November 29, 2017

Cara Baru Mendongeng Untuk Anak Dengan So Good CERDIK

Edit Posted by with 10 comments
Siapa yang masa kecilnya dulu suka dengerin dongeng? Pasti rata-rata anak kecil bakalan senang mendengarkan dongeng seperti saat saya masih kecil dulu. Jaman dulu orang tua saya sering mendongeng tentang kisah nabi dan rasul sebelum saya tidur. Selain itu saya juga dibelikan kaset dongeng sanggar cerita untuk anak-anak yang bisa saya dengarkan dengan cara diputar menggunakan tape recorder.

Kalau pas orang tua saya lagi mati gaya nggak bisa mendongeng maka dongeng menggunakan kaset jadi andalannya. Saya dan saudara-saudara saya akan duduk berkumpul di dekat tape recorder yang diputar untuk mendengarkan dongeng. Kaset dongeng yang kami punya juga bermacam-macam mulai dari kisah malin kundang hingga si cantik dan si buruk rupa. Jika mengingat masa itu sungguh seru sekali.
Kaset Dongeng Anak. Sumber Ilustrasi : Tokopedia.com
Kini setelah saya menjadi orang tua, saya juga suka mendongeng untuk anak-anak saya. Biasanya saya mendongeng dengan menggunakan bantuan buku cerita dongeng. Aktivitas ini biasa kami lakukan pada waktu malam hari menjelang tidur. 

Baca : Family Reading Time

Koleksi buku cerita dongeng yang ada di rumah juga cukup banyak. Hampir semua buku yang ada di rumah sudah selesai saya bacakan untuk anak-anak. Meski begitu anak saya tetap suka mendengarkan jika saya bacakan ulang buku cerita dongeng untuk mereka.
Beberapa koleksi buku dongeng anak yang kami miliki
Namun ada kalanya saya merasakan kebosanan atau mati gaya saat mendongeng untuk anak seperti yang pernah dialami oleh orang tua saya dulu. Penyebabnya biasanya karena sudah capek lantaran bekerja seharian. Padahal anak-anak sudah menunggu untuk minta didongengkan. Kalau sudah begitu biasanya saya kemudian mengajak anak-anak untuk menonton TV bersama. Tapi sayangnya tayangan cerita di TV itu kadang kurang baik efeknya bagi perkembangan anak.

Beruntungnya sekarang saya sudah menemukan solusi untuk mengatasi kondisi mati gaya saat hendak mendongeng. Yaitu sebuah cara baru untuk mendongeng yang seru dan bermanfaat untuk perkembangan anak dan juga bisa membangun bonding antara anak dan orang tua dengan menggunakan So Good CERDIK.

Apa itu So Good CERDIK?

So Good CERDIK adalah aplikasi Cerita Digital Interaktif yang bisa kita download melalui google play. Ini merupakan aplikasi dongeng dengan menggunakan teknologi digital yang sedang ngehits saat ini yaitu Augmented Reality atau disingkat AR. Aplikasi So Good CERDIK bisa didownload di sini : http://bit.ly/2vUKgHz
Aplikasi So Good CERDIK
Cara memainkannya dengan menggunakan kartu So Good CERDIK yang bisa didapatkan untuk setiap pembelian produk So Good Siap Masak (Bakso, Nugget, Stick, Seafood, Shaped Nugget, Whole Muscle, Sausege) kemasan 400 gram. Di dalam kemasan So Good siap masak tersebut, terdapat sebuah kartu berbingkai yang berisi 3 dongeng pilihan. Dongeng pilihan yang tersedia adalah Chika Chiko, Umbo Larage dan Lala SingSing.
Tiga Dongeng Pilihan dari So Good CERDIK
Kartu berbingkai So Good CERDIK tersebut cukup diarahkan pada kamera dari aplikasi So Good CERDIK yang sudah didownload. Dengan mengklik tombol mulai maka dongeng anak pilihan langsung bisa dinikmati. Anak bisa bermain dengan teman-teman, saudara atau ayah dan ibu juga bisa mendampingi buah hati dengan mendongeng menggunakan So Good CERDIK. Ini merupakan cara baru mendongeng yang sangat mudah dan seru.
Arahkan kartu berbingai So Good CERDIK pada kamera dari Aplikasi So Good CERDIK
Dongeng Umbo Larage siap dinikmati bersama anak
Saya sudah mencoba sendiri cara mendongeng gaya baru dengan menggunakan So Good CERDIK ini. Cerita yang saya pilih adalah Umbo Larage. Dongeng ini menceritakan tentang petualangan dan keberanian seorang anak lelaki bernama Umbo Larage.
Umbo Larage yang pemberani bisa jadi contoh karakter positif untuk anak
Anak saya Tayo dan Tifa suka sekali ketika saya mengajak mereka untuk menikmati cerita dongeng dengan menggunakan So Good CERDIK. Mereka sempat terheran-heran ketika pertama kali saya tunjukkan "kartu bingkai ajaib" ini saat mendongeng. Bahkan Tifa sampai beberapa kali menengok ke balik kamera smartphone untuk mencari tokoh Umbo Larage yang ia lihat dari layar smartphone. Melihat Tifa yang kebingungan mencari Umbo Larage, saya dan Tayo jadi tertawa geli dibuatnya. Kegiatan mendongeng ini jadi terasa semakin asyik saat saya menghidangkan nuget So Good sebagai teman ngemil sambil menikmati kisah petualangan Umbo Larage. Eniwei untuk cara menggunakan aplikasi So Good CERDIK lebih lengkap bisa dilihat di video ini :




Manfaat Mendongeng Untuk Anak 

Aktivitas mendongeng sendiri memiliki manfaat positif untuk perkembangan anak-anak di masa mendatang. Melalui kegiatan ini kita bisa menanamkan nilai-nilai kebaikan untuk membangun karakter mental positif pada anak dengan cara yang menyenangkan. Menurut buku-buku yang pernah saya baca otak manusia itu akan lebih mudah menangkap dan menyimpan informasi untuk jangka panjang apabila informasi tersebut disampaikan dalam kondisi rileks, santai dan psikis yang senang. Dengan begitu maka informasi yang diterima akan dengan mudah terekam di alam bawah sadar sehingga mempengaruhi perilaku anak-anak di masa mendatang. Makanya kegiatan mendongeng ini saya jadikan kebiasaan rutin di dalam keluarga saya.
Membangun bonding antara anak dan orang tua dengan aplikasi So Good CERDIK

"If you want your children to be intelligent, read them fairy tales. If you want them to be more intelligent, read them more fairy tales" - Albert Einstein

Mendogeng dengan menggunakan aplikasi So Good CERDIK juga dapat memberikan alternatif aplikasi rekomended untuk anak saat mendapat jadwal bermain smartphone. Jika biasanya anak-anak saya hanya tertarik untuk membuka video you tube atau bermain game, kini ada pilihan lain yang tak kalah menarik yaitu melihat dongeng seru dengan teknologi Augmented reality. Daya imajinasi anak jadi semakin terasah melalui kegiatan ini. Anak saya Tayo juga bisa mendongengkan adiknya secara mandiri dengan menggunakan So Good CERDIK. Senangnya melihat kakak beradik ini rukun menikmati dongeng bersama. Apalagi cerita dongengnya juga bikin penasaran, Tayo tidak sabar untuk minta dibelikan lagi Nugget So Good supaya bisa mendapatkan kartu berbingkai So Good CERDIK seri Umbo Larage lanjutan part 1 dan part 2. 
Tayo bisa mendongengkan adiknya dengan So Good CERDIK
Selain bermanfaat untuk anak-anak ternyata aplikasi So Good CERDIK juga bisa membantu saya mencari resep alternatif untuk mengolah So Good siap masak. Karena di dalam So Good CERDIK tersedia bermacam resep praktis namun bervariatif untuk menjadi pilihan olahan sehari-hari. Wah...jadi penasaran pengen praktekin resepnya nih.
Ada resep praktis yang bervariatif untuk mengolah produk So Good siap masak
Dongeng dalam teknologi AR aplikasi So Good CERDIK juga merupakan solusi bagi para orang tua yang sudah kesulitan mengoleksi buku dongeng anak. Jika ruangan rumah tidak terlalu besar, barang-barang banyak, sebagian Ibu-ibu sekarang sering berpikir ulang saat akan mengoleksi buku dongeng anak. Dongeng So Good CERDIK adalah salah satu solusi efisien bagi yang mengalami kendala ini, karena kita hanya perlu menyimpan cerita dongeng dalam bentuk kartu berbingkai yang ukurannya kecil dan praktis dibawa kemanapun. Saat hendak bepergian atau berlibur keluar kota, kita tetap bisa membacakan cerita dongeng untuk anak tanpa harus repot membawa buku cerita.
Mendongeng praktis dengan kartu berbingkai So Good Cerdik dan Aplikasi So Good CERDIK di smartphone 
Dongeng memang bisa mengembangkan daya imajinasi anak-anak. Meskipun terkadang kehidupan nyata yang dijalani tak seindah cerita di negeri dongeng namun kita bisa mengajarkan nilai-nilai positif yang ada di dalam dongeng kepada anak-anak kita, seperti nilai kebijaksanaan, kesabaran, keberanian, tolong menolong, kerukunan dan lain sebagainya. Ada banyak aspek kecerdasan anak yang juga bisa diasah melalui aktivitas mendongeng dengan menggunakan So Good CERDIK yaitu aspek kecerdasan linguistik, motorik, visual spatial dan lain sebagainya. 
Memori indah masa kecil bersama So Good CERDIK
Selain itu kegiatan ini juga bisa berfungsi untuk menciptakan memori indah di masa kecil anak-anak tentang betapa asyik dan serunya menikmati cerita dongeng bersama orang tua yang akan terus tertanam dalam ingatan anak hingga ia dewasa nanti. Sama seperti saat saya masih kecil dulu, pengalaman mendengarkan dongeng melalu kaset sanggar cerita masih menjadi kenangan indah hingga saat ini. Jika dulu saya terlahir di jaman kaset sanggar cerita, maka kini anak-anak saya lebih beruntung karena mereka terlahir pada jaman dimana ada cara baru mendongeng untuk anak secara Augmented Reality yaitu dengan So Good CERDIK.

Reactions:

10 komentar:

  1. Waah seru ya... Dongengnya jadi lebih asyik. Anak2ku juga suka nih dongeng so good cerdik

    BalasHapus
  2. memang bagus ya, sudah bisa makanan sehat eh masih dikasih edukasi lagi lewat CERDIK ya

    BalasHapus
  3. Hahhaa iya ya mbak kalau dulu ada kaset dll ada buku buku bergambar pula.... Tapi btw buku2 anak anak skrg mahal mahal loh mbak... Syukur alhamdulillah skrg ada so good CERDIK ya, kasih makan bergizi anak bonus buku digital CERDIK ��

    BalasHapus
  4. aku baru tahu beneran ada aplikasi keren pake teknologi AR ini mba hehehe senangnya sekarang dongeng jadi praktis y mba

    BalasHapus
  5. Seru banget, bukan hanya anak yang suka, saya ibunya juga suka

    BalasHapus
  6. Waaahh..kompak banget nih Mak Ari dengan Tayo dan Tifa. Suka sama foto Tayo mendongeng untuk Tifa. Kebayang bakso So Good liat pipinya Tifa yang cemokot

    BalasHapus
  7. Eh samaan, dulu waktu saya kecil juga koleksi kaset dongeng. Kebanyakan ceritanya tentang putri-putrian hehehe.
    Kalo So Good CERDIK bikin cerita putri-putrian tambah keren kali ya. Yang sekarang aja uda keren banget.

    BalasHapus
  8. Dongeng banyak manfaatnya ya
    ..anak sekarang dongengnya digital sesuai jamannya . Memang tepat nih hadiah so good cerdik ini

    BalasHapus
  9. Waktu saya kecil dulu ada acara "Cerita Anak Dunia" di TV. Kalau sekarang ada "Pada Jaman Dahulu" sih..tapi sering diulang-ulang jadi agak bosan. Beruntung ada So Good Cerdik ya, jadi pilihan mendongengnya jadi makin variatif. 😊😊

    BalasHapus

Terimakasih Teman-Teman Semua Atas Komentarnya :)