Apa Istimewanya Ngopi di Filosofi Kopi ?

by - June 22, 2018


Saya itu bukan tipe orang yang suka minum kopi atau nongkrong ngopi-ngopi cantik di warung kopi kayak kebanyakan orang. Makanya waktu keponakan saya dari Bandung yang lagi liburan ke Jogja nanya tentang Filosofi Kopi, saya nggak ngerti. Pernah sih denger, ada warung kopi di Jogja namanya Filosofi Kopi tapi saya dan suami belum pernah kesana. Gara-gara belum pernah kesana, saya sempet diejek sama Vio. "Om sama Tante ini, orang Jogja tapi malah belum pernah ke Filosofi Kopi. Aku yang orang Bandung aja udah pernah kesana", begitu Vio mengejek saya dan suami. Tapi dengan santai saya jawab aja gini, " Ya..maklumlah Om sama Tante ini udah tua pada sibuk ngurus negara, jadi kalau nggak punya waktu buat update soal tempat nongkrong kayak gitu ya wajar. Emangnya kayak gimana sih Filosofi Kopi itu? Apa kopinya enak banget?", tanya saya penasaran. "Tante langsung kesana sendiri aja deh, aku nggak bisa jelasin dengan kata-kata. Pokoknya istimewa aja", jawab Vio.

Lantaran diejek sama ponakan, akhirnya saya dan suami jadi penasaran. Ya udah hayuks kita main ke Filosofi Kopi. Tentu saja Tayo dan Tifa diajak juga. Karena kita berempat itukan udah satu paket. Kalo pergi kemana-mana ya udah kayak rombongan 4 sekawan aja kompaknya. Etapi sekarang jadi 5 sekawan ding karena ditambah Vio. Sebenernya adeknya Vio, si Kiki juga pengen ikut. Tapi pas ditelpon ternyata Kiki lagi nonton bioskop sama temennya. Ya udah dia nggak jadi ikut..cuss kami berlima langsung berangkat menuju ke Filosofi Kopi yang terletak di Jl Palagan KM 8,2 Sarihardjo Ngaglik Sleman.

Perjalanan dari rumah kami ke Filosofi Kopi memang cukup jauh. Gimana nggak jauh, lha wong rumah saya itu di Bantul, sementara Filosofi Kopi itu di Sleman. Udah beda Kabupaten juga, makanya wajar kalau saya belum pernah kesana. Ya karena males jauhnya itu..hahaha. Eh..bukan alesan juga ding. Soalnya Vio yang rumahnya jauh di Bandung aja, malah udah nyampe duluan kesana ketimbang saya..hehe

Setelah perjalanan cukup lama, dan Tayo & Tifa juga sempet pada ketiduran saking lamanya, akhirnya sampai juga kami berlima ke Filosofi Kopi yang katanya Vio sih tempat ini istimewa banget. Warung kopi ini berdiri sejak tahun 2017 dan infonya sih ini kepunyaannya artis Chicco Jerikho. Lokasinya ternyata rada masuk ke dalam kampung, nggak ditepi jalan raya. Meski begitu pengunjungnya tetep aja mbludak rame banget. 

Jadi Apa Istimewanya Ngopi di Filosofi Kopi ?

Tempatnya Asyik

Kesan pertama liat tempatnya memang asyik ya..buat nongkrong. Nuansanya jawa klasik. Banyak bangunan pendopo, trus kursinya juga model kuno kayak di rumah simbah jaman dulu. 
Tempatnya asyik buat nongkrong
Bangunannya nuansa jawa klasik
Tapi yang bikin rada males pas liat antrian orang yang pesen kopi. Ya ampuun..panjaang banget. Untungnya saya nggak harus ikutan antri. Kata suami, mending saya, Tifa dan Tayo bilang aja mau pesen apa, trus duduk aja cari kursi yang enak. Biarlah tugas mengantri beli kopi jadi tugas suami dan Vio..hehehe. 
Tapi antrinya panjang bangeeet
Memang butuh kesabaran banget kalau pengen ngerasain kopi disini, ya karena antrinya yang panjang itu tadi. Udah gitu ngracik kopinya juga satu per satu. Mungkin disitu letak filosofinya yaitu melatih kesabaran..hehe. 

Kopinya Enak

Well, inilah penampakan kopi yang harus diperjuangkan dengan antri berjam-jam itu.  Tapi saya nggak beli kopi sih, saya pesen Red Velvet Latte, trus Tayo minta Green Tea Latte. 
Butuh perjuangan untuk bisa minum kopi
Padahal sebenarnya di Filosofi Kopi ini ada kopi andalan yang wajib untuk dicoba lho. Namanya Tiwus, Lestari dan Perfecto. Sayangnya, saya nggak begitu suka kopi. Jadi enggak pesen itu, biarlah suami saya dan Vio aja yang minum kopi. 
Ngupi cantik sama ponakan cantik
Rasanya enak juga kok, saya sempet nyicip kopi pesenan suami dan punya Vio. Red Velvet Latte pesenan saya juga enak. Tapi kalo Green Tea Latte pesenannya Tayo, saya kurang suka sih rasanya.

Makanannya Juga Enak lho

Eniwei, di Filosofi Kopi ini nggak cuma ada kopi aja. Ada juga snack kayak French Fries, Pancake dan sebagainya. Selain itu ada seafood bar juga, dimana kita bisa pesen makanan berat kayak semacam nasi goreng, mie goreng, sup kepiting dan lain-lain. 
mie gorengnya enak lho
Berhubung lagi laper, saya pesen nasi goreng dan mie goreng. Enak juga lho masakannya. Tifa aja doyan banget makan nasi goreng ayamnya.

Masnya Baik dan Friendly

Pas kopinya Vio udah habis, dia antri lagi dong mau beli kopi buat oleh-oleh temennya di Bandung. Padahal antriannya makin rame. Tapi dasar anak muda, dia tetep aja semangat ikut ngantri lagi. Saya dan suami mending nungguin leyeh-leyeh sambil ngabisin makanan yang tersisa. Tayo mulai bete. Mukanya keliatan banget kalo bete. Pas dia bete, mas waitressnya tiba-tiba deketin sambil nanya, "Adek mau smoothiest?". Ditanya gitu, Tayo diem aja. Trus saya jawab, "Enggak usah mas, nanti kalau mau biar saya order lagi". Eh..lha kok nggak lama kemudian masnya balik lagi sambil bawa smoothiest vanila dikasih ke Tayo. "Ini dek smoothiest buat kamu". Saya bilang, "Mas saya nggak pesen smoothiest lho". Dia jawab, "Ini free kok bu, buat adeknya". Trus masnya senyum dan pergi lagi. Eh..kok masnya baik banget sih sama anak gue. Yang dikasih smoothiest juga langsung senyum-senyum hepi. 
Kapan ya bisa ngupi mesra sama suami berdua aja?
Well, dari hasil dolan saya ke Filosofi Kopi kemaren kalo disuruh kasih rate maka saya kasih bintang lima. Karena ya memang bener kata Vio, tempat ngopi ini istimewa banget. Bisa betah duduk berjam-jam deh kalo ngupi cantik sama temen disini. Asal nggak bawa balita kayak Tifa aja...karena rempong banget kalo bawa balita. Kalo balitanya anteng sih fine aja, tapi kalo balitanya rempong kayak Tifa..ah..nyerah deh.  Jam 9 nan lebih akhirnya kami pulang, karena Tifa udah mulai nggak kondusif haha..daripada terjadi kekacauan kami memilih untuk segera pulang saja. Mungkin kapan-kapan kalau saya ada kesempatan nge-date berduaan aja sama suami dan Tayo & Tifa bisa ditingal, kami bakal balik kesini lagi buat ngupi-ngupi mesra..hihihi.
Filosofi Kopi Jogja
Jl Palagan KM 8,2 Sarihardjo Ngaglik Sleman
Phone : 0274 - 888583
Jam Buka : 11.00 - 23.00 WIB

You May Also Like

1 comments

  1. Aku semalam ke sini tapi enggak jadi beli. Soalnya antri banget. Foto2 juga ga sempat. Wkkka harus kesini lagi nih

    ReplyDelete

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)