Bola Mataku Varises?

by - March 30, 2015

Pernah denger istilah varises? Biasanya varises itu di kaki kan ya? Varises  itu semacam pelebaran pembuluh darah balik yang biasa terjadi di kaki karena kelamaan berdiri, overweight, kebiasaan menumpang kaki saat duduk dan lain-lain. Varises di kaki biasanya akan tampak seperti tonjolan urat yang cukup mengganggu penampilan. Nah..gimana ceritanya kalau varises ini terjadi di bola mata? Emang bisa? Saya sih tadinya juga nggak pernah menyangka kalau varises ini juga bisa terjadi di bola mata seperti yang saya alami saat ini.

Jadi awal mulanya saya melihat ada titik merah sangat kecil muncul di konjungtiva (bagian mata yang berwarna putih) mata saya yang sebelah kiri. Ini muncul sekitar akhir Desember 2104. Saat itu mata saya sama sekali tidak terasa sakit, sehingga saya menyimpulkan mungkin ini hanya sedikit luka karena saya nggak sengaja ngucek-ngucek mata. Dugaan saya bintik merah ini nantinya akan bisa hilang dengan sendirinya.

Ternyata dugaan saya salah. Titik kecil berwarna merah di mata saya makin lama malah makin melebar dan tampak sedikit menonjol ke permukaan. Mata sebelah kiri saya juga terasa kering dan “ngganjel” seperti ada pasir masuk mata tapi udah dikasih obat tetes mata tetep aja ngganjel. 

Baca : Jangan remehkan mata kering, atasi dengan Insto Dry Eyes

Lalu pergilah saya ke RS Mata Dr.YAP. Saya lupa siapa nama dokter yang memeriksa mata saya saat itu. Tapi yang saya ingat sih gelarnya profesor. Mungkin karena beliau professor, jadi waktu saya datang untuk periksa, mata saya cuma diperiksa sekilas aja, tanpa dilihat pakai lampu periksa. Padahal ruang periksanya rada remang-remang gitu. Trus dokter cuma bilang  gini, “nggak papa ini nggak bahaya, kasih obat tetes pasti hilang sendiri”. Tanpa menjelaskan apa yang terjadi dengan mata saya. Sayapun pulang dengan perasaan lega dan menebus resep obat tetes mata yang diberikan sang profesor.

Saya diberi obat tetes mata troboson. Ini sejenis antibiotik. Kata dokternya saya harus meneteskan obat tersebut ke mata kiri saya tiap satu jam sekali. Ya..ampuun..berat amat tiap satu jam sekali netesin mata, padahal saya kan kerja. Ntar bisa dibilang lebay dong kalo tiap 1 jam sekali pake tetes mata. Tapi demi ingin sembuh ya saya turuti aja. Apalagi rasanya sudah cukup mengganggu. Kalo kelamaan di depan komputer mata saya tuh rasanya pedes.

Sampai obat tetes matanya habis ternyata titik merah di mata kiri saya belum hilang juga. Tapi malah makin menonjol dan keliatan cukup “mengerikan”. Sayapun balik lagi ke RS Dr.YAP , tapi saya pilih dokter yang berbeda niatnya cari second opinion. Lalu saya dipertemukan dengan dr.T. Dari pemeriksaan dokter ini dikatakan bahwa pembuluh darah mata saya keluar!...hah..kok bisa? Kata dokternya sih karena bakat, padahal dikeluarga saya belum pernah ada yang punya keluhan mata seperti saya. Lagi-lagi saya dikasih obat tetes mata Troboson dan Noncort (Natrium Diklofenak). Ditetes sehari 3 kali dengan selang 5 menit. Seminggu lagi saya disuruh kontrol.

Setelah mengikuti saran dari dokter T, alhamdulillah titik merah di mata saya mulai berkurang tapi belum benar-benar hilang. Hanya mengecil saja. Seminggu kemudian saya kontrol. Kata dr. T udah membaik, nggak perlu kontrol lagi. Lalu saya dikasih vitamin mata yang harus diminum 1 kali sehari. Kata dokter T, pembuluh darah yang keluar itu nggak bisa bener-bener hilang tapi paling enggak ukurannya nggak akan membesar lagi.

Saya cukup lega dengan perkembangan mata saya, tapi ternyata ini nggak bertahan lama. Akhir Februari mata saya mulai terasa nggak nyaman lagi. Ngganjel, gatel, perih, apalagi kalau kena cahaya komputer atau hp terlalu lama. Gara-gara mata kiri saya bermasalah, kerjaan saya dikantor jadi terganggu. Saya nggak bisa lama-lama kerja di depan komputer. Aktivitas ngeblog juga terganggu. Akhirnya saya jadi malas pake komputer dan smartphone ya karena takut pembuluh darah di mata saya jadi membesar lagi. Dan nyatanya memang jadi membesar lagi dan menonjol lagi.
 
titik merahnya kaya tahi lalat gini bentuknya
Puncaknya suatu malam sehabis sholat maghrib berjamaah sama suami dan anak saya nangis karena mata saya bener-bener terasa nggak nyaman banget. Rasanya itu bola mata kiri saya kering kerontang, ngganjel, pedes nggak jelas. Saya nggak tau apa yang terjadi dengan mata saya dan saya cuma bisa nangis. Liat saya nangis suami dan anak saya jadi bingung. Trus mereka pada mijitin saya, ngelus-elus kepala saya, ngasih suport, anak saya malah langsung berdoa, “ya..Allah..semoga mata mamaku segera sembuh, nggak sakit-sakit terus..amiiin”. Denger anak saya berdoa gitu saya malah jadi makin nangis karena terharu.

Lalu suami saya ngajak saya untuk periksa mata lagi. Sebenernya saya udah hopeless gitu diajak periksa. Udah ketemu dokter sama profesor mata di RS Dr.YAP aja mata saya tetep nggak sembuh, emang ada dokter mata yang lebih baik dari dokter mata di RS Dr.YAP? Kata suami nggak ada salahnya nyoba ikhtiar lagi nyari third opinion. Lalu saya di ajak periksa ke dr.Haryo Saroja yang  praktek di Jl, Parangtritis. 

Ternyata periksa di dokter mata ini antrinya luar biasa banyak. Hasil obrolan dengan pasien yang sama-sama antri, katanya sih dokter ini pinter banget. Banyak penyakit mata yang berhasil disembuhkan oleh beliau. Saya cukup percaya dengan cerita para pasien ini, nyatanya yang antri emang banyak banget. Saya aja antri dari jam 10 malam baru dipanggil sekitar jam 12 malem. Anak saya sampe tidur di mobil ditemeni suami gara-gara capek nungguin. Begitu giliran saya tiba herannya pas ketemu sama dokter Haryo, ternyata dokternya masih muda, penampilannya masih seger banget dan sangat ramah. Padahal itu udah jam 12 tengah malam. Heran saya, apa dokternya ngga ngantuk ya? Padahal dari pagi dia udah praktek di RS Sarjito dan RS Hidayatullah. Tengah malem gini masih aja ramah menjawab pertanyaan saya. Waktu meriksa mata saya dia langsung bilang. “Ini varises di mata dek..(saya dipanggil dek..hihi..mungkin saya dikira masih anak kuliahan gitu ya)..udah berapa hari nih kaya gini?” tanya dokter haryo. “ Bukan hari pak dokter, tapi udah 3 bulan malah” lalu saya ceritain semua riwayat pengobatan saya di RS Dr.YAP. Dokternya Cuma manggut-manggut denger cerita saya. Trus saya tanya penyebabnya apa sih bisa varises gini? Kata dr. Haryo karena faktor lingkungan, radiasi matahari dan lain-lain. Tapi katanya bukan karena sering kelamaan depan komputer. Kata dr. Haryo saya harus pakai kacamata kalo naik motor buat ngelindungi mata dari efek radiasi matahari. Jadi kesimpulannya karena radiasi?

Lalu saya dikasih obat tetes mata namanya Posop (fluorometholon) sama cendohyalub. Ditetesin ke mata kiri 1 tetes aja sehari 4 kali selama 2 minggu. Kalo 2 minggu nggak sembuh disuruh datang untuk kontrol lagi. Saya juga disuruh banyak konsumsi vitamin C, trus nggak boleh males pake kacamata kalau pergi-pergi naik motor.

Well, sekarang udah 4 hari saya ngobati mata pake obat tetes yang dikasih dr. haryo. Dan titik merah di mata kiri saya itu udah samar-samar. Alhamdulilah. Tapi saya masih nggak tahan berlama-lama mantengin komputer padahal tiap hari kerjaan saya harus depan komputer. Kata suami mending saya beli kacamata anti radiasi, tapi kemarin nanya-nanya ke optik melawai. Gilaa..mahal amir..lensanya aja 900ribu…untungnya saya udah punya frame kacamatanya. Rencana sih pengen beli tapi nabung dulu..sementara ini pakai kacamata biasa dulu aja.

Eniwei sampai saat saya belum betah mantengin komputer lama-lama, padahal lagi banyak lomba blog berseliweran..asli rasanya gemees banget pengen ikutan apalagi ide sudah menari-nari di kepala. Untung suami saya baik hati, kata suami kalo saya pengen nulis ditulis aja di kertas pake pulpen atau pensil. Nanti suami yang bakalan ngetikin sama ngeditin di blog…hehehe…yah nggak seru juga kali masak ngeblog nulisnya di kertas..hiks…mana saya juga blum bisa blogwalking gara-gara mata saya masih pedes kalo buat baca tulisan di komputer lama-lama…

Yah..semoga aja, mata saya cepat membaik dan kembali seperti semula. Tapi saya rasa saya memang harus mulai ngurangi frekuensi mantengin laptop/komputer. Karena selama 8 tahun saya kerja dari jam 8 sampai jam 2 siang mata saya emang terpapar komputer terus. Ditambah lagi kalo pulang ke rumah masih hobi ngeblog..mungkin mata saya emang udah mulai capek dan butuh istirahat. Dan sekarang saya mungkin sedang diingatkan oleh Allah untuk lebih menyayangi mata saya dengan cara menggunakannya untuk lebih banyak baca Al-quran ketimbang baca-baca status orang di sosmed :)

Note : Untuk yang bertanya apakah varises bola mata saya sembuh? ya alhamdulilah sejak berobat ke dr. haryo sudah sembuh dan sampai sekarang tahun 2020 alhamdulilah tidak kambuh. Hanya terkadang terasa perih pada saat mata saya kelelahan. Tapi benjolan merah itu sudah tidak muncul lagi


You May Also Like

3 comments

  1. Maaf bu itu dokternya didaerh mana ya ? Soalnya anak sya mhalami kejadian yg sama, tp anak saya usianya msh 11 bulan. Saya tkt bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak... Anak saya juga gini gejalanya... Disaat umur 6 tahun dan masih dapet sehari tumbuh varieses mata

      Delete
  2. Jd kesimpulannya varises matanya sembuh gak ya pak?

    ReplyDelete

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)