Tips Belanja Aman, Ayo Cek Klik Sebelum Belanja

by - September 20, 2019

Dalam rangka memenuhi kebutuhan sandang dan pangan maka kegiatan belanja pasti rutin dilakukan oleh semua orang khususnya para ibu rumah tangga. Setiap bulan minimal satu kali para ibu akan berbelanja kebutuhan rumah tangga seperti bahan makanan, sabun, pasta gigi, detergen dan lain sebagainya. Iya...belanja memang tidak bisa dipisahkan dari keseharian para ibu. Sebagai ratu rumah tangga para ibu jugalah yang biasanya menentukan jumlah serta jenis barang belanjaan yang akan dibeli. Kendali sepenuhnya terhadap ketahanan pangan dalam keluarga memang biasanya dipegang oleh ibu rumah tangga. Meskipun kegiatan belanja tampak seperti kegiatan yang lumrah dan bisa dilakukan oleh siapa saja (asal ada uangnya) namun para ibu masa kini perlu untuk melakukan Cek Klik agar kegiatan belanja yang dilakukan berjalan aman bagi semua pihak.

Ayo Cek Klik Sebelum Belanja

Pernah mendengar istilah Cek Klik ? Cek Klik adalah singkatan dari Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa. Dengan melakukan Cek Klik sebelum belanja itu artinya kita sudah berusaha untuk melindungi keluarga kita dari resiko salah memilih bahan makanan maupun obat yang beresiko membahayakan kesehatan dan keselamatan anggota keluarga. #BelanjaAman Dengan Cek Klik merupakan upaya yang sedang gencar diedukasikan kepada masyarakat oleh Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM), khususnya di pusat-pusat perbelanjaan yang banyak memiliki counter ritel. 
sumber gambar : pom.go.id
Agar masyarakat semakin akrab dengan Cek Klik, maka BPOM bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) telah melakukan pemasangan materi edukasi Cek Klik pada display counter di sarana ritel seluruh Indonesia. 
Sumber gambar : pom.go.id
Kita bisa menggunakan aplikasi CekBPOM dan BPOM Mobile atau bisa juga mengakses website Badan POM untuk mendapatkan informasi terpercaya serta melakukan pengecekan nomor ijin edar obat dan makanan yang hendak kita beli. Lalu bagaimana step by step dalam melakukan Cek Klik ini ya? Berikut adalah poin-poin penting yang perlu kita lakukan agar belanja yang kita lakukan tetap aman untuk seluruh keluarga :

  • Cek Kemasan, Pastikan kemasan produk yang akan dibeli dalam kondisi baik, tidak berlubang, tidak sobek, tidak karatan, tidak penyok, dsb. 
  • Cek Label, Baca informasi produk yang tertera pada label dengan cermat.
  • Cek Izin Edar, Pastikan bahwa produk yang akan dibeli memiliki izin edar dari BPOM. Izin edar dapat dicek melalui aplikasi android Cek BPOM
  • Cek Kedaluwarsa, Pastikan produk yang akan dibeli belum melebihi masa kedaluwarsa
Sumber gambar : pom.go.id
Sebagai masyarakat kita harus cerdas dalam urusan belanja, karena beberapa kali saya pernah menemukan sendiri produk yang didisplay di toko ada yang sudah melewati masa kedaluwarsa. Jika kita menemukan kasus semacam ini selain jangan dibeli, sebaiknya segera laporkan kepada petugas agar produk yang sudah kedaluwarsa segera ditarik supaya tidak membahayakan konsumen lain. Begitu juga jika kita menemukan produk yang kemasannya sudah tidak dalam kondisi baik, maka laporkan juga pada petugas penjaga toko. Jika sudah terlanjur beli dan ternyata produknya bermasalah maka laporkan ke produsen atau bisa juga melaporkan ke BPOM melalui aplikasi BPOM Mobile yang bisa di download melalui playstore.
Infografis : ilustrasi pribadi
Sebagai masyarakat kita memang harus selalu waspada dengan produk-produk yang beredar di pasaran. Karena berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan oleh BPOM pada bulan Mei 2019, ditemukan 170.119 kemasan produk pangan rusak, kedaluwarsa dan ilegal atau tidak memenuhi ketentuan dari total 796 sarana distribusi dengan total keekonomian mencapai lebih dari 3,4 Milyar. Maka biasakan untuk selalu melakukan Cek Klik sebelum belanja. Dengan melakukan Cek Klik maka kita akan jadi konsumen yang lebih berdaya dan nggak akan jadi korban dari produk yang tidak memenuhi syarat.

Cara Melakukan Cek Ijin Edar Melalui Aplikasi BPOM Mobile

Di era digital seperti sekarang setiap orang yang pergi berbelanja pasti selalu membawa smartphone. Jaman sekarang dompet ketinggalan nggak masalah, yang penting smartphone tidak ketinggalan. Ini karena kebanyakan masyarakat saat ini juga sudah terbiasa menggunakan uang elektronik yang terhubung pada smartphone. Nah...keberadaan smartphone ini juga semestinya bisa dimanfaatkan secara smart. Yaitu dengan cara melakukan instal aplikasi BPOM Mobile dan menggunakannya untuk melakukan cek ijin edar setiap kita hendak membeli suatu produk seperti obat dan makanan. Berikut caranya :

  • Download aplikasi BPOM Mobile melalui playstore ke smartphone , kemudian lakukan registrasi akun dengan menggunakan alamat email serta membuat kata sandi
  • Log in dan aplikasi bisa langsung digunakan untuk melakukan scan pada barcode yang tertera pada produk
  • Apabila produk belum dikenali oleh aplikasi ada kemungkinan bahwa barcode memang belum terdaftar pada aplikasi sehingga bisa melakukan pengecekan izin edar produk dengan cara lain yaitu klik Cek NIE 
  •  Terdapat dua kategori pencarian yaitu dengan memasukkan nomor registrasi produk atau nama produk/nama dagang, pilih salah satu
  • Jika produk sudah terdaftar maka akan langsung dikenali oleh aplikasi dengan tampilan sebagai berikut, selanjutnya kita juga bisa melakukan pengaduan apabila menemukan produk yang tidak memenuhi syarat dan juga bisa mengakses informasi terpercaya terkait obat dan makanan melalui aplikasi ini
Oiya..selain melakukan Cek Klik, sebagai konsumen yang cerdas, kita juga perlu mempersiapkan hal berikut sebelum berbelanja agar kegiatan berbelanja semakin aman dan nyaman  :

Menyusun Shopping List

Selain memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, belanja juga memiliki fungsi rekreasi bagi para ibu. Dengan berbelanja, ibu-ibu biasanya jadi punya waktu refreshing sejenak dari rutinitas kegiatan rumah tangga yang seperti tak pernah ada habisnya. Sambil belanja, kita bisa sekalian melakukan window shopping yang terkadang membuat kita lupa tentang tujuan utama berbelanja. Hal ini tentu berbahaya bagi keselamatan isi dompet kita. Makanya demi keamanan, sebaiknya sebelum belanja kita menyusun shopping list terlebih dahulu. Bisa dalam bentuk catatan pada selembar kertas atau menuliskan pada notes yang ada di smartphone. Shopping list ini penting untuk memandu kita saat berbelanja supaya tidak ada barang kebutuhan yang terlupa untuk dibeli serta menjaga kita supaya tetap on the track dalam berbelanja. Agar kita tidak tergoda membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan akhirnya mengancam keselamatan isi dompet.

Membawa Kantong Belanja Sendiri

Saat ini pemerintah sudah melaksanakan pembatasan dalam penggunaan kantong plastik demi mengurangi jumlah sampah plastik yang dihasilkan terutama dari kegiatan belanja. Sudah sepantasnya jika kita juga turut mendukung upaya tersebut. Makanya sebelum pergi berbelanja para ibu sebaiknya membiasakan diri untuk membawa kantong belanja sendiri. Hal ini penting dilakukan agar kegiatan belanja yang rutin kita lakukan tidak memberikan dampak yang negatif bagi lingkungan. Meskipun ada juga supermarket yang menyediakan kantong plastik berbayar yang terbuat dari bahan yang degradable, namun membawa kantong belanja sendiri tetap lebih utama. Dengan membawa kantong belanja sendiri tentu pengeluaran akan lebih hemat dan juga lebih aman bagi lingkungan.
Happy Shopping Moms. Foto : Dok. Pribadi
Itulah beberapa tips belanja aman yang bisa dipraktekkan sebelum kita berbelanja. Dengan melakukan Cek Klik maka sekaligus kita juga sudah membantu pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri dan berdaya khususnya dalam hal memilih produk yang aman untuk seluruh anggota keluarga. #AyoCekKlik sebelum belanja moms..jangan lupa ajari juga suami dan anak - anak untuk bersama - sama melakukan Cek Klik sebelum berbelanja produk obat dan makanan. Happy Shopping Moms...

You May Also Like

1 comments

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)