Jangan Remehkan Mata Kering, Atasi Dengan INSTO DRY EYES

by - July 25, 2019



Mata Kering, Pernah Bikin Saya Pusing

Sekitar bulan Februari 2015 saya pernah mengalami masalah kesehatan mata yang sangat mengganggu aktivitas. Terasa ada yang mengganjal di dalam bola mata saya yang sebelah kiri. Selain itu mata saya juga terasa sepet, pegel, perih, kering dan gatal apalagi jika terkena cahaya dari layar komputer. Hal ini menyebabkan saya jadi tak bisa berlama-lama bekerja di depan komputer dan efeknya pekerjaan saya di kantor jadi terganggu. 

Kondisi mata kering ini kemudian diikuti dengan munculnya titik kecil berwarna merah di area konjungtiva (bagian mata yang berwarna putih) mata sebelah kiri. Saya amati titik kecil tersebut kian hari justru kian melebar menjadi tampak seperti tahi lalat kecil di bola mata. Karena sudah tak tahan lagi dengan gangguan mata yang saya alami tersebut, akhirnya saya berobat ke dokter spesialis mata. Proses berobat inipun nggak mudah. Saya sampai ganti dokter mata 3 kali dan baru cocok dengan dokter spesialis mata ke-3 yang saya temui. Hasilnya kata dokter, saya mengalami sindrom mata kering sekaligus ada semacam varises pada bola mata saya.



Mata kering merupakan kondisi dimana mata tidak mendapatkan pelumasan yang memadai dari air mata. Kondisi ini membuat mata jadi tak bisa menghilangkan debu atau benda asing yang mengganggu mata sehingga mata terasa sangat tidak nyaman. Sementara varises pada mata yang saya alami disebabkan karena pembuluh darah pada mata saya menonjol keluar. Menurut dokter hal ini bisa terjadi karena faktor lingkungan, radiasi matahari dan lain sebagainya. 
Foto : Dokumen Pribadi
Beruntungnya gangguan mata ini masih bisa disembuhkan. Dokter memberikan resep berupa obat tetes mata yang harus diteteskan ke mata kiri sebanyak 1 tetes. Penetesan dilakukan sebanyak 4 kali dalam sehari selama 2 minggu. Selain itu saya juga diminta untuk memperbanyak konsumsi vitamin C untuk meningkatkan fungsi sel retina mata dan saat bepergian dengan kendaraan bermotor wajib menggunakan kacamata. Alhamdulilah setelah menjalani pengobatan selama 2 minggu, titik merah di konjungtiva mata kiri saya menghilang. Dan sampai sekarang tidak muncul lagi.

Meskipun varises di bola mata saya sudah sembuh, namun gangguan mata seperti mata terasa kering beberapa kali masih kambuh. Terutama jika saya terlalu lama bekerja di depan layar komputer. Setiap hari pekerjaan saya memang harus mengetik di depan komputer. Selain itu masih ditambah dengan kebiasaan menatap layar ponsel untuk menghilangkan jenuh sembari berinteraksi dengan teman-teman di media sosial. Kata dokter aktivitas semacam ini memang bisa memicu munculnya gejala mata terasa kering dan mudah lelah.
Foto : Dokumen Pribadi
Menyadari kondisi mata saya yang seperti ini, makanya sekarang saya berusaha untuk mengurangi paparan radiasi baik dari layar komputer maupun smartphone. Saya takut kalau nanti kondisi mata kering itu terus berlangsung, bisa-bisa muncul lagi deh varises di bola mata saya seperti dulu. Karena pernah suatu hari saat bangun tidur, gantian mata sebelah kanan saya yang tiba-tiba merah. Seingat saya saat malam sebelum tidur saya memang terlalu lama menggunakan handphone untuk scrolling sosial media sampai larut malam. Mungkin itu yang membuat saat bangun tidur mata saya jadi merah. Ketika saya amati lebih dekat tampak serabut-serabut pembuluh darah mata seperti menebal. Duh..jadi takut..jangan - jangan varises di mata saya kambuh lagi. Padahal stok obat tetes mata yang pernah diberikan oleh dokter sudah tidak ada lagi. 

Kemudian saya coba mengatasi gejala mata kering ini dengan menggunakan INSTO DRY EYES yaitu tetes mata steril untuk mengatasi gejala mata kering. Syukurlah setelah menggunakan INSTO DRY EYES mata saya kembali terasa nyaman dan sudah tidak merah lagi.

Jangan Remehkan Mata Kering, Atasi Dengan INSTO DRY EYES

INSTO DRY EYES merupakan tetes mata yang mengandung zat aktif Hidroxyprophylmethyl selulose dan Benzalkonium Chloride, yang diformulasikan untuk mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas seperti air mata. 
Foto : Dokumen Pribadi
Agar bisa bekerja dengan baik, mata kita memang bergantung pada aliran air mata yang berfungsi memberikan kelembaban dan pelicin untuk memelihara penglihatan dan kenyamanan. Air mata yang dihasilkan oleh kelenjar air mata ini merupakan kombinasi dari air, minyak dan lendir. 

Namun kadang bisa terjadi kasus dimana mata kita tidak bisa menghasilkan air mata seperti seharusnya. Ketika air mata tidak bisa melumasi mata dengan baik, maka kita bisa mengalami gejala sebagai berikut :

  • Mata sepet
  • Mata pegel
  • Mata perih
  • Mata sensitif terhadap cahaya
  • Mata terasa berpasir 
  • Mata panas, menyengat, atau gatal 
  • Mata merah
  • Mata berair
Apabila tidak segera diatasi, kondisi ini akan menyebabkan peradangan, nyeri, bisul, atau bekas luka di kornea. Saya jadi ingat dengan kasus gangguan mata yang pernah saya alami dulu. Memang sebelum muncul titik merah di mata saya awalnya saya mengalami gejala seperti di atas, tapi tidak segera saya obati.
Foto : Dokumen Pribadi
Mata kering ini efeknya memang membuat saya jadi lebih sulit untuk melakukan beberapa kegiatan, seperti menggunakan komputer atau membaca dalam jangka waktu lama dan saat berada di ruangan ber AC mata saya jadi gampang berair. Benar-benar sangat mengganggu aktivitas serta produktivitas kerja.

Penyebab Mata Kering

Penyebab mata kering ini bermacam-macam, yaitu bisa disebabkan karena perubahan hormon, proses penuaan, kondisi medis misalnya menderita alergi atau penyakit tertentu, efek samping dari konsumsi obat-obatan hingga disebabkan oleh pengaruh faktor lingkungan dan aktivitas.
Penyebab munculnya gejala mata kering
Nah..kalau mata kering yang saya alami pemicunya adalah dari lingkungan dan aktivitas. Dulu saya memang pernah malas pakai kacamata terutama saat berkendara menggunakan sepeda motor. Makanya paparan debu, asap, angin, matahari, cuaca kering dan panas yang saya hadapi sehari-hari jadi pemicu mata kering. Masih ditambah lagi dengan kebiasaan saya membaca dan bekerja di depan layar komputer serta penggunaan smartphone yang membuat mata saya jadi lebih jarang berkedip. Hal ini menyebabkan lapisan air mata jadi lebih cepat menguap daripada proses isi ulangnya. Well, kebiasaan semacam ini sudah saya jalani selama 12 tahun lebih lho...makanya nggak heran kalau mata saya lelah dan kemudian protes.

Solusi Gejala Mata Kering

Kalau sudah terlanjur menderita mata kering seperti yang saya alami ini memang resikonya akan jadi kambuh-kambuhan. Sehingga kini saya harus benar-benar menjaga kesehatan mata saya untuk meminimalisir frekuensi kambuh. Tapi nggak mungkin juga kalau saya harus 100% menghindari paparan komputer dan smartphone. Makanya sekarang setiap kali mata saya sudah terasa lelah sehabis bekerja di depan komputer saya putuskan untuk berhenti dulu dan menggunakan INSTO DRY EYES untuk mengatasi gejala mata kering, mata pegel, mata lelah dan mata sepet.

Saya merekomendasikan INSTO DRY EYES untuk mengatasi gejala mata kering. Apalagi jaman sekarang dimana semua orang setiap hari selalu terpapar dengan komputer dan smartphone. Dari informasi yang saya baca, saat ini jumlah penderita mata kering ini juga semakin bertambah. Prevalensi penderita mata kering di Indonesia pada tahun 2017 tercatat mencapai 30,6 persen dan usia penderitanya juga mulai bergeser. Yang tadinya mata kering ini banyak diderita oleh orang lanjut usia tapi kini penderitanya kebanyakan adalah orang dengan usia muda yang sering terpapar dengan penggunaan media digital.

Jika mata terasa kering jangan diremehkan. Segera atasi dengan INSTO DRY EYES. Nggak mau juga kan kalau gejala mata kering tidak segera diatasi trus jadi varises bola mata seperti yang pernah saya alami dulu. Tapi ingat, jangan gunakan tetes mata dalam jangka waktu lama. Gunakan hanya saat dibutuhkan saja. Karena penggunaan tetes mata dalam jangka waktu lama dan berlebihan itu juga tidak baik.
Foto : Dokumen Pribadi
Untuk menjaga kesehatan mata sebaiknya juga batasi mata kita dari paparan smartphone dan layar komputer. Gunakan seperlunya saja, jangan biarkan keasyikan menatap layar komputer atau smartphone hingga berjam-jam manjadi kebiasaan. Jika terpaksa harus bekerja di depan komputer atau smartphone dalam waktu lama, sempatkan untuk mengistirahatkan mata sejenak setiap 1-2 jam sekali. Atau bisa mempraktekkan taktik 20-20-20 yaitu luangkan waktu setiap 20 menit sekali untuk mengalihkan pandangan matamu ke arah lain dengan jarak 20 kaki (sekitar 6-7 meter) selama 20 detik.

Kemudian, jangan malas juga untuk memakai kacamata saat berkendara menggunakan sepeda motor. Selain itu untuk menjaga kesehatan mata dari dalam tubuh, perbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari serta konsumsi sayur dan buah. Ini penting banget untuk menjaga kesehatan dan kekembaban mata dari dalam tubuh. 
Foto : Dokumen Pribadi
Semoga mata kita semua selalu sehat ya karena mata itu adalah jendela dunia yang sangat berharga dan penting untuk dijaga. Selalu syukuri mata sehat yang kita miliki dengan menjaga kesehatannya serta menggunakannya untuk lebih banyak melihat hal-hal yang baik. 

Bye Mata Kering ! #DryEyeEducation

You May Also Like

10 comments

  1. Salam kenal, Mbak. Saya juga pernah mengalami gejala mata kering ini karena berkendara malam dan berkutat di ruang ber-AC. Akhirnya sedia Insto Dry Eyes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali. Untung sekarang uda ada insto dry eyes yang bisa jadi solusi mengatasi gejala mata kering. Sayangnya dulu saat awal saya mengalami gejala mata kering insto dry eyes belum ada, makanya jadi tambah parah deh karena nggak dicegah sejak awal

      Delete
  2. Saya sendiri pun pernah mengalami gejala mata kering. Tapi syukurlah, karena menggunakan tetes mata insto dry eyes, gejala mata kering saya berangsur pulih. Memang insto dry eyes ini mengandung zat yg fungsi nya sebagai pengganti mata kering. Semoga gejala mata kering tidak kambuh lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin..iya fungsi insto dry eyes memang seperti air mata buatan yang bisa mengatasi gejala mata kering. semoga mata kita selalu sehat ya kang

      Delete
  3. Waah, bak Arifah ikutan lomba blog Insto Dry Eyes ya ..

    Teman saya ada yang ikutan juga. Kapan pengumuman pemenangnya ? Semoga bisa juara yaa ..

    Mata kering memang perlu segera di atasi. Salah satu caranya bisa pakai Insto ini. Apalagi sering main hape lama. Seraaa panas di mata. Maknya selalu sedia penawarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin..terimakasih doanya ya kak, blum tau juga nih kapan pengumumannya. Tapi selain buat lomba, ini memang niat sharing buat edukasi karena saya memang pernah mengalami gejala mata kering yang saya abaikan trus jadi parah gitu deh. Berobatnya jug nggak murah kalo udah parah kayak saya dulu. Makanya mending kalo udah terasa gejalanya langsung atasi dengan insto dry eyes biar nggak makin parah

      Delete
  4. Gangguan mata kering tidak boleh di anggap sepele ya Mbak. Karena jika tidak segera diatasi bisa terjadi hal yang tidak di inginkan

    ReplyDelete
  5. Saya banget nih berjam-jam natap layar hp.. bikin mata kering ternyata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebiasaan semacam itu kudu dikurangin, gunakan hp seperlunya saja. sayangi mata kita :D

      Delete

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)