeli polis asuransi dalam rangka memproteksi kesehatan financial kita. Namun di masa pandemi seperti sekarang, mungkin kita merasa ragu jika harus pergi ke bank demi membuka rekening baru untuk menabung atau mengunjungi perusahaan asuransi untuk membeli polis. Lalu bagaimana solusinya?

Buka tabungan Permata moxaKu cukup dari rumah saja

Dengan kemajuan teknologi saat ini kita bisa membuka rekening bank tanpa harus pergi ke bank. Hanya dengan menggunakan smartphone, proses administrasi pembukaan rekening bank dapat dilakukan dengan mudah. Salah satunya dengan cara download aplikasi MOXA melalui google play atau app store kemudian pilih menu tabungan permata moxaKu. 

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari membuka tabungan Permata MoxaKu yaitu :
  • Tidak perlu repot pergi ke cabang untuk mengurus administrasi pembukaan rekening
  • Gratis biaya administrasi bulanan
  • Gratis biaya tarik tunai di ATM bank lain
  • Gratis transfer antar bank
  • Cashback sebesar 5% untuk isi bensin di SPBU
  • Bisa tarik tunai gratis di seluruh jaringan Indomaret

Proses pembukaan rekening tabungan Permata moxaKu juga sangat mudah. Kita hanya perlu menyiapkan KTP serta kamera handphone dan membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja. Setelah pembukaan rekening berhasil maka kita akan mendapatkan nomor rekening yang dapat dilihat pada aplikasi Permata Mobile X.

Rekening ini dapat langsung digunakan untuk menabung serta bertransaksi secara online dengan menggunakan kartu digital pada H+1 setelah pembukaan rekening. Digital card ini akan muncul dalam waktu 1 x 24 jam pada Permata Mobile X setelah pengajuan pembukaan rekening disetujui.

Selain kartu digital, kita juga bisa mendapatkan kartu ATM fisik dan PIN atas pembukaan rekening Permata moxaKu yang dapat dikirimkan ke rumah apabila alamat pengiriman masuk ke dalam wilayah pengiriman kurir. Saat Permata moxaKu Debit Card sudah diterima, selanjutnya proses aktivasi dan pembuatan PIN  Permata moxaKu Debit Card fisik dapat dilakukan melalui aplikasi Permata Mobile X.

Proteksi diri dengan berbagai produk asuransi dari Astra Life

Dengan menggunakan MOXA kita bisa memilih berbagai produk asuransi beserta manfaatnya termasuk mengajukan pembelian polis asuransi tanpa harus keluar rumah. Adapun berbagai macam produk yang bisa dipilih meliputi : asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi penyakit kritis, asuransi mobil, asuransi kebakaran dan asuransi Covid - 19. 


Biaya premi yang ditawarkan juga sangat terjangkau, contohnya asuransi jiwa flexi life dari Astra Life dengan premi mulai dari Rp. 12.900/bulan,  asuransi kecelakaan diri Garda me dengan premi mulai dari Rp. 50.000/tahun, Garda Edu dengan premi mulai dari Rp. 100.000/tahun dan Garda me micro dengan premi mulai dari Rp. 10.000/tahun. Lalu ada pula asuransi penyakit kritis dari Astra Life dengan premi mulai dari Rp.28.100/bulan. Tinggal pilih saja mana yang sesuai kebutuhan dan ajukan pembelian polis melalui MOXA.

Wujudkan impian hanya dengan satu aplikasi andal yang super lengkap : MOXA


Menabung dulu, wujudkan impian kemudian

MOXA tak hanya memudahkan kita dalam proses pembukaan rekening tabungan serta pembelian polis asuransi, namun ada berbagai fitur lainnya yang disediakan oleh Astra Financial untuk membantu memudahkan para nasabahnya dalam rangka mewujudkan impian masing-masing seperti membeli mobil baru atau sepeda motor baru hingga mengajukan pinjaman untuk membuka usaha. Berbagai macam layanan tersebut tersedia lengkap di aplikasi andal yang super lengkap yaitu MOXA.


MOXA merupakan aplikasi layanan keuangan digital yang terintegrasi dengan 21 produk yang dimiliki oleh Astra. MOXA dalam bahasa sansekerta berarti kebebasan. Tujuan dari MOXA adalah memberikan kebebasan finansial kepada konsumen di dunia yang borderless dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan. Lalu bagaimana cara mewujudkan impian dengan MOXA ?

Di dalam aplikasi super ini terdapat berbagai macam menu pilihan seperti Tabungan Permata moxaKu, Pinjaman tanpa jaminan, Mobil baru, Sewa Mobil, Motor Baru, Pinjaman dengan jaminan, pembiayaan mobil bekas, Asuransi, Perjalanan Religi, Pembiayaan untuk pembelian gadget, elektronik, furniture dan lain sebagainya. Tinggal pilih saja apa yang kita butuhkan.
 

Menabung memang bisa mewujudkan impian, namun kondisi keuangan seseorang tentu tidak semuanya ideal. Sehingga jangka waktu menabung juga bisa jadi lebih panjang. Contohnya adalah saya sendiri. Beberapa tahun yang lalu, saat menghitung berapa uang yang dapat saya sisihkan perbulan serta jangka waktu yang dibutuhkan untuk menabung demi membeli rumah ternyata saya butuh waktu hingga 10 tahun. Padahal harga rumah terus meningkat. Saya tidak tahu berapa harga rumah pada 10 tahun yang akan datang, yang pasti akan lebih mahal. Maka dari itu akhirnya saya memutuskan untuk membeli rumah dengan bantuan pembiayaan.

Manfaat membeli rumah dengan pembiayaan adalah biaya awal yang dibayarkan lebih ringan, biasanya 30 persen dari harga rumah. Kemudian sisanya bisa dibayar dengan cara cicilan hingga jangka waktu yang disepakati. Secara legal statusnya terjamin dan rumah langsung bisa ditempati tak perlu menunggu hingga 10 tahun lagi. Setelah rumah berhasil terbeli, tentu masih ada tujuan lainnya yang ingin saya capai seperti membeli kendaraan pribadi, menyiapkan dana pendidikan anak dan lain sebagainya. Sehingga perencanaan keuangan harus disusun secara kontinyu baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Bicara soal pembiayaan, saya termasuk orang yang punya pengalaman terbantu oleh pembiayaan dalam mewujudkan impian saya memiliki rumah sendiri. Rumah bisa segera terbeli, tanpa harus mengganggu pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Kini saat ingin mewujudkan impian selanjutnya yaitu membeli mobil baru, saya berencana untuk menggunakan pembiayaan pembelian mobil baru dengan bantuan MOXA.

Melalui aplikasi MOXA saya dapat melakukan survey harga mobil baru beserta cicilan dan jangka waktu kredit mobil tanpa harus pergi kemana-mana. Aplikasi super lengkap ini sangat membantu sekali dalam melakukan survey mobil baru di tengah kondisi pandemi seperti saat ini. Melalui menu mobil baru saya bisa memilih mobil impian saya dan menghitung cicilan mobil serta DP yang bisa saya sesuaikan dengan kemampuan keuangan saya hingga mengajukan kredit mobil baru. 


Saya juga bisa melihat video review mobil yang saya pilih sehingga lebih memahami detail produk. Tak hanya itu saja, jika ingin merasakan langsung experience mengendarai mobil impian maka saya dapat mengajukan test drive melalui aplikasi MOXA. Tidak hanya menawarkan kepraktisan dalam proses survey dan pengajuan pembiayaan mobil baru, MOXA juga menawarkan berbagai promo menarik untuk pembelian mobil baru seperti cicilan mulai 2 jutaan, rate cicilan 0 % dan berbagai promo menarik lainnya.


MOXA  juga memberi kemudahan dalam melakukan pembayaran transaksi kebutuhan sehari-hari yaitu dengan adanya fasilitas dapat terhubung dengan fitur e-money Astrapay. Dengan menggunakan astrapay maka dengan mudah kita bisa melakukan pembayaran angsuran pembiayaan kepada FIFGROUP, ACC, dan TAF serta pembayaran pinjaman kepada Maucash. Selain itu bisa juga melakukan pembelian pulsa, paket data, pembayaran PLN, Telkom, PDAM, langganan TV berbayar, asuransi BPJS dan PBB. Menariknya lagi AstraPay menawarkan promo menarik untuk pembayaran angsuran mobil seperti  Promo TAF yang memberikan cashback Rp.100.000 untuk 100 orang pertama  yang membayar angsuran TAF di AstraPay selama bulan September 2021.

Waah..rasanya hepi banget bisa makin dekat dengan mobil impian setelah melakukan survey dan perhitungan cicilan dengan bantuan MOXA. Tinggal menunggu tabungan cukup untuk membayar DP nya dan saya langsung bisa mengajukan pembelian mobil baru cukup dari rumah saja. 

Eniwei bukan hanya saya yang bisa mewujudkan impian dengan MOXA Super App Andal dari Astra Financial, tapi kamu semua juga bisa. Apapun impian kamu, mau motor baru, gadget baru hingga butuh modal untuk mengembangkan usaha, semuanya bisa loh diwujudkan dengan bantuan MOXA. Mulai dari proses survey, pengajuan pembiayaan atau pinjaman modal hingga pembayaran angsuran bulanan bisa banget dilakukan cukup dari rumah saja, tanpa harus pergi kemana-mana.

Tips perencanaan keuangan

Dengan kemajuan teknologi serta kehadiran MOXA, kini semua orang bisa dengan mudah mewujudkan impiannya. Namun perlu diingat bahwa sebelum mewujudkan impian, kita harus memiliki perencanaan keuangan yang benar-benar matang. Dari hasil berselancar di instagram Astra Financial, saya mendapatkan wawasan bahwa dalam siklus kehidupan yang kita jalani setidaknya ada 4 tahapan yang cukup penting dimana masing-masing memiliki fokus dan tujuan keuangan yang berbeda yaitu : Pertama kali bekerja dan mendapatkan penghasilan, saat baru berkeluarga, sepuluh tahun menjelang pensiun dan saat masuk usia pensiun. Lalu bagaimana sebaiknya kita merencanakan keuangan pada siklus tersebut ?

  1. Pertama kali bekerja dan mendapatkan penghasilan, fokus perencanaan keuangan sebaiknya untuk alokasi dana darurat, dana pembelian rumah, serta investasi untuk dana pensiun. Apabila good money habit terbentuk, maka berbagai tujuan keuangan berpotensi terwujud
  2. Saat baru berkeluarga, tujuan keuangan pembelian rumah merupakan keputusan penting di masa ini. Pastikan kamu memiliki uang muka minimal 30% dari harga beli rumah. Bila belum ada, lakukan investasi untuk mencapai target
  3. Sepuluh tahun menjelang pensiun, usahakan untuk melunasi semua pinjaman yang kamu miliki, agar kelak tidak ada kewajiban bulanan yang memberatkan. Dana darurat sebaiknya diperbanyak. Juga pastikan dirimu sudah tercover asuransi kesehatan dan jiwa.
  4. Saat masuk usia pensiun, sebelum pensiun periksa apakah dana pensiun cukup untuk gaya hidup yang dibutuhkan hingga 30 tahun ke depan. Cek juga produk anuitas seperti asuransi jiwa yang memberikan manfaat pembayaran rutin secara bulanan.
Oke banget nih tipsnya, jika kita bisa merencanakan keuangan dengan bijak sesuai dengan siklus kehidupan yang kita lalui maka kita tidak akan kesulitan dalam mewujudkan impian kita. Sosial media Astra Financial memang top untuk urusan sharing tips dan informasi dalam rangka meningkatkan literasi keuangan masyarakat khususnya generasi milenial. Makanya sering-sering saja kunjungi sosial media berikut supaya makin melek financial :

Website : www.astrafinancial.co.id
Youtube : Astra Financial
Instagram : @Astrafinacial
Facebook : Astra Financial
Twitter : @AstraFinancial

Nah..ngomongin soal tips perencanaan keuangan, saya sendiri juga punya tips yang selama ini sudah berhasil saya terapkan yaitu sebagai berikut :

  • Cek kondisi keuangan secara rutin, yaitu lakukan cek kondisi keuangan secara berkala misalnya berapa besar pendapatan, jumlah tanggungan, kondisi kesehatan dan lain sebagainya. Hal ini karena kondisinya pasti akan selalu dinamis, mulai dari saat masih single, menikah, punya anak, mendapat promosi jabatan hingga kenaikan gaji. Dengan rutin melakukan pengecekan maka kita bisa memperhitungkan kemampuan keuangan yang kita miliki
  • Menyusun tujuan keuangan yang jelas, yaitu menentukan tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang yang harus ditetapkan dengan jelas. Misalnya saat masih single maka tujuan jangka pendeknya adalah menyiapkan dana untuk menikah dan membeli rumah. Kemudian tujuan jangka panjangnya ingin bisa membuka usaha sendiri. Dengan begitu kita bisa fokus dalam mengalokasikan budget yang dimiliki demi mencapai tujuan tersebut. 
  • Mencatat pendapatan serta pengeluaran bulanan, manfaatnya adalah kita bisa mengetahui cashflow keuangan kita setiap bulan. Dari mana saja sumber pendapatan dan berapa besarnya serta untuk apa saja uang tersebut digunakan. Sehingga kita bisa melakukan kontrol serta mengidentifikasi mana pengeluaran yang bersifat prioritas dan mana pengeluaran yang bisa dipangkas.
  • Mengatur alokasi untuk investasi, jika menabung sudah menjadi kebiasaan rutin maka kita akan memiliki modal yang dapat digunakan untuk meningkatkan pendapatan dengan cara berinvestasi. Sebagai pemula lebih baik pilih investasi yang resikonya kecil seperti investasi dalam bentuk emas. 
  • Mengatur alokasi untuk donasi, yaitu merutinkan sedekah minimal 2,5 % dari pendapatan setiap bulan. Rutin berdonasi selain memberi manfaat untuk ketentraman batin, hal ini juga terbukti dapat memberikan kemudahan dalam berbagai urusan kita termasuk urusan financial.

Dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik, maka kita akan lebih mudah dalam mencapai tujuan financial sehingga kehidupan lebih sejahtera dan hidup kita dapat memberikan manfaat untuk orang lain. Perencanaan keuangan yang baik juga memudahkan kita dalam mewujudkan impian tanpa harus mengganggu pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Kini dengan hadirnya MOXA Super App Andal dari Astra Financial, semua bisa mewujudkan impiannya secara praktis, mudah, aman dan tak perlu menunggu waktu lama. Yuk segera download MOXA sekarang.

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)