Menjadi Mahasiswa Produktif Dengan Fossil Gen 5 Smartwatch

by - November 12, 2019


If You Want To Be More Productive, You Need To Become Master Of Your Minutes
Pengalaman bisa melanjutkan kuliah di usia yang tak lagi muda sungguh amat berkesan. Sebagai pejuang beasiswa, keinginan untuk bisa kuliah lagi sudah terpendam cukup lama di dalam hati saya. Beberapa kali mengikuti proses seleksi dan selalu berakhir gagal tak memudarkan mimpi saya untuk terus berusaha mendaftar ikut seleksi lagi. 

Bermimpilah maka kau akan mewujudkannya. Saya terus meyakini mimpi saya bahwa suatu hari saya akan lulus seleksi dan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Mimpi itu akhirnya terwujud di usia saya yang menginjak 36 tahun dan telah mengulang ikut seleksi sebanyak tiga kali. Saya bersyukur akhirnya semesta mendukung saya untuk kembali menjadi mahasiswa lagi.

Perjuangan dimulai. Terpaksa saya harus hijrah dari kota Jogja ke Semarang, karena program beasiswa yang saya pilih kampusnya terletak di Semarang. Di kota semarang ini saya kembali merasakan hidup sebagai anak kos. Beasiswa yang saya dapatkan ini berasal dari pemerintah dimana ada target waktu penyelesaian studi yang harus saya penuhi. Dalam waktu maksimal 18 bulan saya harus bisa menyelesaikan studi S2 saya kemudian setelah itu saya harus kembali mengabdi ke instansi awal yang mengirim saya tugas belajar. 
Saya (nomor 3 dari belakang) menjadi mahasiswa lagi di usia yang tak lagi muda
Ternyata menjalani masa kuliah ini tak semudah yang saya bayangkan. Semester 1 yang harus selesai dalam waktu 3 bulan memaksa saya untuk menjalani ritme kuliah yang full dengan jadwal kuliah tatap muka dan tugas mandiri. Kondisi ini menuntut saya untuk bisa lebih produktif. Tidak ada waktu untuk bermalas-malasan atau menunda-nunda tugas, sehingga saya harus bisa benar-benar memanfaatkan waktu dengan baik.
Disela kesibukan kuliah, tetap harus olahraga
Sayangnya karena kondisi usia yang tak lagi muda, saya mulai terkena penyakit mudah lupa. Padatnya jadwal kuliah serta tugas yang diberikan oleh dosen membuat saya terkadang jadi bingung mau mulai mengerjakan dari mana dan kemudian malah lupa. Makanya saya membutuhkan smartwatch yang bisa mendukung saya menjadi mahasiswa yang produktif.

Smartwatch merupakan jam tangan yang dilengkapi dengan berbagai fitur pintar sehingga bisa mendukung kegiatan sehari-hari. Selain berfungsi menunjang penampilan, wearable device ini juga dapat digunakan sebagai penunjuk arah, berkomunikasi, update berita terkini hingga sebagai fitness tracker. Makanya saya pengen banget punya smartwatch yang bisa membantu aktivitas sehari-hari jadi lebih mudah. Smartwatch impian saya adalah Fossil Gen 5 Smartwatch.

Lalu bagaimana Fossil Gen 5 Smartwatch dapat mendukung saya menjadi mahasiswa produktif?

1. Partner Saat Berolahraga

Mahasiswa bakal lebih rentan sakit jika tidak rajin olah raga. Apalagi mahasiswa yang statusnya sebagai anak kos seperti saya. Jika kondisi tubuh tidak fit maka penyakit seperti flu, demam, batuk akan lebih mudah menyerang. Makanya saya perlu berolahraga secara teratur karena olahraga dapat meningkatkan stamina dan konsentrasi yang dampaknya bisa membuat saya jadi tidak mudah lupa dan lebih produktif. Fossil Gen 5 Smartwatch bisa menjadi partner saya saat berolahraga, karena smartwatch ini punya fitur heart-rate tracking
Fitur heart rate tracking. Sumber gambar : IG urbanicon
Saat sedang dipakai untuk jogging, fitnes atau lari, Fossil Gen 5 Smartwatch dapat mengukur detak jantung secara otomatis. Begitu juga ketika dipakai berenang atau menyelam, smartwatch ini tidak akan rusak karena ia memiliki fitur Swimproof dan dapat bertahan pada kedalaman air hingga 30 meter. Meskipun basah terkena air, jam tangan akan tetap dalam kondisi aman.

2. Personal Assistance Yang Setia

Sebagai mahasiswa saya punya kewajiban untuk banyak membaca setiap hari. Mulai dari membaca artikel hingga jurnal untuk memperkaya wawasan serta mempermudah saya dalam menyusun tesis. Saat sedang membaca jurnal terkadang saya menemukan beberapa istilah yang kurang saya pahami. Untungnya sekarang sudah ada google yang bisa memberikan jawaban atas segala pertanyaan. Fossil Gen 5 Smartwatch memiliki fitur Google Assistance speaker, sehingga saya bisa menggunakannya untuk mencari informasi di google hanya dengan mengucapkan kalimat saja. Tidak perlu membuka laptop atau browsing via smartphone. Fitur OK google ini juga bisa membantu saya melakukan order Grab car, reminder jadwal dan tugas kuliah, hingga translation dan weather information yang sangat berguna dalam mendukung aktivitas saya sehari-hari.
Bisa jadi personal asistance andalan dengan fitur OK google. Sumber gambar : IG urbanicon
Selain itu Fossil Gen 5 Smartwatch juga bisa menjadi penunjuk arah saat saya bepergian menjelajah kota Semarang. Sebagai mahasiswa ilmu lingkungan saya sering mendapat tugas untuk melakukan observasi serta mengambil data ke lapangan. Dengan memanfaatkan google map yang terhubung pada smartwatch dijamin saya nggak akan kesasar saat mencari alamat atau lokasi yang belum pernah saya kunjungi.
Fitur google map yang membantu mobilitas. Sumber gambar : IG urbanicon
Tambahan lagi, adanya teknologi bluetooth yang tersemat pada Fossil Gen 5 Smartwatch sehingga ia bisa memberikan notifikasi jika ada pesan yang masuk ke smartphone hingga menerima panggilan. Jujur saja karena kesibukan sehari-hari, kadang saya tidak tahu jika ada pesan penting atau panggilan masuk ke smartphone karena smartphone lebih sering saya aktifkan pada mode silent.

3. Teman Me Time Yang Tidak Membosankan

Sebagai mahasiswa, ada kalanya saya merasa jenuh dan butuh me time. Me time ini penting untuk kembali membangkitkan semangat sehingga saya bisa kembali produktif. Fossil Gen 5 Smartwach bisa menjadi teman me time yang tidak membosankan. Saya bisa menikmati me time sambil mendengarkan lagu favorit saya di spotify dengan mengandalkan fasilitas mic dan speaker yang terinstal pada smartwatch. Jam tangan cerdas ini juga memiliki fitur smart battery yang menjadikannya tahan lebih lama dan proses pengisian baterai juga lebih cepat dari biasanya. Terdapat empat pilihan mode yang bisa digunakan untuk menghemat energi baterai yaitu daily mode hingga time only. Dengan mengaktifkan salah satu mode tersebut maka jam tangan dapat bertahan hingga beberapa hari.
Teman me time yang nggak membosankan. Sumber gambar : IG Urbanicon
Jika ingin me time sambil berbelanja, Fossil Gen 5 smartwatch juga bisa menjadi alat yang praktis untuk melakukan pembayaran. Hal ini karena Fossil Gen 5 Smartwatch juga sudah didukung oleh Google Pay yang merupakan merek dagang dari google LLC. Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit akan jadi lebih mudah dilakukan berkat smartwatch ini.
Desain modern dan stylish. Sumber gambar : IGurbanicon
Jam tangan ini juga sangat stylish dan berdesain modern. Daya tarik utamanya terletak pada layar AMOLED berukuran 1,28 inci dan diameter 44 mm. Dilengkapi dengan tiga tombol pada sisi kanan untuk keperluan navigasi. Terdapat dua pilihan jenis strap yang tersedia yaitu material silicone dan bracelet. Fossil Gen 5 Smartwatch ini dapat dibeli di Urban Icon dengan harga 5.165.000. Wuhuuuy..kudu nabung dulu nih kalau pengen beli smartwatch keren ini.


Untuk bisa menjadi mahasiswa produktif demi bisa lulus tepat waktu maka saya juga harus mempunyai perencanaan waktu yang matang. Misalnya kapan harus mulai membuat proposal tesis, kapan harus mulai menulis manuscript jurnal, buku apa yang harus saya baca hari ini dan lain sebagainya. Makanya saya perlu menggunakan Fossil Gen 5 Smartwatch yang memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 8GB. Supaya saya bisa mengunduh lebih banyak aplikasi planner yang dapat membantu saya menyusun rencana demi mencapai tujuan agar bisa lulus S2 tepat waktu dan ilmu saya dapat bermanfaat bagi lingkungan serta masyarakat.

Produktivitas bukan hanya tentang melakukan sesuatu dalam waktu yang tercepat. Pada dasarnya produktivitas adalah tentang bagaimana kita bisa mengelola waktu, dan menggunakannya untuk hal yang bermanfaat dan menguntungkan bagi diri sendiri serta orang lain. Waktu merupakan hal yang sangat berharga, sehingga saya ingin menggunakan waktu yang saya miliki dengan bijaksana dan efisien. Fossil Gen 5 Smartwatch merupakan sebuah sarana yang dapat mendukung saya dalam memanfaatkan waktu dengan lebih efisien dan produktif. 

You May Also Like

0 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)